REVIEW; FILM INDIA AKELE HUM AKELE TUM

by - Oktober 23, 2016

film india terbaik aamir khan & manisha koirala akele hum akele tum
pic source: wikipedia.org

Hai gaes, jumpa lagi dengan saya di hari minggu yang cerah ceria ini. Lagi pada ngapain nih? Kalo saya lagi mengawasi anak saya yang sedang bermain bersama teman-temannya. Berhubung dia lagi sibuk sama temannya dan nyuekin mamanya, maka mempublish artikel yang sudah beberapa hari tersimpan di draft ini mungkin bisa menjadi keputusan yang tepat., hehehe 😁😃

Artikel ini berisi review sebuah film india jadul bingits lama yang dirilis lebih dari dua puluh tahun ((DUA PULUH TAHUN)) lalu. Diperankan oleh salah satu pasangan aktor dan aktris favorit saya di bolywood sana; Aamir Khan dan Manisha Koirala (fyi, saya suka banget melihat chemistry mereka berdua setiap kali berpasangan dalam sebuah film).

Baca Juga: 5 Judul Film India yang Diperankan Oleh Shahrukh Khan & Kajol yang Wajib Ditonton

Walau film ini sudah berusia puluhan tahun tapi menurut saya pesan yang disampaikan masih relevan hingga kini. Penasaran dengan judul filmnya? Judul filmnya adalah Akele Hum Akele Tum.

Judul Film: Akele Hum Akele Tum
Pemeran: Aamir Khan, Manisha Koirala
Durasi:160 menit
Tahun Rilis : 1995

Sinopsis:

Rohit Kumar (Aamir Khan) dan Kiran (Manisha Koirala) adalah sepasang muda mudi yang sangat menyukai musik dan bercita-cita menjadi penyanyi terkenal. Kiran adalah seorang gadis yang sangat berambisi menjadi penyanyi karenanya ia rajin mengikuti kursus untuk meningkatkan kemampuannya. Sedangkan Rohit adalah seorang penyanyi amatir yang berprofesi sebagai penyanyi band di sebuah hotel yang juga sama ambisiusnya dengan Kiran.

Pertemuan pertama mereka terjadi pada malam perayaan tahun baru di sebuah hotel. Rohit tampil sebagai penyanyi dalam acara itu sedangkan Kiran sebagai tamu yang menyaksikan penampilan Rohit. Rupanya pertemuan pertama itu menumbuhkan benih-benih cinta di hati mereka. Tak butuh waktu lama mereka memutuskan menikah.

Namun jalan menuju pernikahan terhalang oleh restu orang tua Kiran. Ayah Kiran memandang rendah profesi Rohit yang hanya seorang penyanyi band di hotel. Maka ayah Kiran menolak Rohit menjadi menantunya. Namun rasa cinta Kiran kepada Rohit terlalu besar hingga walau ditentang oleh orang tuanya ia nekad menikah dengan Rohit.

Rohit berjanji pada Kiran bahwa setelah menikah mereka akan menggapai mimpi menjadi penyanyi terkenal bersama-sama. Namun kenyataan yang terjadi setelah menikah tidak seindah yang mereka bayangkan. Rohit mangkir dari janjinya.

Beberapa saat setelah menikah, Rohit keluar dari pekerjaannya dan mulai mengikuti audisi untuk menjadi penyanyi terkenal. Setiap kali Kiran menanyakan kapan ia boleh berkarir di dunia musik, Rohit selalu mengemukakan banyak alasan. Rohit seolah menghalang-halangi keinginan Kiran untuk menjadi penyanyi.

Kiran stress. Apalagi tak lama setelah menikah Kiran hamil dan melahirkan. Ia semakin sibuk dan tidak memiliki waktu untuk berlatih vocal dan melakukan hobby-nya. Yang ia lakukan sehari-hari hanya mengurusi pekerjaan rumah, anak dan juga suaminya.

