5 TAMAN BUNGA CELOSIA DI JOGJAKARTA

by - Februari 16, 2019


Kehadiran beragam wisata baru di Jogjakarta selalu mampu menarik para wisatawan untuk kembali lagi dan lagi ke daerah istmewa yang satu ini. Daya tariknya tak hanya soal budaya namun banyak destinasi liburan bertema alam yang rasanya wajib untuk dikunjungi ketika berlibur ke sana. Hmmm, wisata di jogja selalu menawarkan hal baru deh :)

Salah satu destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan saat berlibur ke kota gudeg ini adalah taman bunga celosia. Dari namanya saja kita pasti sudah membayangkan keindahan hamparan bunga warna-warni yang memanjakan mata yaa.

Di Jogjakarta kita akan menemukan beberapa taman bunga celosia yang tersebar di beberapa wilayahnya, mulai dari Sleman, Bantul hingga Gunung Kidul. Berikut ini 5 taman bunga celosia di Jogjakarta seperti yang saya kutip dari salah satu artikel Qupas.Id:

1. Resoinangun Garden
Resoinangun Garden berada di Kabupaten Bantul. Wisata kekinian ini menampilkan konsep taman bunga bernuansa hijau. Tempat ini sangat popular, saking popularnya, tempat ini juga pernah dikunjungi oleh selebritis, salah satunya Astrid Tiar.

pic source: IG Astrid Tiar

Hamparan bunganya sungguh indah yaa, serasa di film India, hehehe. Kalau ke Jogjakarta, rasanya tak ada salahnya untuk mampir ke taman bunga ini. Yang menyenangkan, di sini tak hanya kita temukan bunga celosia saja, melainkan ada bunga-bunga lain, misalnya bunga matahari. Wahh keindahan bunga-bunga ini pasti membuat hati ceria dan ikut berbunga-bunga deh.

Tak hanya bunga, di Resoinangun Garden ini juga terdapat beberapa spot foto yang pastinya akan menarik perhatian pengunjung, diantaranya:
  • Ayunan
  • Sepeda hias
  • Becak hias
  • Bangku di tengah kebun
Gimana? Tertarik mampir ke sini?
Lokasi: Malangan, Srigading, Sanden, Bantul, Jogja
Jam buka: Setiap hari mulai pukul 06.00-19.00 WIB
Tiket masuk: Rp. 5.000,-/orang

2. Taman Bunga Asri
Masih di kawasan Bantul, ada juga Taman Bunga Asri yang menyajikan hamparan tanaman celosia beraneka ragam warna. Sama seperti Resoinangun Garden, taman dengan luas 600 meter persegi ini pun tidak hanya tumbuh tanaman celosia saja tetapi ada juga bunga matahari.

pic source: instagram.com/ochi_sekararumsari

Di sini, pengunjung tidak hanya berfoto selfie saja, tetapi bisa juga langsung membeli biji bunga celosia atau bibit yang sudah mulai tumbuh dengan harga yang terjangkau. Dari pusat Kota Jogja, jarak wisata eksotis ini hanya 30 kilometer saja. Waktu tempuhnya kurang lebih selama 50 menit berkendara melalui Jalan Parangtritis.

Bila ingin berkunjung ke sini, rute yang bisa kamu tempuh apabila sudah sampai di Bantul adalah melewati Jalan Samas lurus ke selatan hingga memasuki area TPS Pantai Samas. Sejauh 10 meter dari TPR, arahkan kendaraanmu ke kiri sampai masuk Jalur Lintas Selatan. Lalu ambil arah lurus saja sampai kurang lebih 100 meter, Taman Bunga Asri akan kamu temui.

Lokasi: Jalur Jalan Lintas Selatan Tegalrejo, Srigading, Sanden, Bantul, Jogja
Tiket masuk: Rp. 5.000,-

3. Taman Khayana
Taman bunga celosia ini masih termasuk wisata baru di Jogya, baru mulai dibuka pada akhir tahun lalu, tepatnya tanggal 8 Desember 2018. Benaran masih baru banget yaa.

instagram.com/tamankhayana

Dengan wajah segarnya, tempat ini pasti menjadi tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi. Hamparan bunga celosia dengan warna-warni indahnya seakan menghipnotis pengunjung untuk selfie berkali-kali, hehehe. Selain ada tanaman celosia jenis plumusa, di sini juga ada bunga zinnia yang tidak kalah cantik untuk dijadikan latar berselfie ria. 

Tak hanya hamparan bunga saja, di sini juga terdapat banyak spot foto cantik, seperti:
  • Menara jam
  • Payung-payung lucu
  • Ornamen dari anyaman bambu berwarna-warni yang digantung
  • Kincir angin
Untuk bisa sampai ke lokasi, pengunjung memerlukan waktu kurang lebih selama 1 jam 14 menitan dengan jarak tempuh sekitar 38,2 kilometer.

