10/12/2015

TARIK TUNAI DI ATM, UANG TIDAK KELUAR TAPI SALDO TERPOTONG


pict source: www.atmbersama.com

Pada sabtu pagi kemarin ada kejadian kurang mengenakkan yang saya alami. Saat dalam perjalanan ke kantor, saya memutuskan untuk singgah di atm yang letaknya tidak jauh dari rumah kost yang saya tinggali untuk mengambil uang. Normalnya, setelah memasukkan kartu atm ke dalam mesin, memasukkan nomor pin dan menekan jumlah uang yang harus ditarik, tidak sampai satu menit uang akan keluar sesuai dengan nominal yang kita inginkan.

Namun yang terjadi padaku saat itu tidaklah demikian, yang terjadi setelah saya menekan nominal uang yang akan ditarik adalah uangnya tak kunjung keluar. Cukup lama (kurang lebih 3 menit) saya menunggu uangnya keluar dari dalam mesin namun yang saya harapkan tidak terjadi, yang terjadi kemudian adalah muncul pemberitahuan “waktu transaksi habis” di layar dan kartu atm saya langsung di”muntahkan” oleh mesin atm tersebut.

Saat itu yang ada di benak saya adalah mungkin jumlah uang dalam mesin atm tersebut tidak mencukupi atau lebih kecil dari nominal yang akan saya tarik. Jadi saya memutuskan untuk memasukkan kembali kartu atm saya ke dalam mesin atm dengan menurunkan jumlah nominal yang akan saya tarik. Jika nominal pertama yang saya tarik adalah Rp. 1.500.000,- maka pada penarikan kedua saya menarik dengan jumlah yang lebih kecil yaitu Rp.1.000.000- namun yang terjadi tetaplah sama, saya menunggu dengan waktu yang agak lebih lama dari yang sebelumnya, namun uangnya tetap tidak keluar.

Saya pun keluar dari mesin atm tersebut dan melanjutkan perjalanan ke kantor. Karena saya memang sedang membutuhkan uang tunai, maka saya memutuskan untuk singgah lagi di mesin atm lain (masih ATM bank yang sama). Kali ini mesin atm yang saya masuki adalah atm yang terletak di depan Bank tempat awal saya membuka rekening. Ketika melakukan penarikan di mesin atm ini semua terjadi secara normal dan cepat seperti yang biasanya terjadi.

Jumlah yang saya tarik adalah Rp. 1.500.000,- namun saya kaget banget karena setelah melakukan transaksi itu saldo yang ada di tabungan saya berkurang senilai Rp. 2.500.000,- seharusnya kan saldo saya yang berkurang hanyalah Rp. 1.500.000,- sesuai dengan jumlah penarikan saya yang terakhir. Ternyata penarikan saya sebelumnya yang Rp. 1.000.000,-.yang uangnya tidak keluar tersebut tetap terhitung sebagai penarikan tunai oleh sistim bank. 

Setelah mengetahui bahwa saldo saya terpotong, otomatis saya panik dong, kok bisa uang yang saya tarik dan tidak pernah keluar bisa membuat saldo saya berkurang?? saya pun kembali mengecek jumlah saldo di mesin atm yang berbeda namun hasilnya tetap sama, yaitu saldo saya memang terpotong senilai Rp. 2.500.000,- hiks sedihnya :'(

Dalam kepanikan dan kesedihan yang cukup dalam disertai rasa tidak ikhlas (kok jadi lebay gini sih bahasanya) saya langsung menghubungi call center banknya (saya tidak bisa langsung ke bank karena waktu kejadiannya adalah hari sabtu), saya diterima dengan sangat ramah oleh mbak CS-nya. Saya pun menceritakan kronologis kejadiannya pada mbak CS tersebut.

Setelah menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan oleh mbak CS seperti nomor rekening, nama sesuai ktp, tempat tanggal lahir, nama ibu kandung, 16 digit nomor yang tertera di kartu atm dan cabang tempat membuka rekening pertama kali, maka mbak-nya mengatakan bahwa pengaduanku akan segera ditindaklanjuti dan saya diminta untuk menunggu selama 14 hari kerja.