Tak terasa pernikahan mereka sudah berjalan enam tahun dan anak mereka yang bernama Sonu sudah masuk sekolah. Kiran yang semakin hari semakin stress akhirnya memutuskan untuk pergi meninggalkan rumah. Ia meninggalkan anak dan suaminya demi menggapai cita-cita yang terpendam selama ini.


film india terbaik aamir khan & manisha koirala akele hum akele tum
Rohit, Kiran & Sonu (pic source: http://www.listal.com)

film india terbaik aamir khan & manisha koirala akele hum akele tum
Rohit & Sonu sepeninggal Kiran

Lalu bagaimana kehidupan Rohit dan Sonu setelah kepergian Kiran? Apakah ia berhasil menjadi penyanyi terkenal sepeninggal Kiran? Dan apakah Kiran juga berhasil mencapai cita-citanya setelah meninggalkan anak dan suaminya? Untuk mengetahui jawabannya, yuk tonton filmnya!
Pertama kalinya saya menonton film ini adalah pada awal tahun 2000-an atau lebih tepatnya saat saya duduk di bangku kelas satu SMA (duh udah lama banget yah, hihihi). Saya tertarik menonton film ini karena suka sama film lain yang diperankan Aamir Khan dan Manisha Koirala yang berjudul Mann. Saya suka banget sama chemistry mereka di film itu. Makanya saat tahu ada film lainnya yang juga mereka perankan saya langsung penasaran ingin menontonnya (walau belakangan saya akhirnya tahu ternyata film Akele Hum Akele Tum ini lebih dulu dirilis dibanding Mann).

Karena kangen sama pasangan ini, beberapa hari yang lalu saya mendownload film Akele Hum Akele Tum ini dan kembali menontonnya. Menonton film ini menyadarkan saya satu hal bahwa ternyata masa-masa SMA itu sudah sangat lama berlalu (duh, kok jadi curhat Mba?).

Ada beberapa hal yang saya suka dari film ini:
  • Hampir semua lagu yang ada di film ini bagus dan enak di dengar 
  • Akting Aamir Khan dan Manisha Koirala yang jempol banget (yah iya lah, Aamir Khan gitu loh). 
  • Chemistry antara Aamir Khan dan Manisha “dapat” banget. Bahkan hingga kini, saya belum menemukan pasangan Aamir dalam sebuah film yang feel-nya ok banget seperti Manisha. 
  • Di film ini digambarkan secara jelas susahnya memasuki industri musik. Untuk menjadi idola, seorang penyanyi kadang harus mengorbankan banyak hal termasuk perasaan orang-orang yang dicintainya juga kelangsungan rumah tangganya.

Baca Juga: 10 Lagu India Favorit Versi www.irawatihamid.com

Menurut saya film ini sangat menghibur dan banyak hikmah yang bisa dipetik. Hikmahnya antara lain:
  • Bahwa seberapa sukses pun seorang istri ia tidak boleh melupakan tanggung jawabnya terhadap suami dan anaknya. 
  • Pernikahan tanpa restu orang tua bisa mempengaruhi kebahagiaan saat berumah tangga. Ketika memutuskan menikah, restu orang tua tidak boleh dipandang sebelah mata.
  • Seorang istri wajib memiliki me time untuk menciptakan kebahagiannya. 
  • Seorang suami tidak boleh mengekang kebebasan istrinya dalam mengembangkan bakat. 
  • Mengekang kebebasan istri dalam berkreasi lambat laun akan membuat istri merasa tidak dihargai dan tidak menutup kemungkinan membuatnya bertindak nekad.
Gimana gaes, apakah kamu juga menyukai pasangan Aamir Khan dan Manisha Koirala? Dan apakah kamu juga sudah pernah menonton film ini? Apa kesan yang kamu rasakan setelah menontonnya? Yuk bagi ceritanya di kolom komentar..

Sampai jumpa di tulisan saya tentang film india di kesempatan berikutnya yah J J

You May Also Like

51 komentar

  1. Yaaa ampuuunnn.. Pernah kabutr dari pondok demi bisa nonton filem India jaman kelas 1 SMP dulu.. Wkwkwkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi semacam nostalgia yah Mba Noorma, hihihi :)

      Hapus
  2. Setuju..chemestry mereka memang dpt banget. Pertama x liat film ini di sebuah stasiun tv swasta dan saya suka sama Aamir khan sejak itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Siti juga pecinta Aamir Khan ternyata. Ayo toss dulu Mba karena saya juga sama :)

      Hapus
  3. 27 tahun lalu? Warbiyasaakkk saya aja belom lahir haha..
    Pantesan agak asing sama judulnya :3 soalnya aku taunya kuch kuch hotahaii :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan 27 Mba, tapi 20 tahun yang lalu, hihihi :D

      Hapus
  4. Biyuhh... tahun 95 aku baru lair mbak. Kwkwkkwk jadinya itu nostalgia film masa sma ya mbka Ira. Kira2 gimana yaa endingnyaa.. apa mereka bener2 jadi aartis terkenal? Uuhhhmmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. tahun 95 itu saya udah kelas 4 sd Mba :)
      yang jelasnya happy ending dong, hihihi :)

