1/18/2018

5 FUNGSI FREEZER YANG TAK TERDUGA

Salah satu cara menghemat pengeluaran rumah tangga adalah menyimpan bahan makanan di lemari pendingin atau kulkas. Agar tetap segar dan awet, daging, ikan, sayuran, buah-buahan dan makanan yang sudah diolah disimpan dalam kulkas. Hemat waktu, tenaga dan tentu saja uang belanja.

pic source: pixabay.com
 
Tak heran jika saat ini kulkas menjelma menjadi barang pokok yang harus dimiliki semua orang. Tak hanya kulkas saja, kini freezer juga kerapkali banyak dibutuhkan. Dan bagi yang tak suka freezer berukuran besar, bisa memilih freezer mini.

Umumnya masyarakat hanya mengenal kulkas saja. Semua lemari pendingin pasti disebut kulkas, padahal ada lemari pendingin yang berbeda yaitu freezer. Perbedaan utama dari keduanya adalah dari segi fungsi.

Kulkas biasa berfungsi untuk menyimpan makanan, minuman, sayuran buah dan beberapa bahan makanan lainnya supaya daya tahannya lebih lama. Titik maksimal dingin kulkas adalah 0 derajat Celcius, sedangkan freezer fungsinya tak hanya menyimpan saja namun juga membekukan karena suhu di dalamnya amat rendah yang bisa mencapai minus 28 derajat Celcius. Meski begitu kulkas umumnya sudah diberikan bagian kecil yang berfungsi sebagai freezer.

Ngomong-ngomong tentang freezer, ternyata freezer punya fungsi unik lainnya yang tidak banyak diketahui oleh masyaraka loh. Apa saja fungsinya? Berikut ini beberapa fungsi unik freezer:

#Menghilangkan bau tidak sedap
Tak hanya menghilangkan bau tak sedap pada makanan saja, freezer juga bisa menghilangkan bau tak sedap pada barang-barang lainnya, misalnya buku atau kotak plastik.

Jika kamu punya buku lama atau kotak plastik yang bau apek, maka bisa memasukkannya ke dalam freezer untuk menghilangkan baunya. Saat dimasukkan ke dalam freezer, bau apeknya akan menghilang seketika. Tentu barang yang dimasukkan adalah barang yang ukurannya kecil dan bisa masuk ke dalam freezer dong yaa, apalagi bila freezernya mini, maka barang yang bisa dimasukkan pun terbatas.

#Membersihkan lilin yang menempel di wadah perak
Lelehan lilin yang jatuh saat dinyalakan kadang menjadi kesulitan tersendiri jika akan membersihkan wadahnya saat lilinnya sudah padam.

Untuk memudahkan membersihkannya maka simpanlah tempat lilin itu di dalam freezer, dengan catatan tempat lilinnya harus terbuat dari perak yaa karena jika berbahan metal maka bisa menyusut.

#Menjadikan lilin lebih tahan lama
Agar lilin lebih tahan lama saat digunakan kita bisa meletakkan lilin tersebut ke dalam freezer beberapa saat sebelum digunakan, misalnya dua jam sebelum dibakar. Cara ini ternyata efektif menjadikan lilin lebih panjang usianya saat dibakar.

#Memisahkan foto menempel
Apabila kita tidak sengaja menumpahkan air pada setumpuk foto yang telah dicetak, maka foto ini kemungkinan besar akan saling menempel. Kita mencoba memisahkan lembaran foto yang melengket itu dengan memasukkannya ke dalam freezer sekitar 20 menit. Usai disimpan, ambil lalu pisahkan fotonya dengan hati-hati sampai semuanya bisa terlepas.

#Membersihkan panci hitam
Ya, bagian bawah panci berwarna hitam memang menjadi penyakit lama yang ditakuti banyak ibu (termasuk saya, hehe) saat memasak di dapur. Ketika bagian hitam ini sulit dibersihkan, ternyata kita bisa memasukkan panci ini ke dalam freezer beberapa jam loh, dengan begitu bagian hitam dan gosongnya menjadi beku. Saat beku itulah segera bersihkan agar menjadi kinclong kembali.

**

Itulah 5 manfaat freezer yang tak terduga yang bisa dicoba di rumah. Kini kita juga bisa membeli freezer maupun freezer mini di situs belanja online terpercaya seperti bukalapak. Harga freezer ini juga cukup terjangkau lah di kantong kita dimulai dari 1,2 jutaan sesuai dengan merek dan kapasitasnya.

1 comment:

  1. Bisa ngilangin gosong di panci ya, waduh baru tahu nih. Biasanya kalau mau ngilangin gosongnya cuma digosok-gosok tapi gak ilang-ilang

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini :) :)

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus.