HADIAH SEDERHANA UNTUK MALAIKAT KECILKU

by - April 12, 2017

Bila ada yang bertanya pada saya tentang siapa yang paling saya sayangi dalam hidup ini? Maka saya akan memberikan dua versi jawaban. Yang pertama, sebagai seorang anak, yang paling saya sayangi tentu adalah orang tua saya, khususnya mama (papa sudah meninggal dunia). Versi kedua, sebagai seorang ibu, yang paling saya sayangi adalah anak saya.

Dan di artikel ini saya akan bercerita tentang rasa sayang saya sebagai seorang ibu terhadap anak semata wayang saya; Wahyu.


Sejak pertama kali mendapati dua garis merah pada test pack di suatu pagi di bulan Maret tahun 2011 silam, saya sudah jatuh cinta pada makhluk yang bahkan belum saya tahu wujudnya ini.

Sembilan bulan masa kehamilan saya lalui dengan berbagai macam rasa. Mulai dari mual muntah di trimester pertama, dua kali terpeleset dan jatuh di trimester kedua hingga drama melahirkan yang terjadi di hari yang sama dengan kepindahan kami ke rumah kost baru.

Ketika ia lahir ke dunia saya tak bisa berkata apapun, hanya isakan haru bercampur bahagia kala memandang tubuh mungil nan merah itu untuk pertama kalinya.

Baca Juga: Pengalaman Melahirkan Anak Pertama Secara Normal

Saya kadang tak percaya, begitu cepatnya waktu berlalu. Tanpa terasa, masa-masa itu sudah semakin jauh tertinggal. Sekarang bayi mungil itu sudah beranjak besar. Ia bukan lagi makhluk yang tak tahu apa-apa seperti dulu. Kini ia tumbuh menjadi anak yang kritis, cerdas dan cepat tanggap.

anak sholeh
Wahyu saat berusia 2 Tahun

Sebagai seorang ibu, saya hampir tidak bisa mendefinisikan rasa sayang saya terhadap Wahyu juga alasan mengapa saya sangat menyayanginya. Kata-kata seolah tak mampu menggambarkan apa yang saya rasakan terhadapnya. Yang saya tahu ia selalu menjadi pembawa kebahagiaan untuk saya.

Melihatnya terlelap di malam hari, saya bahagia. Melihatnya bangun di pagi hari, saya bahagia. Menyaksikannya bermain bersama teman-temannya, saya bahagia. Melihatnya tersenyum, saya juga ikut tersenyum dan bahagia melihat senyumannya. Iya, saya menyayanginya sesederhana itu.

Sejak menjadi seorang ibu, bila ada pertanyaan yang diajukan pada saya tentang apa yang paling saya inginkan, maka tanpa ragu saya akan menjawab "kebahagiaan anak saya" karena kebahagiaannya adalah kebahagiaan saya juga.

Dan beberapa waktu belakangan kebahagiaan saya memiliki Wahyu semakin membuncah. Apa pasal? Seperti yang saya bilang di paragraf sebelumnya bahwa sekarang ia tumbuh menjadi anak yang kritis dan cepat tanggap.

Salah satu contohnya, beberapa bulan ini Wahyu semangat banget belajar mengaji dan ikutan shalat. Bila sudah tiba waktu shalat dan saya atau papanya belum mengambil wudhu, maka ia akan segera mengingatkan kami "Mama, Papa, ayo shalat dulu". Ada rasa malu, terharu sekaligus bangga saat mendengarnya mengatakan itu.

anak sholeh
doakan Mama Papa yaa anak sholeh :*

Melihat ia yang semangat banget ikut shalat, membuat saya berpikir untuk memberinya sebuah hadiah sederhana. Hadiah yang saya harapkan bisa membuatnya bahagia, sekaligus membuatnya semakin semangat melaksanakan shalat.

Setelah cukup lama mencari, akhirnya saya temukan juga hadiah yang pas untuk Wahyu. Apakah gerangan? Adalah satu set pakaian sholat yang terdiri dari baju koko + sarung instan + peci.



Saat melihat gambar setelan pakaian sholat ini, saya langsung membayangkan kebahagiaan Wahyu saat memakainya. Ia pasti semakin semangat mengaji dan melakukan shalat.

