12/21/2015

HAL-HAL YANG DILAKUKAN KETIKA MENGALAMI KEJADIAN; TARIK UANG DI ATM UANGNYA TIDAK KELUAR TAPI SALDO TERPOTONG

tarik uang atm, uang tidak keluar namun saldo terpotong

Ini judulnya kok panjang banget yah? mau menyaingi rel kereta api kayaknya, hehe..   Ok, abaikan masalah judul yang panjang itu, yuk kita masuk pada inti dari tulisan ini..

Di zaman yang serba modern ini hampir semua orang tentu sudah akrab dengan dunia perbankan yah? Rasanya hampir semua orang minimal pasti punya satu rekening tabungan di bank.

Seiring kemajuan teknologi, orang-orang pun sudah tidak perlu mengantri lagi hanya untuk sekedar menarik uang di bank. Semua bank sudah memberikan fasilitas Anjungan Tunai Mandiri (ATM) untuk memudahkan nasabahnya dalam mengambil uang. Cukup memasukkan sebuah kartu ke dalam sebuah mesin, tekan-tekan, tidak lama kemudian uang yang dibutuhkan langsung ada di tangan. Sangat mudah dan simple kan??

Agar semakin memanjakan nasabah, bank pun menyediakan banyak mesin ATM. Hampir di setiap tempat strategis kita akan mendapati mesin ATM ini. Ada di pom bensin (SPBU), mall, tempat hiburan sampai pada pasar tradisional.

Tapi ternyata kemudahan itu kadang-kadang menimbulkan sedikit masalah. Seperti kata pepatah sepandai-pandainya tupai melompat, suatu saat pasti akan jatuh juga. Seperti itu juga yang terjadi pada proses penarikan uang melalui atm ini. Secanggih-canggihnya sebuah teknologi, satu waktu pasti akan mengalami error juga.

Tidak jarang terjadi saat orang menarik uang melalui mesin ATM, uangnya tidak keluar. Seperti yang saya alami beberapa waktu yang lalu. Saat melakukan penarikan uang, uangnya tidak keluar namun saldo tabungan saya berkurang.

Baca ceritanya disini

Berikut beberapa hal yang menyebabkan uang tidak keluar saat melakukan penarikan di ATM:
  • Mati lampu
    Ini terjadi pada beberapa teman saya. Saat melakukan penarikan uang, lampu di dalam mesin ATM tersebut masih menyala namun ketika sudah menekan jumlah yang ingin ditarik, tiba-tiba lampu padam. Hal ini tentu saja membuat uang tersebut tidak bisa keluar.
  • Gangguan jaringan
  • Ini yang beberapa waktu lalu saya alami. Saat melakukan transaksi, uang yang ingin saya tarik itu tidak keluar dan saldo saya terpotong..
  • Uang dalam mesin ATM habis
  • Sebanyak apapun uang yang kita punya, jika uang dalam mesin ATM sedang habis, maka uangnya tidak akan pernah keluar.

Pertanyaan selanjutnya adalah, apakah yang harus dilakukan ketika mengalami ketiga insiden di atas?

Menurut pengalaman yang saya rasakan, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan ketika mengalami ketiga hal tersebut, khususnya jika mengalami insiden yang kedua (tarik tunai di ATM, saldo terpotong namun uangnya tidak keluar):

