5 HAL YANG PERLU DISIAPKAN SEBELUM MEMULAI USAHA

Desember 03, 2019

pic source: pixabay.com
Zaman now, hampir semua orang minimal memiliki dua profesi. Selain profesi utama, mereka juga punya profesi sampingan yang tidak kalah menghasilkan. Apalagi dengan adanya teknologi yang semakin maju yang mendukung kita bisa melakukan banyak hal dalam satu waktu, rasanya agak rugi jika kita tidak memanfaatkannya untuk mendapatkan tambahan penghasilan, hehehe 😁.

Dan di antara banyaknya kegiatan yang bisa menghasilkan uang, berdagang adalah salah satu yang saat ini paling diminati karena lumayan mudah dijalankan. Ada banyak teman saya yang memiliki pekerjaan sampingan sebagai pedagang online. Omsetnya? Jangan ditanya, salah satu teman saya bahkan sudah berhasil membangun rumah dari hasil usahanya berdagang online ini 🤑.

Karena penasaran dengan keberhasilannya, saya pun penasaran, apa sih rahasia kesuksesannya berdagang online? Menurutnya, ada 5 hal yang perlu disiapkan seseorang sebelum memulai usaha (usaha apapun itu, baik yang dilakukan secara online maupun offline), antara lain:

1. Jenis usaha yang hendak dijalankan
Sebelum memulai usaha, pikirkanlah jenis usaha yang ingin dijalankan. Sebaiknya pilih usaha yang disukai dan dikuasai dan kalau bisa memiliki prospek yang bagus. Kita bisa memilih menjalankan usaha di bidang jasa atau barang dan berbasis online atau offline. Pikirkan baik-baik sebelum memutuskan. Jangan sampai salah pilih hanya karena ikut-ikutan orang lain yang sudah sukses.

2. Target Pasar
Lakukan analisa pasar untuk mengetahui minat masyarakat, khususnya calon konsumen yang menjadi target market bisnis kita. Cari tahu pendapat mereka tentang produk yang ingin kita pasarkan. Sekalian cari tahu juga kompetitor yang ada untuk menyiapkan strategi dalam menghadapi mereka. 

pic source: pixabay.com
3. Nama Usaha/Toko
Walau banyak yang bilang apalah arti sebuah nama, namun nama usaha atau toko itu merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam kegiatan promosi. Pilihlah nama usaha/toko yang menarik dan mudah diingat oleh publik. Jangan lupa untuk mengembangkan kreativitas sehingga brand yang kita pasarkan berbeda dari yang sudah ada.
 
4. Modal Usaha
Dari mana modal usaha kita? Apakah dari uang pribadi, patungan bersama mitra bisnis, ataukah melalui pinjaman modal usaha dari pihak ketiga? Selain itu, kita juga bisa mencari sumber pendanaan lainnya. Misalnya, pinjaman modal usaha dari bank, mencari investor, pinjaman online dan lain-lain. Pastikan modal kita cukup untuk menjalankan usaha tersebut.

Ngomong-ngomong tentang pinjaman online, saat ini ada banyak banget fintech yang menawarkan fasilitas pinjaman modal usaha kepada para pebisnis. Fintech memberikan banyak kemudahan yang tidak diberikan oleh bank atau investor. Syarat untuk mendapatkan pinjaman modal usaha di fintech tidak ribet, cukup menggunakan e-KTP saja. Sungguh sangat mudah dan cepat yaa. Bandingkan dengan saat kita mengajukan kredit di bank, ada banyak dokumen yang mesti kita siapkan, diantaranya fotokopi KTP, Kartu Keluarga, slip gaji, buku tabungan, akta nikah, NPWP, SKU (SIUP/SITU/TDP), dan dokumen kepemilikan agunan.

