REVIEW; FILM INDIA HUM TUMHARE HAIN SANAM

by - Agustus 26, 2018

Hai gaes, saya kembali hadir untuk membahas film india nih. Kali ini saya akan mereview film yang diperankan oleh Shah Rukh Khan dan Madhuri Dixit. Bukan, ini bukan film baru mereka, justru ini adalah film lawas yang dirilis belasan tahun lalu, tepatnya pada tahun 2002, yang berjudul Hum Tumhare Hain Sanam.

film India Hum Tumhare Hain Sanam,

Sama seperti Kajol, Rani Mukherjee dan Preity Zinta, Madhuri Dixit adalah salah satu aktris yang juga sering berpasangan dengan SRK. Menurut mbah google, setidaknya ada enam judul film yang pernah mereka perankan bersama. Tapi sayangnya dari keenam judul tersebut baru empat saja yang saya tonton, salah satunya Hum Tumhare Hain Sanam, film yang akan saya tulis reviewnya kali ini.

Mengapa saya memilih untuk mereview film ini? Karena saya rasa filmnya bagus dan memiliki pesan mendalam yang masih relevan hingga saat ini khususnya bagi wanita yang sudah menikah namun perhatiannya masih suka terbagi pada saudara dan sahabat laki-lakinya.

Penasaran dengan pendapat saya tentang film ini? Check this out 😉

Judul Film: Hum Tumhare Hain Sanam
Pemeran: Shah Rukh Khan, Madhuri Dixit & Salman Khan
Durasi: 175 Menit
Waktu Rilis: 24 Mei 2002
Sutradara: K.S. Adhiyaman



Sinopsis

Sejak kecil, Gopal (Shah Rukh Khan) dan Radha (Madhuri Dixit) sudah bersahabat. Hubungan mereka sangat dekat karena kakek Radha-lah yang merawat Gopal dan adiknya. Tapi persahabatan itu harus terpisah karena Laksmi (Ibu Radha) memilih pergi dari rumah ayahnya lantaran sang ayah tak mau membantu membiayai operasi suaminya.

Bertahun-tahun kemudian, sang kakek sakit parah dan sangat ingin bertemu anaknya, Laksmi. Radha mengantar ibunya menemui kakeknya di rumah sakit, namun malang tak dapat ditolak, dalam perjalanan ke rumah sakit, sebuah truk melaju kencang dan menabrak kendaraan yang mereka tumpangi yang membuat Laksmi terpelanting ke jalan raya dan akhirnya meninggal dunia.

Sepeninggal Laksmi, Radha dan adiknya, Prasant, pindah ke rumah kakeknya. Dan oleh sang kakek, Radha dijodohkan dengan Gopal. Gopal yang sejak kecil sudah mencintai Radha sangat bahagia menyambut pernikahan itu. Tak butuh waktu lama, mereka pun menikah.
film India Hum Tumhare Hain Sanam,
Gopal yang sangat mencintai Radha
 film india hum tumhare hain sanam


Konflik mulai hadir sesaat setelah pernikahan itu, tepatnya di malam pengantin. Malam yang seharusnya sangat indah itu, justru menorehkan luka mendalam di hati Gopal. Malam itu, sebelum tidur, Gopal bertanya pada Radha tentang siapa orang yang paling dicintainya, dengan polos Radha menjawab ibunya. Sekali lagi Gopal bertanya, setelah ibu, siapa lagi yang kamu cintai? Radha menjawab adiknya. Hahaha sungguh kugemas banget dengan keluguan Radha ini. Saking lugunya ia bahkan gak menyadari kekesalan suaminya 😬

Rupanya "keluguan" Radha masih berlangsung. Setelah menikah, sikapnya terhadap adiknya dan orang-orang di sekitarnya masih sama seperti ia belum menikah.  Lantaran tidak pekanya (padahal body language suaminya sangat jelas terlihat "tidak ikhlas"), ia dengan santainya mencurahkan segala perhatiannya pada Prasant dan Suraj (Salman Khan) yang merupakan saudara angkatnya 😞