  • Tarik napas dan tetap tenang
  • Pindah ke mesin ATM di sebelahnya dan masukkan kembali kartu ATM untuk mengecek saldo tabungan kamu. Jika saldonya masih seperti semula, berarti aman, namun jika ternyata saldonya berkurang maka ada tindakan lain yang harus di lakukan.
  • Jika saldo tabungan berkurang, segera ke bank terdekat untuk melaporkan masalah ini. Saat itu saya melaporkan ke Bank tempat pertama kali saya membuka rekening.
  • Bersabar. Setelah pelaporan, biasanya pihak bank akan meminta kita menunggu hingga 14 hari kerja (± 3 minggu waktu kalender) untuk mengembalikan saldo yang hilang itu. Hal ini karena pihak bank masih harus mencocokkan keluhan kita dengan gambar yang terekam oleh cctv pada mesin ATM tempat kita melakukan transaksi yang gagal itu.
  • Namun apabila uang yang kita tarik tidak keluar karena mati lampu (poin no. 1), menurut beberapa teman yang mengalaminya, uangnya akan dikembalikan pada hari yang sama dengan hari pelaporan kejadiannya, jadi tidak perlu menunggu sampai 14 hari kerja.
  • Sering-seringlah menghubungi costumer service atau datang langsung ke bank untuk menanyakan perkembangan keluhan kita. Biasanya, semakin sering kita menanyakannya semakin cepat juga uang kita dikembalikan.


Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan ketika mengalami insiden tarik tunai di atm, uang tidak keluar namun saldo terpotong”.

Punya pengalaman yang sama dengan yang saya alami? Atau punya cara lain yang bisa dilakukan agar uangnya cepat kembali? Share di kolom komentar yuk 

58 comments:

  1. pernah sih tapi udah lamaaa bgt. sekarang sy kalo dikasih uang sm suami cash aja, meminimalisir masalah ATM :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. uang cash memang lebih minim masalah yah Mak :)

      Delete
  2. Iya mba. Saya pernah kejadian nih. Untungnya bisa diurus. Memang harus rajin kontak CS...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepakat Mbak, semakin sering kita hubungi akan semakin cepat juga responnya :)

      Delete
  3. Yang berabe kalo kejadiannya hari Jumat malam ya, Mbak .... kalo duit terpotong padahal belum tarik. Mau ke bank baru bisa Seninnya ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dulu kejadiannya hari sabtu Mbak, baru saat itu saya sedang butuh banget uang cash..

      Delete
  4. saya pernah kayak gini waktu masih kuliah dulu, rasanya pingin nangis, badan panas dingin, duh bingung banget pokoknya, untung atm-nya jadi satu kawasan sama bank-nya jadi langsung cus lapor ke bank dan beberapa hari kemudian beres :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah :)
      saat mengalami kejadian seperti itu rasanya memang gak enak banget Mbak..

      Delete
  5. Aduuh, kalo saya ngalamin kayak gitu, sepertinya panik deh. Untungnya blom pernah he he..
    Dan sekarang bisa tahu apa yang harus dilakukan, karena dapat sharing dari sini. Makasih sharingnya ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak :)
      semoga pengalaman saya bermanfaat untuk orang lain..

      Delete
  6. kalo saya alhamdulillah belum pernah nyobain tapi saya pernah transfer dari bca ke mandiri saldo bca saya kepotong tapisi pemilik mandiri tidak menerima uang, nah loh kemana coba uangnya?saya sampai bolak balik ke bank tuh ya sampai akhirnya dana saya dikembalikan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kemana coba uangnya???
      Alhamdulillah yah, akhirnya uangnya kembali juga :)

      Delete
    2. ternyata kata pihak bank masuk kliring jadi harus nunggu 24jam.jika berhasil uang akan masuk ke mandiri iitu, tapi setelah 24jam dana kembali masuk berarti gagal..

      Delete
  7. Saya belum pernah ngalami gini sih, pasti ribet banget ya sering ke CS?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang ribet banget Mbak, tapi demi cepat kembalinya uang yah terpaksa harus dilalui dan Alhamdulillah uangnya bisa kembali :)

      Delete
  8. Untungnya saya belum pernah ngalami yamg kayak gitu, mbak, pernahnya isi pulsa via atm tapi pas masukin nomor hp kelebihan. Untung pas dilaporin balik lagi uangnya gak jadi kepotong :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo isi pulsa saya belum pernah ngalamin :)
      Alhamdulillah uangnya balik lagi :)

      Delete
  9. Menunggu responnya sampai 3 mingguan ya... bagus nih infonya, saya biasa tarik tunai di ATM, syukurnya belum pernah mengalami hal tersebut. soalnya sebelum ngambil uang, nanya dulu ke satpamnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3 minggu itu hari kalendernya Mas, dan itu jangka waktu terlama yang diberikan pihak bank :)