Dan layaknya anak-anak lain yang suka pamer, ia juga pasti akan memamerkan pakaiannya pada teman-temannya. Seperti biasa, ia akan membanggakan mamanya yang sudah membelikannya pakaian ini, hihihi :D

Ahhh, membayangkannya saja saya sudah bahagia :). Sekarang saya semakin menyadari bahwa ternyata, hadiah yang sederhana pun bisa memberikan kebahagiaan tak terkira baik bagi orang yang memberikannya maupun orang yang menerimanya.

Oh iya, sebelum mengakhiri tulisan ini, masih ada satu hadiah lagi yang ingin saya berikan pada anak saya. Hadiahnya berupa puisi yang berisi nasehat dan harapan untuk anak saya.

Nak, bila kelak engkau sudah pandai membaca dan menemukan artikel ini, sejenak luangkanlah waktumu untuk membaca hadiah sederhana yang mama tuliskan ini.

Untukmu Malaikat kecilku:

Nak, tumbuhlah menjadi anak yang ceria
Anak yang penuh cinta dan kasih sayang terhadap sesama
Anak yang tidak mudah membenci
Anak yang mau berteman dengan siapa saja.

Nak, tumbuhlah menjadi anak yang takut
Takut berbuat hal yang merugikan diri sendiri dan orang lain
Tumbuhlah menjadi anak yang jujur
 Jujur walau berada dalam situasi paling "sulit" sekalipun.

Nak, tumbuhlah menjadi ksatria
Ksatria yang tidak melupakan janji-janji yang telah diucapkan
Ksatria yang berani melawan ketidak adilan
Ksatria yang membela mereka yang lemah.

Nak, bila kelak engkau jadi pemimpin,
Jadilah pemimpin yang adil pada rakyatmu
Pemimpin yang bertanggung jawab
Pemimpin yang selalu takut pada Tuhan.

Nak, yang paling penting dari semua itu
 Jadilah apapun yang kamu mau, Nak!
Ikuti kata hatimu
 Karena kata hati akan selalu menuntun ke arah yang benar.

jadilah anak yang bahagia dan selalu takut Tuhan yaa Nak!

Sehat terus yaa Malaikat kecil-nya mama! :*
Rasa sayang dan cinta mama akan selalu sama besarnya, tak akan pernah berubah sampai kapan pun.



You May Also Like

47 komentar

  1. Halo Wahyu, nama kita sama, sama juga dengan namanya Arjuna Wahyu... hihihi
    .
    .
    bdw, sarungnya itu... bikin mupeng
    apalagi bentar lagi kan puasaaa, ngiler juga deh pengen beli buat Arjuna

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoo dibeliin Mbaa, pasti Arjuna akan bahagia :)

      Hapus
  2. Wahyuuuuu....
    Udh ngajakin mama sm papa sholat aja nih...kece deh kamu nak...
    Dan hadiah buat wahyu juga cucok tuh mbk, lucu plus cakep

    BalasHapus
  3. semoga tumbuh menjadi org yang cerdas dan sholeh ya Dik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Makasih doanya tante Siti :)

      Hapus
  4. Wah semoga Wahyu dapat hadiah dari Mama ya supaya tambah rajin salat.

    BalasHapus
  5. Semogaaa sehat terus dan makin rajin shalaat ya wahyuuu :D Aamiin . .

    BalasHapus
  6. klo liat sarung kecil plus kopiah aku lgsg berdoa Y Alloh mudah2an Engkau percayakan seorang keturunan laki2 dirahimku aamiin xixixi
    Kaka Wahyu pinter amat uda rajin dan semangat solatnya Neyna masih belum konsisten semangatnya solat hehe.
    Semoga terkabul y kaka dapetin paket solat buat kaka aamiin ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. Semoga doa Mba Herva juga segera diijabbah Allah :)

      Hapus
  7. Mas Wahyu cakep ya Mba....apalagi pake sarung seperti itu...semoga terwujud ya keinginannya...amin

    BalasHapus
  8. Kakak Wahyu selamat ulang tahun yaaa semoga jadi anak sholeh, dan selalu banggain mama . sukses dunia akhirat.
    Mba Irawati selamat yaaaaa, kaka Wahyunya pasti senang

    BalasHapus
  9. Ehm, aku kok jadi ikutan tertarik ya sama sarung instannya. Kira-kira ada yang buat anak di bawa 2 tahun nggak ya? Hihi..cuss ah mampir ke Elevania.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah ini bisa dipakai oleh anak mulai dari usia 1 tahun hingga 7 tahun Mbaa, tinggal pilih size-nya ajaa :)

      Hapus
    2. Aku juga nih, pengen beli juga buat anakku.

