2/03/2016

PESAN DI BALIK SEBUAH MITOS


Hai gaes, pernah ada yang mengatakan kepada kamu hal-hal seperti ini “jangan tidur sore-sore nanti susah dapat jodoh atau jangan bertopang dagu nanti orang tua kamu meninggal dunia atau jangan jalan-jalan di tengah hari saat matahari sedang terik-teriknya nanti diculik jin?” Kalo saya pernah banget karena larangan-larangan seperti itu sudah sangat akrab terdengar di telinga saya sejak kecil, bahkan sampai saat ini larangan-larangan itu masih membekas dengan jelas di ingatan saya.

Sejak kecil saya sangat akrab dengan kata-kata keramat yang lebih dikenal dengan kata “pamali” itu. Kebetulan saya dibesarkan di lingkungan keluarga yang masih mempercayai mitos dan takhayul, jadi hal seperti itu sudah seperti nyanyian yang hampir setiap waktu didendangkan *LOL*

Seiring berjalannya waktu, saya mulai menyadari bahwa mitos-mitos yang sering dilontarkan itu sebenarnya bertujuan baik dan jika ditelisik lebih dalam mengandung hikmah yang bisa dipetik dan dapat diterima akal sehat.


Berikut beberapa mitos yang sering dikatakan oleh Almarhumah Nenek & Bibi saya:
  • Jangan duduk di tangga nanti orang tua meninggal
Ini adalah mitos yang paling menakutkan bagi saya. Siapa yang tidak ketakutan bila kehilangan orang tua? Apalagi jika dikatakan bahwa anaklah penyebab orang tua meninggal (orang tua meninggal karena sang anak duduk di tangga). Saya yakin hampir semua anak pasti takut kehilangan dua sosok yang sangat mereka cintai. Menurut hemat saya, mitos ini sengaja dihembuskan agar anak-anak takut duduk di tangga yang dikhawatirkan akan membuat mereka terjatuh. Pesan dari mitos ini: jangan duduk di tangga nanti kamu jatuh.

  • Jangan bertopang dagu nanti salah satu dari orang tua meninggal
Mitos ini juga sangat menakutkan bagi saya. Setiap anak pasti selalu takut kehilangan orang tuanya. Dan sampai sekarang mitos ini masih melekat jelas di ingatan saya.

Tau gak gaes, dari dulu sampai saat ini selagi saya masih dalam kondisi sadar, saya tidak akan pernah bertopang dagu. Jika tanpa sadar saya melakukannya, maka akan muncul perasaan bersalah seolah telah melakukan sesuatu yang terlarang. Walau saya tahu itu hanya mitos tapi saya tetap berusaha untuk tidak melanggarnya. Pesan yang ingin disampaikan dari larangan ini adalah jangan melamun (bertopang dagu biasanya identik dengan melamun)

  • Jangan makan sambil berbaring nanti kalo sakit lama sembuhnya
Bukankah kalo badan kita segar bugar posisi ideal untuk makan itu adalah duduk? Namun karena malas, jadinya kita makan sambil berbaring. Menurut saya mitos ini dihembuskan agar kita lebih tertib saat makan. Makan yah di meja makan, bukan di atas kasur, mungkin itulah pesan yang ingin disampaikan dari mitos ini.

  • Kalau makan, makanannya harus dihabisin, kalo gak dihabisin kelak akan meninggal dalam keadaan kotor atau penuh najis
Selain kehilangan orang tua, ada satu hal lagi yang sangat menakutkan bagi saya yaitu meninggal dunia dengan kondisi badan yang penuh najis. Sewaktu kecil, saya tidak pernah mau menghabiskan makanan yang ada di piring saya. Melihat hal ini, almarhumah bibi saya berkata bahwa jika saya terus seperti itu, kelak jika saya meninggal dunia, saya akan meninggal dalam keadaan kotor dan memprihatinkan. Naudzubillah mindzalik..

Mendengar hal itu, saya sangat ketakutan sehingga selalu berusaha menghabiskan makanan yang ada di piring saya. Alhamdulillah sampai saat ini setiap kali makan saya selalu berusaha untuk menghabiskan makanan yang ada di piring saya.

Menurut saya mitos ini sengaja dihembuskan agar kita tidak menyia-nyiakan rezeki (makanan). Ambillah makanan secukupnya agar tidak mubazir. Pantaskah kita membuang-buang makanan sedangkan di luar sana masih banyak orang yang kelaparan?

  • Jangan bermain di luar rumah saat tengah hari nanti di culik jin
Sewaktu kecil, saya suka banget bermain dan berkeliaran di siang hari. Di tengah teriknya matahari saya sibuk berkeliling mencari teman untuk bermain. Melihat hal ini, lagi-lagi bibi dan nenek saya berkata bahwa jika anak-anak suka berkeliaran di tengah hari maka nanti akan diculik jin untuk dijadikan santapan karena siang hari adalah waktunya para jin berpesta. Dan anak kecil yang berkeliaran di siang hari menjadi sasaran empuk untuk ditangkap dan dijadikan makanan di pesta mereka.

