Langsung ke konten utama

TIPS HEMAT BERBELANJA ONLINE SELAMA BULAN RAMADAN

pic source: pixabay.com

Tak terasa yaa, kurang dari sepuluh hari lagi kita akan memasuki bulan suci ramadan, bulan yang setiap tahunnya selalu dinantikan kehadirannya karena hanya di bulan inilah segala amal perbuatan kita dilipat-gandakan pahalanya. Hayooo, sudah pada bayar hutang puasanya tahun lalu belum? Buruan atuh dilunasi agar bisa menjalani puasa tahun ini dengan lebih tenang, hehehe 

Ngomong-ngomong tentang ramadan, selalu saja ada yang istimewa setiap tahunnya. Seperti tahun ini, ramadan kami juga terasa istimewa karena ini pertama kalinya anak saya, Wahyu akan belajar berpuasa.

Tahun lalu memang sudah kami kenalkan pada konsep puasa tapi baru sebatas angin lalu, hanya sebatas menjawab pertanyaannya "mengapa mama dan papa gak pernah makan siang-siang?" jawabannya adalah karena mama dan papa sedang puasa, itu saja. Tahun ini, karena ia sudah mulai sedikit ngerti tentang puasa (udah dijelasin sama ibu gurunya di sekolah) jadi saya bertekad akan mengajaknya sahur dan berpuasa. Namun walau begitu, saya tak akan memaksanya untuk berpuasa full seharian alias puasa setengah hari saja, hehehe

Baca Juga: Wahyu Tampil di Perayaan Isra Miraj

Oh iya, di bulan ramadan pengeluaran atau anggaran rumah tangga biasanya juga lebih besar dari bulan-bulan lainnya karena di bulan ini harga kebutuhan bahan pokok meningkat secara signifikan dan ada beberapa pos pengeluaran yang di bulan lain gak ada, di bulan ramadan ini menjadi ada seperti zakat fitrah, biaya mudik, baju lebaran (walau gak semua orang membeli baju lebaran setiap tahun), amplop atau angpau buat saudara dan anak-anak tetangga juga biaya untuk kue.

Oleh karena itu, sebagai ibu rumah tangga kita harus pandai mengelola keuangan agar arus kas keluarga kita gak terganggu. Berikut ini beberapa tips hemat berbelanja online kebutuhan rumah tangga selama bulan ramadan di Tokopedia :

  1. Bandingkan harga setiap toko online di Tokopedia
Banyaknya toko online berkualitas di Tokopedia memungkinkan kita untuk membandingkan harga berbagai produk kebutuhan dengan lebih mudah. Cukup cari produk yang dibutuhkan, ribuan produk dengan berbagai harga siap untuk dibeli. Agar lebih hemat berbelanja online saat ramadan: cukup pilih produk dengan harga tepat dan spesifikasi yang pas.

  1. Pilih produk berkualitas dari kreator lokal
Kita tak harus menggunakan barang branded dengan harga selangit untuk membuat Ramadan Ekstra, produk lokal pun banyak yang memiliki kualitas setara barang branded. Tokopedia adalah salah satu e-commerce dengan produk terlengkap yang memiliki koleksi berbagai produk hasil kreasi kreator lokal maupun brand terkenal dunia. Untuk menghemat pengeluaran di bulan ramadan, pilihlah produk kreasi dari kreator lokal yang hadir dengan kualitas bersaing namun dengan harga yang lebih miring.

  1. Cari toko online terdekat
Bagi yang suka berbelanja online, masih ada salah satu komponen biaya yang tak boleh dianggap remeh yaitu ongkos kirim atau lebih akrab disebut ongkir. Agar lebih hemat, pilihlah toko online yang lokasinya paling dekat dengan lokasi kita untuk mengurangi ongkir berlebihan. Asyiknya di Tokopedia, pembeli dapat mengetahui lokasi toko online secara detail sehingga mereka dapat memilih toko online yang dekat dengan tempat tinggalnya.

