BAU BADAN?? LAKUKAN BEBERAPA CARA INI UNTUK MENGHILANGKANNYA

April 04, 2016

cara alami menghilangkan bau badan
gambar: liputan6.com

Pernahkah kamu merasa tidak nyaman karena merasa ada sesuatu yang tidak beres terjadi di tubuhmu hingga menyebabkan orang lain menjadi enggan untuk dekat-dekat denganmu? Jika iya, mungkin kamu sedang menderita penyakit yang satu ini. Penyakit yang di sebut BAU BADAN.

Sebagai pengguna aktif kendaraan umum, sudah menjadi hal yang biasa bila saya harus duduk berdesak-desakan dengan banyak penumpang yang berasal dari antah berantah, sehingga tidak mengherankan jika saya sangat akrab dengan berbagai aroma badan manusia.

Apalagi jika naik kendaraan umum pada siang atau sore hari maka jangan ditanya berapa banyak aroma yang tercium oleh hidung saya. Jika sedang bernasib baik maka saya bisa mendapatkan teman seperjalanan dengan aroma yang nyaman dihirup namun saat bernasib sial tidak jarang saya bertemu orang dengan aroma badan yang “menusuk hidung”.

Entahlah apa penyebab dari penyakit yang satu ini, tapi setidaknya ada delapan cara yang pernah atau biasa saya lakukan untuk menghindarkan diri dari bau badan yang mengganggu ini, diantaranya:

  • Mandi minimal dua kali sehari
Cara ini sepertinya sudah dilakukan oleh hampir semua orang yah. Mandi minimal dua kali sehari bisa mengurangi berkembangnya bakteri penyebab bau badan dari tubuh kita.

  • Memakai deodorant
Siapa diantara kamu yang belum memakai deodorant? Saya yakin hampir semua orang baik pria maupun wanita pasti pernah memakai benda ajaib ini untuk menangkal bau yang tidak enak dari tubuhnya. Biasanya orang akan memakainya setelah mandi.
  • Memakai tawas
Tawas tidak hanya memiliki manfaat membersihkan dan menjernihkan air tapi juga mampu membersihkan ketiak sekaligus menghilangkan aroma yang mengganggu dari ketiak kita loh. Saya memakai tawas untuk menghindari bau badan pada masa kuliah dulu. Karena ada teman satu kost yang memakai tawas sebagai pengganti deodorant, saya pun ikut-ikutan memakainya.

cara alami menghilangkan bau badan
gambar: distributorbangunan.com

Sebagai mahasiswi yang masih mengharapkan kiriman dana dari orang tua, keuntungan yang saya dapatkan dari memakai tawas adalah bisa menghemat uang belanja yang biasa saya gunakan untuk membeli deodorant. Bayangkan saja tawas yang harganya hanya seribu rupiah bisa dipakai tiga hingga lima bulan, jauh lebih hemat dari deodorant kan?

  • Memakai parfum
Parfum juga bisa dipakai untuk menghilangkan bau badan. Tapi ini hanya berlaku untuk orang yang tidak bermasalah dengan keringat berlebih. Jika memiliki masalah dengan keringat berlebih, sebaiknya memakai deodorant atau tawas dulu baru kemudian memakai parfum. Walau dewasa ini banyak bermunculan parfum yang akan semakin wangi bila pemakainya berkeringat, namun akan lebih segar bila badan kita tidak berkeringat kan?

  • Memakai kapur sirih
Kapur sirih juga bisa dipakai untuk menghilangkan bau badan loh. Saya pernah memakainya saat baru masuk SMA. Saat memakainya saya memang terbebas dari bau badan dan ketiak saya tetap kering namun yang terjadi kemudian adalah ketiak saya menjadi perih karena lecet. Saya tidak menyarankan untuk memakai ini dalam waktu yang lama karena akan menimbulkan iritasi pada ketiak. Trus kenapa cara ini dituliskan juga Mbak?? Yah biar yang lain bisa tau juga *LOL*

  • Mencukur/waxing bulu ketiak
Ketiak yang bersih dari bulu juga akan menghindarkan kita dari bau badan. Ketiak yang penuh dengan bulu biasanya akan lebih mudah berkeringat sehingga lebih rentan terkena bau badan karena bakteri lebih mudah berkembang biak pada ketiak yang basah.

  • Memakai minyak kayu putih
Sudah tahu kalau minyak kayu putih bisa dipakai sebagai pengganti deodorant? Saya sudah mencobanya dan sampai saat ini saya masih mempraktekkannya. Tuangkan minyak kayu putih pada telapak tangan lalu gosokkan pada ketiak maka seharian kita akan terbebas dari bau badan dan ketiak akan tetap kering.

  • Jaga makanan dan minuman yang kita konsumsi
Saya rasa ini adalah point yang paling penting. Sebanyak apapun kita memakai deodorant, parfum dan mandi hingga berkali-kali dalam sehari namun jika makanan dan minuman yang kita konsumsi tidak di jaga, kita akan tetap terkena bau badan. Makanan/minuman yang kita konsumsi biasanya berpengaruh pada bau badan kita.

