CARA MUDAH MENCEGAH RUAM POPOK

pic source: pixabay.com


Sedang merasa bingung dengan tingkah si kecil yang mendadak rewel saat ganti popok? Atau, mungkin baru saja mendapati adanya bintik-bintik ruam yang menyebar di area selangkangan bayi? Ruam popok memang merupakan masalah kesehatan kulit bayi yang cukup sering terjadi. Ruam ini umumnya ditimbulkan oleh infeksi jamur dan bakteri yang tumbuh subur di popok yang kotor. Berikut adalah berbagai hal yang wajib diketahui tentang ruam popok dan cara mengatasinya.

Penyebab Munculnya Ruam Popok

Jadi, hal apa sajakah yang mengakibatkan timbulnya ruam popok? Ruam popok, atau yang juga disebut dengan diaper dermatitis ini disebabkan oleh berbagai macam faktor. Salah satunya, adalah berkembangbiaknya jamur Candida albicans. Jamur ini bisa mengakibatkan berbagai macam gejala mulai dari ruam merah hingga iritasi yang mengakibatkan lecet.

Selain itu, ruam popok juga bisa disebabkan oleh suatu kondisi yang disebut dengan seborrhea. Seborrhea merupakan suatu kondisi kesehatan yang biasanya memiliki jangka waktu panjang. Gejala terjadinya seborrhea biasanya ditandai dengan munculnya ruam yang sangat gatal di area popok atau bisa juga muncul tubuh bayi lainnya. Penyebab munculnya ruam popok, antara lain:

👉đŸģ Infeksi bakteri 
👉đŸģ Alergi
👉đŸģ Pemakaian popok yang terlalu ketat atau sempit 
👉đŸģ Kulit bayi yang teriritasi
👉đŸģ Reaksi akibat mengonsumsi makanan baru
👉đŸģ Reaksi alergi terhadap kandungan kimia yang ada di dalam popok 

Selain itu, ada juga faktor resiko. Faktor resiko ini merupakan hal-hal yang bisa meningkatkan resiko bayi terkena ruam popok. Apa saja?

👉đŸģ Bayi berusia antara 9 – 12 bulan
👉đŸģ Bayi tidur dalam kondisi popok kotor
👉đŸģ Bayi terkena diare
👉đŸģ Bayi baru pertama kali mengonsumsi makanan padat
👉đŸģ Bayi atau ibu yang menyusui mengonsumsi antibiotik.

Cegah Ruam Popok dengan Cara Ini

Tentu kita sepakat dengan kalimat mencegah lebih baik daripada mengobati. Ruam popok sebenarnya sangatlah bisa dicegah. Hal yang bisa kita lakukan untuk mencegahnya adalah:

👉đŸģ Mengganti Popok Bayi dan Jaga Kebersihan Kulit Bayi
Popok yang dibiarkan kotor terlalu lama bisa menjadi faktor utama penyebab ruam popok. Oleh karena itu, pastikan orang tua rajin mengganti popok bayinya saat popok tersebut kotor. Jangan tunggu hingga popok benar-benar kotor, ya. Bahkan popok yang basah pun sudah harus diganti. Saat mengganti popok, jangan lupa juga untuk membersihkan area pantat dan selangkangan bayi. Gunakan baby wipes jika perlu, namun hindari penggunaan baby wipes yang mengandung alkohol. Selain itu, jangan menggosok kulit bayi terlalu kuat. Cukup gosok kulit si kecil dengan lembut. Biarkan kulit bayi benar-benar kering sebelum memakaikan popok kembali.

👉đŸģ Pastikan Ukuran Popok Bayi Sudah Tepat Sebelum Membeli
Sebelum membeli, ada baiknya untuk memastikan ukuran tubuh si kecil terlebih dulu. Memakaikan popok yang terlalu kecil dan sempit dapat mengakibatkan terjadinya ruam popok. Gesekan antara popok dengan kulit bayi juga dapat memperburuk keadaan. Oleh karena itu, pastikan memilih popok dengan ukuran yang pas.

👉đŸģ Mengoleskan Salep Krim Ruam Popok
Jika kita menemukan adanya bercak-bercak merah, jangan tunggu hingga ruam tersebut tersebar. Segera aplikasikan salep yang diformulasikan khusus untuk mengatasi ruam popok. Salep Bepanthen dari Bayer, misalnya. Salep ini mengandung 3 zat aktif yang dapat membantu menenangkan kulit yang terkena iritasi. Selain itu, kandungan Pro Vitamin B5 juga membantu agar kulit bayi tetap halus terawat.

pic source: https://www.bepanthen.co.id/


Demikianlah ulasan mengenai faktor penyebab sekaligus solusi untuk mengatasi ruam popok. Dengan pendeteksian dini, tentunya ruam popok bisa diatasi dengan cepat. Namun, orang tua juga harus waspada dan membawa si kecil ke dokter jika ruam tak kunjung mereda setelah perawatan.



