KREDIT KENDARAAN TANPA DP. ADAKAH?

by - Februari 20, 2019

pic source: pixabay.com
Kredit motor dan mobil tanpa DP. Di zaman modern ini, zaman di mana segala sesuatunya bisa dilakukan secara online, kita semakin dipermudah dalam melakukan apapun. Mulai dari belanja, yang semula kita harus mengeluarkan tenaga ke pasar atau supermarket untuk membeli sesuatu yang kita inginkan, kini tinggal bermodal smartphone dan kuota internet, apa yang kita inginkan langsung ada di depan mata. Banyaknya e-commerce atau toko online memudahkan kita untuk membeli apapun yang kita mau tanpa harus keluar rumah.

Fasilitas perbankan pun semakin maju. Bila dulu nasabah harus ke bank untuk sekedar membuka rekening atau mentransfer uang buat keluarga, sekarang gak perlu seperti itu lagi. Pembukaan rekening bisa dilakukan secara online, cukup menyiapkan dokumen yang dibutuhkan dan mengikuti petunjuk yang ada dan taraaa jadi deh rekeningnya. Mau transfer uang? Gak perlu antre di bank hingga kaki dan pinggang terasa pegal, gak perlu capek-capek ke ATM juga, cukup pakai mobile atau internet banking saja, semua beres.

Lalu bagaimana dengan hal yang berhubungan dengan dunia perkreditan? Apakah dengan kemajuan teknologi ini juga bisa dilakukan secara online? Jawabannya adalah bisa dong. Sekarang, kita bisa melakukan kredit baik pinjaman tunai maupun kredit kendaraan (motor atau mobil) secara online. Sungguh sangat mudah yaa.

Baca Juga: Berkas yang harus disiapkan saat mengambil BPKB di leasing setelah masa kredit selesai

Ngomong-ngomong tentang kredit kendaraan, selain bisa dilakukan secara online, ternyata juga bisa dilakukan tanpa uang muka alias DP, loh. Saat ini sudah ada beberapa leasing yang berani memberikan kredit tanpa DP kepada konsumennya, tentu dengan syarat calon konsumen yang hendak melakukan kredit tersebut haruslah terpercaya.

Dan agar menjadi konsumen yang dipercaya sehingga mudah diberi kredit kendaraan oleh leasing, sebelum mengajukan kredit kendaraan baik dengan uang muka maupun tanpa uang muka, sebaiknya calon konsumen memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

1. Siapkan berkas-berkas yang menjadi syarat wajib pengajuan kredit
Ini menjadi syarat wajib yang harus dipenuhi oleh calon konsumen. Berkas yang harus disiapkan saat mengajukan permohonan kredit adalah fotokopi KTP pemohon, fotokopi KTP pasangan (jika sudah menikah), fotokopi KTP penjamin (jika belum menikah), fotokopi kartu keluarga, fotokopi slip gaji & npwp (pegawai negeri/swasta). Tambahan yang harus dilengkapi bagi yang mengajukan kredit secara ofline: fotokopi surat keterangan usaha (wiraswasta), fotokopi pembayaran PBB rumah, fotokopi pembayaran listrik/telepon/air.

2. Bandingkan suku bunga yang dipakai oleh satu leasing dengan leasing lainnya
Mengapa hal ini harus dilakukan? karena masing-masing perusahaan pembiayaan memiliki tingkat suku bunga yang berbeda. Pilihlah leasing yang menawarkan suku bunga rendah. Caranya: bila ingin melakukan kredit secara ofline adalah dengan mengumpulkan daftar harga dari berbagai leasing lalu bandingkan mana yang paling rendah angsurannya (daftar harga setiap leasing bisa di dapatkan di dealer). Sedangkan bila melakukan kredit secara online, kita bisa membandingkan angsuran melalui layanan CekAja.com. CekAja.com adalah portal layanan informasi dan perbandingan yang netral dan terpercaya untuk membantu masyarakat Indonesia membuat keputusan finansial yang cerdas

https://www.cekaja.com/kredit-kendaraan-bermotor

CekAja.com memiliki teknologi perbandingan dan aplikasi mutakhir kelas dunia, sehingga dapat memberikan pilihan produk finansial dan asuransi secara cepat, mudah, dan singkat. Layanan CekAja.com di dukung oleh tenaga profesional dan berpengalaman di bidang teknologi, finansial, dan asuransi. CekAja.com juga di dukung oleh sejumlah mitra bank terbaik dan lembaga asuransi terpercaya di Indonesia. Karena itu, produk dan layanan CekAja.com senantiasa diperbaharui dan diperluas untuk mencakup segala jenis kredit, asuransi, tabungan, investasi, dan produk konsumen lainnya.

3. Pikirkan dengan seksama jumlah angsuran yang akan diambil
Sesuaikan jumlah angsuran dengan penghasilan bulanan kita. Besarnya angsuran tidak boleh dari 30% dari jumlah penghasilan bulanan. Pilih angsuran yang gak memberatkan kita saat membayar nanti, jangan sampai angsuran yang terlalu besar malah membuat kita menderita dan akhirnya gak bisa membayar. Ingat, sekali terjadi kredit macet, nama kita akan tercoreng dan gak akan dipercaya lagi.

Baca Juga: 4 Cara mencegah kredit macet

4. Perhatikan lama angsuran
Lama angsuran (tenor) juga harus dipikirkan matang-matang. Sebaiknya jangan mengambil tenor yang terlalu lama agar kita tak terlalu lama menanggung beban hutang, hehehe

5. Bila kreditur adalah seorang pekerja (PNS maupun karyawan swasta/BUMN), sebaiknya sesuaikan waktu pengambilan kendaraan dengan tanggal gajian
Hal ini agar pembayaran angsuran kreditnya tidak terlambat karena biasanya tanggal jatuh tempo angsuran akan sama (atau hanya berbeda satu atau dua hari) dengan tanggal pengambilan kendaraan.
pic source: pixabay.com

Oh iyaa, hampir lupa nih, sebagai bahan perbandingan, berikut saya tuliskan kelebihan dan kekurangan melakukan kredit mobil dan motor tanpa DP:

*Kelebihan: Konsumen tak perlu repot memikirkan uang muka yang akan dibayarkan saat akan kredit

*Kekurangan: Karena konsumen tidak membayar DP, maka angsuran yang akan dibayar pasti lebih besar dibandingkan dengan membayar DP. Uang muka atau DP yang dibayarkan itu bisa mengurangi harga kendaraan, yang mana bila harga kendaraannya berkurang jelas angsuran yang akan dibayar juga pasti lebih rendah.

Baca: 3 alasan mengapa mereka lebih memilih kredit

So, bila kamu disuruh milih antara kredit motor dan mobil dengan DP atau kredit motor dan mobil tanpa DP, kamu akan pilih yang mana, gaes? Satu hal yang harus diingat dan harus ditanamkan ke dalam hati bahwa ketika memutuskan untuk berhutang, maka berarti harus siap membayar. Jika kita menyadari hal ini, saya yakin, semua pihak baik perusahaan pembiayaan maupun konsumen pasti akan sama-sama puas.
Dan bila tertarik untuk melakukan kredit kendaraan bermotor, sebelum akad, gak ada salahnya untuk mampir ke link ini https://www.cekaja.com/kredit-kendaraan-bermotor untuk membandingkan angsuran yang hendak diambil saat kredit :) 

You May Also Like

31 komentar

  1. Mobilku sekarang juga kredit mba, semakin kecil DP maka semakin besar kredit dan sebaliknya. Terbantu sih dengan adanya kredit, cuma kalau DP nya ga ada, ga kebayang cicilannya pasti gede amat.

