KENALI MANFAAT BANYAK MINUM AIR PUTIH BAGI TUBUH

 
manfaat banyak minum air putih
pic source: pixabay.com

Untuk menjaga kesehatan dan kondisi tubuh disarankan untuk minum air putih setidaknya 8 gelas atau 2 liter setiap hari. Banyak minum air putih terbukti mampu menjaga kondisi tubuh dan menghindarkannya dari beberapa gangguan penyakit. Selain berguna untuk menghilangkan dahaga ternyata air putih juga memiliki khasiat yang sangat banyak untuk tubuh.

Meskipun kita bisa memilih jenis minuman lainnya untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh ataupun sebagai pelepas dahaga namun air putih tetaplah pilihan terbaik. Mengapa? Karena air putih bebas kandungan gula, garam, kalori maupun zat adiktif lainnya sehingga tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh. Fakta ini sudah cukup menjadi alasan mengapa kita perlu banyak konsumsi air putih.
 

Anjuran Konsumsi Air Putih per Hari

Dalam rangka mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan untuk menjaga kesehatan maka dianjurkan konsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau sama dengan 2 liter bagi orang normal. Namun untuk ibu yang sedang hamil konsumsi air putih yang disarankan yaitu sebanyak 2,5 liter setiap hari. Sedangkan pada ibu yang menyusui sebaiknya konsumsi air putih hingga 3 liter per hari.

Konsumsi air putih bisa ditingkatkan jumlahnya jika kita dalam kondisi mengalami demam, diare, muntah-muntah, setelah melakukan olahraga atau saat cuaca sedang panas. Dengan konsumsi air putih yang mencukupi diharapkan kondisi tubuh bisa terjaga dengan baik.
 

Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan

Inilah berbagai manfaat minum air putih yang sayang untuk dilewatkan: 

1. Mencegah Terjadinya Dehidrasi

Kebutuhan cairan di dalam tubuh harus dipenuhi setiap harinya agar tidak terjadi dehidrasi. Dampak jika tubuh mengalami dehidrasi antara lain kejang, menyebabkan kelainan fungsi pada ginjal hingga syok yang bisa mengakibatkan kematian.

2. Menjaga Kesehatan Persendian dan Otot

Ternyata rutin minum air putih bisa membuat persendian dan otot menjadi lebih lentur sehingga bisa terhindar dari cedera. Dengan begitu kita bisa melakukan aktivitas fisik tanpa rasa kuatir dan tidak mudah merasa lelah.

3. Mengurangi Berat Badan

Kalau sedang ingin mengurangi berat badan maka konsumsi air putih menjadi salah satu cara aman dan efektif. Konsumsi air putih menyebabkan proses metabolisme menjadi lebih lancar sehingga lebih mudah membakar lemak serta membuang kotoran. Minum air putih juga menyebabkan efek kenyang lebih lama yang akan membuat porsi makan berkurang. 

4. Menjaga Kondisi Kulit

Kondisi kulit yang sehat dan bagus bisa terjaga jika kita rajin mengkonsumsi air putih setiap hari. Minum air putih dalam jumlah cukup menghindarkan kulit dari kekeringan sehingga akan selalu sehat dan segar.

5. Mencegah Terbentuknya Batu Ginjal

Rutin konsumsi air putih membantu mencegah terbentuknya batu ginjal atau kambuhnya sakit tersebut pada orang yang pernah menderitanya. Asupan air yang mencukupi membantu tubuh membuang sisa-sisa metabolisme lewat urine sehingga mencegah pengkristalan yang akan menjadi batu ginjal.

6. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Minum air putih dalam jumlah yang mencukupi juga bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan. Contohnya adalah sembelit bisa diatasi dengan minum air putih yang banyak.

7. Menjaga Kestabilan Tekanan Darah

Bagian terbesar dari darah kita adalah air sehingga jika jumlah cairan kurang maka bisa terjadi pengentalan dan terjadi ketidakseimbangan kandungan elektrolit di dalamnya. Natrium dan kalium adalah contoh elektrolit dalam darah yang bisa menjadi tidak seimbang jumlahnya kalau kekurangan cairan. Kekurangan cairan dalam tubuh memicu terjadinya tekanan darah rendah sehingga untuk menjaganya tetap normal minum air putih setiap hari.

8. Mencegah Penyakit Asam Urat

Konsumsi air putih terbukti bisa menurunkan kadar asam urat pada lansia dari 7,69 mg/dl menjadi 6,46 mg/dl. Data tersebut diperoleh dari hasil penelitian oleh mahasiswa Sekolah Tinggi Kesehatan Umitra yang ada di Lampung. Dimana 15 warga Desa Sukasari yang menderita asam urat diberikan terapi air putih dan hasilnya seperti yang disebutkan di atas.
 
manfaat banyak minum air putih
pic source: pixabay.com

Itulah berbagai manfaat banyak minum air putih. Perlu kita ketahui juga bahwa ada ciri-ciri air putih sehat yang layak konsumsi. Diantaranya adalah jernih dan tidak keruh, tidak berbau, tidak meninggalkan endapan, tidak berasa (tawar), memiliki suhu ruang antara 10-25 derajat celcius, mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh, memiliki pH netral, dan bebas dari berbagai bakteri.

You Might Also Like

3 comments

  1. Kadang aku kalau lagi banyak aktifitas terutama diluar rumah, minum air bisa lebih dari 8 gelas juga, hehehe

    BalasHapus
  2. saya lagi menggalakka minum air putih utk anak2. galak beneran juga sih kalo mereka ngga minum banyak hehehe

    BalasHapus
  3. Aku ngerasain pentingnya air putih pas sakit. Lalu sekarang kapok gamau minum rasa2 kalo kepepeeet bangett. Sepenting itu memang yaa mba

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