      Delete
    2. Oh begitu ya, yang penting uangnya bisa balik mba. Caranya mungkin hampir sama dengan ATM yg tertelan ya

      Delete
  10. temen aku pernah begitu mak, kepotong 1jt, trs doi lnsung ke bank atm en besoknya sldo udh kembali

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga satu juta Mbak, mana saat itu tanggal gajian masih lama :(
      senangnya uangnya bisa langsung dikembalikan tanpa harus menunggu lama seperti yang saya alami :)

      Delete
  11. Suami saya yang pernah ngalamnin kayak gini, Mbak. Iya, mesti ke bank-nya dan nunggu agak lama. Lupa berapa hari waktu itu. Rasanya deg-degan, bisa balik gak yaa uangnya? hehe.. alhamdulillah bisa, ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo uangnya memang gak keluar biasanya uangnya pasti balik kok Mbak, karena pihak bank kan pasti punya rekaman CCTV yang ada di atm itu..
      cuman waktunya emang agak lama karena pihak bank masih harus memeriksa rekaman cctv-nya dulu :)

      Delete
  12. Alhamdulillah belum pernah terjadi pada saya, semoga nggak lah ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak Ika, semoga jangan pernah mengalami kejadian ini, karena rasanya gak enak banget apalagi kalo terjadinya di tanggal tua..

      Delete
  13. Aduh amit-amit semoga gak pernah kejadian. Tapi infonya bisa buat jaga-jaga nih. Makasi Mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, semoga infonya bermanfaat yah.. :)

      Delete
  14. Sangat informatif. Makasih ya mak Ira, sudah berbagi..

    Alhamdulillah saya belum pernah (dan semoga nggak pernah) ngalamin yg begini... pasti repot ya harus ke bank lagi,ngantrinya lama.. heuheu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw, url link nya panjang banget ya? Waaah, kirain tadi cuma judulnya aja yg panjang *baru ngeh :D

      Delete
    2. antri di CS itu memang lama banget Mbak, beda sama antri di teller :)

      hehe, iya judul & linknya sama-sama panjang :D

      Delete
  15. Iya judulnya macam judul skripsi aja tapi jelas :D
    Alhamdulillah aku si nggak pernah ya dan jangan sampe deh, btw thanks for infonya. nanti ganti aku infoin ke ibu aku juga

    ReplyDelete
  16. penting banget infonya thanks for sharing ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mbak, semoga bermanfaat yah :)

      Delete
  17. semoga jangan pernah nyobain yah, soalnya urusan sama bank lama banget.hihi

    ReplyDelete
  18. Saldonya gak terpotong sih mbak, tapi uangnya tetap gak keluar tuh *ya iyalah sisa saldo sudah minimal kok* hehe #JustKidding :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo seperti itu sih memang gak akan pernah keluar uangnya Mbak :D

      Delete
  19. 14 hari kerjanya itu loh yg bikin nyesek :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget, 14 hari kerja bank itu 3 minggu hari kalender,hiks :(

      Delete
  20. Aku pernah saldo terpotong, ada bukti transaksinya. Panik namun lalu ada satpam yang bilang kalau nggak lama lagi dana masuk. Syukurlah demikian. Pernah saya sempat telepon CS, ribet. Untung dana balik hari itu juga. Saya pakai sms banking jadi bisa ketahuan. Makasih sharingnya, mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mbak karena dananya bisa balih hari itu juga :)

      Delete
  21. hadeehh.. ini serem banget ya mba..
    saya belum pernah sih ngalamin kaya gini.. tapi kalau atm hilang mah udah beberapa kali.. *nasib orang pelupa -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau atm hilang alhamdulillah saya belum pernah Mbak, dan mudah-mudahan tidak pernah mengalaminya :)