    BalasHapus
  2. saran aq sih kalo untuk mobil lebih baik dg dp, kalau bisa malah besar jd mengurangi cicilan ke depan, jadi sebaiknya menabung dulu untuk dp sebelum memutuskan kredit mobil krn sayang bgt kalo kredit hrs putus di tengah jalan krn gak sanggup bayar cicilan yang terlalu besar

    BalasHapus
  3. Bener banget mbak, kredit mobil memang makin banyak ditawarkan. Semakin kecil DP maka cicilannya makin besar... Ini yg kadang membuat orang tidak jadi kredit. Saya pribadi masih memilih kredit mobil dg DP.... Meski kenyataannya jatuhnya lbh mahal, maklum mau beli cash blm ada dana... Terpaksa beli mobil dg cara kredit demi kebutuhan hehehe

    BalasHapus
  4. BEner banget mbak saat memutuskan untuk kredit harus taat waktu & dipastikan tidak menunggak. Kalau boleh milih sih aku maunya cash aja ya hehehe walaupun harus menunggu bertahun-tahun untuk mendapatkannya. Tapi sekarang lebih mudah ya kredit kendaraan bermotor bahkan bisa tanpa DP.

    BalasHapus
  5. pinjaman online sekarang ngeri-ngeri ya Mbak kalau denger kasusnya. Bisa ya di cek di cekaja.com? Semoga masyarakat jadi tahu ya, dan jadi lebih bijak sebelum dengan mudah mengambil pinjaman.

    BalasHapus
  6. Kalau belum urgent membeli, memang sebaiknya ditabung sampai tercukupi. Lalu beli secara cash. Pun seandainya harus mencicil, usahakan sesuai kemampuan supaya tidak melilit ya.

    BalasHapus
  7. Kredit tanpa DP memang memudahkan konsumen yang ingin segera memiliki kendaraan namun tak punya modal dana khusus untuk bayar DP. Cuma harus punya penghasilan yang stabil dan terjamin secara berkala agar bisa bayar cicilan. Bagaimanapun, ujang harus dibayar sampai lunas. Alangkah baiknya jika pencicil juga punya tabungan untuk kas dana darurat yang bisa dipergunakan jika alami kesulitan padahal harus bayar cicilan tepat waktu. Intinya, kita hanya harus sudah siap dan matang jika hendak cicil baran.

    BalasHapus
  8. Tanpa DP itu ringan di awal, berat dicicilan.

    BalasHapus
  9. Ya mau ambil kredit dengan dp atau tidak sama2 punya kelebihan dan kekurangan masing2 ya mbak. Kalau saya pribadi lebih suka cash aja deh�� tapi itu juga harus menabung dulu hehe

    BalasHapus
  10. Aku pernah yang kredit mobil pakai DP, mba. Soalnya uangnya sanggupnya yang buat DP dulu walau udah beli mobil bekas. Hihihi

    BalasHapus
  11. kredit itu komitmen jangka panjang banget.
    kendaraan itu kadang 2-3 tahun... gak bisa bolong sedikit pun..

    jadi aku sama suami memilih beli mobil bekas aja karena gak sanggup komit selama itu

    BalasHapus
  12. betul sekali, mbak. Kita harus hati-hati kalo mau mengambil cicilan. Harus disesuaikan dengan kemampuan kita, jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang

    BalasHapus
  13. Pengennya sih cash aja, tapi kalau butuh banget, terpaksa deh kredit.

    boleh juga nih buka cekaja ya.
    bisa bandingkan kredit dan mengira2 kemampuan kita gimana :)

    BalasHapus
  14. Sekaranng semua serba mudah ya mulai mendapatkan barang sampai pinjaman kredit juga. Huhu namun jujur saja saya masih ga berani buat nyicil2 barang atau utang gitu soale takut ga bisa bayar hehe.

