HAL-HAL YANG DILAKUKAN KETIKA MENGALAMI KEJADIAN; TARIK UANG DI ATM UANGNYA TIDAK KELUAR TAPI SALDO TERPOTONG

Desember 21, 2015

tarik uang atm, uang tidak keluar namun saldo terpotong

Ini judulnya kok panjang banget yah? mau menyaingi rel kereta api kayaknya, hehe..   Ok, abaikan masalah judul yang panjang itu, yuk kita masuk pada inti dari tulisan ini..

Di zaman yang serba modern ini hampir semua orang tentu sudah akrab dengan dunia perbankan yah? Rasanya hampir semua orang minimal pasti punya satu rekening tabungan di bank.

Seiring kemajuan teknologi, orang-orang pun sudah tidak perlu mengantri lagi hanya untuk sekedar menarik uang di bank. Semua bank sudah memberikan fasilitas Anjungan Tunai Mandiri (ATM) untuk memudahkan nasabahnya dalam mengambil uang. Cukup memasukkan sebuah kartu ke dalam sebuah mesin, tekan-tekan, tidak lama kemudian uang yang dibutuhkan langsung ada di tangan. Sangat mudah dan simple kan??

Agar semakin memanjakan nasabah, bank pun menyediakan banyak mesin ATM. Hampir di setiap tempat strategis kita akan mendapati mesin ATM ini. Ada di pom bensin (SPBU), mall, tempat hiburan sampai pada pasar tradisional.

Tapi ternyata kemudahan itu kadang-kadang menimbulkan sedikit masalah. Seperti kata pepatah sepandai-pandainya tupai melompat, suatu saat pasti akan jatuh juga. Seperti itu juga yang terjadi pada proses penarikan uang melalui atm ini. Secanggih-canggihnya sebuah teknologi, satu waktu pasti akan mengalami error juga.

Tidak jarang terjadi saat orang menarik uang melalui mesin ATM, uangnya tidak keluar. Seperti yang saya alami beberapa waktu yang lalu. Saat melakukan penarikan uang, uangnya tidak keluar namun saldo tabungan saya berkurang.

Baca ceritanya disini

Berikut beberapa hal yang menyebabkan uang tidak keluar saat melakukan penarikan di ATM:
  • Mati lampu
    Ini terjadi pada beberapa teman saya. Saat melakukan penarikan uang, lampu di dalam mesin ATM tersebut masih menyala namun ketika sudah menekan jumlah yang ingin ditarik, tiba-tiba lampu padam. Hal ini tentu saja membuat uang tersebut tidak bisa keluar.
  • Gangguan jaringan
  • Ini yang beberapa waktu lalu saya alami. Saat melakukan transaksi, uang yang ingin saya tarik itu tidak keluar dan saldo saya terpotong..
  • Uang dalam mesin ATM habis
  • Sebanyak apapun uang yang kita punya, jika uang dalam mesin ATM sedang habis, maka uangnya tidak akan pernah keluar.
Pertanyaan selanjutnya adalah, apakah yang harus dilakukan ketika mengalami ketiga insiden di atas?

Menurut pengalaman yang saya rasakan, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan ketika mengalami ketiga hal tersebut, khususnya jika mengalami insiden yang kedua (tarik tunai di ATM, saldo terpotong namun uangnya tidak keluar):

  • Tarik napas dan tetap tenang
  • Pindah ke mesin ATM di sebelahnya dan masukkan kembali kartu ATM untuk mengecek saldo tabungan kamu. Jika saldonya masih seperti semula, berarti aman, namun jika ternyata saldonya berkurang maka ada tindakan lain yang harus di lakukan.
  • Jika saldo tabungan berkurang, segera ke bank terdekat untuk melaporkan masalah ini. Saat itu saya melaporkan ke Bank tempat pertama kali saya membuka rekening.
  • Bersabar. Setelah pelaporan, biasanya pihak bank akan meminta kita menunggu hingga 14 hari kerja (± 3 minggu waktu kalender) untuk mengembalikan saldo yang hilang itu. Hal ini karena pihak bank masih harus mencocokkan keluhan kita dengan gambar yang terekam oleh cctv pada mesin ATM tempat kita melakukan transaksi yang gagal itu.
  • Namun apabila uang yang kita tarik tidak keluar karena mati lampu (poin no. 1), menurut beberapa teman yang mengalaminya, uangnya akan dikembalikan pada hari yang sama dengan hari pelaporan kejadiannya, jadi tidak perlu menunggu sampai 14 hari kerja.
  • Sering-seringlah menghubungi costumer service atau datang langsung ke bank untuk menanyakan perkembangan keluhan kita. Biasanya, semakin sering kita menanyakannya semakin cepat juga uang kita dikembalikan.



Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan ketika mengalami insiden tarik tunai di atm, uang tidak keluar namun saldo terpotong”.

Punya pengalaman yang sama dengan yang saya alami? Atau punya cara lain yang bisa dilakukan agar uangnya cepat kembali? Share di kolom komentar yuk 

You Might Also Like

75 Komentar

  1. pernah sih tapi udah lamaaa bgt. sekarang sy kalo dikasih uang sm suami cash aja, meminimalisir masalah ATM :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. uang cash memang lebih minim masalah yah Mak :)

      Hapus
  2. Iya mba. Saya pernah kejadian nih. Untungnya bisa diurus. Memang harus rajin kontak CS...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepakat Mbak, semakin sering kita hubungi akan semakin cepat juga responnya :)

      Hapus
  3. Yang berabe kalo kejadiannya hari Jumat malam ya, Mbak .... kalo duit terpotong padahal belum tarik. Mau ke bank baru bisa Seninnya ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya dulu kejadiannya hari sabtu Mbak, baru saat itu saya sedang butuh banget uang cash..

      Hapus
  4. saya pernah kayak gini waktu masih kuliah dulu, rasanya pingin nangis, badan panas dingin, duh bingung banget pokoknya, untung atm-nya jadi satu kawasan sama bank-nya jadi langsung cus lapor ke bank dan beberapa hari kemudian beres :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah :)
      saat mengalami kejadian seperti itu rasanya memang gak enak banget Mbak..

      Hapus
  5. Aduuh, kalo saya ngalamin kayak gitu, sepertinya panik deh. Untungnya blom pernah he he..
    Dan sekarang bisa tahu apa yang harus dilakukan, karena dapat sharing dari sini. Makasih sharingnya ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mbak :)
      semoga pengalaman saya bermanfaat untuk orang lain..

      Hapus
  6. kalo saya alhamdulillah belum pernah nyobain tapi saya pernah transfer dari bca ke mandiri saldo bca saya kepotong tapisi pemilik mandiri tidak menerima uang, nah loh kemana coba uangnya?saya sampai bolak balik ke bank tuh ya sampai akhirnya dana saya dikembalikan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kemana coba uangnya???
      Alhamdulillah yah, akhirnya uangnya kembali juga :)

      Hapus
    2. ternyata kata pihak bank masuk kliring jadi harus nunggu 24jam.jika berhasil uang akan masuk ke mandiri iitu, tapi setelah 24jam dana kembali masuk berarti gagal..

      Hapus
  7. Saya belum pernah ngalami gini sih, pasti ribet banget ya sering ke CS?

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang ribet banget Mbak, tapi demi cepat kembalinya uang yah terpaksa harus dilalui dan Alhamdulillah uangnya bisa kembali :)

      Hapus
  8. Untungnya saya belum pernah ngalami yamg kayak gitu, mbak, pernahnya isi pulsa via atm tapi pas masukin nomor hp kelebihan. Untung pas dilaporin balik lagi uangnya gak jadi kepotong :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo isi pulsa saya belum pernah ngalamin :)
      Alhamdulillah uangnya balik lagi :)

      Hapus
  9. Menunggu responnya sampai 3 mingguan ya... bagus nih infonya, saya biasa tarik tunai di ATM, syukurnya belum pernah mengalami hal tersebut. soalnya sebelum ngambil uang, nanya dulu ke satpamnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. 3 minggu itu hari kalendernya Mas, dan itu jangka waktu terlama yang diberikan pihak bank :)

      Hapus
    2. Oh begitu ya, yang penting uangnya bisa balik mba. Caranya mungkin hampir sama dengan ATM yg tertelan ya

      Hapus
  10. temen aku pernah begitu mak, kepotong 1jt, trs doi lnsung ke bank atm en besoknya sldo udh kembali

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga satu juta Mbak, mana saat itu tanggal gajian masih lama :(
      senangnya uangnya bisa langsung dikembalikan tanpa harus menunggu lama seperti yang saya alami :)

      Hapus
  11. Suami saya yang pernah ngalamnin kayak gini, Mbak. Iya, mesti ke bank-nya dan nunggu agak lama. Lupa berapa hari waktu itu. Rasanya deg-degan, bisa balik gak yaa uangnya? hehe.. alhamdulillah bisa, ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo uangnya memang gak keluar biasanya uangnya pasti balik kok Mbak, karena pihak bank kan pasti punya rekaman CCTV yang ada di atm itu..
      cuman waktunya emang agak lama karena pihak bank masih harus memeriksa rekaman cctv-nya dulu :)

      Hapus
  12. Alhamdulillah belum pernah terjadi pada saya, semoga nggak lah ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbak Ika, semoga jangan pernah mengalami kejadian ini, karena rasanya gak enak banget apalagi kalo terjadinya di tanggal tua..

