4/26/2016

ENI MARTINI; WANITA DI BALIK BLOG www.duniaeni.com


Wahh, udah hari selasa ajah yah. Itu artinya udah waktunya saya kembali untuk menuliskan sesuatu yang spesial di blog ini. Sama spesialnya seperti beberapa hari selasa yang telah lalu, hari ini saya kembali menuliskan profil salah seorang teman blogger yang inspiratif dan penuh prestasi. FYI, teman yang akan saya ulas profilnya kali ini gak kalah inspiratif dari tiga teman blogger yang sebelumnya loh.

Lalu siapakah gerangan yang kali ini profilnya akan saya ulas? Yup, sesuai judul, blogger berprestasi itu adalah Mba Eni Martini pemilik blog www.duniaeni.com

Baca Juga: Naqiyyah Syam; Si Smart Mom, Writer & Trainer

Yuk kenalan sama Mba Eni. Mba Eni adalah seorang blogger sekaligus ibu rumah tangga yang memiliki empat orang anak (1 alm). Selain mengelola blog, mengurus suami dan ketiga buah hatinya, ia juga berprofesi sebagai penulis buku sekaligus pemilik sebuah online shop buku www.bliblibuku.com.

Ia memulai aktivitas ngeblognya pada tahun 2010 silam. wahh, udah lama juga yah? Udah senior bangetlah jika dibandingkan dengan saya yang baru setahunan ini mengenal dunia blogging.

Tujuan Mba Eni membuat blog saat itu adalah untuk membuat catatan pribadi yang memuat semua hal yang terjadi di dalam kesehariannya. Namun seiring berjalannya waktu, Mba Eni nggak lagi membatasi ruang menulisnya di blog, ia pun mulai eksis mengeksplorasi kemampuan dirinya dan tertantang mencoba hal-hal baru di dunia perbloggingan ini. Empat bulan terakhir, ia mulai membuka diri untuk mengikuti berbagai event dan mengambil beberapa job review yang ditawarkan.

Mba Eni dan ketiga buah hatinya

Blog www.duniaeni.com adalah blog dengan tema lifestyle yang lebih condong ke parenting. Keseharian dari anak-anaknya menjadi sumber inspirasinya membuat tulisan di blog ini. Emang sih, bila kita membuka blognya, di sana akan banyak kita temukan tulisan dengan tema parenting. Saya suka banget sama tulisan Mba Eni yang ini "Ketika Anak Menemukan Situs Berbahaya".

Dalam tulisan itu Mba Eni menceritakan kisah putri pertamanya yang nggak sengaja membuka situs terlarang di internet. Di situ, Mba Eni menceritakan kronologis mengapa anaknya sampai bisa nyasar ke situs terlarang itu. Mba Eni juga menuliskan bagaimana pendekatan yang ia lakukan pada putrinya hingga akhirnya putrinya mau jujur bahwa memang benar ia telah membuka situs tersebut tanpa membuat putrinya merasa terintimidasi.

Tulisan Mba Eni itu, membuat saya tersadar bahwa saat ini anak-anak kita sudah sangat dekat dengan hal-hal berbahaya. Betapa situs-situs berbahaya sudah merajalela dan siap mengancam kehidupan anak-anak kita. Tulisan itu membuat saya semakin protektif pada anak saya. Semoga anak-anak kita dijauhkan dari segala marabahaya yah, amin..

header blog Mba Eni

Satu hal yang saya suka banget dari blog Mba Eni ini adalah header blognya. Saat pertama melihat header blognya, orang akan langsung menarik kesimpulan bahwa si empunya blog pastilah seseorang yang sangat menyayangi dan me-nomorsatukan keluarga. Bagaimana enggak, header blognya adalah kumpulan dari foto mereka sekeluarga. So sweet banget kan? 

