6/28/2016

JIAH AL JAFARA; BLOGGER MUDA YANG MEMILIKI BANYAK KESAMAAN DENGAN SAYA


Hai gaes, hari ini kita bertemu kembali. Gimana kabarnya nih? Puasanya masih lancar dong yah? Semoga saja kita menjadi orang-orang yang semakin kuat berpuasa dan beribadah di hari-hari terakhir ramadhan ini, amin.. ^_______^

Oh iya, karena sekarang adalah hari selasa, maka seperti beberapa hari selasa yang lalu, hari ini kita akan kembali berkenalan dengan salah satu teman blogger lagi nih. Hari ini saya kembali ingin menuliskan profil seorang blogger wanita asal Jepara yang hmmm bisa dibilang masih muda dan kinyis-kinyis.


Siapakah gerangan dirinya? Adakah yang penasaran dengan blogger muda yang satu ini? Baiklah, agar rasa penasaran kamu tidak semakin dalam, akan saya beritahu siapa orangnya. Dia adalah Jiah Al Jafara. Sudah pada kenal belum sama dia? Kalo belum, yuk sama-sama kita berkenalan. Sesuai permintaan si empunya nama, saya akan memanggilnya dengan sebutan Jiah saja.

Hal pertama yang saya lakukan saat memulai wawancara dengan Jiah lewat messenger adalah bertanya tentang bagaimana sih kepribadiannya? Menurut Jiah, ia adalah seseorang yang pendiam dan misterius, tapi bila ketemu teman yang cocok, bisa diajak ngobrol dan sudah akrab, ia akan berubah menjadi pribadi yang cerewet dan ceplas-ceplos.

Entah mengapa, membaca jawabannya yang seperti itu kok saya merasa seperti memiliki kesamaan sifat dengannya yah? Saya juga seperti itu soalnya. Saya adalah sosok yang pendiam dan tak banyak ngomong bila bertemu orang baru, tapi sifat saya langsung berubah 180 derajat bila sedang bersama sahabat-sahabat saya atau orang yang sudah akrab dengan saya. Saya akan menjadi orang yang banyak ngomong, tidak jaim dan ngaco.

Ehem, Jiah masih single loh #eh ^______^

Saya kenal Jiah belum terlalu lama. Kalo tidak salah, saya baru mengenalnya sekitar akhir tahun lalu atau awal tahun ini deh. Saya lupa persisnya kapan tapi seingat saya, saat itu beberapa kali saya mampir ke blognya dan sempat ninggalin komen di sana. Saya juga pernah ikut mini kuis yang diadakannya dalam rangka syukuran ulang tahunnya yang ke-24 bulan februari lalu dan saya menjadi salah satu peserta yang beruntung mendapatkan pulsa dari Jiah. Masih ingatkah kamu sama saya wahai Jiah Al Jafara? Semoga masih ingat yah

Awal-awal mengunjungi blognya saya sempat membatin “nih orang, jadi cewek kok to the point banget sih?”. Yup, kesan pertama yang saya rasakan saat membaca tulisannya adalah ia orang yang tidak suka berbasa-basi.

Tapi kesan yang saya rasakan kemudian berubah setelah kami tergabung dalam satu kelompok di arisan link. Kebetulan Jiah dan Mba Wati menjadi PIC kami di kelompok 3. Kesan yang saya rasakan kemudian yaitu Jiah adalah orang suka bercanda dan ceplas ceplos. Yup, sesuai dengan yang dikatakannya pada perbincangan kami lewat messenger “ia akan menjadi orang yang ceplas ceplos bila merasa sudah akrab dengan lawan bicaranya”. Kemungkinan Jiah bersikap ceplas-ceplos di grup WhatsApp karena merasa bahwa kami adalah orang-orang yang sudah akrab dengan dirinya. Begitukan Jiah?

cewek pendiam yang berubah menjadi cewek ceplas ceplos
bila bertemu orang yang sudah akrab dengannya

Ngomongin blogger, rasanya kurang afdol yah bila tidak menanyakan sejak kapan membuat blog juga alasan yang mendasari terbentuknya blog tersebut. Jiah mengenal blog sejak enam tahun yang lalu tepatnya tahun tahun 2010 silam. Alasannya membuat blog adalah karena tertarik melihat teman facebooknya yang menuliskan cerita kehidupan sehari-harinya di blog. Melihat keseruan yang dirasakan temannya, pada bulan agustus 2010 Jiah pun membuat blog. Tapi rupanya setelah membuat blog ia jadi bingung untuk mengisinya, barulah pada bulan agustus tahun 2011 blog yang ia buat itu diisi.