  1. Pilih cara pembayaran yang tepat
Tokopedia memberikan kemudahan dalam hal cara pembayaran. Berbagai metode pembayaran dapat digunakan oleh pembeli mulai dari saldo Tokopedia, transfer bank, kartu kredit, cicilan, hingga pembayaran melalui minimarket. Memilih metode pembayaran yang tepat tentu dapat menghemat pengeluaran saat berbelanja online.

  1. Pilih metode pengiriman paling efisien
Tokopedia memberikan beberapa alternatif pengiriman barang bagi pembeli yang berbelanja di sana, mulai dari pengiriman secara konvensional hingga kurir instan melalui jasa transportasi online. Dengan melakukan hal ini, pembeli dapat membandingkan besarnya biaya yang mereka keluarkan untuk onkos kirim.

  1. Manfaatkan promo dan diskon
Di bulan ramadan, biasanya banyak toko online yang melakukan promo atau diskon, hal ini tentu dapat memberikan pengaruh yang signifikan untuk menghemat pengeluaran kita dalam berbelanja online. Di ramadan kali ini, Tokopedia juga akan memanjakan pembelinya yaitu dengan memberikan kesempatan menarik dalam menikmati bulan ramadan yaitu dengan memberikan rangkaian promo sepanjang bulan ramadan yang bisa digunakan untuk membuat ramadan kali ini makin ekstra.

Oh iya, masih ada lagi nih rahasia kejutan dari Tokopedia pada tanggal 25 Mei 2018 nanti yang akan membuat Ramadan Ekstra menjadi lebih Ekstra! Seperti layaknya festival belanja online “Black Friday”, akan ada banyak kejutan yang diberikan kepada pembeli yang akan membuat pengalaman belanja online di bulan ramadan ini menjadi lebih spesial. Jangan lupa catat tanggalnya yaa gaes, 25 Mei 2018. Agar gak lupa saya udah lingkarin tanggalnya di kalender, hehehe :)


Gimana gaes, sudah siap menyambut ramadan dong yaa? Kalau saya insyaallah siap. Harapan saya semoga kita semua selalu diberi kesehatan hingga saat itu tiba, amiiin.

Komentar

  1. aku juga suka banget kalau belanja ditokopedia.. puas

    BalasHapus
  2. Harus pilih yang bener-bener nih Metode pengiriman yang memang terpercaya. biar nggak ada keluhan di kemudian hari

    BalasHapus
  3. Semoga puasa tperdananya Wahyu lancar yaah. Ayooo semangat ya Wahyu ;)

    BalasHapus
  4. Aku juga sudah prepare nih buat persiapan ramadhan. Terutama stok bahan makanan. Seneng bgt klo masuk ramadhan

    BalasHapus
  5. Pas banget menjelang lebaran biasa orang-orang pada kalap belanja

    BalasHapus
  6. Ramadhan itu biasnaya bertaburan promo dan diskon. Tapi inget2 sebaiknya jangan kalap. Kekep token hihihi

    BalasHapus
  7. Banyak ya harus dioersdipers ini apalagi aku punya anak balita.

    BalasHapus
  8. TFS mbk. Klo aku paling sering beli pulsa di tokped. Murah sih.

    BalasHapus
  9. Wah, iya nih, kudu mulai siap2 belanja buat lebaran. Kudu cepet. Takut kurir keburu overload. :D

    BalasHapus
  10. Saya semangat juga kalau nungguin kejutan di Tokopedia nih. Persiapan Ramadan juga buat lebaran.

    BalasHapus
  11. Marhaban yaa ramadhan..semoga ramadhan tahun ini bisa lebih baik dari ramadhan seblumnya ya mbk. Persiapan ramadhanpun jadi lebih efisien dan efektif dgn adanya belanja online ini. Makasih infonya ya.