Itulah delapan cara yang saya lakukan/pernah lakukan untuk mengindari bau badan. Tidak bermasalah dengan bau badan tentu akan membuat kita lebih percaya diri dalam melakukan aktivitas apapun.

Punya cara lain untuk menghindarkan diri dari bau badan? Share di kolom komentar yuk

You Might Also Like

60 Komentar

  1. Kalau menurut saya untuk yang mencukur bulu ketiak gak setuju deh mbak karena akan membuat kulit ketiak menjadi tipis dan kulit ketiak menjadi hitam, dan efeknya infeksi mudah masuk kedalam tubuh sehingga bisa memunculkan berbagai penyakit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih Mas, tapi sampai saat ini saya masih melakukannya :)
      caranya sih setelah dicukur jangan langsung dipakein deodorant, jadi didiamkan dulu selama beberapa saat, misalnya satu hari baru kemudian memakai deodorant kembali..

      Hapus
  2. wah jadi harus mencukur bulu ya mbak ? -_-

    BalasHapus
  3. Tawas dan kayu putih. Saya baru tahu mbak... Terimakasih ilmunya. Nambah satu tips mbak; makan daun kemangi, kayaknya bisa juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. daun kemangi yah?? sepertinya bisa dicoba nih :)

      Hapus
  4. Dari beberapa poin diatas, kayaknya kesemuanya masih dilakukan di luar badan yah,..

    Sebenarnya ada ramuan alami yang bisa menghilangkan bau badan.

    BalasHapus
  5. Kalo aq ga dicukur Mak. Tapi dicabutin. Soalenya cuma beberapa helai. Kalo udah muncul dikit aja langsung ku babat. Risih aja. Jadi ga pernah punya bulu ketiak lebat hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu masih kuliah memang sering dicabutin pake pinset Mbak Vhoy, tapi karena gak tahan sakitnya jadinya saya cukur ajah deh pake cukuran jenggot, satu kali jalan bulu-bulunya habis *LOL*

      Hapus
  6. Ternyata mencukur bulu ketiak juga menjadi salah satu cara menghilangkan bau badan ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, itulah salah satu cara yang saya lakukan :)

      Hapus
    2. Kalau cara saya sih mbak membiarkannya dan kalau sudah melakukan aktivitas fisik biasanya suka buka baju jadi keringat yang muncul diketiak jadi keluar dan tidak tertutupi oleh baju jadi gak membuat bau ketiak ataupun bau badan, dan juga cara yang bagus itu biasanya pakai sabun yang terbuat dari lemon itu lebih simpelnya mbak.

      Hapus
  7. Iya ya..kadang kalo ketemu orang yang punya aroma khas seperti itu, amat mengganggu. Sebenarnya, memang makanan yang kita konsumsi sangat berpengaruh. Saya pernah berteman dengan orang yang senang sekali mengosumsi ikan, jadi bau badannya amis, wah, gak, deh! Hi..hi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wih bisa gitu ya pengaruhnya? sampe ikutan bau amis kayak ikan mentah donk?

      Hapus
    2. menurut saya memang makanan sangat berpengaruh pada bau badan kita Mbak Nurul..
      Wah sampe segitunya yah..

      Hapus
  8. Wah, baru tahu minyak kayu putih bs jd pengganti deodorant.

    makasih Mba, perlu dicoba nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa Mbak, saya nih salah satu yang memakainya :)

      Hapus
  9. baru tau yg minyak kayu putih boleh dicoba nih :D

    BalasHapus
  10. Wah tipsnya menarik mak, siap dicoba :p

    BalasHapus
  11. Tawas itu nyarinya di pasar tradisional ya mb
    Hihi
    Klo nyukur di area itu baiknya pke pencukur kumis atau yg obat kayak feet ya hahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbak Nita, dijualnya di pasar tradisional :)
      kalo nyukur saya emang pake pencukur jenggot punya suami (gak modal banget *LOL*)

      Hapus
  12. keren tulisannya mbak...tawas masih ada ya sekarang, kirain sudah tidak ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih banyak yang jual di pasar-pasar tradisional Mbak :)

      Hapus
  13. Kalau saya pakai deodorant mbak Ira, setiap pagi sebelum kerja dan cukup sehari sekali, kecuali kalau sore ada acara ya pakai lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga pakai deodorant Mbak Anjar yang saya pakai setelah mandi pagi dan sore hari :)

      Hapus
    2. Jadi mamanya Wahyu qta pakai deodoran atau minyak kayu putih atau keduanya? Baru tahu soal minyak kayu putih soalnya..

