PENGALAMAN PERTAMA WAHYU NAIK KERETA API

by - Februari 23, 2019


Naik kereta api, tut.. tut ... tut...
Siapa hendak turut, ke Bandung, Surabaya...
Bolehlah naik dengan percuma..
Ayo kawanku lekas naik, keretaku tak berhenti lama

Penggalan lirik lagu naik kereta api di atas sudah sangat akrab di telinga Wahyu sejak ia berusia 2 tahun. Lagu tersebut menjadi salah satu lagu andalan yang saya nyanyikan sebagai pengantar tidurnya.

Saat usianya menginjak 3 tahun dan sudah mulai lancar berbicara, ia pun mengemukakan keinginannya untuk naik kereta api. Sayangnya keinginan tersebut tidak bisa kami wujudkan saat itu karena di kota kami tidak ada alat transportasi kereta api.

Keinginannya tersebut baru tercapai saat ia berusia 6 tahun, saat diajak oma-nya berlibur ke Jogjakarta sekaligus menghadiri wisuda sepupunya pada bulan Juli tahun 2018 lalu. Hmmm, akhirnya keinginanmu untuk naik kereta api tercapai juga yaa, Nak. Walau waktu yang dibutuhkan untuk mewujudkan cita-citamu ini lebih lama dari mewujudkan cita-citamu naik pesawat terbang, hehehe. Yaah, beginilah nasib kami, orang-orang yang tinggal di daerah yang dikelilingi lautan, yang selama ini hanya akrab dengan transportasi laut.

Baca Juga: Pengalaman Pertama Wahyu Naik Pesawat Terbang

Saat menghadiri wisuda sepupunya, Wahyu juga berhasil memenuhi keinginannya untuk naik pesawat dengan durasi tempuh yang lebih lama dari yang pertama kalinya jadi ia puas banget. Tidak hanya waktu tempuhnya yang lama, tapi juga naik pesawatnya sampai 2 kali, dari Kendari ke Makassar, terus dari Makassar ganti pesawat menuju Jogjakarta.

Sebelum berangkat, mami (panggilan saya pada mertua) dan rombongan memang merencanakan akan melanjutkan perjalanan ke Jakarta. Setelah menghadiri wisuda sepupu Wahyu di salah satu universitas di Jogja, mereka akan melanjutkan acara jalan-jalannya ke Jakarta. Dan alat transportasi yang mereka pilih untuk dipakai adalah kereta api.

Mami bercerita, sama seperti pengalamannya naik pesawat untuk pertama kalinya, Wahyu juga sangat antusias saat hendak naik kereta untuk pertama kalinya. Kegembiraannya tak bisa ditutupi walau jadwal keberangkatan mereka cukup larut untuk ukuran anak kecil yaitu pukul 22.00 WIB. Tak seperti pesawat yang delay, keretanya berangkat tepat waktu jadi ia tidak sempat bete-betean deh 😁



Kata mami, 1 jam pertama Wahyu masih menikmati perjalanannya dan tak bosan-bosan ia bercerita tentang apa saja yang sudah mereka lakukan selama di Jogja. Mami mendengarkan semua ceritanya. Namun satu jam berikutnya Wahyu tak bisa lagi berkompromi dengan matanya yang ngantuk. Jadilah ia tertidur selama di perjalanan sampai keretanya tiba di stasiun Gambir, Jakarta.

Rupanya, pengalaman pertamanya naik kereta api ini agak berbeda dengan pengalaman pertamanya naik pesawat, walau rasa antusiasnya sama. Perbedaan paling mencolok adalah waktu perjalanannya, pesawat berangkatnya siang hari sehingga selama perjalanan hingga sampai ke tujuan ia bisa menikmatinya dengan memandang awan-awan di luar sana, sedangkan saat naik kereta berangkatnya malam hari dengan waktu tempuh yang lama pula, jadi hampir sepanjang perjalanan ia terlelap sehingga saya agak susah memintanya bercerita tentang apa yang ia lakukan sepanjang perjalanan karena jawabannya yaa jelaslah dia tidur.

Namun walau tak banyak yang bisa ia ceritakan dari perjalanannya naik kereta api, saya sangat bersyukur, akhirnya harapan yang sudah sejak lama ia cita-citakan, tercapai juga. Selamat yaa, Nak, akhirnya kamu naik kereta api, alat transportasi yang selama ini hanya kamu lihat di televisi dan tayangan youtube 👏. Kamu mengalahkan mama dan papa yang belum pernah sekali pun naik kereta api. Semoga suatu saat nanti kita bertiga bisa naik kereta api bersama-sama, amiiin 😇😇

Yang jelas, bila suatu saat nanti kita diberi kesempatan untuk berlibur bersama dengan menggunakan transportasi kereta api, mama sudah tahu tempat di mana kita memesan tiket kereta api. Ya, tempatnya adalah di pegipegi, sebuah aplikasi yang dapat kita gunakan untuk memesan tiket pesawat, hotel dan kereta api.

