Advertisement

BELAJAR DI RUMAH LEBIH MENYENANGKAN BERSAMA RUANGBELAJAR BY RUANGGURU


Tahun ini Wahyu sudah naik ke kelas V SD. Rasanya cepat banget waktu berlalu, perasaan belum lama ia duduk di kelas III, sekarang sudah di kelas V aja. Dalam kurun waktu lebih setahun ini anaknya diam di rumah, tau-tahu kelasnya udah lompat aja. Pandemi membuat  kita merasa waktu cepat berlalu.

Namun setelah dipikir-pikir lagi, ternyata pandemi tak sepenuhnya membuat saya merasakan percepatan perputaran waktu. Selama pandemi, banyak hal yang terjadi yang berhasil membuat "tanduk" saya yang sebelumnya tersembunyi menjadi muncul ke permukaan, khususnya saat mengajari Wahyu di rumah.

Ibu-ibu yang memiliki anak yang duduk di bangku sekolah yang sedang menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ) tentu paham dengan yang saya rasakan ini dong yaa, hehehe. Sebagai ibu yang tidak memiliki kontrol emosi yang baik, mengajari anak di rumah setiap hari selama berjam-jam menjadi hal yang cukup berat dilakukan.

Maka ketika pandemi belum juga berakhir dan masa PJJ ini diperpanjang, saya merasa galau. Wahyu adalah tipikal anak yang sangat mempercayai apa yang dikatakan gurunya, baginya apapun yang dikatakan gurunya adalah kebenaran jadi saat saya mengajarinya di rumah, ia lebih banyak gak percayanya. Ia merasa mamanya bukanlah guru seperti ibu gurunya di sekolah, huhuhu 🥺. Hal inilah yang menjadi penyebab "tanduk" saya keluar saat mengajarinya.

Menyadari hal ini, mau tak mau membuat saya harus mencari alternatif terbaik untuk saya dan juga Wahyu. Saya tidak mau memaksakan diri untuk menjadi gurunya. Bila dipaksakan, saya takut Wahyu jadi stres dan tidak menikmati proses belajar yang menyenangkan seperti yang ia dapatkan di sekolah. Mencari alternatif adalah solusi untuk menjaga keharmonisan hubungan saya dengan Wahyu. Saya jelas tidak mau Wahyu memusuhi saya karena masalah ini.


Memilih Bimbingan Belajar Online Sebagai Solusi Belajar Anak Selama PJJ

Layanan bimbingan belajar online saya pilih sebagai alternatif menyelesaikan masalah belajar Wahyu. Setelah membandingkan beberapa layanan belajar online, pilihan saya jatuh pada Ruangguru. Sebuah layanan belajar online yang banyak dipilih orang tua yang anaknya sedang menjalani PJJ.



Saat ini, Ruangguru sudah memiliki 15 juta pengguna terdaftar. Tak hanya itu, layanan belajar online Ruangguru juga telah dipercaya oleh 32 dari 34 Pemerintah Provinsi dan lebih dari 326 Pemerintah Kabupaten/Kota di IndonesiaRuangguru memiliki banyak produk yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, salah satu produknya adalah ruangbelajar.

Ruangbelajar adalah salah satu produk yang menawarkan paket pembelajaran untuk siswa SD, SMP dan SMK. Paket pembelajaran disajikan melalui video beranimasi yang materinya disesuaikan dengan kebutuhan setiap murid dan diajarkan langsung oleh para guru terbaik. 

Di ruangbelajar, setiap murid akan mendapatkan latihan soal dan rangkuman yang berbentuk infografis serta try out persiapan ujian dimana semua layanan ini dapat di-download jadi kita tidak perlu khawatir mengeluarkan dana tambahan untuk kuota internet. Yang menyenangkan, materinya juga dapat diakses via handphone kapan saja dan berulang.

Sebagai mamak-mamak yang suka banget dengan produk berkualitas berharga miring, memilih ruangbelajar adalah langkah yang tepat karena dengan memilih ruangbelajar itu berarti saya sudah lebih hemat berkali lipat daripada memilih bimbel jadul. Dan belajar di ruangbelajar juga membuat Wahyu merasa lebih nyaman sehingga pelajaran yang ia dapatkan gampang dimengerti, beda banget dengan saat diajarin mamanya, hahaha 😅🙈


Berikut adalah beberapa fitur yang ada di Ruangbelajar by Ruangguru
💡 Ruangguru PET
💡 Ruangguru adventure
💡 Jadwal Belajar
💡 Asah Otak
💡 Bank Soal
💡 Laporan Belajar
💡 Beberapa fitur yang baru akan dirilis bulan Juli ini, diantaranya Adapto, Rencana Belajar, Subtitle Video, Fitur Pencarian, Pet Mission dan juga Tes Minat Bakat

Setelah menjatuhkan pilihan di Ruangguru, hubungan saya dengan Wahyu tidak renggang lagi. Tanduk saya tidak pernah keluar lagi karena Wahyu sudah mendapatkan tempat belajar yang membuatnya semangat. Kini saat Wahyu belajar, tugas saya hanya mendampingi dan menyiapkan segala keperluannya agar ia merasa nyaman saat belajar.

Demikian sekilas cerita tentang Wahyu dan proses belajarnya di masa pandemi ini. Adakah anak-anak kalian juga mengalami hal yang dialami Wahyu? Yuk bagi ceritanya di kolom komentar 😉




Posting Komentar

10 Komentar

  1. Tidak terasa, ya pembelajaran sudah berlalu secepat ini padahal anak lebih sering di rumah. Apalagi orang tua nih jadi ribet mengajari anak dan butuh aplikasi kayak ruang guru.

    BalasHapus
  2. Neng Marwah paling happy kalau belajar di ruangbelajar, katanya belajar jadi tidak mebosankan.

    BalasHapus
  3. Untuk fitur RuangBelajar ini bisa banget buat melatih anak di rumah, biar nggak kaget pas PJJ eh materinya belum jelas udah dikasih tugas saja.. Keren Ruang Guru!! Membantu anak-anak sekaligus Buibu banget selama masa pandemi ini.

    BalasHapus
  4. Semakin banyak baca tentang ruangguru aku jadi penasaran mau nyobain langsung kayanya nih...

    BalasHapus
  5. Anak aku baru kelas 1, aku berencana coba ruang belajar ini untuk bisa membantu dia belajar di rumah.

    BalasHapus
  6. keren ya Belva Devara dan tim Ruangguru dalam membuat terobosan

    karena tau belajar online kerap bikin boring, mereka melakukan banyak inovasi

    salah satunya ruangbelajar

    BalasHapus
  7. Belajar belajar belajar itu penting buat masa depan. Belajar perlu arahan di ruang guru kita menemukannya.

    BalasHapus
  8. Nah kan, orang tua kadang suka sensitif ya mbak pas menemani anak belajar. Untungnya ada ruangguru ini yang bisa membimbing anak dan mentornya juga lebih kreatif.

    BalasHapus
  9. Ruangguru sangat membantu kewarasan ibu. Bikin tanduk ga mudah keluar karena anak jadi senang belajar. Ruangguru punya ribuan video belajar dan bisa diakses sesuai jenjang. Plusnya lagi, selalu ada terobosan baru.

    BalasHapus
  10. Seru banget ya belajar di rumah bersama ruang guru dan membantu orang tua mendampingi anak menyelesaikan tugas yang sulit dan videonya menarik sekali

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