      Hapus
  13. Aduh amit-amit semoga gak pernah kejadian. Tapi infonya bisa buat jaga-jaga nih. Makasi Mak.

    BalasHapus
  14. Sangat informatif. Makasih ya mak Ira, sudah berbagi..

    Alhamdulillah saya belum pernah (dan semoga nggak pernah) ngalamin yg begini... pasti repot ya harus ke bank lagi,ngantrinya lama.. heuheu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw, url link nya panjang banget ya? Waaah, kirain tadi cuma judulnya aja yg panjang *baru ngeh :D

      Hapus
    2. antri di CS itu memang lama banget Mbak, beda sama antri di teller :)

      hehe, iya judul & linknya sama-sama panjang :D

      Hapus
  15. Iya judulnya macam judul skripsi aja tapi jelas :D
    Alhamdulillah aku si nggak pernah ya dan jangan sampe deh, btw thanks for infonya. nanti ganti aku infoin ke ibu aku juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga infonya bermanfaat yah Mbak :)

      Hapus
    2. Mba aku ngalamin hal yg sama tgl 7 kmrn.udah nlp CS ny udah d kasih nomer tiket klaim.kata CS nya aku ga usah komplen k bank lg.nunggu pling tlat 14 hari.menurut mba apa sharusnya aku datang k bank nya langsung apa nurutin kata2 CS bank yg udah ngasih no tiket klaim....mhn d kasih saran y mba

      Hapus
  16. penting banget infonya thanks for sharing ;)

    BalasHapus
  17. semoga jangan pernah nyobain yah, soalnya urusan sama bank lama banget.hihi

    BalasHapus
  18. Saldonya gak terpotong sih mbak, tapi uangnya tetap gak keluar tuh *ya iyalah sisa saldo sudah minimal kok* hehe #JustKidding :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo seperti itu sih memang gak akan pernah keluar uangnya Mbak :D

      Hapus
  19. 14 hari kerjanya itu loh yg bikin nyesek :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget, 14 hari kerja bank itu 3 minggu hari kalender,hiks :(

      Hapus
  20. Aku pernah saldo terpotong, ada bukti transaksinya. Panik namun lalu ada satpam yang bilang kalau nggak lama lagi dana masuk. Syukurlah demikian. Pernah saya sempat telepon CS, ribet. Untung dana balik hari itu juga. Saya pakai sms banking jadi bisa ketahuan. Makasih sharingnya, mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Mbak karena dananya bisa balih hari itu juga :)

      Hapus
  21. hadeehh.. ini serem banget ya mba..
    saya belum pernah sih ngalamin kaya gini.. tapi kalau atm hilang mah udah beberapa kali.. *nasib orang pelupa -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalau atm hilang alhamdulillah saya belum pernah Mbak, dan mudah-mudahan tidak pernah mengalaminya :)

      Hapus
  22. untungnya belum pernah ngalamin, yang sering tuh beli pulsa lewat e-banking udah kepotong tapi pulsanya gak masuk karena jaringan error. Alhamdulillah langsung dikembalikan saldonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalo langsung dikembalikan Mbak, saya belum pernah mengalami yang seperti itu :)

      Hapus
  23. aku pernah lho mbak mau narik uang tapi uangnya gak keluar, tapi alhamdulillah saldo gak kepotong, kalo kepotong bisa panik aku mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalo gak terpotong Mbak Ev, yang repot itu kalo uangnya gak keluar tapi saldo terpotong dan kejadiannya pas akhir pekan, sakitnya tuh di sini (tunjuk dompet).. :)

      Hapus
  24. Terima kasih sharenya mbak, berguna banget. Dulu pernah ngalamin hal seperti ini. Hehehe

