Skip to main content

TIPS BOOKING HOTEL YANG MUDAH, MURAH & AMAN

pic source: pixabay.com

Melakukan perjalanan wisata atau kunjungan kerja (bisnis) ke luar kota, luar daerah, luar pulau bahkan luar negeri saat ini semakin mudah karena biaya tiket pesawat yang semakin murah terutama untuk kelas ekonomi. Walaupun labelnya kelas ekonomi tapi tetap saja terasa jauh lebih nyaman dan lebih cepat bila dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum yang berlabel eksekutif loh. Apalagi kalau tujuannya cukup jauh dan memakan waktu berjam-jam.

Lalu apakah salah satu bagian terpenting dari sebuah perjalanan? Maka jawabannya adalah tempat menginap. Untungnya memilih tempat menginap saat ini juga tidak begitu sulit karena ada banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan selera si pemesan. Mulai dari hotel, guest house, villa, hingga kos-kosan per hari atau per minggu. Namun sudah pasti hotel adalah tempat menginap yang paling banyak dipilih dan paling mudah ditemukan.

Selain itu, hotel memiliki banyak variasi dan segudang pilihan. Misalnya saja, kita bisa memilih hotel murah dengan fasilitas yang sederhana jika budget tidak banyak. Atau bila memiliki budget cukup, kita bisa saja memilih hotel yang lebih mewah dengan fasilitas yang lebih lengkap.

Tapi namanya hotel, dengan fasilitas yang paling sederhana sekalipun, saat beristirahat jelas terasa sangat nyaman. Beberapa tahun lalu, metode yang digunakan untuk booking hotel biasanya adalah dengan menelpon pihak hotel untuk menanyakan beberapa hal misalnya apakah kamar seperti yang diinginkan tersedia? Berapa harganya? Dan lain-lain.

Itu adalah cara lama. Di era modern seperti saat ini cara konvensional seperti itu sudah mulai ditinggalkan. Mengapa? Karena memakan waktu, membutuhkan banyak biaya terutama biaya telepon atau pulsa. Dan jika ingin membandingkan harga, kita harus menelpon satu persatu hotel-hotel yang kita incar. Sungguh merepotkan bukan?

Saat ini internet memudahkan kita melakukan semuanya termasuk dalam hal booking kamar hotel. Sebagian besar hotel sudah memiliki website. Cara kedua adalah memesan kamar hotel melalui websitenya. Tapi rupanya hal ini masih juga memiliki kekurangan. Walaupun kita bisa mengecek ketersediaan kamar di website hotel, namun kadangkala informasinya ada saja yang kurang sehingga mengharuskan kita untuk melakukan panggilan telepon. Ujung-ujungnya biaya kembali keluar lebih banyak.

Cara ketiga sekaligus yang paling mutakhir, pihak hotel bekerja sama dengan agen travel online (OTA) untuk mempromosikan hotel mereka. Dengan kerjasama tersebut, pihak ketiga seperti agen online berlomba-lomba menghadirkan kemudahan bagi para pelanggan. Buktinya bisa kita lihat dengan mengunjungi beberapa website agent online atau dengan mengunduh aplikasinya baik untuk gadget berbasis Android, Windows Phone atau untuk perangkat Apple.


pic source: telegraph.co.uk

Beberapa keuntungan dan kemudahan yang bisa kita dapatkan saat melakukan pemesanan secara online melalui aplikasi atau website agen travel diantaranya adalah:
  • Kita bisa memilih hotel dengan mudah berdasarkan berbagai kriteria.
  • Kita bisa langsung membandingkan harga beberapa hotel sekaligus dalam waktu singkat.
  • Kita bisa membayar langsung hotel tersebut tanpa DP yang kadang-kadang ujung-ujungnya tidak jelas.
  • Sering ada diskon dan voucher.

Agar booking hotel menjadi lebih mudah, murah, dan aman, melalui online travel agent, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan. Berikut diantaranya:

Tinggalkan metode direct booking


pic source: luxuo.com

Memesan kamar dengan langsung datang ke hotel (direct booking) seringkali menyisakan beberapa masalah seperti:
  • Perasaan was-was, apakah bisa mendapatkan kamar atau tidak, terutama pada saat high season.
  • Sulit mendapatkan kamar yang diinginkan seperti yang dekat dengan kolam renang, yang memiliki pemandangan bagus, atau kamar-kamar spesial.
  • Selain itu, metode ini tidak bisa diandalkan pada musim musim liburan.
  • Tidak praktis, metode ini cukup merepotkan.


