PERMAINAN MASA KECIL YANG BERKESAN

Januari 23, 2016


PERMAINAN MASA KECIL YANG BERKESAN


Apa yang terlintas di pikiran kita ketika menyebut masa kanak-kanak? Pastilah masa-masa yang menyenangkan bukan? Masa-masa yang penuh keindahan, masa-masa dimana kita tidak perlu memikirkan apapun kecuali bermain dan bersenang-senang, masa-masa dimana PR matematika adalah masalah terberat yang kita hadapi *LOL*

Sewaktu kecil saya termasuk anak yang sangat aktif dan senang bergaul dengan teman-teman loh. Waktu masih kelas satu SD, hampir setiap hari saat pulang sekolah saya tidak pernah langsung balik ke rumah, yang saya lakukan adalah singgah dulu ke rumah salah satu teman untuk bermain hingga lupa pulang ke rumah dan membuat panik papa dan mama.

Karena keseringan bermain di rumah teman, akhirnya papa memutuskan agar tempat bermain saya dan teman-teman di pindahkan ke rumah kami saja (maksudnya rumah papa –red).


Ngomong-ngomong tentang bermain, setiap anak tentu punya jenis permainan favorit dong, begitupun dengan saya. Ada banyak permainan yang saya mainkan pada waktu itu namun di postingan ini tidak akan saya sebutkan semuanya.

Saya hanya akan menyebutkan tiga jenis permainan yang menurut saya paling berkesan. Ketiganya adalah jenis permainan yang jika diingat akan membuat saya ingin melakukannya lagi. Inilah ketiga permainan tersebut:
  • Main masak-masakan
Permainan ini sering banget saya dan teman-teman lakukan pada masa-masa kelas satu hingga kelas dua SD. Hampir setiap hari saya dan teman-teman sekelas janjian ngumpul di rumah saya untuk melakukan kegiatan ini. Bermacam-macam makanan yang kami masak diantaranya jagung rebus, ubi rebus, singkong rebus dan beberapa jenis sayur bening (semua masakannya direbus karena hanya itu yang kami tahu).

Semua bahan masakan itu kami ambil dari kebun papa yang ada di belakang rumah (saat itu papa memiliki kebun di belakang rumah yang ditanami umbi-umbian, sayur-sayuran dan beberapa jenis tanaman palawija lain).

Kami akan memasak dan kemudian makan bersama-sama. Biasanya panci yang kami gunakan untuk memasak itu adalah panci yang terbuat dari tanah liat yang dalam bahasa butonnya disebut “kapolu-poluka”, tapi kadang juga kami memakai panci biasa yang sering digunakan mama untuk memasak. Walaupun rasanya tidak seenak masakan orang dewasa, tapi kami tetap bahagia menikmati hasil masakan sendiri.

panci dari tanah liat seperti ini yang biasa kami
 gunakan untuk memasak
sumber: tokopedia

  • Main Baju-baju
Tau gak gaes, permainan ini adalah satu-satunya permainan yang saya mainkan dengan jangka waktu terlama. Saya memainkannya mulai dari kelas dua SD hingga kelas dua SMP ((KELAS 2 SMP)) pakai capslock biar lebih dramatis *LOL*. Permainan ini bisa dimainkan bersama teman-teman dan bisa juga dimainkan sendirian.

Permainan baju-baju adalah permainan dari kertas. Di dalam satu kertas itu terdiri dari gambar orang, baju (mulai dari baju tidur hingga gaun), tas, sepatu, lipstick dan berbagai perlengkapan fashion yang lain. Cara memainkannya adalah cukup memakaikan baju pada selembar kertas yang berbentuk orang.

Saat bermain baju-baju ini biasanya saya juga akan membuat rumah-rumahan. Waktu masih kelas satu hingga kelas enam SD saya membuat rumah-rumahan dari pasir, tapi saat mulai masuk SMP saya tidak lagi membuat rumah-rumahan dari pasir (malu bok, masa sudah smp masih main pasir), tapi saya membuat rumah-rumahan dari sisa potongan kayu yang saya minta dari tetangga yang saat itu sedang merenovasi rumahnya.