Saya pun bertanya apakah selama itu saya harus menunggu?? tidak bisakah waktunya lebih cepat?? dengan ramah mba CS-nya menjawab bahwa dia sudah menuliskan kata urgent di laporan pengaduan saya dan mudah-mudahan saya bisa mengetahui hasilnya lebih cepat dari waktu yang dijanjikan.

Tak cukup hanya membuat pengaduan di Call Center, tadi pagi saya juga tetap ke Bank tempat pertama kali saya membuka rekening untuk mengadukan kembali kejadian ini. Mbak costumer service-nya mengatakan bahwa pengaduan saya akan segera ditindaklanjuti dan saya diminta menunggu selama tujuh hari kerja untuk mendapatkan hasilnya, dan jika dalam waktu yang dijanjikan saya belum mendapatkan hasilnya, maka saya diminta untuk kembali lagi ke bank. Saya sangat berharap uang saya masih bisa dikembalikan dan dengan waktu yang relatif lebih cepat.

Teman-teman, mohon doanya agar uang saya segera kembali yah, karena bagi saya yang seorang ibu rumah tangga ini nilai segitu adalah nilai yang cukup besar, karena dengan uang segitu saya bisa mempergunakannya untuk membeli susu anak, serta barang-barang kebutuhan rumah tangga lainnya.

Adakah teman-teman yang pernah melihat atau mengalami kejadian seperti yang saya alami? Share pengalamannya dong..

Apa yang saya lakukan agar uang saya segera kembali? Baca tulisan ini

UPDATE: Alhamdulillah uangnya telah kembali ke rekening saya pada tanggal 28/10/2015 :D :D


38 comments:

  1. Wah galau juga klo ngalamin hal tsb y mb...
    Pihak teknisi banknya kudu cepet tanggep ni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba galau abis deh,apalagi sekarang baru pertengahan bulan jadi waktu gajian masih lama, huhuhu :(
      kata CS bank-nya uangnya akan kembali dalam waktu 1minggu kerja, semoga ajah bisa lebih cepat kembalinya,amin..

      Delete
  2. Duh, jangan sampai deh. Saya sempat paranoid waktu itu mau ngambil uang eh uangnya keluarnya lama sekali -,-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga saya orang terakhir yang mengalaminya yah mba, jangan ada orang lain lagi yang mengalaminya :)

      Delete
  3. Sering dengar nih kejadian kayak gini, cuma belum pernah dengar hasilnya bagaimana, galau banget, gak usah IRT deh..namanya duit itu hak kita, enak aja main nilep-nilep.. *ini kok jadi esmosi sih* :D

    Semoga uangnya kembali ya..

    ReplyDelete
  4. Saya pernah juga mba, tapi untungnya cuma 100rb narik dua kali, jadi 200rb..katanya sih 2-3 hari duitnya dibalikin, langsung masuk rekening. Lupa pula saya cek. Liat artikel ini baru ingat lagi hehehe

    ReplyDelete
  5. Wah serem juga ya, yang kepotong jumlahnya nggak sedikit itu mah. Kalau cuman 100K ajah sih mungkin nggak masalah. Semoga bisa cepet ditinjak lanjuti dan uang mbak bisa kembali yaa... Aamiin.

    ReplyDelete
  6. duh sesak napas banget bacanya, gimana kelanjutannya mba? uangnya kembali utuh kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampai sekarang belum kembali mbak, terakhir kali saya ke bank (hari jumat kemarin) saya diminta menunggu sampai senin malam, kalau sampai senin malam belum kembali uangnya saya diminta untuk datang lagi ke bank :(

      Delete
  7. Saya juga pernah...
    Kembali uangnya kok. Yakinlah
    Asal rajin2 ke bank juga mak ...
    dulu saya 14 hari
    Semangat mak.. semoga uangnya segera menjadi cash

    ReplyDelete
  8. alhamdulillah uangnya sudah kembali sekitar satu jam yang lalu mak :)

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah kalau uangnya sudah kembali. Sedih banget jika hal itu sampai menimpa saya. Jelas panik, itu jumlah uang yang lumayan lho. Nyarinya aja susah.