Blognya yang didominasi warna putih dan beralamat di www.jiah.my.id ini adalah lifestyle blog. Kebanyakan isinya adalah tentang curhat, fiksi juga cerita tentang hobby barunya yaitu jalan-jalan dan berpetualang.

header blog Jiah


Jujur saja, saya sempat mengernyitkan dahi saat membaca tagline blognya “The Power of Anak Kampung”. Tanpa menyia-nyiakan kesempatan sayapun menanyakan pada Jiah, kok tagline blognya seperti itu? Dan inilah jawabannya:
“Mengapa memilih tagline itu soalnya aku dari kampung Mbak. Mikirnya biar anak kampung, aku nggak mau kalah sama orang-orang kota”.

Membaca jawaban yang ia berikan, saya membatin lagi “ihh, kok kita sama lagi sih Jiah?'' Saya pun berpikir hal yang sama. Walau saya dari kampung tapi saya juga tidak mau kalah sama orang kota. Pokoknya walau tinggal di kampung saya harus kekinian biar sama seperti orang kota. Bila orang kota punya blog, maka saya juga harus punya, meski alasan awal saya membuat blog ini bukan untuk hal itu sih *LOL*


Setelah mendapati dua kesamaan kami, akhirnya saya terpikir untuk mencari kesamaan kami lainnya. Dan lagi-lagi saya menemukannya loh. Kesamaan kami yang ketiga adalah kami sama-sama banci kontes atau penggila lomba. Kami berdua sering ikut lomba namun jarang menang, hahahaha untuk yang satu ini saya bingung mau tertawa atau meringis yah?

Tapi layaknya manusia yang pasti memiliki perbedaan, hal itu juga terjadi pada saya dan Jiah. Lalu dalam hal apa kami berbeda (selain wajah, status dan usia tentunya)? Saya menemukan dua perbedaan. Yang pertama adalah Jiah tidak menyukai duren, sedangkan saya suka banget sama duren. Hal lainnya adalah Jiah sudah memiliki 5 antologi sedangkan saya belum satupun memilikinya *_____________*

tiga dari lima antologi Jiah

Inilah yang membuat saya kagum pada Jiah. Di usianya yang masih terbilang muda, ia sudah menghasilkan karya yang mungkin belum bisa dihasilkan oleh anak muda lain seusianya. Jempol untukmu Ji..

Hal terakhir yang saya tanyakan pada wawancara saya dengan cewek yang punya hobby membaca, tidur, jalan-jalan dan main sama ponakannya ini adalah “Hal apakah yang masih ingin dicapainya dari kegiatan ngeblog?” Jawaban yang ia berikan lagi-lagi membuat saya terkesima. Jawaban yang terdengar cukup sederhana namun mampu membuat saya menganggukkan kepala sembari tersenyum.
Pengen tetep konsisten nulis aja sih mbak. Nulis kan terapi otak, bisa ngeluarin unek2. Kalo nggak nulis kelamaan, biasanya aku lg setres, hihihi. Terus dr dulu pengen kopdar sma teman2 smua. Dr ngeblog aku bs knal mreka. Kali aja dr ngeblog ada yg ngajak taveling ngunjungi para blogger, hahaha amin.”

Amin, amin, amin ya Allah (pake suara yang kencang banget)

Yang membuat saya terkesima adalah “jika seandainya pertanyaan yang sama diajukan pada saya” maka jawaban yang saya berikan juga akan seperti itu. Saya juga pengen tetap konsisten menulis karena menulis bisa membuat saya bahagia dan sejak aktif ngeblog, blogwalking serta tergabung dalam program arisan link, saya juga memimpikan bisa bertemu teman-teman blogger yang sebelumnya hanya bercengkerama lewat dunia maya. Semoga suatu saat harapan kita terwujud yah Jiah, amin..