      Hapus
  5. mbak Iraaaa... saya gak tau film ini, kan zaman-zaman segitu saya juga masih suka India (kan kita sezaman ya, hahaha)
    Oya, lupa saya biasanya gak suka film2 yg bertema pernikahan gini. Lebih suka teman2 anak muda (sesuai zaman)
    Kasih spoiler aja mbak, endingnya gimana..kan udah lama juga gak apa lah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo saya "sikat" semua Mba Lidhaa, mau film bertema anak muda atau pernikahan tetap saya tonton, kan ceritanya saya adalah pecinta sejati film india, hihihi :D

      Hapus
  6. Filmya sedih yaa.. aku juga nikah tanpa restu dan itu perjuangan beraaaaattt bangett

    BalasHapus
    Balasan
    1. sedih Mba Sri, apalagi pas perebutan hak asuh anak di pengadilan, hiks sdih banget deh -___-

      Hapus
  7. Mbak Ira suka film2 India ya? Lengkap banget reviewnya :)

    BalasHapus
  8. Waduuuh doyan nonton film India ya Mbak... hehe artikelnya banyak banget tentang film India..... Aamir Khan aku tahuuu tapi aktrisnya nggak tahu~

    BalasHapus
  9. dulu banget pernah nonton film ini. paling ingat sama lagunya yang raja tu rani itu. pas udah gede baru tahu kalau itu versi indin-nya kramer vs kramer

    BalasHapus
  10. seneng tiap mampir kesini selalu ada suguhan film india recommended.
    aku suka nonton india juga soalnya mbak :)

    BalasHapus
  11. Lagi blogwalking dan baca ini, langsung masuk list. Kebetulan saya lagi nontonin film2 aamir khan. Terakhir nonton Rang De Basanti, berarti berikutnya Akele Hum Akele Tum.

    BalasHapus
  12. Salah satu filem yang sukses buat saya selalu baper ketika menontonnya....

    BalasHapus
  13. Kalau 20 tahun yang lalu.. apakah film ini masih ada nuansa menggoyang-goyangkan kepala saat berbicara, Mbak? hihihi.

    BalasHapus
  14. Kalau saya pasti jawabannya belum semua, Mbak. Gak pernah secara utuh nonton film India. Gak hapal juga sama nama pemainnya :D

    BalasHapus
  15. Sungguh banyak pembelajaran yang bisa diambil hikmahnya ya Mbak Ira. Film India memang sarat makna.

    BalasHapus
  16. Amir Khn masih unyu-unyu ya, gantengnya awet ya sampai sekarang, belum nonton film ini, memang referensi film India-ku dikit, suka disodorin film India sama adik, tapi suka kalah prioritas sama drakor

    BalasHapus
  17. Hal yang paling menyenangkan saat menonton film India adalah lagu-lagu dan tariannya. Konflik di film adalah permasalahan klasik seseorang yang ambisius yaaa, jadi kepingin lihat bagaimana akhirnya, apakah bisa berkumpul kembali dan merjut kebahagiaan? Ih Mbak Ira bikin penasaran sekali

    BalasHapus
  18. Hal yang paling menyenangkan saat menonton film India adalah lagu-lagu dan tariannya. Konflik di film adalah permasalahan klasik seseorang yang ambisius yaaa, jadi kepingin lihat bagaimana akhirnya, apakah bisa berkumpul kembali dan merjut kebahagiaan? Ih Mbak Ira bikin penasaran sekali

    BalasHapus
  19. Bunda suka nonton film India, tp anak cucu gak suka. Jadi kl pulang ke Home Sweet Home aja di puas2in, hehe...

    BalasHapus
  20. Baeklah kalau pilem India dengan lagu yang enak enak, aku pasti akan jadikan pilem ini jadi pilihan. Siap siap berdendang ah dan menikmati alur ceritanya :)

    BalasHapus
  21. Dari dulu sampai sekarang pilem india fav aku itu Maaannn hehehe

    BalasHapus
  22. Film tahun 95 mba? Udah lama ya saya masih SD, waktu SD saya juga suka nonton film india sebelum berangkat sekolah hehe apa jangan-jangan udah nonton juga tapi lupaa

    BalasHapus
  23. Aku nge fans sama Ami Khan, filmnya seru semua. Nah yang satu ini meski udah Release lama belum pernah aku nonton, hampir seumuran nih haha. Mau ah nonton, thanks Reviewnya mba

    BalasHapus
  24. Aku juga nonton ini dan mewek. Gak tega yaa lihat lelaki ditinggal istri. Ya wanita memang butuh banget me time, tapi jangan sampai ninggalin keluarga. Suami pun harus mengerti itu juga


    Pasangan ini tuh kalau main bareng oke banget. Di Mann juga

    BalasHapus
  25. Sebenarnya saya suka nonton film India, tapi suka malu kalau lihat adegannya yang mesra. Eh itu malu atau baper sih hahaha..