Asyiknya permainan ini adalah orang-orangan yang kita mainkan bisa berperan menjadi apapun yang kita inginkan. Saat itu saya senang berperan menjadi anak orang kaya yang cantik, glamour dan feminim sehingga selalu memakai baju yang berbentuk gaun ala-ala princess gitu deh *LOL*

PERMAINAN MASA KECIL YANG BERKESAN
permainan baju-baju
 sumber: google picture

  • Main Kababi/Kasede (Engklek)
Permainan kababi/kasede atau dalam bahasa jawa disebut engklek ini adalah salah satu permainan yang juga menjadi favorit saya dan teman-teman waktu kecil. Permainan kababi adalah permainan lompat dengan satu kaki untuk melewati kotak-kotak yang digambar di tanah/lantai. Biasanya kami memakai satu lempengan batu untuk dilemparkan pada setiap kotak yang telah digambar. Kotak yang di dalamnya ada lempengan batu itu tidak boleh diinjak. Jika kita menginjaknya maka artinya kita kalah dan lawan kita yang akan bermain

Ada satu hal lagi yaitu saat melemparkan lempengan batu ke dalam kotak, lempengan batunya tidak boleh mengenai garis, jika mengenai garis, maka lagi-lagi kita kalah dan lawan kita yang akan bermain. Nilai positif dari permainan kababi ini adalah kita diajarkan untuk bertindak sportif, jujur dan sabar. 


PERMAINAN MASA KECIL YANG BERKESAN
permainan kababi/kasede
sumber

Itulah tiga permainan masa kecil yang menurut saya paling berkesan. Permainan yang menemani masa kecil saya yang menyenangkan. Permainan yang jika diingat akan memunculkan rasa kangen untuk melakukannya lagi. Ahh, tidak terasa masa-masa indah itu sudah sangat lama berlalu. 


"Tulisan ini diikutkan dalam Giveaway Permainan Masa Kecil yang diselenggarakan oleh Mama Calvin dan Bunda Salfa


You Might Also Like

39 Komentar

  1. aku juga suka masak-masakan mbak, tapi nggak pake api. Cuma gaya-gayaan doank, biasanya kalau masak-masakan juga digabung sama main boneka jg yg jadi anaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo kami mainnya langsung yang pakai api Mbak, tapi saat memasak itu tetap diawasi sama mama saya :)

      Hapus
  2. Tiga2nya aku juga suka main mak. Tp kalo masak2 beneran maen2 doank. Pake piring plastik n daun2 di blkg rumah :)

    BalasHapus
  3. aku paling suka masak-masakan mbak sampe lupa waktu :D

    BalasHapus
  4. Itu permainan saya juga waktu kecil mbak Ira. Engklek seru ya, banyak bentuk dan cara bermainnya berbeda :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbak, selain bentuk dan cara mainnya yang beda, namanya juga berbeda di setiap daerah :)

      Hapus
  5. aku sebutnya main orang-orangan atau BP untuk permainan baju-bajuan. Terima kasih sudah berpartisipasi ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama Mbak Lidya,saya juga senang berpartisipasi di GA ini :)

      Hapus
  6. aku main masak-masakannya pagi kue dari tanah dan daun :), benar2 bikin terkenang masa lalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbak, GA ini membuat kita terkenang akan keseruan di masa lalu :)

      Hapus
  7. itu semua mainan kesukaan akuuhh mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. toss dulu Mbak karena mainan kesukaan kita sama :)

      Hapus
  8. Kayanya anak sy blm kenal engklek mba, kalo masak sama permainan baju2 udah sy kenalkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo dikenalin Mbak, permainan tradisional yang harusnya kita lestarikan :)