Baca Juga: Review Film India Padmavati

Gopal mulai tak tahan dengan sikap "murah hati" Radha. Ia mulai cemburu dengan kedekatan Radha dan Suraj. Di mata Gopal, kedekatan istrinya dan Suraj sudah di luar batas. Bayangkan saja, saat menerima telepon dari Suraj, Radha tak peduli lagi pada suaminya, ia hanya akan fokus pada Suraj saja. Radha juga tak ragu mengajak Suraj ke kamar tidurnya dan bahkan tak menolak saat Suraj meminta kemeja Gopal. Gopal marah banget dengan sikap Radha yang sudah keterlaluan itu tapi kemarahannya tak bisa ia ungkapkan.

film India Hum Tumhare Hain Sanam,
Gopal selalu berusaha tersenyum di depan Suraj & Radha
Tapi apapun yang disembunyikan, seiring berjalannya waktu pasti akan kelihatan juga. Begitu pula dengan kemarahan Gopal. Kemarahan yang selama ini dipendamnya akhirnya meledak juga.

Saat ia kehilangan uang, tanpa berpikir panjang langsung menuduh Prasant yang mencurinya (yang sialnya saat itu didengar Radha). Tak cukup sampai di situ, Neeta (adik Gopal) juga merasa dilecehkan oleh Prasant. Gopal benar-benar marah dan langsung memukul Prasant. Radha sedih banget menyaksikan adiknya dipukul dan diusir suaminya.

Tak tahan memendam rasa sedihnya, tengah malam Radha menelepon Suraj untuk curhat. Diam-diam Gopal mendengar curhatan istrinya. Gopal benar-benar terpukul dan puncaknya ia tak tahan lagi. Ia ungkapkan semua yang ada di hatinya dan mengusir Radha dari rumahnya. Ia juga mengirimkan formulir perceraian untuk ditandatangani Radha.

film India Hum Tumhare Hain Sanam,

film India Hum Tumhare Hain Sanam,

film India Hum Tumhare Hain Sanam,

Apa yang dilakukan Radha untuk mencegah Gopal menceraikannya? Karena setelah pergi dari rumah Gopal ia baru menyadari kalau selama ini ia sangat mencintai Gopal dan tak bisa hidup tanpa suaminya itu. Dan apa yang dilakukan Suraj untuk mencegah Gopal menceraikan Radha? Silakan tonton filmnya yaa, hehehe 😅 kebetulan banget sekarang lagi tayang tuh di tivi (tapi gak tahu di stasiun tv mana soalnya saya hanya dengar sayup-sayup suaranya dari kamar mertua).

Kesimpulan & Pesan yang Bisa Dipetik

Film-film SRK jaman old memang bagus-bagus, tak terkecuali film ini 👍. Air mata saya sempat menggenang saat Gopal memukul dan mengusir Prasant, saya membayangkan perasaan Radha yang sedih dan terpukul melihat adik yang dicintainya dipukul oleh suaminya dan ia tak bisa melakukan apapun untuk membela adiknya 😢

Adegan mengharukan lainnya adalah saat Gopal mengusir istrinya. Walau gemas dan kesal banget dengan sifat Radha yang cuek dan tak sensitif terhadap perasaan suaminya, tapi saya tetap sedih saat melihatnya memohon agar tak diusir. Kebayang kan gimana sedih, panik dan bingungnya dia diperlakukan gitu sama suami sendiri 😢

Baca Juga: Review Film India Akele Hum Akele Tum

Ini nih kata-kata Gopal untuk Radha yang menurut saya "nampar" banget. "Bukan hanya wanita yang jalan dengan pria lain yang kelewat batas, Radha. Wanita yang membicarakan urusan keluarganya dengan pihak luar juga kelewat batas". Ini semacam peringatan buat saya agar tak menceritakan masalah rumah tangga kami pada orang lain terutama teman pria. Ya, sebaik-baik tempat curhat memang hanya DIA yaa, sang Maha pembolak balik hati manusia.

So kesimpulan yang bisa saya berikan setelah menonton film ini selama hampir tiga jam lamanya adalah filmnya bagus dan layak banget ditonton oleh wanita baik yang masih single maupun yang udah nikah, saya tak menyesal menyaksikan film ini karena banyak pesan yang bisa diambil.