Salah satu fintech yang bisa dipilih untuk mengajukan pinjaman online adalah Aspire. Aspire adalah platform fintech yang memberikan pinjaman modal usaha kepada pemilik usaha, khususnya usaha kecil menengah. Mengajukan pinjaman di Aspire sangatlah mudah karena pemilik bisnis tidak perlu mengurus dokumen yang banyak dan melalui proses yang memakan waktu. Selain itu, Aspire juga menawarkan kredit bunga rendah dengan bunga 0%. Saat ini, Aspire telah beroperasi di negara-negara Asean seperti Indonesia, Thailand, Singapura, dan Vietnam. So, ingin mengajukan pinjaman online? Ke Aspire aja 😊

5. Mental
Hal lain yang tak kalah penting untuk disiapkan saat hendak memulai usaha adalah mental. Mereka yang memutuskan untuk berbisnis baik secara online maupun offline harus memiliki mental yang tangguh, pekerja keras dan tidak mudah putus asa karena dalam berbisnis pasti akan terjadi up and down. Bagaimana bisa membangun usaha yang maju bila bermental lemah dan gampang putus asa?

**

Itulah 5 hal yang mesti disiapkan oleh seseorang sebelum memutuskan terjun ke dunia usaha. Gimana, gaes, apakah kamu juga tertarik untuk terjun ke dunia bisnis? Atau mungkin tertarik untuk mengajukan pinjaman online ke Aspire? 😉

You Might Also Like

67 Komentar

  1. zaman sekarang makin mudah ya kalau mau usaha, mau pinjam dana juga mudah, jadi ingat saya dulu bikin usaha sendiri, ngos-ngosan karena nggak ada modal, jadinya segala sesuatunya dikerjakan sendiri, lalu saya tepar.

    Memang sebaiknya pakai modal sih, biar lebih fokus dan semangat berbisnisnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan Aspire ini, para pebisnis pemula bisa banget mengajukan pinjaman modal ya, mudah banget pula, nggak ribet pakai acara ngurus dokumen super macam-macam.
      Apalagi waktunya juga nggak lama, jadi bisa segera memulai bisnisnya :_

      Hapus
  2. Oh saya baru tahu Aspire ini fintech untuk pinjaman modal usaha. Bagus banget untuk membantu pengusaha yang baru berdiri dan meningkatkan perekonomiannya.

    BalasHapus

  3. Awal berusaha memang butuh banyak persiapan, termasuk dana.
    Dengan memilih Aspire meminjam jadi mudah, secara online itu lebih efisien.

    BalasHapus
  4. Modal usaha memang harus perlu di perjuangankan agar usaha lancar. Kesiapan usaha dan mental karena namanya manusia suka ada nyinir atas apa yang sedang kita usahakan.

    BalasHapus
  5. Setuju, Harus mulai dari apa yang kita suka. Biar semangat terus menjalaninya. Di saat pasar sedang sepi pun rasanya gak terlalu berat. Saya pernah mengalaminya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemudian lanjut dengan analisa pasar. Ini juga mengingatkan saya waktu masih kerja dulu. Saat ada produk baru masuk harus dianalisa dulu pasarnya. Supaya gak salah distribusi :D

      Hapus
  6. Keren ih bunganya 0% dan nggak pake ribet. Iya kalo mau usaha kudu ada persiapan dulu yaa

    BalasHapus
  7. Saya saat ini juga lagi mulai usaha kecil-kecilan mba, memang awalnya berat banget karena mulainya bener- bener dari 0.

    Thanks infonya, baru tahu kalau Aspire ini fintech untuk pinjaman modal usaha. Semoga yang baru merintis usaha banyak yang terbantu

    BalasHapus
  8. Setuju hrs sesuai passion atau yg kita suka krn kki engga bisa mogok tengah jalan

    BalasHapus
  9. Kayaknya mentalku kurang kuat untuk bisa untuk bisa memulai usaha. Hehhehe. Dan memang ini sebetulnya jadi harapanku pengen ada usaha tapi entah kapan :)

    BalasHapus
  10. Artikel seperti ini yang harus dibaca karena memulai bisnis perlu ada rencana dan action ya mbk.

    BalasHapus
  11. Banyak calon pelaku usaha yang bingung cara memulai usahanya karena tidak punya pedoman atau panduan. Adanya tulisan ini sangat bermanfaat untuk dibaca karena banyak detail yang barangkali dilewatkan calon pelaku usaha

    BalasHapus
  12. Saya juga ingin punya usaha online, Mbak. Tertarik dengan keberhasilan orang-orang yang sukses di usaha online.
    Bisa jadi sampingan selain nulis di blog ya...

    BalasHapus
  13. Kadang saat memulai usaha itu kita suka bingung mbak. Ketakutan akan tidak punya pelanggan atau tidak punya modal bisa saja terjadi. Wajib baca tulisan ini mbak supaya siapapun yang ingin memulai usaha benar-benar siap modal dan strategi. TFS mbak.

    BalasHapus
  14. Yap bisnis online sekarang ini semakin eksis ya. Keuntungannya juga tidak diragukan lagi tapi ya seperti salah satu tips yang Mbak sebutkan di atas. Untuk memulai bisnis baik online maupun offline kita kudu siap mental juga.

    BalasHapus
  15. Jadi inget pernah bisnis juga dan akhirnya tutup soale badan drop ga sanggup penuhin pesanan huhu.

    BalasHapus
  16. modal emang jadi masalah utma buat mreka yg mau rintis usaha,mmmm sayaa pun dlu begitu,,

    wah bisa ku kepoiin nih aspire. hehe, thx mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. btw mental emang penting banget sih buat modal usaha ,, klo mental bisnis tuh gak kuat, yakin deh, pas rugi dikit udah kelimpungan mbak

      Hapus
  17. Nah, menentukan target tuh yang penting ya mba ketika awal mulai bisnis. Soalnya, apa yang sedang trend dan siapa saja yang menggemarinya, akan mempengaruhi langkah berikutnya dalam pemasaran barang.

    BalasHapus
  18. Baru mau usaha bingung kejebak modal. Udah punya modal eh ga berani nanggung resiko. Begitulah ya kalau banyak alasan. Semoga yang lagi galau soal dana modal usaha baca tulisanmu ya mba��

    BalasHapus
  19. Bener sih kaka, kebanyakan dari orang yang mau mulai usaha itu emang keburu ga pede di modal nya duluan, alhamdulillah sekarang udah banyak fintech yang bisa jadi solusi ya

    BalasHapus
  20. Wah.. Masa sih pinjamannya bunga 0%?
    Keren dongs.
    Tapi baiknya cek dulu cashflow usaha, bisa buat Nyicil pinjaman atau nggak. Hehe.

    BalasHapus
  21. Wah.. Masa sih pinjamannya bunga 0%?
    Keren dongs.
    Tapi baiknya cek dulu cashflow usaha, bisa buat Nyicil pinjaman atau nggak. Hehe.

    BalasHapus
  22. Aspire ini sepertinya bisa nih jadi solusi saat butuh tambahan modal usaha. Pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK juga kan ya aku lihatnya. Ah, jadi pengen punya usaha sendiri juga aku. Coba intip-intip lagi wis proses pengajuan di Aspire gimana

    BalasHapus
  23. Iyah memang kudunya gitu ya Mbak, nggak ngandelin pemasukan dsri satu sumber sajaa. Tapi pokoknya kudu bisa fokus sih, kadang dua pekerjaan bisa bikin waktu keteteran

    BalasHapus
  24. Ketika akan membangun usaha, memang kita perlu analisa, jadi kita target market dan kompetitor kita

    BalasHapus
  25. Nah betul
    Mental ini penting sekali supaya tetap bisa mengendalikan diri apapun Yang terjadi

    BalasHapus
  26. Setuju banget!
    Untuk sukses memulai bisnis tidak selalu berjalan dengan lancar,
    Diperlukan beberapa keahlian dan langkah yang harus dilakukan dengan benar!

