Advertisement

MEMETIK ILMU SEO DI SEO MOMS COMMUNITY

SEO Moms Community

Tidak terasa, bulan Oktober nanti blog ini sudah berusia 6 tahun. Itu artinya, sudah hampir 6 tahun juga saya menjadi seorang blogger. Namun ternyata menggeluti dunia blogging selama 6 tahun tidak membuat saya paham akan seluk beluk dunia ini. Masih ada banyak hal yang tidak saya ketahui sehingga menuntut saya untuk selalu belajar demi bisa mengimbangi perkembangan dunia blog yang dinamis ini.

Awal membuat blog, saya berpikir menulis saja cukup. Toh niat awal saya menulis memang hanya untuk menuangkan pikiran dan perasaan saya saja, sesuai dengan tagline blog ini. Namun seiring berjalannya waktu saya mulai paham bahwa ternyata menulis saja tidak cukup. Ada banyak hal yang harus dipelajari untuk membuat blog kita dikenal orang, terlebih bila ingin menjadikan blog sebagai sarana penambah penghasilan.

Iya, tidak saya pungkiri, setelah membaca pengalaman teman-teman yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dari blognya membuat saya tertarik dan pengen juga merasakan seperti apa yang mereka rasa. Dan salah satu yang saya lakukan untuk mengikuti jejak mereka adalah membeli domain karena menurut mereka itu adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi. 

Baca Juga: 4 Alasan yang Mendasari Saya Menggunakan Top Level Domain

Namun ternyata membeli domain juga belum cukup. Masih banyak hal yang harus terus dipelajari bila ingin blog kita mendapatkan tawaran kerjasama yang mendatangkan rupiah. Duh dari bahasanya matre banget yaa, hahaha ibu-ibu dilawan 🤑🤣🙈. Salah satunya adalah mempelajari ilmu SEO (Search Engine Optimization) alias ilmu yang mengajarkan agar blog kita teroptimasi atau terindeks oleh mesin pencari (Google, Yahoo, dkk).

Bagi mereka yang memonetisasi blognya, mempelajari ilmu SEO wajib hukumnya. Tidak heran bila saat ini banyak baik perseorangan maupun komunitas yang memberikan kelas SEO ini mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. Salah satu komunitas yang mengajarkan ilmu SEO secara gratis adalah SEO Moms Community alias SEMOC.

Lebih Dekat dengan SEO Moms Community (SEMOC)

SEO Moms Community adalah komunitas yang diprakarsai oleh M. Sahlan atau lebih dikenal sebagai Bang Qbenk, blogger asal Kubu Raya - Kalimantan Barat, dengan tujuan mengajari para ibu (walau anggotanya tidak semuanya ibu-ibu karena para gadis pun bisa mendaftar sebagai anggota) seluk beluk SEO. Bang Qbenk membentuk SEMOC sebagai bentuk kasih sayang kepada ibunda tercinta yang telah mendukung langkahnya dalam dunia blog.

Bang Qbenk memberikan materinya secara online. Saya dan puluhan anggota lain tergabung dalam sebuah grup WhatsApp. Lewat grup inilah Bank Qbenk memberikan materi.

Dalam kelasnya, Bang Qbenk menjelaskan bahwa dalam SEO ada dua tahapan utama yang dipelajari, yakni:

💡 SEO On Page
Adalah mengoptimalkan blog dari dalam. Dalam dunia manusia, on page ini bagaikan inner beauty. Google memandangnya sebagai parameter penilaian utama. Materi SEO On Page yang diajarkan di kelas, diantaranya:
~ Titel blog
~ Deskripsi utama Blog
~ Deskripsi penelusuran
~ Desain dan tata letak blog
~ Struktur Blog
~ Meta tag header (blogspot)
~ Meta robot txt (blogspot)
~ Struktur konten
~ Penulisan standar seo
~ Related link konten

💡 SEO Off Page
Adalah mengoptimalkan blog dari luar dengan cara bermain link.

Saya sangat menikmati proses belajar mengajar seperti ini. Sebagai seorang mentor, Bang Qbenk sangat memahami kami, ibu-ibu yang punya segudang kesibukan setiap harinya. Sebelum kelas pertama dimulai, para anggota diminta memilih waktu yang pas untuk belajar agar penerimaan materinya bisa optimal. Sungguh mentor yang sangat bijaksana 👍.

Harapan saya, semoga setelah mengikuti kelas seo di SEO Moms Community ini, pageview harian blog saya bisa lebih tinggi dari saat ini, juga semoga artikel-artikel blog ini bisa berada di page one mesin pencari.


Ucapan terimakasih tak terhingga buat Bang Qbenk karena sudah meluangkan waktu untuk mengajari kami, para ibu yang masih buta akan ilmu seo menjadi mulai paham ilmu seo. Semoga kebaikan hati Abang menjadi ladang amal yang pahalanya akan terus mengalir, amiiin 🤲🙏.

Posting Komentar

0 Komentar