Berikut ini beberapa pesan yang saya petik dari film ini:
  1. Bila sudah menikah, baiknya seorang istri (juga suami) tidak menjalin persahabatan dengan lawan jenis, terlebih bila hubungan tersebut sampai melukai hati pasangan. Dalam hal ini, baik suami maupun istri wajib menjaga perasaan pasangan masing-masing.
  2. Bila sudah menikah, baiknya jangan mengajak saudara tinggal serumah dengan kita karena bisa saja pasangan kita tidak suka. Peduli pada saudara harus dilakukan tapi tak perlu mengajaknya tinggal serumah. Bila saudara tak punya tempat tinggal, baiknya sewakan tempat lain untuk ia tinggali juga diberi modal agar ia bisa punya penghasilan dan tak bergantung lagi pada kita.
  3. Sayangi dan perlakukan saudara seperlunya dan jangan terlalu memanjakannya hingga membuatnya bergantung pada kita. Jangan seperti Prasant yang tidak mandiri dan 100% bergantung pada Radha padahal usianya sudah dewasa.
  4. Setelah menikah suami istri harus jeli membaca perasaan pasangan
  5. Sangat penting bagi suami istri untuk mengungkapkan apa yang ia rasakan. Apapun yang dirasakan baiknya jangan dipendam tapi langsung didiskusikan agar pasangan tahu dan dicarikan solusinya.

Kesimpulan usai menonton filmnya udah saya tuliskan. Pesan-pesan yang saya petik dari film ini juga rasanya sudah semua saya tuliskan. Akhir kata, demikian review film india Hum Tumhare Hain Sanam yang bisa saya tuliskan pada hari ini.

Baca Juga: Review Film India Jab Harry Met Sejal

Sampai jumpa di tulisan review film india ala saya  pada kesempatan berikutnya yaa. Selamat menikmati liburan bersama keluarga tercinta di hari minggu yang cerah ini 😊

You May Also Like

29 komentar

  1. Aku jadi penasaran sama film ini deh. Coba nanti tak download

    BalasHapus
  2. Trading Online Terpercaya & Berbasis di Indonesia
    Profit Lebih Mudah dan Besar
    Yukk mulai trade
    Transaksi Aman dan Paling Cepat hanya di Hashtag Option
    Ada BONUS 10%**T&C
    Deposit dan Penarikan Mulai dari 50 Ribuan
    Segera kunjungi di www.hashtagoption.com

    BalasHapus
  3. Zamannya kuch kuch hota hai aku sering nonton, Mba, trus kangen lihat aktingnya Shakhruk Khan, jadi pingin nonton film ini juga.

    BalasHapus
  4. Dulu sebelum ada drakor aku juga seneng nonton india mba malah sampai hapal lagu dan tariannya.

    BalasHapus
  5. Aih mbak Ira review film India nya keren nih. Boleh request dong mbak, review filmnya Rab Ne Bana di Jodi

    BalasHapus
  6. Aku gagal fokus Ama kata kata, sekarang lagi tayang... Hihihi... Buru buru tengok tengok channel cari stasiun tv yang bayangin eh dipikir lagi kan maksudnya sekarang tuh pas mbak nya nulis ini ya...

    Yo wis lah nanti nonton via YouTube aja...

    BalasHapus
  7. Film India memang jago ya konfliknya. Tapi kutak tahan nonton film yang belibet konfliknya, ikut stres ��

    BalasHapus
  8. SRK memang keren bahkan film2 nya yg saat ini jg masih keren dg aktingnya. .

    BalasHapus
  9. hihihi jadi nostalgia gitu pas baca artikel mba ira...

    BalasHapus
  10. kayaknya kalau mau nonton film ini harus siap tisu yang banyak deh.
    bakal sering mewek nih romannya.

    BalasHapus
  11. Ya Allah jadi lupa terakhir nonton film india itu kapan, tapi yang bagusnya dari film India itu sangat kena ya emosinya dan juga tariannya cakep2.

    BalasHapus
  12. Aku lupa apakah pernah nonton film ini apa belum ya. Alur ceritanya kok aku hafal.