    BalasHapus
  15. Sekarang bnyk program yg mempermudah utk punya kendaraan y mba tp terus terang aku kpinginnyaa gk mau kredit hehe

    BalasHapus
  16. Sekarang mau punya kendaraan makin mudah aja, belum punya uang DP pun ttap bisa punya. Membantu banget buat orang-orang yang butuh kendaraan buat mobilitas.

    BalasHapus
  17. Sekarang makin mudah ya kalau mau kredit kendaraan bisa tanpa DP tapi ya itu tadi kalau tanpa DP berimbas pada cicilan yang besar, kalau saya saat ini belum berani cicil barang karena udah nggak kerja, pengennya sih bisa beli barang tunai

    BalasHapus
  18. sekarang banyak kemudahan dalam pembeliaan barang ya mbak, cuma ya gitu, kudu dipertimbangkan baik buruknya, karena kalau kredit kan cicilannya pasti dimasukkan dalam pengeluaran bulanan. jangan sampai besar pasak daripada tiang.

    BalasHapus
  19. Iya banget nih ada beberapa pilihan ya mba untuk kredit kendaraan
    di daerahku gencar banget ini tanpa DP dan ada DP masing-masing ada tujuannya
    Makasih sharingnya mba IRa

    BalasHapus
  20. Tanpa DP gini bisa jadi solusi banget ya yang butuh kendaaan cepat, tapi tetap harus tahu batasannya ya mba.. kalo ngga kuat bayar cicilannya ya jangan ambil kredit, duh jangan sampe deh ini kejadian.. jaman now beneran sangat memudahkan ya.. termasuk pinjaman online tapa DP ini.. luar biasa..

    BalasHapus
  21. Kalau keluargaku kalo beli cash utk yang bisa dijangkau. Tp kalo ga bisa ya kredit tp tetep pake dp mba soale ntar cicilannya banyak babget hiks

    BalasHapus
  22. Sama dengan rumah, Mbak.
    Ada juga yang kredit tanpa DP
    Kalau mobil ini, mau infokan ke suami aaah. Siapa tahu bisa ikutan kredit.

    BalasHapus
  23. Iyaa...beda banget pasti yaa...
    Ples minus gitu siih..

    Ringan di awal, tapi berat per-bulannya.

    BalasHapus
  24. Suamiku beli mobil juga pakai kredit, karena butuh sih. Dan lagi mobilnya untuk usaha. Jadi kami tetap pilih DP 40% agar cicilan ringan. Alhamdulillah udah lunas sekarang

    BalasHapus
  25. Duh, udah lama aja terakhir kredit motor. Kayaknya kok sekarang antara yang pake DP dan tidak sama-sama menariknya ya hihiii... Kudu itung dulu nih pendapatan bulanan kalau mau nyicil lagi.

    BalasHapus
  26. jaman now ya Kak, kredit kendaraan pun sudah bisa tanpa DP, ada juga yang bisa online pula yaaa, kereeenn deehh.
    semua sudah bisa punya kendaraan doong klo seperti ini ;)

    BalasHapus
  27. Emang pasti ada perbedaannya ya mba antara yg pakai DP dan ga pakai DP. Tapi lebih enak sih beli tunai ya mba

    BalasHapus
  28. Aku ga kuat ngutang yak mba, ga kuat ditagih2 apalagi sampai ga bisa tidur sebab milih utang, hahaha. benaran ga bisa memilih aku. Nabung atau ikutan kuis berhadiah mobil aja deh :)

    BalasHapus
  29. wow, bisa ya caranya begitu. coba pelajari dulu ah sistemnya

    BalasHapus
  30. saya pernah buka website itu mba. enaknya, dia membantu kita membandingkan ketentuan dan hal2 lain dalam perkreditan antar perusahaan ya mba, jadi memudahkan konsumen banget.

    BalasHapus
  31. Di sini banyak tawaran kredit motor tanpa DP, sehingga siapa saja bisa ambil. Tapi saranku sih tetap pertimbangkan angsuran perbulannya biar ga keteter ya

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