      Hapus
    3. saya pakai dua-duanya say, deodorant saya pakai saat di lakudo (sabtu sore sampai senin pagi) sedangkan minyak kayu putih saya pakai saat sedang di bau-bau (saat ke kantor)

      Hapus
  14. kalau kubilang selain menjaga kebersihan badan, jaga makanan ternyata penting deh buat jaga aroma badan mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbak Ophi, makanan yang kita konsumsi juga berpengaruh pada bau badn kita :)

      Hapus
  15. Jika kulit Anda sensitif terhadap bahan kimia, maka Anda hanya perlu menggunakan deodoran yang dibuat khusus untuk kulit sensitif. Deodoran ini terbuat dengan menggunakan bahan-bahan alami saja yang tidak dapat menyebabkan apa-apa iritasi kulit.

    BalasHapus
  16. ada lagi Mba yang menyarankan, betanggas, sauna dengan rebusan daun2

    BalasHapus
    Balasan
    1. sauna bisa menghilangkan bau badan juga yah Mbak Milda?? wahh saya baru tau :)
      btw "betanggas" itu apa Mbak??

      Hapus
  17. Minum kunyit asem katanya emak jaman dulu mba.. hehe
    Dulu sblm nikah pake deo, tapi pas udah nikah ngga lagi....
    Makanan ngaruh banget ^^

    BalasHapus
  18. Kalau saya gak pernah mencukur, Mbak. Tapi dicabutin aja. Takutnya kalo dicukur jadi item kulit ketiaknya. Hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu masih kuliah suka saya cabutin Mbak Diah, tapi gak tahan sakitnya :(

      Hapus
  19. Ooo..baru tau kapur sirih bisa menghilangkan bau. Aku make kapur sirih pas abis melahirkan aja. Katanya bisa menyusutkan kulit perut yg kendur hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa Mbak Ade tapi begitulah kulit ketiak bisa lecet kalo keseringan pake :)

      Hapus
  20. Kalau pagi hari mungkin masih wangi dan segar. Tapi kalau sudah siang sampai sore, mulai deh hilang wanginya. :)

    BalasHapus
  21. Wkwkwkw, jadi ingat zaman dulu pas pake tawas. Emang hemat banget sih. :D Tapi sekarang lebih suka pake deodoran

    BalasHapus
  22. Pakai kayu putih belum pernah Mbak, lain Kali cobain lah :)

    BalasHapus
  23. Kaakk, kapur sirih selain bisa menimbulkan iritasi, juga bisa jadi hitam ketiaknya :D

    Anyway, jangan cabut si bulu keti, huhuhh mending deh dicukur.. sy kapok dgn cabut mencabut itu, punya pengalaman menyedihkan siih karena ini :(

    Ehhyaaa, baru tahu saya klo minyak kayu putih bs jd gantinya deodorant. Hihihihh

    BalasHapus
  24. tawas itu kayaknya obat bau sejak jaman jadul ya mbak ira :D

    BalasHapus
  25. Haha...iya Mbak...BB ini yang suka bikin ngga pede. Terutama kalau habis dari lapangan panas terik trus keringetan banyak. Aduuuuh..tobat deh, asli bikin ngga pede

    BalasHapus
  26. Kapur sirih semacam bedak untuk ketiak kali ya mbak

    BalasHapus
  27. tawas, jadi inget pas SD. disuruh mama pake tawas, karena ketularan bau badan dari saudara yang meminjam baju saya T_T yang pake minyak kayu putih aku baru tahu lho mba.

    BalasHapus
  28. bagus nih... bisa di coba... tapi untuk temen saya sih bukan saya... soalnya saya jarang seperti itu bahkan saya blm pernah.. tapi tak apalah simapan kalo saya tiba2 seperti itu... hihi..

    BalasHapus
  29. minyak kayu putih.... apa ngga bikin ketek panas mba..hhahaaa.. klo ga punya deodorant bisa minta ke tetangga nih... , tapi kpn2 pengen tak buktiin..

    BalasHapus
  30. Waaah serius bMak bisa pake minyak kayu putih.? Bisa jadi openyelamat banget nih kalo deodoran mendadak abis. Hihi. Makasi infonya ya Maaak

    BalasHapus
  31. cucok nih mbk tipsnya, kasih tau si ayah ken, doi udh pakek deo sm parfum sih, tp mas8h gk mempan, hehe, tengkiu ya mbk

    BalasHapus
  32. itu tawas carinya dimana sih, katanya beneran gak bau yah? fake or true? help

    BalasHapus
  33. Selalu siap sedia minyak wangi dan handbody di tas. Hehe... biar terus wangi dan gak BB.

    Tapi teman aku punya kebiasan unik. Pake bedak bayi dan minyak telon ke baju. Jadi bedak bayi sama minyak telon di kasi ke telapak tangan. lalu digosok ke baju. Katanya biar wangi bayi. Hehehe. XD

    BalasHapus
  34. rutin minum jamu berbahan daun luntas. Bisa mengurangi bau badan. Bahkan kalau sudah terbiasa, keringat adi tidak bau lagi.

    BalasHapus
  35. kalo siang suka gerah padahal udah make deodorant tapi msih aja suka bau ketek ya, itu kira ada yang salah apanya?

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉

Member Of




Recent Comments

`