TATA CARA, HUKUM, KEUTAMAAN DAN SYARAT SAH SHOLAT JENAZAH

 

pic source: instagram @ataliapr

Tata cara sholat jenazah dapat dipelajari. Saat sedang ada yang meninggal maka wajib bagi umat islam untuk mensholatkannya. Dengan mensholatkannya maka orang yang meninggal akan mendapatkan pahala serta dimudahkan dalam urusan dunia dan akhiratnya. Melakukan sholat jenazah hukumnya adalah fardhu khifayah. Berikut Tata Cara Sholat Jenazah, Hukum, Keutamaan dan Syarat Sah antara lain :

 1.      Dengan niat

Tata cara sholat jenazah dibedakan menjadi dua hal. Dari kedua hal ini semuanya wajib dan harus diawali dengan niat. Untuk laki – laki maka ada doa tersendiri dan perempuan juga ada doa tersendiri. Setiap hafalan dari doa ini harus didasari dengan niat yang kuat dengan hati yang iklas.

 2.      Dilakukan oleh seorang muslim

Bagi yang hendak melakukan sholat jenazah maka ada hal yang harus dipenuhi. Syarat untuk melakukan sholat jenazah yakni harus dilakukan oleh seorang muslim. Dilarang baginya untuk non muslim melakukan sholat jenazah dan bagi yang meninggal juga haruslah muslim.

 3.      Jenazah sudah dimandikan dan dalam keadaan bersih serta suci

Syarat sah sholat jenazah juga harus diperhatikan kebersihan jenazahnya. Sholat jenazah bisa dilakukan apabila jenazah sudah dimandikan dan dalam keadaan bersih serta suci. Dengan jenazah yang sudah bersih dan suci maka sholat jenazah akan berjalan lancar.

 4.      Suci dari hadas besar dan kecil

Syarat sah sholat jenazah berikutnya adalah suci dari hadas besar dan kecil. Bagi yang sedang melaksanakan sholat jenazah harus diperhadikan kebersihan dirinya. Sholat jenazah yang sah haruslah terbebas dari segala macam najis baik dari hadas besar maupun kecil.

 5.      Menutup aurat

Syarat sah sholat jenazah selanjutnya yakni harus menutup aurat. Penting bagi seorang muslim untuk menjaga aurat karena aurat merupakan mahkota yang harus dijaga. Dengan menjaga aurat maka sholat jenazah bisa dilasaksanakan.

 6.      Menghadap kiblat

Sholat jenazah yang benar harus dihadapkan kearah kiblat. Untuk seluruh imam dan mukmin yang melaksanakan sholat maka wajib baginya untuk menghadap kiblat. Ini merupakan syarat yang wajib untuk dipenuhi.

 7.      Hukum sholat jenazah

Hukum melaksanakan sholat jenazah adalah fardhu kifayah. Sholat jenazah wajib dilakukan bagi orang yang beragama muslim. Adapun yang harus dilakukan disaat sholat jenazah adalah niat, berdiri untuk sholat, melakukan 4x takbir, membaca surat al fatihah, membaca sholawat nabi, mendoakan jenazah hingga takbir keempat kemudian salam.

 8.      Melaksanakan perintah Rasulullah

Keutamaan sholat jenazah yang pertama yakni untuk melaksanakan perintah Rasulullah. Beliau telah bersabda bahwa “sholatkanlah mayat – mayatmu”. Ini merupakan perintah dari Rasulullah SAW yang wajib untuk dilakukan.

9.      Pahalanya besar

Keutamaan sholat jenazah yang kedua yakni mendapatkan pahala yang besar. Mensholatkan orang yang sudah meninggal tidak hanya baik untuk almarhum ataupun almarhumah. Orang yang mensholatkan juga akan mendapatkan pahala yang besar serta ini merupakan perbuatan yang terpuji. Menghormati orang yang meninggal disaat – saat terakhirnya begitu penting bagi keluarga yang ditinggalkannya. Pahala yang didapat ketika melakukan sholat jenazah adalah 1 qirath yang ini setara dengan besarnya gunung uhud.

 10.  Memberikan kemudahan bagi orang yang meninggal

Dengan melakukan sholat jenazah kepada orang yang meninggal akan memberikan kemudahan untuknya. Apabila dirinya disholatkan oleh minimal 40 orang maka pahala yang didapatkannya akan dilipatgandakan. Terlebih jika yang mensholatkan tidak berbuat syirik maka akan dipermudah untuknya dan pahala dan Allah akan memperkenankan syafaat mereka untuknya.

**

Tata Cara Sholat Jenazah, Hukum, Keutamaan dan Syarat Sah bisa dipelajari dengan seksama. Adapun melakukan sholat jenazah hukumnya fardhu khifayah.

1 Comentarios

  1. Ini nih yang jarang diketahui kebanyakan asal ikut gitu aja apalagi ibu-ibu, termasuk aku. Jadi, tahu yang sebenarnya bermanfaat banget informasinya. Terima kasih ilmunya!

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