    BalasHapus
  13. Sampai sekarang sya belum bisa menikmati film India dan drakor. Tetapi, setidaknya artis India lebih familiar ma saya. Mungkin karena lebih gampang menghapal nama-namanya :D

    BalasHapus
  14. Wah zaman old hihihi...
    Aku blm nonton yg ini kyknya, yg kuingat kalau SRK itu ya KKHH :D
    Tapi aktor ini menarik ya, menurutku gak ganteng, tapi punya karisma dan jago aktingnya :D

    BalasHapus
  15. Keren reviewnya. Jadi mau nonton deh film ini. Film SHK banyak saya suka. Ada KKHH, Mohabatein, Khabi kushi khabi gaem dan paling fav itu My name is khan. Ga bosen nonton film2 itu berkali2. Skrg kayaknya bakalan nyari nih film.

    BalasHapus
  16. aaah jadi penasaran dan ikut sebel sama si Radha. Gimana sik kok malah dekat dengan lelaki lain secara terang-terangan.

    BalasHapus
  17. Lah boro si Gopal mba yang gemas ni aku baca reviewnya aja pengen bet nyentil si Radha jadi istri kok ya begitu wkwkwkk duh gregetan jadi penasaran akhrinya gimana

    BalasHapus
  18. Mba... suka film india juga ya? aku juga haha.. dulu waktu kecil jadi tontonan keluarga dirumah, jadi lumayan hafal film india jaman dulu.. kajol, syahru khan duh aku suka banget kalo mereka berdua main film

    BalasHapus
  19. aku lupa ini uda pernah liat belum yaa.. tapi mah hampir semua filmnya sk aku sukaaa hehehehe

    BalasHapus
  20. Entah mengapa aku memang lebih suka film india dari drakor.haha
    aku udah nonton film ini juga, kisahnya super haru, dimana adegan itu bikin otak berkhayal, kalo ini film Indonesia, pasti backsound lagunya "Cinta Datang Terlambat" hehe pertama kali aku kepincut film India, pas dulu lagi booming banget film kuch kuch hotahai aktornya jg Shah Rukh Khan :D

    BalasHapus
  21. Keren reviewny jadi pengen nonton. Terakhir nonton film India nonton Dear Zindaghi

    BalasHapus
  22. Reviewnya lengkap bgt. Keren ih Mba. Duuuh ku sdh lama bgt ngga nonton film India

    BalasHapus
  23. Aku penggemar berat SRK dan sempet pasang banyak posternya di kamar waktu masih gadis, haha.
    Walau skr udah sangat jarang nonton Film India, tapi memang harus diakui Film²nya SRK selalu bagus, mungkin berkat totalitasnya juga ya. Kapan² boleh nih nonton film ini, makasih review-nya ya Mba :)

    BalasHapus
  24. complicated banget ceritanya. tapi gemes dan pengen nonton haha

    BalasHapus
  25. Sepertinya aku udah nonton ini, eh lupa, beer ga ya yang ini. Soalnya Sharukh khan juga

    BalasHapus
  26. Hai MB Ira, dah lama ga main ke sini.
    Ya Tuhan aku dah lupa juga kapan terakhir nonton film India wkwkwkw
    Dan tetap ya itu Shahrukh Khan gantengnya awet bgt

    BalasHapus
  27. Mbaaa requet film indiaa donk, india jadul tapi wkwk jangan yg sekarang, kebanyakan terbang-terbang

    BalasHapus
  28. Kayaknya aku pernah nonton filmnya, tapi sepotong-sepotong.
    Tak sabar dengan durasinya, hahaha.
    Beda dulu saat waktu SMA, aku candu banget nonton film India, apalagi kalau sambil menyetrika.
    Ga berasa tuh 3 jam berdiri sambil nonton.
    Kalau sekarang aku suka film Hollywood.
    Aku ada review satu film, search saja pakai "Pride and Prejudice"
    Sila mampir, mba...

    BalasHapus
  29. Shakhrukh Khan emang g ada matinya yaa, dari jaman aku SD sampe sekarang udah kerja masih ajaa hits dan masih awet muda :')

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