    BalasHapus
  27. MOdal emang utamanya mba jadi bisa tungitungan buat usaha apa hahaha...tapi hati2 juga yah dengan pinjaman semoga bijak juga dalam penggunaannya

    BalasHapus
  28. jadi inget kemarin pas rencanain bikin usaha tp tiba2 gagal di tengah jalan :((
    emang perlu persiapan super mateng, action nyata dan mental sih

    aku jd penasaran sama spire kak



    -PS-
    Peluk dari jauh
    lilpjourney(dot)com

    BalasHapus
  29. Aku dulu juga bingung mau nentuin mau usaha apa buat cari uang jajan. Kata suamiku, cari yang paling kita suka. Karena aku suka buku jadi jualan buku, emang terasa bener saat menjalaninya jadi lebih enjoy.

    BalasHapus
  30. Perencanaan emang sangat perlu, tp kadang banyak yang menyepelekan. Bagus banget ni tulisan nya mba

    BalasHapus
  31. Modal ini yang bikin aku maju mundur klo ngomongin soal mau bikin usaha. Pinjaman online, aku takut.

    BalasHapus
  32. Setuju. Terutama yg poin 5. Mental harus kuat dlm segala cuaca. Krn bisnis apalagi yg pemula..byk fase surut drpd pasangnya

    BalasHapus
  33. Saat ini lg memulai usaha online shop bersama satu org tmn yg udh pernah usaha sblmnya. Kami membagi tugas sy bagian promosi dan dia bagian produksi. Doain ya semoga lancar usaha kami. Amin

    BalasHapus
  34. Memang banyak hal yang perlu disiapkan sebelum kita memulai usaha.
    Memulai usaha yang sesuai dengan kesenangan/hal2 yang kita kuasai itu pastinya akan lebih nyaman saat menjalaninya. Dan betul sekali, mental juga harus siap ya.

    BalasHapus
  35. Baru tahu ada aspire ini mba, buat pinjaman online
    kerennya sekarang dimudahkan banget sipapun yang kepengen berkecimpung di dunia usaha.

    BalasHapus
  36. Terima kasih atas artikelnya kak. Sangat lengkap. Dan ini bermanfaat bagi saya yang ingin memulai dagang. Tp mental yang dirasa sangat mendominasi

    BalasHapus
  37. Saat menentukan modal melalui Pinjaman modal juga harus diperhitungkan bunga pinjaman nya biar pas usaha juga bisa tetap santuy jalankan usaha tanpa rasa cemas under pressure harus nutupin hutang :D

    BalasHapus
  38. Bisa nih dijadikan solusi nuat pembiayaan modal diawal,kita jafi ga usah pusing-pusing lagi buat minjem ke lintah darat, langsung cus pinjam ke aspire

    BalasHapus
  39. Nah ini nih, Kayla sekarang lagi belajar jualan dan ternyata lumayan banget hasilnya hahaha. Dia jualan merchandise Kpop dan pernak-pernik kayak stiker, tempat pensil yang lucu-lucu gitu. Dia juga udah mulai belajar kalo mau jualan, harga barang sebisa mungkin harus di bawah 10 ribu setelah survey uang jajan temen-temennya hahaha

    Sampai sejauh ini penanam modal masih mamanya sih hahaha

    BalasHapus
  40. Saya pernah buka usaha toko online. Memang kama aja deh menentukan jasa usaha yang ingin dijalankan. Pengennya yang sesuai passion. Tetapi, pertimbangannya juga banyak

    BalasHapus
  41. Mental utk dagang itu penting banget dalam berjualan, apalagi menghadapi ups & down nya. Huhuhu kalo gagal jangan nyerah, dsb. Modal juga perlu, kalo gagal otomatis rugi, untung ga ada, modal habis...nah nyari sumber modalnya lagi jg bikin pusing. Mgkn bs coba Aspire ini utk dpt pinjaman modal ya

    BalasHapus
  42. Emang mental perlu dipersiapkan banget ya mom kalau memulai usaha. Usaha untuk menaikkan pendapatan serta mental jangan mudah down.

    BalasHapus
  43. Target pasar memang perlu dilakukan, jadi biar lebih tepat sasaran dan usaha yang dilakukan sukses

    BalasHapus
  44. Penting banget memang menyiapkan usaha sebagai antisipasi segalanya. Kareena usaha adalah manage sebuah resiko. Tapi tetep eksekusi itu langkah yang penting ketimbang berencana saja hehe

    hhtps://www.ngopisetengahgelas.com

    BalasHapus
  45. Modal ini adalah hal sangat penting ya mbak...dan harus pintar2 mengelolanya agar nggak jebol.