      Hapus
  9. masa paling berkesan semasa kecil adalah maen ketapel.
    walaupun nggak pernah dapet burung tapi perut selalu kenyang soalnya ada buah segar dimana-mana (mangga, timun, semangka)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mas, anak laki-laki yang seangkatan saya juga mainnya ketapel :)

      Hapus
  10. Serunyaaa itu Kak, main masak2 betulan pake panci tanah liat. Brarti sdh dari kecil suka masak yaakk.;)

    Btw, yg kasede itu bahasa Buton nya kah? Klo di Kendari sini atau di Kolaka (sy jg pernah disana bertahun2) bilangnya belle. Sa kira utk Sulawesi sebutannya samaji, baru tahu klo beda :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kecilnya suka masak tapi besarnya malah jadi malas masak Mbak Diah :)
      iya, kasede itu bahasa butonnya kalo kababi itu bahasa dikampungku.. wah ternyata sebutannya beda di?? sa pikir juga sama, sa pikir hanya di jawa jhe yang beda penyebutannya :)

      Hapus
  11. Iya..masak2an. Saya juga suka. Biasanya sambil mbuat gubuk beratap daun pisang. Ntar bahan masakan iuran...ada yang bawa beras, etc. Kadang nggak mateng...tp tetep dimakan.nggak tau, kok doyan ya. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang-kadang juga kami patungan Mbak, tapi kalo seperti itu lokasi masak-masakannya bukan di rumah saya karena kalo di rumah saya semua bahan-bahan yang mau dimasak tinggal petik di kebun ayah saya :)

      Hapus
  12. Akuuun suka masak-masakan mbak.. Seru,,bs berimajinasi jadi chef heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ternyata banyak juga yah yang main masak-masakan waktu masih kecil :)

      Hapus
  13. Semua permainannya aku suka mainkan waktu kecil duluuuu...

    Paling suka sih main masak2an biar bisa sekalian main tanah bhaahaha...

    Tapi sekarang permainan baju2an itu ada versi game online nya lhoooo...Kayla suka banget mainan itu...selain baju, sepatu & tasnya bisa gonta ganti, rambutnya juga bisa dganti mulai dari warna & gayanya hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kah Teh?? kalo ada versi online-nya saya juga tertarik untuk main :D

      Hapus
  14. Tau nggak mbak? Kok saya dulu pernah mainin semua permainan itu ya?

    BalasHapus
  15. Mbakkk, gambar permainan baju-bajunya bener2 bikin saya kangen akan masa kecil... Saya juga suka banget mainin ituuu... Hiks.. Jadi kangen temen masa kecil yg skrg jauhh di mata :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. teman-teman masa kecil saya juga sekarang tinggalnya jauh-jauh Mbak :(
      mereka merantau ke daerah lain :(

      Hapus
  16. Main baju-baju itu dulu berasa favorit bange tdeh, bahkan punya rumah-rumahannya, lemari pakaiannya. Padahal cuma kertas bisa sebahagia itu maininnya. Sekarang mah mainannya udah bagus bagus yah, pun kebanyakan udah pakek digital semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang permainan banyakan yang digital yah Mbak, permainan-permainan jaman dulu sudah banyak dilupakan :(

      Hapus
  17. sekarang ada gamenya mbak bongkar pasang ituu saya dulu juga suka..
    hahah dan masakmasakan jaman dulu juga ada sesi bener2 masaknya kalau ada bahan macam ubi dan singkong direbus ditungku tanah

    BalasHapus
  18. Baju baju itu dulu 100 perak bisa dapet 4 lembar. hihihi

    BalasHapus
  19. Sampai sekarang masih main engklek bareng anak2, pake lakban diplester dilantai rumah hahahaa..

    BalasHapus
  20. Mainannya cewek banget ya? Aku suka yg lari2an.

    BalasHapus
  21. Kalau di Kendari Kasede itu namanya main keng-keng :D

    BalasHapus
  22. aku suka main masak2an dan boneka bau itu mbak, hehehe #throwback

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉

Member Of




Recent Comments

`