Hal yang membuat mama suka aplikasi ini adalah aplikasinya sangat mudah digunakan. Langkah-langkah yang dilakukan untuk memesan tiket kereta api mudah banget:
1. Download aplikasi pegipegi di smartphone
2. Pilih kereta api


3. Masukkan stasiun asal, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang kemudian klik cari tiket. Kita akan langsung disajikan beberapa pilihan kereta api mulai dari kelas ekonomi sampai kelas eksekutif 👍🏾


4. Setelah melakukan pemesanan, isi data-data penumpang. Data yang diisi seperti nama dan Nik KTP. Setelah itu konfirmasi, dan bayar deh. Karena pegipegi memberikan beberapa fasilitas pembayaran, kita bisa memilih yang paling mudah.
5. Selesai

Aplikasinya benaran mudah kan, Nak? Yuk kita cari waktu yang pas untuk berlibur bersama naik kereta api 😊

You May Also Like

32 komentar

  1. Allhamdulillah sudah terpenuhi semua ya keiginan naik trasportasinya. Sini Wahyu main ke Bekasi bisa naik kereta terus deh murah pula hehehe. Anakku juga udah nyobain semua transportasi kecuali helikopter sama kapal pesiar katanya, mahal kalo itu ya

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, Wahyu merasakan naik kereta api. Semoga nanti juga bisa jalan-jalan lagi naik kereta api bersama mama papa, ya. :)

    BalasHapus
  3. Kalau Mpo suka naik kereta karena cepat dan commuter Line suka berhenti sejak karena kereta kita mau lewat. Merasa di spesialkan.

    Pegi pegi jalan jalan jadi lebih mudah

    BalasHapus
  4. Jangankan anak anak. Miss aja antusias kalau naik transportasi yang baru pertama kali .

    Apalagi kereta api fasilitas sudah bagus. Jadi saat pegi pegi lebih tepat waktu

    BalasHapus
  5. Wahyuuuu... semoga menjadi pengalaman pertama yang menyenangkan ya nak.. jadi inget setahun yang lalu aku ke cirebon bareng sahabat naik kereta api, enak juga ya ternyata rasanya hehe.. apalagi beli tiket dengan harga promo atau harganya lebih bersahabat, duh double banget happynya..

    BalasHapus
  6. Pengalaman naik kereta juga baru dirasakan si kecilku mba. Di sini kereta api cuma ada satu kali menuju Medan dan di pagi hari. Sayang, si kecil masih terlelap pas udah nyampe baru kegirangan karena sedang berada di atas kereta api. Wah keren tuh, sekarang pegipegi bisa mesan tiket kereta api.

    BalasHapus
  7. Hai salam kenal wahyu. Seruu yaa naik kereta api. Seru juga naik pesawat. Anak lanang memang seneng naik transportasi gitu ya mba. Pake pegi pegi jadi perjalanan mudah.

    BalasHapus
  8. Wahhh senangnya Wahyu naik kereta. Aku pernah naik kereta tapi pas belum sebagus sekarang. Bulan lalu cari tiket kereta online, prosesnya lebih mudah ya mbk dan cepat

    BalasHapus
  9. Aku belum pernah pakai kereta api saat traveling kak huhuhu. Kemaren udh pesen tiket kreta api dr bandung ke bekasi, ehh terpaksa harus dicancel karena ada kerjaan mendadak

    BalasHapus
  10. Cerita Wahyu mirip cerita anakku mbak. Karena dulu kami lama di Papua, naik kereta api dan naik pesawat itu menjadi sesuatu yang luar biasa. Kalau naik pesawat anakku sempat dibuat menjerit ketakutan saat take off namun berbeda dengan naik kereta api yang membuatnya ketagihan hehehe...

    BalasHapus
  11. naik kereta api buat anak kecil memang pengalaman menyenangkan sih (ngeliat ponakan sendiri yang selalu girang diajak main kereta api) hehe

    BalasHapus
  12. Wahyu sama kaya anak-anakku nih mba, selalu antusias kalau naik kereta. Untung sekarang kondisi kereta udah nyaman yaa, apalagi kalau pesan tiketnya di pegipegi, jadi praktis banget :)

    BalasHapus
  13. Wah anak2 ku belum pernah nih naik kereta api 🙈🙈 ntar balik indo salah satu wish list aku naik kereta api ke jogja mba. Entah kenapa penasaran banget sama jogja tp perginya harus pake kereta api. Mudah2an terwujud aamiin 😊.

    BalasHapus
  14. Cucuku Ayman barj nvalamin 1 x naik KA kstika kami mau ke tan impian Jaya Ancol
    KAnya masih KA lama yg kurang bavus aplg menarik, kotor, banyak penjual lalu lalang di sapanjang koridor KA, hampir penuh sama penjual beragam makanan dll. Tp sekaeang kan KA sdh lux, bersih. Md2an suatu saat bisa bW jalan2 cucuku di KA yg keren dan dingin. Kapan ya?

    BalasHapus
  15. Senangnyaaaaa Wahyu akhirnya bisa naik kereta api! Emang paling nyaman naik kereta api yah Wahyu, bisa lihat pemandangan dan jajan juga di gerbong restorasi, gak pake macet pulak.

    Akutu naik semua jenis transportasi selalu mabok lho mbak, bis, mobil, pesawat, kapal laut, kecuali kereta lho. Paling nyaman kalo naik kereta.

    BalasHapus
  16. Wah senangnya bisa diajak jalan-jalan dan naik kereta api tut tut tut eh ini kok malah ikutan nyanyi hehe.

    Berarti Wahyu lebih dulu ya naik kereta api daripada mamanya. Aama nih, saya juga belum pernah naik tranaportasi yang satu ini. Sementara ini baru pembangunan kereta api di Sulses cuma nggak tahu kapan jadinya hehe.

    BalasHapus
  17. Wahyu udah merasakan naik kereta ya, tapi sayangnya nggak bisa lihat pemandangan di luar karena malam sih. Ayo mbak, kalo dekbay udah lahiran dan usianya 1 tahun, ajakin jalan-jalan ke Jawa

    BalasHapus
  18. Wahyu seneng bgt euy kelihatannya yg jalan2 naik kreta. Insya Allah akan ada ceruta menarik lainnya ya ttg perjalanan wahyu :)

    BalasHapus
  19. Kami sekarang luamayn sering naik kereta bawa anak2. Murah soalnya kalo kereta. Seneng banget mereka naik kereta

    BalasHapus
  20. seruuuu pasti yaaa berkereta riaaa..aku juga senang mbaaa :). Dan naik kereta memang banyak pemandangan yang cantik yaaaa mba

    BalasHapus
  21. kalau aku memilih kereta yang berangkatnya malam supaya anakku tidur. Kalau dia susah tidur, alamat jalan-jalan di kereta. hehehe

    BalasHapus
  22. Seru pastinya ya mbak :D
    aku keinget anakku pas pertama naik kereta jg nih jdnya.
    Aku lbh milih kereta ketimbang bus soalnya kalau di kereta ada toiletnya, jd anak2 mudah kalau kebelet gtu hehehehe

    BalasHapus
  23. Aku juga pernah ajak Shoji naik kereta kak. Pada dasarnya bepergian sama anak gak akan ribet kalau proses persiapannya gak ribet ya. Seneng banyak dibantu sama Pegi Pegi nih

    BalasHapus
  24. Aahh Wahyuu,ko sama kitah
    tante suka naik kereta api kalo ke jkt bolak balik, yuk ikooot ma Tante eeaaa

    BalasHapus
  25. Aku ga jadi jadi mau ngerasain naik kereta api jarak jauh kak, ada aja halangannya...

    BalasHapus
  26. Wah asyik ya Wahyu naik kereta, pasti jadi pengalaman tak terlupakan ya. Dulu anak saya yang cowok juga minta naik kereta Jabodetabek sih. Akhirnya saya ajak juga dua naik kereta. Pulangnya jadi bahan cerita yang seru banget sama kakak adiknya, sampai pada ngiri hihi padahal yang dengerin udah pernah naik kereta.

    BalasHapus
  27. Wahyu kelihatan hepi yaaa. Bagiku penting buat anak merasa nyaman pakai transportasi umum biar mereka gak kapok. Kan sering tuh anak rewel karena di kendaraan panas lah ini lah itu lah

    BalasHapus
  28. Wah senangnya Wahyu kesampaian naik kereta api ya. Tapi bunyinya udah gak tutut tutut hehe... Kalo Salim baru naik kereta commuter aja.

    BalasHapus
  29. Alhamdulillah ya akhirnya bisa naik kereta. Naik kereta emang lebih nyaman sih menurutku soale bebas macet kalau ke Bandung pasti pilih naik kereta.

    BalasHapus
  30. Wah, seru nih bisa naik kereta api. Anak-anakku belom ada nih yang udah naik kereta api. padahal mereka kepengen banget. Hehehehe... soalnya emaknya aja jarang. :D

    BalasHapus
  31. Anak lanangku juga sama nih mba dengan Wahyu. Saat pertama kali naik kereta di umur 3 tahun, wowww... udah kayak gilingan aja dia jalan kesana kemari tanpa henti. 5 jam perjalanan dan dia sama sekali tidak rehat. Warbiyasaaaak.... Seneng sih ya kalau naik kereta, enggak pake acara mabok segala.

    BalasHapus
  32. Wah akhirnya naik kereta ya? Pasti seneng banget. Anak2ku pertama kali naik kereta ke Malang bareng aku dan suami. Pergi pagi hari jadi sepanjang jalan mereka main dan jalan di dalam gerbong

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