Rasa kagum pada sosok ibu tiga anak ini perlahan-lahan membuncah saat saya mengetahui prestasinya di bidang kepenulisan. Di tengah kesibukannya sebagai seorang ibu, blogger dan juga pemilik online shop, ia telah berhasil menelurkan 23 buku solo dan beberapa antologi. Beberapa dari buku solonya antara lain berjudul Learning to Love (Amore-GPU), Kontrasepsi (Gagasmedia) dan Rainbow (Elexmedia). Prestasi yang rasanya masih sulit dicapai oleh wanita seperti saya *___*

dua buku karya Mba Eni

buku lainnya karya Mba Eni

Mba Eni dan beberapa karyanya

Jika ada buku dari beberapa penulis beken seperti Andrea Hirata, Dewi Lestari, Asma Nadia dan Tere Liye telah berhasil diangkat ke layar lebar, maka Mba Eni pun sama seperti mereka. Salah satu karyanya yang berjudul “Toilet 105” juga telah difilmkan oleh salah satu production house terbesar di negeri ini pada tahun 2010 silam. Dan tau nggak apa genre dari buku Mba Eni yang difilmkan tersebut? Genrenya adalah horor gaes, saya ulangi sekali lagi HOROR. Gimana nggak geleng-geleng kepala saat mendengarnya coba. Saya tambah kagum kepadamu Mba Eni..

film horor yang diangkat dari buku Mba Eni
sumber: tertera di foto

Tapi walaupun Mba Eni adalah penulis yang cukup produktif, ada saatnya ia mengalami beberapa masalah ketika hendak menerbitkan bukunya. Proses cetak bukunya nggak selalu mulus bagai jalan tol, ada saatnya ia harus bolak balik mengedit naskah bukunya agar sesuai dengan keinginan penerbit bahkan hingga berbulan-bulan lamanya. Sungguh proses yang nggak sebentar yah, tapi Alhamdulillah berkat kesabaran Mba Eni semua berhasil dilalui. Sabar memang selalu berbuah manis ^______^

Hmm, apalagi yah yang bisa saya tuliskan tentang Mba Eni dan blognya? Rasanya udah semuanya deh. Ahaa, setelah saya ingat-ingat lagi, ternyata masih ada satu hal yang mengganjal nih, boleh saya ungkapkan yah Mba Eni. Ini semacam saran dari saya sebagai pembaca blog www.duniaeni.com. Saran saya yaitu kalo bisa, dibuat laman “About Me” dong Mba, jujur saja saya merasa kesulitan dalam mencari informasi tentang Mba Eni di blog.

Itu ajah sih saran dari saya. Selebihnya udah bagus banget. Tampilan blognya sederhana namun tetap enak dilihat, loading-nya juga cepat jadi gak susah dibuka. Tetap berkarya dan teruslah menginspirasi banyak orang yah Mba Eni

Senang rasanya bisa menuliskan profil wanita berprestasi dan menginpirasi seperti Mba Eni Martini ini. Ingin lebih dekat dengannya? Langsung kenalan ajah yuk, ini alamat sosmednya:

Blog : www.duniaeni.com
Facebook : Eni Martini
Twitter & instagram: @duniaeni

Sampai jumpa di tulisan lain tentang wanita-wanita yang nggak kalah inspiratif di hari selasa berikutnya yah gaes

*Note:
 sumber tulisan: hasil percakapan via WhatsApp dan Message FB dengan Mba Eni Martini
Foto: dari Facebook & Blog Mba Eni Martini

45 comments:

  1. makasih, mba Ira
    (malu ah dibilang blogger senior, di dunia blogger saya masih bayi)
    Alhamdullilah kalau menginspirasi
    mengapa, saya tidak menulis about me?
    memang sungkan menuliskannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus loh Mba Eni kalo ada laman "about me"-nya hehe :)

      Mba Eni memang menginspirasi kok :)

      Delete
    2. punyaku ada about me, dan ternyata ada yang berminat mengcopasnya, Jadi malu. Masak iya about me di copas :)

      Delete
  2. Waaah keren...
    Ulasannya keren, enak bacanya...yang diulas pun ga kalah keren...

    ReplyDelete
  3. Ulasannyaa lengkaap mbaak. Yang nulis dan yg dituliskan sma sma kereen. :D
    Aku masih ngedraft nih mbk haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih Mba Muthi :)
      ayo semangat Mba, hari ini trakhir kan??