    BalasHapus
  12. Wah belanja di bulan ramadhan memang mendingan online lah ga usah capek2 ya..:)

    BalasHapus
  13. Wah..wahyu dah mulai ikit puasa ya tahun ini? Alhamdulillah..semoga lancar ya nak puasanya

    BalasHapus
  14. Ikut semangat nunggu diskon gede 😁
    Lumayan kan ..bisa memangkas beaya pengeluaran ..hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGOBATI LEBAM/BENJOLAN PADA JIDAT ANAK KARENA KEJEDOT

Selamat tahun baru yah Gaes, semoga di tahun 2016 ini segalanya lebih baik dari tahun-tahun yang telah lalu, amin. Tidak terasa yah, hari ini kita sudah berada di hari ke empat di tahun yang baru ini. Setelah beberapa hari menikmati hari libur (libur nulis juga), hari ini saatnya kita untuk beraktivitas seperti biasanya.

Oh iya, postingan pertama saya di awal tahun ini akan dibuka dengan cerita sedih yang dialami oleh anak saya “Wahyu” beberapa waktu yang lalu.Pada hari kamis tanggal 24 desember 2015 yang lalu, Wahyu kejedot (bahasa Indonesia dari kejedot apa yah?) di kaki ranjang. Saat sedang berlari-lari dalam rumah, tanpa sengaja kakinya menabrak kaki Papanya hingga ia terlempar dan jidatnya terbentur kaki ranjang.
Wahyu yang awal mulanya tertawa ceria tiba-tiba berteriak dengan suara yang sangat keras disusul suara tangisnya yang pecah. Ternyata anakku tercinta terjatuh dan terdorong dengan keras hingga jidatnya menabrak kaki ranjang. Oh tidak..!


BERKAS YANG HARUS DISIAPKAN SAAT MENGAMBIL BPKB KENDARAAN DI LEASING SETELAH MASA KREDIT SELESAI

Blogpost kali ini mau ngomongin sesuatu yang berhubungan dengan kerjaan saya nih yaitu tentang berkas yang harus disiapkan saat mengambil BPKB di perusahaan pembiayaan setelah masa kredit selesai.
Ide ini muncul karena akhir-akhir ini banyak konsumen kantor saya yang telah lunas masa kreditnya namun belum mengetahui hal ini (walaupun syarat-syaratnya sudah ditempel di papan pengumuman kantor), akibatnya mereka harus bolak-balik pulang ke rumah untuk mengambil berkas yang menjadi syarat pengambilan BPKB ini. Bagi yang rumahnya dekat sih tidak masalah, tapi bagi yang rumahnya jauh, pasti merepotkan dong? Tidak jarang mereka baru bisa datang kembali pada keesokan harinya.
Jadi menurut saya mungkin bagus juga jika saya menulisnya di blog ini, sekalian nambah postingan blog yang baru beberapa biji padahal udah pertengahan februari ^________^

PENGALAMAN MENGGUNAKAN KB IMPLANT/SUSUK TIGA TAHUN

Beberapa waktu belakangan ada satu celetukan dari teman-teman yang lumayan sering mampir ke telinga saya dan suami ketika melihat kami berjalan bersama Wahyu. Celetukannya kurang lebih seperti ini nih “ihhhh, Wahyu udah besar yah, kapan nih punya adik lagi?”
Mendapat pertanyaan seperti itu biasanya kami hanya tersenyum sambil menjawab “Bila Allah berkenan, Insyaallah secepatnya. Doakan semoga secepatnya kami mendapatkan adik Wahyu”.
Sebenarnya jawaban yang kami berikan itu adalah jawaban basa basi karena sejujurnya kami memang sengaja menunda kehadiran adik Wahyu. Saya sih sudah pengen banget punya anak lagi, tapi suami masih belum mau punya anak lagi. Menurutnya, Wahyu masih membutuhkan lebih banyak kasih sayang dari kami. Walau alasan itu terkesan “cemen” di mata saya, tapi akhirnya saya amini juga.