      Delete
  22. untungnya belum pernah ngalamin, yang sering tuh beli pulsa lewat e-banking udah kepotong tapi pulsanya gak masuk karena jaringan error. Alhamdulillah langsung dikembalikan saldonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalo langsung dikembalikan Mbak, saya belum pernah mengalami yang seperti itu :)

      Delete
  23. aku pernah lho mbak mau narik uang tapi uangnya gak keluar, tapi alhamdulillah saldo gak kepotong, kalo kepotong bisa panik aku mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalo gak terpotong Mbak Ev, yang repot itu kalo uangnya gak keluar tapi saldo terpotong dan kejadiannya pas akhir pekan, sakitnya tuh di sini (tunjuk dompet).. :)

      Delete
  24. Terima kasih sharenya mbak, berguna banget. Dulu pernah ngalamin hal seperti ini. Hehehe

    ReplyDelete
  25. haahahaha pernah ini [halah kok malah ketawa]
    yg saya lakuin pertama kali, bengong krn kok ya kartunya trus ketelan pulak. padahal besok kudu liburan [apes bangeeet kan] hahaha.....
    sejak itu rada trauma ambil atm kalo bukan atm yg jadi satu dgn bank'nya, krn pernah pas kartu tertelan dan atm'nya jadi satu dgn bank. kita gk perlu repot krn pihak securty bisa lgsg mengakses atm tsb, atau at least bs bilang ke satpamnya dan buat janjian dgn meninggalkan fotocopy KTP

    ReplyDelete
  26. terimakasih banyak infonya mbak. saya belum pernah mengalami sih, dan semoga tidak akan pernah mengalami, hehe.... lihat dulu kakak ipar pernah mengalami ginian. duh ribet banget musti bolak balik bolak ke bank :)

    ReplyDelete
  27. ini hal yang paling ngejengkelin saat berda di ATM.

    ReplyDelete
  28. Belum pernah sih, malah sering Kartunya ke telen ATM

    ReplyDelete
  29. wah baru tau ada kasus seperti ini, serem juga

    ReplyDelete
  30. saya pernah mengalaminya mb, alhamdulillah masih bisa balik duitnya

    ReplyDelete
  31. Saya pernah juga ngalami sewaktu mau belik hp di plaza milinium malam minggu tgl.6 agus 2016 atm itu milik istri saya yang mau ambil uangnya anak saya, pada saat sudah transaksi kartu atm sudah diambil dan menunggu uang keluar eh malah mati lampu sekitar empat sampai lima detik otomatis genset hidup dan mesin atm kembali menyala,tertlis dilayar mesin "atm tidak dapat digunakan" uang pun ngak keluar,setelah di check di mesin atm bank lain disebelahnya ternyata saldo sudah berkurang, saya dan anak saya jadi panik lalu saya mencoba menghubunggi no telepon pelayanan konsumen yang tertera di kartu atm istri saya.untung Pada saat itu istri saya ikut sehingga untuk pelaporannya harus pemilik kartu atm langsung.jawaban dari keluhan pelanggan untuk menungguh 14 hari kerja.hingga saat ini istri saya masih menunggu keputusan dari pihak bank, Mudah mudahan uang istri saya dapat kembali lagi. Demikianlah pengalaman saya .

    ReplyDelete
  32. Baru saja td sy ngalamin. Atm saya bank BRI. tapi saya ngambil uang lewat atm bank mandiri. Transaksi ambil uang 2jt. Saldo terpotong tp tertera tulisan di mesin "transaksi anda tidak dapat diproses". Saya panik telp call center mandiri jelas sulit krn sy beda bank. Jadi apa yg hrs sy lakukan. Sungguh sgt sedih

    ReplyDelete
  33. Klo beda bank gmn mba. Sy bank bri td ambil uang dr Atm mandiri. Uang saldo sudah terpotong 2jt. Tp tidak keluar sama sekali uang dari mesin ATM. apa yg hrs sy lakukan mba?. Sedih bgt

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini, Insyaallah saya akan berkunjung balik ^___^

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan otomatis terhapus..