Mitos ini berhasil membuat saya ketakutan dan menjadi senjata ampuh untuk membuat saya tidur siang. Tidak mau diculik jin? Caranya adalah jangan berkeliaran ditengah hari.

Hikmah dari larangan ini adalah akhirnya anak-anak mau tidur siang dan tidak berpanas-panasan ditengah terik. Berpanas-panasan ditengah terik matahari tentu bisa membuat si anak sakit kepala.
  • Jangan tidur di sore hari nanti susah dapat jodoh
Hal ini jarang saya lakukan sih, karena setiap kali mau ancang-ancang untuk tidur sore maka nasehat tentang hal-hal yang menjauhkan jodoh akan mulai terdengar. Daripada kuping panas dan tidur menjadi tidak nyenyak, langkah terbaik yang saya ambil adalah jangan tidur sore *LOL*

Menurut saya mitos ini dilontarkan agar para kawula muda melakukan kegiatan lain di sore hari seperti mandi atau kegiatan bermanfaat lain. 

Itulah beberapa mitos yang sering dilontarkan oleh almarhumah nenek dan bibi saya. Mitos yang sengaja dikemas dan dihembuskan dengan kata-kata menakutkan agar yang mendengarnya tidak melanggar “kata-kata keramat” itu. Mitos yang jika ditelaah lagi, sebenarnya mengandung makna yang sangat mendalam. Di balik larangan-larangan itu sesungguhnya terselip sebuah pesan dan pelajaran berharga.

Sebenarnya masih banyak lagi mitos-mitos menakutkan lainnya, tapi saya lupa. Maklumlah faktor umur *LOL*. Ada yang pernah mengalami kejadian yang serupa dengan saya?? Yuk cerita


46 comments:

  1. ini pembahasnya baru bener. kalo soal mitos aku gak begitu paham banyak yang gak tahu.

    ReplyDelete
  2. Eh..nasehat yg aku denger adalah jangan main petak umpet setelah maghrib nanti diambil jin. Tapi kayaknya ini pernah kejadian sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak ini juga sering saya dengar, tapi karena waktu kecil dulu saya tidakpernah keluar rumah sendirian jadinya mitos itu gak disampaikan pada saya :D

      Delete
  3. kalo saya sih jrg di denger hehe itukan mitos

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya sering dengar Mbak karena keluarga (alm. nenek + bibi) masih sangat percaya dengan hal seperti itu :)

      Delete
  4. Bener tuh mak, waktu kecil saya dilarang keluar rumah ketika maghrib nanti diculik kadal ijo. Takutnya bukan main deeh. Padahal kadal itu kan kecil dan kadal memang ijo kan yah.. hahahaaaa... tapi ada benarnya juga. Kalau maghrib tuh ya di dalam rumah, sholat. Bukan keliaran di luar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu kecil dulu saya memang gak suka keluar saat maghrib Mbak, mungkin itu sebabnya mitos seperti itu tidak disampaikan kepada saya :)

      Delete
  5. iya bener, kalau dulu ibu saya suka bilang jangan keluar rumah waktu maghrin nanti ada sandekala...dan sampai sekarang saya ga tau sandekala itu apa ya, heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga baru dengan kata sandekala itu Mbak :)

      Delete
  6. Sebagian besar pernah dengar, ataupun laarangannya sama tapi akibat yang di"ancam"kan berbeda sedikit saja, maklum.. kita kan masih 1 daerah.. haha

    Saya baca sambil menopang dagu, untung ndak langsung lepang tangan dari dagu, artinya saya sudah tidak percaya... toh menopang dagunya juga sambil baca kan? hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya membaca buku posisi enaknya selalu sambil baring Mbak Irly, rasanya lebih mantap (walau kebiasaan itu konon gak bagus buat kesehatan mata) :D

      Delete
  7. Yg plg sering aku denger jangan keluar kalau maghrib... dan jangan gunting kuku malam2... tapi yg terakhir lupa alasannya apa... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama Mbak, saya juga dilarang gunting kuku malam-malam dan alasannya juga saya lupa, hehe :D

      Delete
  8. Mitos "Jangan bertopang dagu nanti salah satu dari orang tua meninggal" ini bener - bener pernah buat saya menangis mba... kebetulan saya itu orangnya tipe mellowers, jadi ketika ibu saya ngomong begitu, saya langsung berlinang air mata hiks.

    Glowlicious.Me | A Beauty Escape Playground

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya gak sempat berlinangan air mata Mbak, sya hanya ketakutan setiap kali mendengar mitos itu :)

      Delete
  9. hahaha iya bener2 ni mitos beneran yaaaaak, bikin keki kadang. "eh jangan duduk di tengah pintu, nanti jodohnya gk dateng2 loh"
    yg notabene kan ya gegara supaya gk menghalangi orang lewat yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak, sebenarnya mitos itu sengaja dihembuskan biar kita ketakutan dan gak melakukan hal-hal yang dilarang :)

      Delete
  10. Beda daerah, ternyata beda mitosnya juga, ya? :D Banyak mitos juga di tempatku

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya mitos ada disetiap daerah yah Mbak, tapi zaman sekarang sudah banyak orang yang gak percaya mitos :)

