Advertisement

ROBOGURU; SOLUSI TEPAT BANTU ANAK MENJAWAB SOAL SULIT

pic source: pixabay.com

Berpuluh tahun lalu, saat saya masih duduk di bangku SD, saya selalu kesulitan mengikuti pelajaran bahasa daerah wolio (bahasa daerah Buton). Walau mama dan papa sangat fasih berbahasa Buton bahkan menjadi bahasa sehari-hari keduanya, rupanya masih membuat saya kesulitan karena ada banyak hal yang tidak saya ketahui tentang bahasa wolio ini. Maka setiap ada pe er bahasa wolio, saya tidak pernah bisa menyelesaikan semuanya. Mamalah yang menjadi tempat saya bertanya .

Dan belum lama ini kejadian serupa terjadi pada Wahyu. Ia kesulitan menjawab soal yang diberikan gurunya. Bedanya, bila mama selalu bisa menjawab semua yang saya tanyakan, saya tidak bisa membantu menjawab semua pertanyaan yang diberikan guru Wahyu. Ada satu soal yang rasanya sangat sulit untuk dipecahkan.

Saya sempat googling untuk mencari jawaban soal tersebut namun jawaban yang diberikan ternyata kurang tepat. Pengen juga bertanya pada ibu salah satu teman Wahyu tapi kok rasanya malu yaa? Hihihi 🙈 . 

Syukurlah selama pandemi ini saya sudah menemukan layanan belajar online yang pas untuk Wahyu yakni ruangguru. Saat itu kami berdua langsung menggunakan roboguru yang merupakan salah satu layanan dari ruangguru untuk menemukan jawaban atas soal yang sangat sulit itu.


Kenalan dengan Roboguru

Roboguru adalah salah satu fitur dari ruangguru yang diciptakan untuk membantu orang tua dan anak menemukan jawaban ketika mengalami kesulitan dalam memecahkan sebuah soal.


Cara menggunakan layanan ini sangat mudah. Kita bisa langsung ketik "ROBOGURU" dan kirim ke Whatsapp dengan nomor 0815-7815-0000! Atau bisa juga download aplikasi Ruangguru, lalu klik Roboguru. Langkah berikutnya kita tinggal pilih ingin bertanya solusi untuk soal di jenjang apa dan mata pelajaran apa. 

Selanjutnya kita tinggal mengirimkan foto soal yang sulit dipecahkan deh. Oh iyaa, yang harus kita ketahui, soal yang kita kirimkan tidak boleh yang tulisan tangan yaa dan pastikan foto yang dikirim tidak buram.

Setelah kita mengirim soal, roboguru akan mencari pembahasan dan memberikan video pembelajaran yang sesuai dengan pertanyaan kita. Jadi, kita dan anak kita tidak hanya sekadar tahu jawaban dari soal, tapi juga mengerti konsep dari topik soal tersebut!



Sejak berkenalan dengan fitur roboguru dari ruangguru ini saya tidak khawatir lagi ketika Wahyu mendapatkan soal yang sulit karena bila saya tidak bisa membantunya mengerjakan soal tersebut maka tinggal diserahkan pada roboguru. Jawaban yang diberikan sangat detail sehingga Wahyu tidak hanya mengetahui jawaban akhirnya melainkan tahu langkah-langkah menyelesaikan soal tersebut.


Buat orang tua yang saat ini anaknya sedang menjalani pembelajaran jarak jauh (pjj), yuk segera download aplikasi ruangguru kemudian gunakan fitur roboguru. Soal yang sulit terpecahkan bisa kita ketahui jawabannya lengkap dengan tatacara penyelesaiannya.

Pandemi yang sepertinya masih lama berakhir mau tak mau memaksa saya harus berkompromi dengan keadaan. Saya tidak mungkin memaksakan diri memasukkan Wahyu ke sekolah bila kondisi lingkungan belum aman. Maka yang harus saya lakukan adalah berdamai dengan keadaan.

Harus saya akui, mendampingi anak selama PJJ bukanlah hal mudah. Banyak hal yang bikin emosi tersulut tapi saya mencoba untuk mengambil positifnya. Berikut beberapa hikmah yang saya dapatkan saat mendampingi Wahyu belajar di rumah:

🌻 Bonding dengan anak jadi lebih kuat

🌻 Mengetahui anak unggul dan lemah di mata pelajaran apa saja

🌻 Hati lebih tenang

🌻 Mendapatkan pengetahuan baru. Mendampingi anak belajar membuat saya belajar ulang materi yang dulu pernah saya pelajari semasa sekolah, hehehe

Adakah yang anaknya seperti Wahyu? Kadang-kadang kesulitan menyelesaikan soal yang diberi gurunya di sekolah? Semoga anak-anak kita semua diberi kesehatan dan kemudahan dalam memahani semua pelajaran yang diberikan, amiiin 🙏🤲




Posting Komentar

11 Komentar

  1. Wah praktis banget roboguru, selain tinggal kirim ke Whatsapp eh sudah dapat jawaban tepat plus ada penjelasannya.

    BalasHapus
  2. dua jempol untuk Belva Devara dan tim Ruangguru

    karena selalu bikin terobosan agar anak2 Indonesia bisa belajar mudah, cepat dan efektif

    BalasHapus
  3. Pas banget ada Roboguru ini, ya, Mba. Giliran ditanya pertanyaan anak sekolah kan kadang udah lupa lagi atau emang engga tahu jawabannya kalau nanya ke ortu. Nah solusi yang tepat juga nih Roboguru buat anak belajar saat PJJ

    BalasHapus
  4. Robo guru membantu anak dan orangtua dalam belajar juga latihan soal.

    BalasHapus
  5. Roboguru ini membantu banget yaa fitur ruangguru makin hari makin kece nih, dan semoga harganya juga tetap terjangkau

    BalasHapus
  6. Kalau sudah menggunakan aplikasi belajar berbasis teknologi rasanya semua kendala orang tua bisa teratasi ya mbak. Roboguru ini solusi banget bagi para murid dan orang tua

    BalasHapus
  7. Keren ya mbak roboguru ini bisa jadi solusi terbaik agar bisa menjawab soal-soal yang sulit,

    BalasHapus
  8. Wah, menarik banget! Iya loh, kadang adaaa aja ketemu soal yang bingung jawabannya apa. Tapi tentunya bukan hanya ingin tahu jawabannya tapi konsep yang digunakan sampai ketemu jawaban tersebut. Apalagi kalau soal Matematika, ya kan?

    Di sekolah anak-anak, PJJ akan segera dimulai lagi minggu depan. Saatnya memanfaatkan Roboguru, nih.

    BalasHapus
  9. wua..wua..wua...baca tulisan Mbak Ira seperti mendapatkan air es di gurun pasir. Jadi tenang dunk sebagai Ibu yang anaknya mungkin juga online untuk tugas-tugasnya, tinggal konsul sama ROBOGURU....Asyiiiiik!

    BalasHapus
  10. Dunia berubah tanpa disadari, semua tools hadir untuk memberikan solusi apalahi saat pembelajaran di kelas yang sudah dua tahun belum bisa dilaksanakan, roboguru menarik ini.

    BalasHapus
  11. Solusi di tengah pandemi nih ya Mbak. Allhamdulilah Roboguru membantu dalam pembelajaran. Dari anak yang belajar dan juga guru yang memberikan pengajaran.

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