Lokasi: Dusun Karanglo, Desa Pondokrejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Jogja
Jam buka: Setiap hari mulai pukul 07.00-18.00 WIB
Tiket masuk: Rp. 7.000,-/orang

4. Taman Bunga Celosia Kemadang
Taman Bunga Celosia Kemadang atau Ecopark Celosia Flower ini berada di Gunungkidul. Hamparan bunga celosia berwarna-warni dan tertata rapi akan tersaji di hadapan pengunjung. Siapa yang tidak tergoda untuk segera hunting foto di sini?

pic source: instagram.com/ekopark_celosiaflower

Oh iya, kebun bunga ini adalah milik Eko Handayanto. Dulunya di taman ini juga sempat ditanam bunga matahar, tapi karena bunga matahari tidak cocok di daerah ini maka sang pemilik menggantinya dengan bunga-bunga jenis celosia.

Lokasi taman ini juga cukup dekat atau hanya berjarak sekitar 200 meter dari Pantai Kukup yang populer itu. Rute termudah agar bisa sampai ke tempat ini adalah menuju ke Pantai Sepanjang. Tepat di selatan jalan, hamparan bunga warna-warni yang memanjakan mata mulai terlihat.

Lokasi: Padukuhan Nglaos, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Jogja
Tiket masuk: Rp. 5.000,-/orang

5. Kukup Mentari
Sama seperti Taman Bunga Celosia Kemadang, Kukup Mentari ini juga berada di kawasan Gunungkidul. Di tempat ini juga menghadirkan hamparan bunga celosia yang cantik. Sesuai dengan namanya, objek wisata ini memang letaknya dekat dengan Pantai Kukup.

pic source: instagram.com/ericvirgiawan

Kebun ini dikelola oleh penduduk setempat bernama Bariyanto. Menuruk sang pemilik kebun, dulunya tempat ini merupakan lahan pribadi yang dijadikan sebagai area persawahan. Kini, tempat ini menjadi taman bunga yang cukup menarik perhatian para pelancong. Di sini pengunjung juga bisa berselfie di  replika kincir angin.

Untuk bisa sampai di lokasi ini, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 60 kilometer dari pusat Kota Jogja. Meski sedikit jauh, dijamin tidak akan rugi deh kalau menungjungi tempat indah ini.

Lokasi: Ngepung, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul
Jam buka: Setiap hari mulai pukul 06.00-18.00 WIB
Tiket masuk: Rp. 5.000,-/orang
**

Itulah 5 taman bunga celosia yang bisa dikunjungi saat berwisata ke Jogjakarta. Gimana? Tertarik berkunjung ke sana? Pasti tertarik dong yaa. Apalagi tarif masuk ke 5 tempat di atas sangat terjangkau :)


*sumber tulisan:
https://www.qupas.id/daily/5-taman-bunga-celosia-di-jogja-tahun-baruan-biar-nggak-di-rumah-terus

You May Also Like

30 komentar

  1. Makin banyak tempat wisata baru di Jogya ya. Duh ini semua taman bunganya terlihat cantik, bagus buat pepotoan. Jadi pengin ke taman bunga di Jogya, apalagi tiketnya murmer, cukup terjangkau.

    BalasHapus
  2. Duh mengapa saya baca ini ya?
    Kami sejak Januari rencana mau ke Jogja, sampai udah mau Maret aja belom juga terealisasi hahaha

    Keren-keren banget taman bunganya, surga buat pecinta selfie dan pecinta feed IG yang keren muahahaha

    Jadi, kapan nih kita ke Jogjah? :D

    BalasHapus
  3. Yg di Bantul Resoinangun y mba? Kukira Rejowinangun, hehe.. Mudah2an bisa berkunjung juga kapan2 ah, rumah kakak di Bantul juga...

    BalasHapus
  4. Fix! Balik Jogja tahun ini. Terlalu banyak taman-taman cantik yang sayang banget buat dianggurin gitu aja.

    BalasHapus
  5. Aih taman bunganya seger amat, masuknya juga murah. Walaupun enggak tau jenis bunga celosia tapi ini pasti keren apalagi buat foto2 hihi

    BalasHapus
  6. Cakepnyaaa, jadi mirip di Eropa ya. Semoga keindahannya terus terjaga, nggak rusak oleh tangan2 jahil pengunjung.

    BalasHapus
  7. Bunga celosia ini asli mana, kak Ira?
    Aku jadi pingin punya bibitnya, mau nanem di taman depan rumah...pasti nyenengin banget liat bunga celosia tiap hari.

    Adeemm~

    BalasHapus
  8. Sekarang di Jogja banyak taman bunga, ya? Saya tetap pengennya bisa ke taman bunga matahari. Tetapi, bisa ke sini juga udah seneng banget

    BalasHapus
  9. Makasiih sharingnyaa ya mbaaak, bookmark duluu nanti pas main ke jogjaa pengen kesini hehehe bagusss gtuu yaa, warna-warni Celosia yg begitu istimewaa :)

    BalasHapus
  10. Aku ga pernah kepikiran masukin taman bunga untuk jadi itinerary kalau maen ke Yogya. Duh makin banyak nambah wish list jalan-jalan nih. Penataannya apik tenan ya, Mbak. Kayak taman di luar negeri deh :)

    BalasHapus
  11. Ako ga suka bungaa, tapi kalo melihatnya sukaa berasa fresh dan merasa cantik eeaaa..
    JAlan2 ke taman bunga pun bikin senyum2 , atulaah mau ke situuuu. Akhir taun lalu ke Gunung Kidul ga sempet main2, btw itu murmer banget masuknya yaaa..