    BalasHapus
  46. Yang paling penting modal dan mental mbak, apalagi buka usaha sehabis resign dari kantor hehehe

    BalasHapus
  47. target pasar emang kudu bener2 dipikirkan. masa semua udah oke tapi gak jelas target pasarnya, yg ada malah rugi karena gak ada yg beli modal juga penting untuk penuhi etalase jd banyak pilihan, pembeli jd senang dan makin banyak beli

    BalasHapus
  48. Aku tuh kayaknya ga punya mental pengusaha mba. Belum mulai trus malah takut gagal. Tapi aku coba tipsnya ah

    BalasHapus

  49. Modal perlu diperjuangkan untuk awal usaha. Dengan memilih Aspire meminjam jadi mudah, secara online itu lebih efisien.

    BalasHapus
  50. Terimakasih sharing informasinya yang bermanfaat ini mbak. Saya kadang suka takut untuk memulai sebuah usaha. Gambaran akan bangkrut atau rugi sudah duluan melambai didepan mata. Kalau baca tulisan ini jadi semangat deh untuk memulai usaha. TFS ya mbak.

    BalasHapus
  51. Zaman sekarang dipermudah ya untuk pinjaman modal usaha jadi kita gak perlu pusing lagi mikirkan modal yang paling penting sudah memiliki mental yg kuat utk memulai usaha

    BalasHapus
  52. Setuju banget mbak, memang jenis usaha yg ingin dibuat harus terlebih dahulu melihat target pasar agar tau supply dan demand.

    BalasHapus
  53. Kata orang ada usaha yang nggak pakai moal, tapi sepengalaman saya tetap butuh si. Hihihi, karena bagaimanapun kita butuh waktu kan ya, dengan modal bisa meleverage usaha dengan lebih baik.

    BalasHapus
  54. Menentukan target pasar memang penting banget ya dilakukan sejak awal supaya bisnis lebih lancar dan pemasaran mudah dilakukan

    BalasHapus
  55. Untuk pinjaman online ini sebenarnya agak ngeri-ngeri sedap ya. Kalau nggak bisa mengembalikan pinjamannya itu yang bikin ketar-ketir. Tapi di satu sisi memang lebih mudah mendapatkan pinjaman dari pinjol ini dibandingkan dari bank.

    BalasHapus
  56. Kalau mau usaha memang harus okeee banget persiapannya, supaya lancar jayaaa ya mbaa

    BalasHapus
  57. Makasi tipsnya kak.

    Kadang membangun usaha tanpa persiapan itu sama aja lagi bakar duit.

    Tapi semoga selalu ada pengalaman yang bisa dipetik

    BalasHapus
  58. Penting banget nih untuk tahu 5 hal ini jika ingin membuka usaha, makasih ya tipsnya, bermanfaat banget apalagi tentang fintech yang memang bisa jadi solusi saat membutuhkan modal usaha

    BalasHapus
  59. Makin banyak ya fintech jaman now, pastinya harus pilih yang terdaftar dan diawasi OJK. Oke juga nih rekomennya soal Aspire bisa membantu para pengusaha untuk mulai usahanya

    BalasHapus
  60. Setuju bgd saat kita memulai usaha harus dipersiapan dan penting bgd kita mengetahui 5 hal saat mau membuka usaha makasii ya kak infonya bermanfaat bgd

    BalasHapus
  61. Betul memang kalau persiapa mental itu sangat penting saat membuka usaha.

    BalasHapus
  62. Target pasar, saya masih belajar membaca untuk yg satu ini. Berubah terus dgn cepat

    BalasHapus
  63. Aplikasi Aspire ini sangat membantu setiap orang dengan berbagai perencanaan usaha ya mbak.

    BalasHapus
  64. jadi inget kemarin pas rencanain bikin usaha tp tiba2 gagal di tengah jalan

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉

Member Of




Recent Comments

`