TIPS HEMAT BERBELANJA ONLINE SELAMA BULAN RAMADAN

Mei 10, 2018

pic source: pixabay.com

Tak terasa yaa, kurang dari sepuluh hari lagi kita akan memasuki bulan suci ramadan, bulan yang setiap tahunnya selalu dinantikan kehadirannya karena hanya di bulan inilah segala amal perbuatan kita dilipat-gandakan pahalanya. Hayooo, sudah pada bayar hutang puasanya tahun lalu belum? Buruan atuh dilunasi agar bisa menjalani puasa tahun ini dengan lebih tenang, hehehe 

Ngomong-ngomong tentang ramadan, selalu saja ada yang istimewa setiap tahunnya. Seperti tahun ini, ramadan kami juga terasa istimewa karena ini pertama kalinya anak saya, Wahyu akan belajar berpuasa.

Tahun lalu memang sudah kami kenalkan pada konsep puasa tapi baru sebatas angin lalu, hanya sebatas menjawab pertanyaannya "mengapa mama dan papa gak pernah makan siang-siang?" jawabannya adalah karena mama dan papa sedang puasa, itu saja. Tahun ini, karena ia sudah mulai sedikit ngerti tentang puasa (udah dijelasin sama ibu gurunya di sekolah) jadi saya bertekad akan mengajaknya sahur dan berpuasa. Namun walau begitu, saya tak akan memaksanya untuk berpuasa full seharian alias puasa setengah hari saja, hehehe

Baca Juga: Wahyu Tampil di Perayaan Isra Miraj

Oh iya, di bulan ramadan pengeluaran atau anggaran rumah tangga biasanya juga lebih besar dari bulan-bulan lainnya karena di bulan ini harga kebutuhan bahan pokok meningkat secara signifikan dan ada beberapa pos pengeluaran yang di bulan lain gak ada, di bulan ramadan ini menjadi ada seperti zakat fitrah, biaya mudik, baju lebaran (walau gak semua orang membeli baju lebaran setiap tahun), amplop atau angpau buat saudara dan anak-anak tetangga juga biaya untuk kue.

Oleh karena itu, sebagai ibu rumah tangga kita harus pandai mengelola keuangan agar arus kas keluarga kita gak terganggu. Berikut ini beberapa tips hemat berbelanja online kebutuhan rumah tangga selama bulan ramadan di Tokopedia :

  1. Bandingkan harga setiap toko online di Tokopedia
Banyaknya toko online berkualitas di Tokopedia memungkinkan kita untuk membandingkan harga berbagai produk kebutuhan dengan lebih mudah. Cukup cari produk yang dibutuhkan, ribuan produk dengan berbagai harga siap untuk dibeli. Agar lebih hemat berbelanja online saat ramadan: cukup pilih produk dengan harga tepat dan spesifikasi yang pas.

  1. Pilih produk berkualitas dari kreator lokal
Kita tak harus menggunakan barang branded dengan harga selangit untuk membuat Ramadan Ekstra, produk lokal pun banyak yang memiliki kualitas setara barang branded. Tokopedia adalah salah satu e-commerce dengan produk terlengkap yang memiliki koleksi berbagai produk hasil kreasi kreator lokal maupun brand terkenal dunia. Untuk menghemat pengeluaran di bulan ramadan, pilihlah produk kreasi dari kreator lokal yang hadir dengan kualitas bersaing namun dengan harga yang lebih miring.

  1. Cari toko online terdekat
Bagi yang suka berbelanja online, masih ada salah satu komponen biaya yang tak boleh dianggap remeh yaitu ongkos kirim atau lebih akrab disebut ongkir. Agar lebih hemat, pilihlah toko online yang lokasinya paling dekat dengan lokasi kita untuk mengurangi ongkir berlebihan. Asyiknya di Tokopedia, pembeli dapat mengetahui lokasi toko online secara detail sehingga mereka dapat memilih toko online yang dekat dengan tempat tinggalnya.