      Hapus
  10. Hehehe, namana sama kayak aku Mbak. Ah si kecil memang sesuatu buat kita ya Mbak. sarungnya, kayaknya anakku juga demen kalo kubeliin Mbak :)

    BalasHapus
  11. semoga jadi anak sho;eh ya adik Wahyu...lucu ya kalau pakai sarung begitu, anakku juga pasti suka...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. Iya Mba, hadiah sederhana tapi bisa bikin bahagia :)

      Hapus
  12. Aih..punya anak sholeh yang tertib ibadah memang sangat menyejukkan hati. Kapan2 ketemuan sama Dek Ais yuk..

    BalasHapus
  13. He eh..sarungnya bagus. Warnanya cakep n kalem. Wahyu pasti tambah cakep.
    Good luck untuk lombanya ya mbak Ira.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa Mba, warnanya memang bagus2 :)

      Aamiin. Makasih doanya Mba Sulis :)

      Hapus
  14. Anak cowok aku juga pake sarung model itu mak, bagus dan awet banget sarungnyaaaa. Kemarin aku belinya di Ig sih, nanti mau beli satu lagi untuk stok. Belinya di elevania aja deeeh.. heheheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoo beli lagi di elevania Mba Dian :)

      Hapus
  15. mbak, aku ikut terharu, jadi inget kedua putraku.
    terus menjadi anak yang sholeh ya nak ganteng :)

    BalasHapus
  16. Wah, ngingetin sholat... Ganteng-ganteng shalih nih :)

    BalasHapus
  17. Lucu Mbaaaak anaknya. Itu juga pilihannya keren yang di Elevania...

    BalasHapus
  18. Makin gede makin ganteng, abis ini siap-siap ngunduh mantu mbak.. wkwk

    Baru sadar anakku gak punya sarung, biasanya pake jubah gamis atau baju koko. Jadi pengen beli sarung instan juga, lucu kayaknya, hehe

    BalasHapus
  19. ayoo... puas-puasin meluk dan nyium bocah kecilmu ini.. anak lelaki kalau sudah remaja suka nolak jika kita ingin memeluk dan menciumnya seperti kecil dulu

    BalasHapus
  20. pondasi yang bagus memang harus dibangun sejak dini, apalagi sholat menjadi sangat penting dilakukan oleh ibu dan para orang tua umumnya

    BalasHapus
  21. semoga tumbuh menjadi orang yang senantiasi berbakti kepada orang tua...

    BalasHapus
  22. wahyu.. kamu tidak hanya ganteng tapi so sweet bangetttt. selalu sehat ya nak

    BalasHapus
  23. Sholeh banget sih nak.. Sehat selalu ya
    Ngeceng sarungnya juga ahh untuk iioo :D

    BalasHapus
  24. subhanallah, Wahyu udah jadi pengingat buat ayahbundanya salat

    BalasHapus
  25. salam kenal ya wahyu dari kakak Nawra dan adik Athifah. semoga sehat selalu

    BalasHapus
  26. semoga selalu menjadi Muslim yang Taat Beribadah, Bermanfaat bagi Agama, Keluarga dan Negara. Amin

    BalasHapus
  27. Ah adem ya mba kalo anak kita baik budi begini, dan semangat utk solat.. Semoga anakku nanti jg bisa begitu... Lucu bgt anakmu :)

    BalasHapus
  28. aku kok gemez banget liat anakmu mba, mirip anakku yang bungsu juga :D

    BalasHapus
  29. gemes banget foto pas kecilnya deh mbak ira :*

    BalasHapus
  30. Aduh....rasanya damai sekali lihat Sikecil Wahyu pas lagi sholat....semoga jadi anak sholeh ya Wahyu....

    BalasHapus
  31. Nah begitu baru barokah...
    Semoga jadi anak yang Sholehhh

    BalasHapus
  32. yaampuunn Kak, dua kali terpleset waktu hamil, duuuh you are strong deh Kak..
    moga jadi anak Sholeh ya Wahyu sayang, sehat slalu. :)

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