Hmm sadar nggak sih kalo jawaban kamu yang terakhir ini semakin menambah daftar panjang kesamaan kita? Ok Fix, kita memang memiliki banyak kesamaan yah Jiah (untuk pernyataan saya yang terakhir ini iyain ajah deh, biar cepat kelar, hihihi) 

Pengen kenalan dengan blogger asal Jepara ini? Ayo ajak dia berteman lewat alamat sosmednya di bawah ini:

Facebook: Jiah Al Jafara
Twitter & Instagram: @jiahjava

Gimana tulisan saya tentang Jiah gaes? Apakah sudah memenuhi rasa keingintahuan kamu? Hah, masih kurang jelas dan belum lengkap? Hmm, saran saya langsung kenalan sama orangnya gih, dijamin kamu akan mendapatkan informasi yang lebih jelas dan lengkap.

Tulisan tentang Jiah saya cukupkan sampai di sini yah, sampai jumpa di tulisan saya tentang teman blogger lain di hari selasa berikutnya. Tulisan saya tentang profil blogger lain bisa dibaca di sini. 



*sumber tulisan: 
- wawancara singkat bersama Jiah via messenger dan penilaian pribadi terhadap Jiah
- semua foto yang ada di tulisan ini adalah milik Jiah


23 comments:

  1. Duh Mbak Ira.... aku jd malu dueh, hihihi

    di grup arisan memang sdh kaya kluarga sih, makanya jd gitu. Emang Mba Ira slh satu pemenang ya? sumpah lupa wong hadiah nggak seberapa. halah jd malu lg....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hadiah kecil tapi berkesan Mba Jiah :)

      Delete
  2. Waah ulasan kap lengkap mba..btw kita bertiga ternyata banyak kesamaan. Sy jga anak kampung dan suka duren hahaha

    ReplyDelete
  3. Jadi pengen ajak Jiah jalan2 ke luar kota. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mba Susi diajakin Jiah-nya, sepertinya sekarang dia punya hobby baru jalan-jalan :)

      Delete
  4. Ternyata Jiah udah punya 3 antologi ya. Hebat euy ^-^

    ReplyDelete
  5. kapan2, coba naik gunung bareng kitah, seru kayanya nih mbak jiah

    ReplyDelete
    Replies
    1. cocok tuh Mba Ev, nanti kami tunggu cerita dan foto-fotonya ajah deh :)

      Delete
  6. Sangat menginspirasi. Anak muda yang enerjik dan berprestasi. Kapan-kapan kepoin ah :)

    * akhir-akhir ini sok sibuk terus nih, mbak Ira. BW nya jadi keteteran, hehe *curcol :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayapun akhir-akhir ini keteteran BW-nya Mba Anjar, tapi kalo ada waktu saya usahain tetap BW walau hanya ke satu atau dua blog teman-teman :)

      Delete
  7. saya juga pengen kopdar. sudah beberapa kali kopdar dengan teman blogger, dan itu bikin candu :D

    Jiah itu emang orangnya ceplas ceplos yaah klo udah ama teman2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh, kapan kita bisa kopdar di say? nnti kalo saya ke KDI nah, tapi entah kapan itu kasian :(

      Delete
  8. Replies
    1. Mba Wuri, yuk jalan-jalan ke blognya Jiah :)

      Delete
  9. Saya udah kenal Jiah cukup lama (secara online aja tentunya :D ). Dia emang jago ngefiksi. Jempol pokoknya fiksi2nya. Trus emang anaknya energik, ceplas-ceplos gitu kayaknya, hehehe.. pengen kopdar juga sama dia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiah emang ceplas ceplos dan gak jaim :)

      Delete
  10. Mbk ira aku dri jepara jg tpi tinggal di pangkalan bun-kalteng, kalau di email nik name heru_pbn..aku masih single jg lo mbk..heee modus, boleh donk di dsambungkan silaturahminya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh kok Mas Heru, tuh di atas ada alamat sosmednya Jiah :)

      Delete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini, Insyaallah saya akan berkunjung balik ^___^

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan otomatis terhapus..