  1. Pilih cara pembayaran yang tepat
Tokopedia memberikan kemudahan dalam hal cara pembayaran. Berbagai metode pembayaran dapat digunakan oleh pembeli mulai dari saldo Tokopedia, transfer bank, kartu kredit, cicilan, hingga pembayaran melalui minimarket. Memilih metode pembayaran yang tepat tentu dapat menghemat pengeluaran saat berbelanja online.

  1. Pilih metode pengiriman paling efisien
Tokopedia memberikan beberapa alternatif pengiriman barang bagi pembeli yang berbelanja di sana, mulai dari pengiriman secara konvensional hingga kurir instan melalui jasa transportasi online. Dengan melakukan hal ini, pembeli dapat membandingkan besarnya biaya yang mereka keluarkan untuk onkos kirim.

  1. Manfaatkan promo dan diskon
Di bulan ramadan, biasanya banyak toko online yang melakukan promo atau diskon, hal ini tentu dapat memberikan pengaruh yang signifikan untuk menghemat pengeluaran kita dalam berbelanja online. Di ramadan kali ini, Tokopedia juga akan memanjakan pembelinya yaitu dengan memberikan kesempatan menarik dalam menikmati bulan ramadan yaitu dengan memberikan rangkaian promo sepanjang bulan ramadan yang bisa digunakan untuk membuat ramadan kali ini makin ekstra.

Oh iya, masih ada lagi nih rahasia kejutan dari Tokopedia pada tanggal 25 Mei 2018 nanti yang akan membuat Ramadan Ekstra menjadi lebih Ekstra! Seperti layaknya festival belanja online “Black Friday”, akan ada banyak kejutan yang diberikan kepada pembeli yang akan membuat pengalaman belanja online di bulan ramadan ini menjadi lebih spesial. Jangan lupa catat tanggalnya yaa gaes, 25 Mei 2018. Agar gak lupa saya udah lingkarin tanggalnya di kalender, hehehe :)


Gimana gaes, sudah siap menyambut ramadan dong yaa? Kalau saya insyaallah siap. Harapan saya semoga kita semua selalu diberi kesehatan hingga saat itu tiba, amiiin.

You Might Also Like

13 Komentar

  1. aku juga suka banget kalau belanja ditokopedia.. puas

    BalasHapus
  2. Harus pilih yang bener-bener nih Metode pengiriman yang memang terpercaya. biar nggak ada keluhan di kemudian hari

    BalasHapus
  3. Semoga puasa tperdananya Wahyu lancar yaah. Ayooo semangat ya Wahyu ;)

    BalasHapus
  4. Aku juga sudah prepare nih buat persiapan ramadhan. Terutama stok bahan makanan. Seneng bgt klo masuk ramadhan

    BalasHapus
  5. Ramadhan itu biasnaya bertaburan promo dan diskon. Tapi inget2 sebaiknya jangan kalap. Kekep token hihihi

    BalasHapus
  6. Banyak ya harus dioersdipers ini apalagi aku punya anak balita.

    BalasHapus
  7. TFS mbk. Klo aku paling sering beli pulsa di tokped. Murah sih.

    BalasHapus
  8. Wah, iya nih, kudu mulai siap2 belanja buat lebaran. Kudu cepet. Takut kurir keburu overload. :D

    BalasHapus
  9. Saya semangat juga kalau nungguin kejutan di Tokopedia nih. Persiapan Ramadan juga buat lebaran.

    BalasHapus
  10. Marhaban yaa ramadhan..semoga ramadhan tahun ini bisa lebih baik dari ramadhan seblumnya ya mbk. Persiapan ramadhanpun jadi lebih efisien dan efektif dgn adanya belanja online ini. Makasih infonya ya.

    BalasHapus
  11. Wah belanja di bulan ramadhan memang mendingan online lah ga usah capek2 ya..:)

    BalasHapus
  12. Wah..wahyu dah mulai ikit puasa ya tahun ini? Alhamdulillah..semoga lancar ya nak puasanya

    BalasHapus
  13. Ikut semangat nunggu diskon gede 😁
    Lumayan kan ..bisa memangkas beaya pengeluaran ..hehehe

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉

Member Of




Recent Comments

`