*sumber tulisan:
1. Steven Jerome Parker, Diaper Rash Treatments, 29 Juli 2020, webmd. Diakses pada 11 Maret 2022 dari https://www.webmd.com/parenting/diaper-rash-treatment
2. Diaper Dermatitis, hopkinsmedicine. Diakses pada 11 Maret 2022 dari https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/diaper-dermatitis
3. Carissa Stephens, Helpful Tips for Diaper Rash: What You Need to Know, 29 November 2021, healthline. Diakses pada 11 Maret 2022 dari https://www.healthline.com/health/home-remedies-diaper-rash#apply-soothing-creams

19 Comentarios

  1. Kasihan kalau lihat si kecil abis pakai popok merah-merah dan gatal gitu, tapi gonta-ganti popok merek apapun gak menjamin cocok sama kulitnya. Memang yang bener harus dicegah, mantep nih kalau ada salepnya kayak gini, bisa dicoba. Terima kasih tipsnya!

    BalasHapus
  2. Kasihan kalau lihat bayi yang kena ruam popok, ngga kebayang rasanya, gatal banget pasti.
    Sudah ada salepnya ya, jadi bisa siap sedia buat atasi ruam baby

    BalasHapus
  3. Popok bayi yang kekecilan terus ninggalin bekas di kulit bayi itu juga bisa menjadi penyebab ruam pada kulit anak ya? Ukuran popok juga harus diperhatikan benar-benar ya

    BalasHapus
  4. Dulu ketika my baby masih kecil pernah mengalami ruam popok.Cengeng berkepanjangan ternyata popoknya belum diganti kepenuhan. Salam: Dennise Sihombing

    BalasHapus
  5. Jadi ingat belasan tahun yang lalu saat si sulung masih balita. Gak pernah bisa pake diapers yang B aja, maunya yang mehong. Untung ada Bepanthen yang pengertian banget dengan ruam popok. Sekali-dua kali oles, sembuh deh... Alhamdulillah. MAkasi ya kak infonya...

    BalasHapus
  6. jadi inget anak bungsuku yang sering kena ruam popok

    karena dia yang paling lama pake pampers

    maklum kakaknya 3, jadi saya riweuh banget

    BalasHapus
  7. Punya bayi tuh emang kudu lebih higienis ya orang tuanya, termasuk harus sering mengganti popok bayinya, biar kulit bayi terhindar dari ruam popok. Tapi kalau terpaksa sampai kejadian juga, nggak usah panik karena sudah ada solusinya, pakai Bepanthen aja

    BalasHapus
  8. MAsyaa Allah informasi bagus nih, Kak kebetulan si kecil masih usia dua bulan, tapi untuk menghindari ruam popok paling pelru dijaga memang kebersihan. Kudu rajib gantiin juga. Kalau terlanjur yang Bepanthen aja

    BalasHapus
  9. Ruam popok pada bayi emang seringkali terjadi, kalo udah lihat ginian kasihan si dedeknya. Namun, kunci biar bayi gak kena ruam popok ya memang perlu menjaga kebersihan tubuh bayi, terutama di bagian lipatan bokong, dan juga memastikan agar penggantian celana rutin.

    BalasHapus
  10. Kasihan kalau bayi terkena ruam popok ini. Benar jika pendeteksian dini, membuat ruam popok bisa cepat diatasi. Maka, harus waspada dan membawa si kecil ke dokter jika ruam tak kunjung mereda.

    BalasHapus
  11. Ruam popok sering di alami baby ya mba, karena kurang nyaman kasian jg sama baby nya. Klo sdh ada bepanthene insya Allah bs kembali normal lagi,

    BalasHapus
  12. Memberikan pengalaman buat pembaca seperti cara mengatasi ruam pada bayi berikut salep yang direferensikan akan membantu tentunya

    BalasHapus
  13. suka kasian kalo liat adek bayi nangis krn ruam popoknya. Pasti kondisinya ga nyaman sekali ya. Lotion ini bisa membantu meredakan ruamnya ya

    BalasHapus
  14. Saat anak2 masih kecil, jurus utama saya ya selalu memakaikan popok dengan ukuran yang pas dan rutin mengganti popoknya.

    BalasHapus
  15. Saat anak sulung saya masih bayi dan pakai popok dulu, belum tahu nih saya soal salep untuk atasi ruam popok gini. Huhuhu, panik deh tuh lihat bekas kemerahan setelah si kecil pakai popok. Syukurnya sekarang udah ada banyak produk untuk atasi ruam popok, salah satunya ya Bepanthen.

    BalasHapus
  16. Sedih ya kalau lihat dede bayi ada ruamnya karena popok.
    Jadinya memang harus lekas antisipasi agar tidak semakin meradang

    BalasHapus
  17. Nah bener nih baby kalau udah kena ruam popok ga bisa nyaman tidurnya untung aja ada salep Bephanten Baby ini jadi bisa dicoba ke baby langsung semoga ruam popoknya mereda

    BalasHapus
  18. Sering ganti popok dan pakai yang sesuaai ukuran membuat bayi nyaman. Tapi kadang ibu sedikit teledor sehingga jadi ruam anak. Kasihan anaknya. Makanya perlu obat seperti ini

    BalasHapus
  19. Sepertinya masalah yang banyak terjadi pada bayi ya ruam popok ini ya mbak. Namun memang ga semua bayi. Akhirnya bayi mudah ganti popok dan bisa jadi sedikit boros. Untung ada salep yang bisa mengobati ruam popok ya mbak

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