    BalasHapus
  25. haahahaha pernah ini [halah kok malah ketawa]
    yg saya lakuin pertama kali, bengong krn kok ya kartunya trus ketelan pulak. padahal besok kudu liburan [apes bangeeet kan] hahaha.....
    sejak itu rada trauma ambil atm kalo bukan atm yg jadi satu dgn bank'nya, krn pernah pas kartu tertelan dan atm'nya jadi satu dgn bank. kita gk perlu repot krn pihak securty bisa lgsg mengakses atm tsb, atau at least bs bilang ke satpamnya dan buat janjian dgn meninggalkan fotocopy KTP

    BalasHapus
  26. terimakasih banyak infonya mbak. saya belum pernah mengalami sih, dan semoga tidak akan pernah mengalami, hehe.... lihat dulu kakak ipar pernah mengalami ginian. duh ribet banget musti bolak balik bolak ke bank :)

    BalasHapus
  27. ini hal yang paling ngejengkelin saat berda di ATM.

    BalasHapus
  28. Belum pernah sih, malah sering Kartunya ke telen ATM

    BalasHapus
  29. wah baru tau ada kasus seperti ini, serem juga

    BalasHapus
  30. saya pernah mengalaminya mb, alhamdulillah masih bisa balik duitnya

    BalasHapus
  31. Saya pernah juga ngalami sewaktu mau belik hp di plaza milinium malam minggu tgl.6 agus 2016 atm itu milik istri saya yang mau ambil uangnya anak saya, pada saat sudah transaksi kartu atm sudah diambil dan menunggu uang keluar eh malah mati lampu sekitar empat sampai lima detik otomatis genset hidup dan mesin atm kembali menyala,tertlis dilayar mesin "atm tidak dapat digunakan" uang pun ngak keluar,setelah di check di mesin atm bank lain disebelahnya ternyata saldo sudah berkurang, saya dan anak saya jadi panik lalu saya mencoba menghubunggi no telepon pelayanan konsumen yang tertera di kartu atm istri saya.untung Pada saat itu istri saya ikut sehingga untuk pelaporannya harus pemilik kartu atm langsung.jawaban dari keluhan pelanggan untuk menungguh 14 hari kerja.hingga saat ini istri saya masih menunggu keputusan dari pihak bank, Mudah mudahan uang istri saya dapat kembali lagi. Demikianlah pengalaman saya .

    BalasHapus
  32. Baru saja td sy ngalamin. Atm saya bank BRI. tapi saya ngambil uang lewat atm bank mandiri. Transaksi ambil uang 2jt. Saldo terpotong tp tertera tulisan di mesin "transaksi anda tidak dapat diproses". Saya panik telp call center mandiri jelas sulit krn sy beda bank. Jadi apa yg hrs sy lakukan. Sungguh sgt sedih

    BalasHapus
  33. Klo beda bank gmn mba. Sy bank bri td ambil uang dr Atm mandiri. Uang saldo sudah terpotong 2jt. Tp tidak keluar sama sekali uang dari mesin ATM. apa yg hrs sy lakukan mba?. Sedih bgt

    BalasHapus
  34. Hadeuhh saat ini masalah tersebut terjadi pada saya...suruh tunggu 14 hari kerja..pdahal uang nya butuh bgt bwat ulang tahun anak.sedih..galau...capur aduk.smoga uang nya bisa kembali

    BalasHapus
  35. Tadi pagi saya ngalamin hal yg sama dgn mba,narik uang di atm tpi duitnya gk keluar.sya panik bgt mpe panas dingin.sya langsung tlpn cs mandiri.kt nya nunggu 14 hari kerja.jadi trauma pke atm mandiri

    BalasHapus
  36. Sya juga kmrn sore kayak gitu mbak. Ini bru ke banknya soalnya kmrn hr minggu. Syarat utk diproses hrus ada buku tabungannya ya mba? Buku tabunganku di Manado, smentara sya ngalaminnya di Makassar. Sedihnya. -___-"

    BalasHapus
  37. Sy baru saja ngalamin..tarik uang di atm bni pake atm mandiri 1,250 keterangan Waktu Anda Habis ,atm keluar n uangnya gak keluar.Sy lgug ke bank mandiri suru tggu 10 hari.Sedih banget apalagi uang lg butuh banget...mdh2an bisa kembali sblm 10 hari.

    BalasHapus
  38. Kemarin saya alami seperti yg mbak alami jawaban pun sama yg mbak katakan sekarang saya lagi menunggu proses dari bank..Doakan y saudara ku biar uangku bisa kembali Aamiin terima kasih semuanya

    BalasHapus
  39. Saya mengalaminya hari ini, jadi tdi pagi paman nyuruh tarik tunai, berhubung yg deket atm link BRI yudah nyoba narik d sana, eh malah apes, narik 2jt, uang gx keluar, saldo kepotong,.. Yg harus k bank paman saya, sedangkan paman saya sibuknya minta ampun, gx sempat ke bank, semoga bisa d proses dgn lancar..