    Manfaatkan aplikasi di gadget

    Untuk kemudahan dan kepraktisan, memesan kamar hotel menggunakan aplikasi di gadget adalah yang direkomendasikan. Kita bisa memesan hotel kapanpun dan dimanapun melalui aplikasi di smartphone atau tablet dalam waktu yang singkat. Metode pembayarannya pun bisa dilakukan dengan menggunakan mobile banking, internet banking, atau melalui Paypal, kartu kredit, dan lain-lain.

    Hindari "Pesan sekarang, bayar nanti" Melalui agen online

    Beberapa agen online ada yang mempermudah pelanggan dengan memberikan ketentuan untuk bisa memesan sekarang namun membayar nanti saat menginap. Akan tetapi, kadang-kadang, kamar yang kita pesan bisa diambil oleh orang lain karena kita hanya membayar deposit, bukan membayar penuh. Apalagi kalau permintaan kamar hotel sedang banyak
     
    Untuk lebih amannya, pilihlah yang bisa langsung membayar penuh di awal dengan ketentuan bisa mendapatkan refund apabila harus membatalkan pesanan.

    Jangan malas cek tetangga sebelah

    Agen travel online saat ini juga banyak banget jumlahnya. Untuk bisa mendapatkan kamar hotel yang paling murah dan paling sesuai dengan keinginan, kamu wajib mengecek 2-3 agen online yang terkenal.

    Perhatikan tax and service

    Ini adalah ketentuan saat booking hotel melalui agen online yang tidak boleh kamu lupakan. Ada beberapa agen online yang tidak menyertakan biaya pajak dan pelayanan dalam harga hotel yang ditawarkan. Jadi, sedikit teliti akan membantu kita booking hotel melalui agen online dengan lebih aman.

    Jangan malu berburu diskon dan voucher

    Bukan rahasia apabila agen online seringkali menawarkan berbagai diskon dan voucher. Misalnya dengan mendaftarkan email. Biasanya kita akan mendapatkan kiriman voucher atau tawaran diskon melalui email yang kita daftarkan. Dengan itu, kita bisa menghemat pengeluaran terutama untuk biaya penginapan. Jadi jangan ragu-ragu untuk berburu voucher dan diskon hotel melalui agen online.

    So, cara apa yang kamu pilih dalam memesan tiket hotel untuk perjalanan kamu? Pilih cara konvensional atau modern? Saya yakin pasti pilih yang modern dong yah ^______^

    Comments

    1. memang lebih enak ya kalo sekarang bisa booking hotel lewat agen2 secara online, tapi harus selektif juga ya...

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya Mba, harus pilih yang terpercaya dong yah :)

        Delete
    2. Saya sekarang semuanya online Mbak, yang modern. Untuk urusan hotel, selalu tra*eloka andalannya, mayan selisihnya, lebih murah dibanding langsung dateng.

      ReplyDelete
      Replies
      1. online memang lebih mudah dan hemat yah Mba, bisa pesan sambil tidur-tiduran di rumah pula :)

        Delete
    3. itu kodok pake koper hehe, aku biasanya pilih dari harga dulu lalu lihat reviewnya, klo oke baru deh dipilih

      ReplyDelete
      Replies
      1. penting yah untuk melihat review dan pengalaman orang-orang Mba Ev :)

        Delete
    4. Sekarang mah gampang yah, mau booking hotel 🏩 aja bisa online, nah dulu harus datang atau minimal telepon.. Sekarang mah tinggal klik dari gadget, urusan beres... Nice share mba

      ReplyDelete
      Replies
      1. yup, itulah salah satu kelebihan teknologi yang harus kita syukuri Mas, memudahkan segala urusan kita :)

        Delete
    5. Yang konvensional justru sudah nggak jaman ya mbak Ira? Iya sih sekarang segala sesuatu bisa online, justru customer lebih diuntungkan karena nggak perlu repot kesana-kemari, tinggal duduk sambil mainkan ponsel kemudian pilih hotel sesuai kriteria kita :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. benar banget Mba Anjar, pesan hotel sambil tidur-tiduran di depan tv juga bisa :)

        Delete
    6. milih yang modern donk. krn yang konvensional agak ribet juga. :)

      ReplyDelete
    7. Hemat waktu ya mbak. Pesen hotel sambil minum kopi plus nyemil pisang goreng pun bisa..😀