      Delete
  4. 23 buku solo, banyak banget euy, emang emak2 keren ni Mba Eni


    Ma kasih ya Mba Ira, ulasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama Mba Milda :)
      Mba Eni memang keren :)

      Delete
  5. Saya jg folow blognya mb eni. Lmyn produktif. Keren lh pokoknya

    ReplyDelete
  6. sebelum ngeblog lagi, udah sering dengar nama mba eni, padahal temen di fb cuma sayanya jarang nyapa2 ;(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya emang baru temanan setelah satu grup di arisan link Mba :)

      Delete
  7. Wah banyak banget yah buku mba Eni, terus genre nya yg horor.. Bisaan ya :)

    ReplyDelete
  8. duh..duh..mba Eni ini inspiratif banget. blogger sekaligus penulis yg bahkan bukunya udah diangkat ke layar lebar (saya juga mau..huhuhu)
    dua jempol utk Mom blogger satu ini :)

    ReplyDelete
  9. Sudah sering dengar dan baca tentang mbak Eni ini, tapi belum pernah baca bukunya :) Keren banget mb Eni.

    ReplyDelete
  10. wah keren bukunya sampek difilmin ya mbak eni ini :)

    ReplyDelete
  11. ternyata banyak juga mom blogger ya.. terus berkarya ya mba eni

    ReplyDelete
  12. wuah hebat ya mb ira
    karya mb eni dah jadi film horror
    menginspirasi ni tuk penulis script film tanah air

    ReplyDelete
  13. Mba Eni ini low profile bgt org nya. Baru ketemu sekali tapi ramah sekali ��

    ReplyDelete
  14. emang mantap dah Mbk Eni ini, wonderful mom euy. kereeen deh banyak ilmu dari ulasan ini

    ReplyDelete
  15. Wuahh.. karyanya sudah di-film-kan, kerennnn!

    ReplyDelete
  16. Sering baca blognya mba'Eni. Inspiratif. Keren!

    ReplyDelete
  17. Wah sudah banyak juga bukunya ya...duuuh ngiri..xixi. Kapan ya saya bisa nulis buku juga.

    ReplyDelete
  18. Ndak banyak yg mau menulis ttg horor, Mbak Eni keren yaakk.. novelnya sdh difilmkan pula, mantap pake banget ;)

    ReplyDelete
  19. Widiiihh horor, jarang orang mau nulis cerita horor, risetnya itu gimana dii? Hihihih

    ReplyDelete
  20. Aku pernah blogwalking ke blog nya mba eni.. Waahh ternyata penulis banyak buku ya.. Salah satu buku nya malah jadi film.. Kece.. Jadi ingin belajar menulis sebuah buku teenlit or lain nya juga..

    ReplyDelete
  21. dunia eni ini cocok buat yang mau belajar parenting sampai literasi...

    ReplyDelete
  22. Hmm alhamdulillah saya sudah sedikit mengenal tentang sosok blog dunia eni.

    ReplyDelete
  23. super banget mbak Enny. karyanya sudah banyak dan terus berkarya mbak...

    ReplyDelete
  24. Multitalent bener nih, emang pas penggambarannya sebagai blogger berprestasi ni Mbak Ira. Semoga habis ini Mbak Ira juga menyusul segera membuat buku

    ReplyDelete
  25. Situs berbahaya banyak diblogspot penuh dan mudah dijumpai. Pengen miliki buku karangannya. Semoga tercapai mimpiku.

    ReplyDelete
  26. Waaaah aku baru tau bukunya Mak Eni ada yang pernah difilmkan.. Mak Eni emang penulis dan blogger yang keren banget yaaaaa

    ReplyDelete
  27. Aku belum kesampaian baca novel Sunyinya nih. Eh belum kopdaran juga sama beliau. Cuma kenal di medsos aja :)

    ReplyDelete
  28. saya baru baca novel mba ENi yang judulnya Sunyi :)

    ReplyDelete
  29. waahh keren ya, mba eni. bukunya sudah jadi film.. mantabb

    ReplyDelete
  30. Blogger yang juga penulis buku, punya web online jual buku juga. Dan karya novelnya difilmkan, hebat!!!

    ReplyDelete
  31. All"makasih ya semuanya, bikin saya 'minder' hahahaha..Insaallah ya kita saling belajar&Insaallah bisa bertemu secara fisik

    ReplyDelete
  32. Mbak Eni produktif di dunia tulis-menulis, ya :)

    ReplyDelete
  33. keren blognya aktif , jarang blogger bisa rajin konsisten posting

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini, Insyaallah saya akan berkunjung balik ^___^

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan otomatis terhapus..