    BalasHapus
  40. Persis,saya juga mengalami hal itu,baru kemarin tanggal 9 juli saya tarik tunai 1,05 jt.Uang tidak keluar saldo berkurang.tadi saya tlp.ke CSnya .laporan pengaduan sdh di buat sama CS,katanya nunggu 10 hari kerja(tdk termasuk sabtu minggu dan hr lbur).Mudah mudahan bisa di balikin lg tuh uang saya.

    BalasHapus
  41. Saya sedang mengalaminya sudah 11 hari tapi uang belum kembali.....apa yg harus saya lakukan? Tlp cs BNI sudah lapor Ke Bank BNI...sudah apakah harus nunggu 14 hari kerja?

    BalasHapus
  42. Kjdian aq tdi ini.Mana cma nolongin orang pula.kbtulan tu suamix lgi di luar kota.tf duit cma 350rb sih pas mau narik tu udh ssuai sprti biasa,anak aq aja baca tu di monitor berhasil.Bunyi2 tu mesin'a.lama nunggu'a si duit kagak mncul2,aq nnya sma bapak di sblah kbtulan dia jga lgi pake mesin di sblah'a.kata'a coba laporin ke satpam'a,gak nunggu lama aq masuk ke dlam ruangan bank tsb n blg kalo uang'a gak kluar n di cek ada struk'a tu transaksi debet 300rb.Lah gmna tu pak udh kpotong tpi duit'a gak ada.Di sruh balik bsok nie.mudah2an bisa balik uang'a n gak lama nunggu'a dah.Cz uang'a for bayar uang di skolah anak'a.😢

    BalasHapus
  43. Sama saya juga kejadian begitu,hari kamis tgl 21/9/2017 jam 10 pagi,tarik tunai di atm BRI sebesar 2 juta 5 ratus,uang tidak keluar,saldo terpotong,saya lemes,bingung,spontan nangis di depan pintu atm,mana wkt itu bank tutup krn libur umum,esoknya saya melapor ke kantor bank,dan disuruh tggu kurang lebih 2 minggu atau 14 hari,saya masih lemes dan kecewa krn begitu lama,padahal uang utk lunasi hutang,apa uang saya bisa kembali saya takut juga,YA Allah semoga uang saya cepat kembali,seakan saya trauma berurusan dgn ATM BRI

    BalasHapus
  44. saya juga mengalami hal yang sama malah ini yang kedua kalinya,saya ngambil uang di atm BNI 300rb tapi saldonya malah 500rb di potong.tapi saya ngak ngelapor.kira2 sekitar kurang lebi 3 minggu saldonya malah nambah sendiri yang selih 200rb itu.

    BalasHapus
  45. saya jg baru aja ngalamin kejadian gagal tarik tunai dan saldo kepotong, 17/09/17 saya tarik tunai di ATM BRI, karena saldo kepotong, otomatis langsung nelpon CS BRI 14017, suruh nunggu proses 1x24 jam, terus janjinya maksimal uang kembali ke rekening dalam 10 hari kerja, karena saya butuh bgt uangnya pas tanggal 20/09/17 saya lapor lagi ke CS Bank BRI dan (katanya) masih disuruh nunggu proses investigasi kantor pusat dalam 3 hari kerja. Duh lamanyaaa

    BalasHapus
  46. Kejadian di ATM seperti itu memang bikin dag dig dug duer deh, untung saya nggak pernah ngalamin spt itu. Tapi tiap ke ATM selalu was-was juga krn dengar ada orang-orang yg ngalamin saldo kepotong padahal uang gak keluar, kartu ketelen, atau salah PIN dan keblokir kartunya.

    BalasHapus
  47. Mau tanya dong, 14 hari kerja itu terhitung pas kita komplen via telpon atau terhitung pas nama kita di followup? Atau terhitung sehari sesudah kita komplen ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terhitung pas kita komplen. Baiknya segera ke bank-nya langsung Mba, jangan hanya komplen via telp saja

      Hapus
  48. saya baru mengalamin nya semalem mba hari sabtu malam hikz emng ga seberapa sih jumlahnya tapi yg bikin nambah kesal selang 1jam kurang ada org yg narik and ga terjadi apa2.. uang nya keluar hikzz syedih

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉

Member Of




Recent Comments

`