TIPS TOPKARIR: 6 SOFTSKILL YANG BISA DICANTUMKAN DI CV

pic source: pixabay.com


Curriculum Vitae atau yang biasa disingkat CV merupakan salah satu dokumen penting yang dibutuhkan ketika Kita ingin melamar sebuah pekerjaan. CV sendiri berisi tentang riwayat atau sejarah profesional dan akademis seseorang.

Adanya CV berguna agar perusahaan mengerti sedikit gambaran tentang diri Kita dan nantinya bisa dipertimbangkan lebih lanjut. Maka dari itu, karena termasuk dokumen krusial, Kita tidak boleh asal-asalan dalam membuat CV.

Mengingat pentingnya CV dalam perkembangan karir seseorang, TopKarir pun menyediakan pelatihan tentang pembuatan CV yang baik dan benar.

Pada pelatihan pembuatan CV ini, TopKarir menunjuk Agata Paskarista, seorang konselor dan brand ambassador TopKarir untuk menjadi pematerinya. Walau terbilang masih muda, Agata mempunyai pemahaman yang lebih tentang cara dalam pengembangan karir dan skill dalam dunia kerja. Pada pelatihan yang diisi Agata kali ini, ada tiga poin penting yang disampaikan dan ilmunya bisa Kita terapkan secara langsung.

Poin Penting yang Harus Ada Di CV


Tiga poin tersebut yakni hal-hal yang harus tercantum dalam CV, contoh softskill yang bisa ditulis dalam CV, dan tips khusus untuk membuat CV lebih menarik. Wah, benar-benar materi yang sangat penting ya.

Pada poin softskill yang bisa ditulis dalam CV, Agata menjelaskan setidaknya ada 6 softskill yang bisa Kita pakai. Softskill ini berguna untuk menjadi bahan pertimbangan perusahaan atau rekruter untuk memilih para kandidatnya. Maka dari itu, Kita harus bisa memilih dan mempunyai softskill yang tepat dan bisa Kita terapkan di kehidupan sehari-hari.

Penasaran apa saja softskill yang disarankan Agata? Yuk, simak ulasan singkatnya di bawah ini:

1. Aktif Mendengarkan
Mendengarkan secara aktif adalah kemampuan untuk fokus sepenuhnya pada lawan bicara. Memahami pesan, informasi, dan bisa menanggapi pembahasan merupakan contoh dari softskill aktif mendengarkan. Dengan mengembangkan skill aktif mendengarkan, akan membuat rekan kerja menilai Kita sebagai seorang yang aktif dan berminat dalam suatu proyek yang sedang dikerjakan.

2. Kemampuan Berkomunikasi
Kemampuan berkomunikasi merupakan kemampuan yang harus Kita terima dan terapkan ketika terjun di dunia karir. Kemampuan berkomunikasi sendiri meliputi kemampuan mendengarkan, berbicara, mengamati, dan berempati.

3. Kemampuan Interpersonal
Kemampuan interpersonal adalah sifat yang Kita kitalkan dalam berinteraksi dengan seseorang. Kemampuan interpersonal ini sangat penting agar bisa lebih bertindak efisien ketika bekerja dengan orang lain.

4. Kepemimpinan
Kepemimpinan adalah kemampuan yang Kita gunakan untuk mengatur orang lain agar bisa mewujudkan cita-cita bersama. Baik Kita dalam posisi manajemen maupun ketika Kita menjadi seorang pemimpin proyek. Dengan kemampuan kepemimpinan, Kita bisa memberikan motivasi kepada rekan lain agar lebih giat dalam mencapai hasil target sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

5. Manajemen Waktu
Kemampuan memanajemen waktu adalah kemampuan yang membuat Kita bisa menyelesaikan pekerjaan sebelum tenggat waktu dengan tetap bisa menyeimbangkannya dengan kehidupan pribadi. Dengan mengasah softskill manajemen waktu, nantinya Kita akan menjadi pribadi yang lebih teroganisir.

6. Memecahkan Masalah
Kemampuan memecahkan masalah dalah kualitas yang membantu Kita dalam menemukan sumber masalah dan dengan cepat menemukan solusi yang efektif. Kemampuan memecahkan masalah ini sangat dihargai di berbagai tingkatan dunia kerja. Biasanya kemampuan memecahkan masalah juga dibarengi dengan kemampuan lebih dalam hal teknis terkait.

Nah, itu dia 6 softskill yang bisa Kita cantumkan di CV serta Kita kembangkan di dalam dunia karir. Itulah sedikit informasi tentang review video training Atta yang bisa Kita ikuti.

3 Comentarios

  1. Hehe yang masih sering bingung pas mau mengisi curriculum vitae, mantep ini lengkap banget. Terima kasih informasinya.

    BalasHapus
  2. Boleh minta contohnya gak kk? Biar saya bisa nyontek nih

    BalasHapus
  3. Allhamdulillah ada artikel ini, jadi banyak teman-teman pencari kerja lebih baik lagi nih dalam membuat CV.

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