    Oh yah film ini rupanya banyak memberikan pelajaran ya mbak.

    BalasHapus
  26. Kalau film sedihnaku ga kuat huhu,, kebayang banget ya nikah ga direstuin hmm,,aku banget ini.

    BalasHapus
  27. Aamir Khan ini bintang film India idola aku zama SMA..mukanya imut bangeet :D

    BalasHapus
  28. mba ira ini kayaknya pecinta film bollywood ya hehe beberapa kali mampir sini sering baca review atau sinopsis film india

    BalasHapus
  29. belum pernah nonton nih, terakhir nonton itu dil hai tumhara hehehhe...

    BalasHapus
  30. Awal bngt nonton India itu judul filmnya kuch kuch hutae (bener gk mba nulisnya) trus gk pernah lg nonton film india... terlalu panjang kali ya mba menurutku... Setiap film pasti ada pelajaran yg bisa di ambil film apapun itu

    BalasHapus
  31. Whoaaa ada Aamir Khan. Favoritku dia ini. Suka sama aktingnya di film 3 Idiot.

    BalasHapus
  32. Setuju dengan pandangan tentang suami-istri-bakat tidak boleh dikekang.

    BalasHapus
  33. udah lama nih ga nonton film india, jadi kangen nonton lagi, cus deh coba cari film ini di bioskop onlen, thanks beb reviewnya, nice review! :D

    BalasHapus
  34. Wah kalau ingat film ini bawaannya nangis mulu kak T~T baper aja gitu sama alur ceritanya.

    BalasHapus
  35. Blm nonton yg ini. Kalau Mann aku suka bgt

    BalasHapus
  36. Banyak istri yang relate dengan film ini kayaknya ya Mba. Tentang impian pribadi yang setelah menikah, akhirnya harus meredup karena terbentur dengan urusan rumah tangga yang seakan tak ada habisnya. Padahal mah, asal dikomunikasikan dengan baik ke suami, bisa jadi ada jalan keluarnya. Dan sebagai suami, juga harus banget mendukung mimpi istri selama itu positif dan membuatnya bahagia. Ingat, bahwa ibu yang bahagia akan menularkan kebahagiaannya ke seantero rumah. Eeaaa <3

    BalasHapus
  37. Aku suka banget film India sejak dulu. Salah satu aktor film favoritku ya Aamir Khan. Tapi aku belum pernah nonton film ini. Jadi kepengen nonton film ini setelah baca reviewnya di postingan ini.

    BalasHapus
  38. Ini film lama tapi baguus ya mba.. banyak pesan baiknya. Tapi 160 menitnya ituuuu mana tahaaan hehehe

    BalasHapus
  39. AKu baru denger film ini mbak, maklum tahunya cuma kuch2 hota hai hehehehe.
    Wah ini kiahnya ttg rumah tangga dan ada dilema ibu2nya ya? Pengen jg ah kapan2 nonton. TFS :D

    BalasHapus
  40. Udah lama ga nonton Bollywood setelah kegeser sama drakor.
    Mau nonton Marathon tapi lebih banyak kerjaan sekarang.
    Saya coba next week ah

    BalasHapus
  41. Dulu seneng sekali nonton film India, tapi sekarang di rumah udah didominasi film kartun hihihi

    BalasHapus
  42. Satu-satunya film India yang kutonton hanya Kuch Kuch Hota Hai, sampai mewek berjamaah pas nonton bareng teman2 dulu :)) Yang Akele Hum Akele Tum ini bagus juga ya ceritanya. Menegaskan bahwa dalam satu keluarga harus ada kompromi dan saling menghargai antara suami dan istri.

    BalasHapus
  43. restu orangtua memang wajib, karena restunya ortu restunya Tuhan juga.
    pasti bakalan resah gelisah juga klo tidak direstui kan yaaa..
    btw, ini kayaknya sa pernahji nonton sekilas dulu :D

    BalasHapus
  44. Wah film lawas banget nih dan kedua pemainnya legendaris. Aku hapal banget dengan kedua pemainnya wkwk..

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