    ReplyDelete
  10. Wah, sama lho saya juga pernah ngalamin kejadian sama, saldonya berkurang tapi uangnya ga keluar.. tapi hari itu juga sih sy langsung ke bank dan dapat pengembalian juga

    ReplyDelete
  11. gak sekalian tanya mbak, jika persoalan seperti itu terjadi karena apa? *penasaran*
    tp apapun errornya, sing penting uangnya balik ya :D

    ReplyDelete
  12. Kalau sampe terpotong si belum pernah ngalamin, tapi memang suka bikin panik kalau uang ga keluar tapi struk keluar tapi untungnya si pas saya pindah atm lain penarikan yang tadi ga mengurangi saldo, udah 2x kaya begitu jadi kapok deh pake atm ditempat tsb

    ReplyDelete
  13. Saya pernah juga mba, tapi untungnya cuma 100rb narik dua kali, jadi 200rb..katanya sih 2-3 hari duitnya dibalikin, langsung masuk rekening. Lupa pula saya cek. Liat artikel ini baru ingat lagi hehehe

    ReplyDelete
  14. Saya juga mengalaminya Hari ini, tdi Mau tarik tunai dbank lain, uangnya gak keluar malah Transaksi berakhir n kartu atm keluar gt, trs uangnya hilang

    ReplyDelete
  15. Saya juga sama ini kejadian baru tadi siang,dah lapor call center suruh tunggu, malamnya saya cek belum balik, besok kalau belum masuk mau ke bank... pusing jg...

    ReplyDelete
  16. Mbak itu dalam berapa lama ya uangnya kembali?

    ReplyDelete
  17. :( baru kejadian :( 1 juta 500 lenyap :(

    ReplyDelete
  18. saya barusan juga kejadian yang samna di siang tadi, uang 2 juta saya kata call center menunggu..sekarang saya sabar menunggu mba

    ReplyDelete
  19. saya baru saja mengalami hal yg sma, 2 juta saya terpotong waktu transaksi yg keluar hanya sruc, saya mencoba call center dan mereka sampaikan menunggu untuk di proses

    ReplyDelete
  20. Persis kejadian saya tadi pagi. smg cepet kembali

    semisal antara kartu ATM dan Mesin ATM berbeda, call center yang dituju yang mana...?

    ReplyDelete
  21. Sma mbak,saya bru kmaren trjadi,2.500.000 hlang d saldo saya.nyesek d dada

    ReplyDelete
  22. Sma mbak,saya bru kmaren trjadi,2.500.000 hlang d saldo saya.nyesek d dada

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Aku juga baru kemaren ngalamin hal ini sinyal tidak terjangkau di mesin nya atm keluar tapi uang tidak keluar pas di cek saldo berkurang rp.1,500.000 nyesek bgt...aku baru tlp ke cs suruh nunggu 12hr..tapi aku blm coba ke bank nya karna masih sibuk kerja...semoga bisa kembali deh..amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Ayu dan Rekan-rekan Jika ATM dan Mesin berbeda Bank maka Bank Penerbit Kartu akan meminta History dari Bank terminal mesin ATM dan Jika Benar duit Tidak keluar PASTI ada Log History Bank Yg Memiliki Terminal Mesin ATM...karna Setiap Bank Pasti ada History yang tersimpan begitu juga Terminal ATM nya...Waktu Maksimal 14 Hari Kerja Bisa Cepat tergantung BANK nya Mba,,,Tapi secara Prosedur Perbankan 14 Hari Kerja jika LEBIH dari waktu itu KITA bisa Komplen secara tertulis dan ini bisa membuat Bank pemilik TERMINAL ATM dikenakan sangsi dari Bank Indonesia. Demikian Semoga terbantu yaaa.... Terima kasih.