      Delete
  11. Mitos ternyata ada diseluruh Indonesia ya mbak Ira, tidak hanya di daerah tertentu saja :)

    Yang penting kita bisa berfikir realistis ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak Anjar, kita dituntut untuk realistis :)

      Delete
  12. Apalagi kalau lagi hamil, mitosnya buanyak Mbak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul Mbak, ada 1001 macam mitos yang dikemukakan pada orang hamil :D

      Delete
  13. iya ya kenapa oragntua meghembuskan mitos seperti itu ya..padahal mah jelaskn aja dengan logis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju Mbak Kania, padahal kalo dijelaskan secara logis anak-anak juga pasti mau kok mendengarkan :)

      Delete
  14. Sebetulnya masih banyak banget & kalau dipikir pakai logika mitos2 tersebut memang ada tujuannya cuma mungkin dengan cara berbeda menyampaikannya :)
    contohnya jangan makan sambil ditanggeuy(piring dipegang), jangan duduk dimeja, jangan duduk dipintu dll. Waktu masih kecil pas denger itu biasanya langsung nurut :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih kecil dulu saya nurut sama semua mitos-mitos itu Mas :)

      Delete
  15. Mitos ini banyak kali ya mba.. tapi kadang2 ada yg sebenarnya bagus karena ada hikmah di baliknya.. tapi ada juga yg ga nyambung... hihi...

    Nah saya sering mba kebagian yg terakhir.. jgn tidur sore hari...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan sebenarnya banyak gak nyambungnya Mbak, hahaha :D

      Delete
  16. Ngeri, Mbak..kebanyakan ancamannya tentang kematian..tapi, semakin kita dewasa bisa mengambil hikmahnya ya, mungkin maksudnya baik tapi penyampaiannya saja yang perlu dirubah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya saya takut Mbak karena ancamannya banyak tentang kematian :(
      padahal kalo penyampaiannya dirubah saya yakin pesannya tetap sampe kok..

      Delete
  17. Dan yang lebih uniknya lagi sebagian mitos tersebut mengajarkan pada kita untuk menghargai SESUATU,contoh ga boleh duduk didepan pintu PAMALI ATUHHH..ehhh ternyata kalau ada yang mau lewat atau masuk bakalan terhalang oleh kita dan itu mengajarkan pada kita untuk menghormati atau mengahargai YANG MAU MASUK.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tujuannya baik tapi penyampaiannya yang salah yah :D

      Delete
  18. Hmmm saya sempat dikasi tahu sama ibu saya kalau menyapu tidak bersih nanti bisa dapet jodoh yang brewokan, dengar kata brewok saya jadi teringat Adam Levine Maroon 5 dengan wajah brewoknya yang ganteng

    besoknya saya langsung kotorin kamar deh dan nyapu asal2an...

    semoga dapat yang kayak adam levine :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkkw mbak meutia rahmah.. ada2 aja deh :D

      Delete
  19. Sebenarnya tujuan dibuatnya mitos bagus... tapi disangkutpautin ma sesuatu yang kadang nggak relevan jadi gimana gitu :D

    ReplyDelete
  20. Aku orang yang gak percaya mitos mak. soalnya di keluarga aku gak suka cerita2 kayak gituan. Tapi klo makan ya memang kudu dihabisin, biar gak mubazir dan sebagai tanda rasa syukur.

    nice post :)

    ReplyDelete
  21. Dulu jaman kecil mah percaya banget ya Mak sama mitos ginian. Sekarang pas gede baru ngeh deh apa makna dibaliknya. Hihihi. Makasi infonya ya Maaak :)

    ReplyDelete
  22. Waaaa sama mak, di tempatku juga ada mitos kayak gitu hehe

    ReplyDelete
  23. Dan mitos2 itu masih apal di luar kepalaku Mbak :D

    ReplyDelete
  24. ya, masa kecilku juga dipenuhi beberapa mitos. hihihi :D Hanya anak-anak sekarang kurang menerima kalau dikasih tau menggunakan mitos, mereka lebih logis. Jadi, kalau aku ngasih tau soal suatu mitos maka pasti disusul dengan penjelasannya. hehe

    ReplyDelete
  25. suka serem, tapi kadang kebawa perasaan juga sih kalo diingetin mitos mitos...

    ReplyDelete
  26. Ada lagi; kalo nyapu yg bersih jangan sampe masih nyisa kotorannya. nanti suaminya brewokan hahaha

    ReplyDelete
  27. semua mitos ini ada penjelasannya ya baru deh percaya

    ReplyDelete
  28. kalo lagi hamil atau baru melahirkan, mitosnya lucu-lucu mak hehe

    ReplyDelete
  29. Ndk sekalian dimasukkan Kak, klo orang hamil ndk boleh simpan handuk di leher nanti tali pusar si jabang bayi terlilit. Ini paling sering pake banget ditegur pas lihat orang hamil, waktu hamil juga dulu dibilangin gtu. Hihihih

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini, Insyaallah saya akan berkunjung balik ^___^

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan otomatis terhapus..