      ReplyDelete
    8. bener mbaa...akupun lebih suka pesan online selain hemat waktu suka ada promo atau diskon gt...luamyan buat nambah uang jajan hehe

      ReplyDelete
      Replies
      1. tuh kan, banyak kelebihannya memesan secara online ini :)

        Delete
    9. kalau aku jarang pesan hotel sih :D selain blm ada duit blum ada rencana untuk menginap di hotel jg :D hehe

      ReplyDelete
      Replies
      1. hehe, kalo belum ada rencana yah jangan dulu dipesan hotelnya :)
        nanti udah ada rencana, baru deh pesan :)

        Delete
    10. seneng ya tante , kalo dapat tarif hotel yan g murah
      hotelnya baguuuussss, bayranya murah

      ReplyDelete

    Post a Comment

    Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini :) :)

    Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus.

    Popular posts from this blog

    CARA MENGOBATI LEBAM/BENJOLAN PADA JIDAT ANAK KARENA KEJEDOT

    Selamat tahun baru yah Gaes, semoga di tahun 2016 ini segalanya lebih baik dari tahun-tahun yang telah lalu, amin. Tidak terasa yah, hari ini kita sudah berada di hari ke empat di tahun yang baru ini. Setelah beberapa hari menikmati hari libur (libur nulis juga), hari ini saatnya kita untuk beraktivitas seperti biasanya.

    Oh iya, postingan pertama saya di awal tahun ini akan dibuka dengan cerita sedih yang dialami oleh anak saya “Wahyu” beberapa waktu yang lalu.Pada hari kamis tanggal 24 desember 2015 yang lalu, Wahyu kejedot (bahasa Indonesia dari kejedot apa yah?) di kaki ranjang. Saat sedang berlari-lari dalam rumah, tanpa sengaja kakinya menabrak kaki Papanya hingga ia terlempar dan jidatnya terbentur kaki ranjang.
    Wahyu yang awal mulanya tertawa ceria tiba-tiba berteriak dengan suara yang sangat keras disusul suara tangisnya yang pecah. Ternyata anakku tercinta terjatuh dan terdorong dengan keras hingga jidatnya menabrak kaki ranjang. Oh tidak..!

    BERKAS YANG HARUS DISIAPKAN SAAT MENGAMBIL BPKB KENDARAAN DI LEASING SETELAH MASA KREDIT SELESAI

    Blogpost kali ini mau ngomongin sesuatu yang berhubungan dengan kerjaan saya nih yaitu tentang berkas yang harus disiapkan saat mengambil BPKB di perusahaan pembiayaan setelah masa kredit selesai.
    Ide ini muncul karena akhir-akhir ini banyak konsumen kantor saya yang telah lunas masa kreditnya namun belum mengetahui hal ini (walaupun syarat-syaratnya sudah ditempel di papan pengumuman kantor), akibatnya mereka harus bolak-balik pulang ke rumah untuk mengambil berkas yang menjadi syarat pengambilan BPKB ini. Bagi yang rumahnya dekat sih tidak masalah, tapi bagi yang rumahnya jauh, pasti merepotkan dong? Tidak jarang mereka baru bisa datang kembali pada keesokan harinya.
    Jadi menurut saya mungkin bagus juga jika saya menulisnya di blog ini, sekalian nambah postingan blog yang baru beberapa biji padahal udah pertengahan februari ^________^

    PENGALAMAN MENGGUNAKAN KB IMPLANT/SUSUK TIGA TAHUN

    Beberapa waktu belakangan ada satu celetukan dari teman-teman yang lumayan sering mampir ke telinga saya dan suami ketika melihat kami berjalan bersama Wahyu. Celetukannya kurang lebih seperti ini nih “ihhhh, Wahyu udah besar yah, kapan nih punya adik lagi?”
    Mendapat pertanyaan seperti itu biasanya kami hanya tersenyum sambil menjawab “Bila Allah berkenan, Insyaallah secepatnya. Doakan semoga secepatnya kami mendapatkan adik Wahyu”.
    Sebenarnya jawaban yang kami berikan itu adalah jawaban basa basi karena sejujurnya kami memang sengaja menunda kehadiran adik Wahyu. Saya sih sudah pengen banget punya anak lagi, tapi suami masih belum mau punya anak lagi. Menurutnya, Wahyu masih membutuhkan lebih banyak kasih sayang dari kami. Walau alasan itu terkesan “cemen” di mata saya, tapi akhirnya saya amini juga.