      Delete
  25. Mba call center nya brp ya mbak ? Saya barusan kejadian seperti itu saldo motong . Cuma seratus sih tapi sayang bisa buat jajan ��

    ReplyDelete
  26. kalau ada masalah seperti itu memang sebaiknya segera laporkan ke Call Center, takutnya ada yang menyadap untuk melihat Pin ATM Kita... Ini sdh pernah terjadi di tempat saya ... harus lbih waspada . banyak sekali modus yg dilakukan para pencuri ATM

    ReplyDelete
  27. Saya juga sma baru aja kena kejadian kyak gtu jga...Atm yg saya gunakan adalah BRIS, pertama sya melakukn pengambilan tunai di ATM BRI sebesar 1500000, setelh memasukn nilai jumlh pengambilan mesin ATM memproses sngat lma tdk seperti normalnya dan setelh itu muncul Tulisan "Transaksi Anda Gagal", saya kira ah pling cuma gangguan dan akhirnya sya cobain penarikan di 2 Mesin ATM yg berbeda ;ATM mandiri dan BSM tetapi jga sma dengan sebelumnya proses lama dan muncul Tulisan Transaksi Gagal...setelah itu saya coba cek saldo saja ternyata jga sma saja transaksi gagal...saya berpikir apakh jaringan atm bersmanya yg gangguan nih..krna sya lgi perlu banget uang tunai mka sya menuju lgi ke Mesin ATM BRIS sesuai kartu ATM yg sya gunakan...sya coba ambil dgn nilai yg sma 1500000 dan akhirnya berjalan lanjar normal tapi begitu terkejutnya saya begitu cek saldo yg seharusnya cuma bekurang 1500000 ternyata berkurang 5000000.....ya Allah berarti yg transaksi sya gagal 3 kali gk keluar uang tdi kebaca dong sma sistem atm nya...langsung itu jga sya coba telpon call centernya tpi jringan sibuk trus...krna kejadiannya mlm...baru besok bisa ngurus ke Banknya nih...do'akan ya tmen2 semoga uangnya kembali...akan saya kerasin kasusnya ini karena emng kesalahan sistem atmnya....buat temen2 semoga jdi peljaran lo nemuin seperti ini, kalo sdh 1 kali gagal saat pengambilan mending cek saldo dlu deh baru ambil lgi...lo cek saldo pun gak bisa..pindah ke atm lain yg bsa cek saldo dlu...Makasih.....

    ReplyDelete
  28. Banyak bnget kejadian serupa mbak.. Berarti harus cermat cek saldo ya mbak..

    ReplyDelete
  29. Nih barusan kejadian di ATM cabang mandiri pom Krian ada korban 3 orang. Kasihan juga lihatnya..

    ReplyDelete
  30. Kasusnya mirip dengan yg sy alami pagi tdi, seperti biasa, awalnya saya cek saldo terlebih dahulu, tpi Yg tertera di mesin atmnya klw saldonya tdk bisa di cek,dan memang saldonya gg tertera di mesin atmnya jadi sy berfikir mungkin cek saldo ja yg gg bisa, klw penarikan tunainya bisa, dan setelah menunggu sekitar beberapa menit, uangnya gg leluar dan di mesinnya pun tdk ada tidak ad respon, tiba" layar di mesinnya berubah, apakah msih ingin melakukan transaksi? , tpi krn uangnya gg keluar, jdi sy berfikir klw atmnya lagi bermsalah, jdi sy memutuskan tuk tidak melakukan transaksi lagi dan mencari atm di tempat lain. Setelah sampai di atm, dan cek saldo, sy kaget karena saldonya sdh berkurang 1.500.000, sempat khawatir dan bingung harus ngapain. Lalu sy memtuskan tuk segera melapor ke bank, dan kata cs-nya sy harus menunggu sekitar 2 minggu. Tuk yg peenah mngalami hal yg serupa, apa uangnya benar" akan di kembalikan?

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini, Insyaallah saya akan berkunjung balik ^___^

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan otomatis terhapus..