6 CARA MENGATASI RASA BOSAN ALA ANAK KOST SEPERTI SAYA

Januari 07, 2017

pic source: pixabay.com

Entah sudah berapa kali saya tuliskan di blog ini bahwa saya adalah seorang kontraktor alias orang yang masih tinggal di rumah kontrakan atau bahasa kerennya "saya adalah seorang anak kost" *lalu tertawa bangga*.

Sejak zaman kuliah hingga saat ini saya masih saja betah menyandang status sebagai anak kost. Doakan semoga secepatnya saya bisa melepas status tersebut yaa gaes, maksudnya secepatnya punya rumah sendiri, amiiin.

Baca Juga: Cerita Tanggal Tua si Anak Kost di Masa Lalu & Sekarang

Setelah belasan tahun menjadi anak kost, ada beragam hal yang saya rasakan mulai dari hal-hal yang menyedihkan, hal-hal yang lucu, hal yang membuat miris hingga hal yang membahagiakan. Namun di antara banyak hal yang saya rasakan, menjadi pribadi yang lebih mandiri adalah hal yang paling saya syukuri. Yup, setelah menjadi anak kost, saya merasa menjadi orang yang lebih mandiri dalam segala hal.

Tapi menjadi pribadi yang mandiri ternyata tidak serta-merta menghindarkan saya dari rasa bosan. Terkadang ada saatnya saya merasa bosan dan kalut ketika hanya tinggal di dalam rumah/kamar kost saja. Pengennya sih jalan-jalan atau hang out ke mana gitu, tapi kondisi sering tidak bersahabat (semuanya disebabkan karena saya tidak bisa membawa kendaraan sendiri sedangkan suami yang saya harapkan bisa mengantar menemani saya jalan-jalan, hidup berjauhan dengan saya).

Sebenarnya saya bisa jalan-jalan berdua dengan adik sih, tapi jadwal kami sering tidak sinkron. Saat saya memiliki waktu luang, dia yang sedang sibuk atau sebaliknya, jarang banget kami memiliki waktu yang bisa dimanfaatkan untuk refreshing bareng. *bilang aja gak punya uang buat jalan gitu loh, susah banget mau cari alasan LOLOLOL*

Maka untuk menghilangkan rasa bosan yang mulai menyerang, saya harus melakukan beberapa kegiatan untuk mengatasinya. Lalu kegiatan apa sajakah yang saya lakukan untuk mengatasi rasa bosan yang melanda? Untuk mengatasi rasa bosan, setidaknya ada enam hal di bawah ini yang saya lakukan:

1. Nonton
Hal pertama yang saya lakukan ketika dilanda perasaan bosan adalah nonton. Dengan melakukan kegiatan ini, rasa bosan yang melanda perlahan-lahan akan berkurang atau bahkan hilang sama sekali. Ada dua media yang saya gunakan untuk nonton yakni televisi (media ini jarang banget saya gunakan), dan yang kedua adalah laptop.

Laptop adalah media yang paling sering saya gunakan untuk nonton. Aneka Drama korea atau film india yang sudah tersimpan rapi di dalam laptop menjadi pilihan menarik untuk ditonton kala hati sedang dilanda perasaan tak nyaman. Biasanya, hati dan pikiran akan kembali fresh setelah saya nonton.

sebagian koleksi drama korea dan film india yang bisa dijadikan tontonan ketika rasa bosan melanda

2. Membaca buku
Kegiatan lain yang juga saya lakukan untuk melepaskan diri dari rasa bosan adalah membaca buku. Dan posisi paling nyaman yang saya pilih saat membaca buku adalah sambil tiduran *walau banyak yang bilang posisi ini tidak bagus untuk kesehatan mata*.

Baca Juga: Review Novel; Sunset Bersama Rosie

3. Tidur
Hmmm, tidur juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk menghilangkan rasa bosan loh, terlebih untuk pekerja kantoran seperti saya yang setiap harinya banyak menghabiskan waktu di kantor dan tak jarang diserang stres.

4. Internetan
Kegiatan lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa bosan bagi anak kost adalah main internet. Membuka media sosial kemudian membaca berita-berita terbaru yang dibagikan oleh teman-teman dapat menjadi pengobat hati yang sedang tidak semangat.

Ngomong-ngomong tentang internetan, saya jadi teringat beberapa tahun yang lalu deh. Saat itu main internet belum semudah sekarang. Saat itu, untuk sekedar membuka facebook saja banyak orang yang jauh-jauh datang ke warnet. Sangat berbeda dengan sekarang ini, yang mana kita sudah bisa internetan di mana saja tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga untuk berjalan ke warnet. Yup, tempat untuk bermain internet tak lagi hanya dilakukan di warnet saja. Kita bisa internetan di mana saja dan kapan saja melalui smartphone. Tinggal beli paket data internet, kita sudah bisa main internet sepuasnya.