    BalasHapus
  12. Huaaa, bunga-bunga dimana-manaaaa..
    Bisa menari India he ini Kak, hihihih.
    Tiket masuknya juga terjangkau yaaa, bisa foto2 sepuasnya berasa di taman surga #eehh
    Pengentami ke Jogja lagiii.

    BalasHapus
  13. aih indahnya... banyak taman bunga di sekitar Yogya. Semoga terawat yaa, enggak ada yang guling-guling di situ.

    BalasHapus
  14. Cantik semuaaa taman bunganya mba.. And I have not visited these places even when I came to Jogja quite often. I hope I can go there one day

    BalasHapus
  15. Celosia ini jengger ayam ya Mbak? Sejak kecil saya sukaaaa banget sama bunga ini Mbak. Tetangga pernah punya dan menurut saya ini uniiik banget ya....

    BalasHapus
  16. Ya ampun taman bunganya sungguh sungguh indah sekali. Kayak di negeri dongeng. Hehhee. Aku belum pernah nih mba mencoba ke sana. Mungkin suatu saat yaa

    BalasHapus
  17. Mupeng banget baca dan liat gamba2 di atas mbak. Saya kira hamparan bunga-bunga cantik seperti gambar di atas cuma ada di LN atau di India eg ternyata ada juga di Indonesia...

    BalasHapus
  18. Taman bunga kekinian :D
    Skrng duah disediakan spot2 foto ya mbak, jd gak keinjek2, belajar dari boomingnya taman bunga sebelum2nya hehe. Moga yang adatng jg bertanggungjawab supaya tamannya bisa dinikmati semua lbh lama lg :D

    BalasHapus
  19. Suh tempatnya cantik banget yes cocok buat doya pepotoan kaya saya hehe. Btw itu murah banget ya biaya masuknya, semoga aja taman ini juga ga dirusak sama orang2 yang ga bertanggung jawab.

    BalasHapus
  20. Huwwaaa selalu mupeng buat main ke taman bunga beginian
    Kapan ya aku bisa jelong-jelong, di Pekalongan juga baru ada nih semoga bisa main ke sana aku mba.

    BalasHapus
  21. lucu banget ya tempat wisatanya...
    Sering ke jogja, tapi kayaknya tempat wisata gak ada habisnya.
    Entah itu di jogja sendiri dan di Kabupaten di sekitarnya.
    Jadi kangen jogja...

    BalasHapus
  22. Subhanallah.. ini yogja rasa eropa ya.. baru tahu loh aku ada lokasi destinasi yang super keren gini..duh jadi galau nih mau liburan tengah tahun nanti ke Bali atau Jogya.. eh apa dua duanya.. haha kedua kota itu buat aku bikin kangen terus

    BalasHapus
  23. Canteknyaa... selama di Jogja aku belum pernah ke sana mba. Aku jadi inget taman bunga di Gunung Kidul yang dirusak ama anak2 SMA yang sempet viral dulu �� gimana kabarnya ya sekarang hahah

    BalasHapus
  24. Taman Bunga Celosia memang jadi spot paling sip mbak buat foto2, hihihi buat dokumentasi IG :p

    BalasHapus
  25. Kalau udah tumbuh tinggi gitu jadi menawan ya bunganya. Kapan dulu pas taman bunga celosia yang di Kabupaten Semarang baru dibuat, masih pendek2 bunganya. Dipake buat pepotoan masih kurang sip. Sekarang mungkin udah jauh lebih bagus.

    BalasHapus
  26. sumpah, keren2 banget bunganya. cara ngatur letaknnya pun keren..
    aduh, masa sih tiket masuknya 5000. murah banget...

    BalasHapus
  27. Saya inget banget ini. Dulu ada tempat wisata di yogya juga kalo ga salah yg awalnya sepi terus pada akhirnya rusak krn banyak org pengin foto-foto di sana. Taman bunga juga kalo ga salah deh.

    Mudah-mudahan yg ini nggak akan kejadian kayak gitu lagi. Masyarakat lebih aware dan disiplin ikut menjaga tempat publik.

    BalasHapus
  28. Murah banget nanti main kesana ah tfs mba

    BalasHapus
  29. Saya ke Jogja terakhir kapan ya? 2014 kayaknya, pas touring Semarang mau ke Jakarta, mampir Jogja 3hari. Sekarang Jogja banyak banget tempat-tempat wisata baru. Jadi pengen suatu hari nanti main ke Jogja lagi.

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