Tapi bila sedang berada di rumah, entah mengapa saya lebih suka online menggunakan laptop. Selain layarnya lebih besar, saya juga tidak merasa kesulitan bila harus mengetik kalimat yang panjang-panjang. Jadi saat internetan di kost, saya memilih menggunakan modem. Ada banyak jenis modem yang bisa dipilih, salah satunya adalah modem bolt yaitu modem kekinian yang sedang hits dan banyak digunakan oleh orang-orang. Saya kurang tahu apa yang membuat modem ini begitu hits, mungkinkah karena harga modem bolt ini lumayan terjangkau untuk ukuran dompet banyak orang? Entahlah!

5. Dengar Musik
Mendengarkan musik sambil berbaring juga menjadi salah satu pilihan saya menghilangkan rasa bosan yang sedang melanda. Saya suka mendengarkan lagu-lagu yang berirama lembut untuk menenangkan pikiran yang sedang kalut. Pikiran dan hati saya langsung tenang tatkala mendengarkan lagu-lagu yang dialunkan dengan suara lembut oleh penyanyinya.

6. Mendekor ulang kamar
Cara lain yang tak kalah asyik untuk menghilangkan rasa bosan adalah mendekor ulang kamar. Cara ini memiliki banyak manfaat loh. Selain bisa dijadikan ajang olah raga (saat memindah-mindahkan barang biasanya saya mengeluarkan banyak keringat), juga bisa menciptakan suasana kamar yang berbeda dengan sebelumnya. Suasana kamar yang baru tentu bisa membuat semangat menjadi "on" lagi.

Itulah beberapa cara yang saya lakukan untuk menghilangkan rasa bosan yang melanda. Apakah kamu juga sama gaes? Ataukah ada cara lain yang kamu lakukan untuk menghilangkannya? Yuk bagi ceritamu di kolom komentar ^_______^

You Might Also Like

18 Komentar

  1. waah, mbak minta filmnya donk. untuk menghilangkan bosan dikosan juga :)

    BalasHapus
  2. Jangan mi saya kalau nonton nah.. hiburan bangett.. ^^

    BalasHapus
  3. Sudah hampir lumpuhni warnet sekarang Kak, apalagi harga modem terjangkaumi. Secara biasanya olh lbh milih bs online daripada ngemil #eh :D

    BalasHapus
  4. Aku klo bosen ngelakuin hal yg aneh menurut org lain, misal sepedahan ke pasar hihiii
    Klo nonton, aku malah ngantuk mba, ngaa bisaan aku klo nonton .:))

    BalasHapus
  5. Aku klo dlu kost ilangin bosen dengan main game di kompi mba hahaha

    BalasHapus
  6. Wiiih, banyak amat filmnya. :o Semenjak sound di leppy rusak, jadi gak pernah nonton film. :'D

    BalasHapus
  7. Klo aku, ngedrakor, nonton thriler korea, horror thailand itu uda surga dunia banget pas bosen2nya mb...palagi klo web nontonnya update film terus

    BalasHapus
  8. Saya lebih suka dengerin musik, mbak Ira. Karena bisa disambi ngerjain pekerjaan lain. Biasanya kalau lagi setrika saya mendengarkan musik, karena saya kalau setrika bisa 2 jam lebih..

    Paling nggak suka ngedekor kamar karena nggak ada bakat hihi..

    Kapan ya ada film drama yang mempertemukan Mr. Lee satu scene sama Mr. Khan? *kopi mana kopi..??? :))

    BalasHapus
  9. Walaupun saya gak nge-kos tapi cara-cara itu juga saya lakukan kalau lagi bosan ^_^

    BalasHapus
  10. Ya ampun, banyaknya list filmnya maaaak. Bisa sampe begadang tuh yaaaa. Hihihihiii

    BalasHapus
  11. ohmaigaaat...folder filmnya bikin zina mata pengen ngopy ^^

    terus jaman dulu sering ke warnet paling males kalau udah muncul ikan lumba-lumba yang nongol dengan tiba2 gegara paketan 2 jam di warnet udah abis -__-

    nyuci baju juga lumayan ngilangin stres mbak hahaha, rasanya kalau gk ada baju kotor di ember lega banget dah. plong..! *balada anak kost nyuci baju sendiri*

    BalasHapus
  12. Mbaaak. Wow woww! Koleksi film dirimu banyak banget. Aku juga biasanya ngalihin bosen sama baca buku, ngeblog atau nonton drakor. Hihi. Asli bikin lupa kalo lagi merana sendirian di kost.

    Salam dari sesama anak kost, Mba. :D

    BalasHapus
  13. Koleksi filmnya aduhai bikin menganga :D
    coret2 di planner mba nulis2 sembarangan hehe

    BalasHapus
  14. Hallo mba Ira, aku kalau bosan bisa tidur pulas kalau ngantuk, mba. Atau dengerin lagu. Hihi

    BalasHapus
  15. Jadi keinget jaman kuliah aku kalau internetan ke warnet atau cari wifi perpus hihihi

    BalasHapus
  16. Amin, semoga secepatnya bisa melepas status sebagai anak kost ya mbak ;) aku juga sering ngelakuin hal-hal seperti yang mbak tuliskan itu kalau lagi bosan mbak, kecuali internetan, soalnya dulu pas ngekost, nggak bisa internetan. Btw, makasih sharingnya mbak ;)

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉

Member Of




Recent Comments

`