FUNGSI SEARCH ENGINE DALAM PERKEMBANGAN BISNIS

by - Oktober 25, 2018

 

Dewasa ini, dalam kehidupan sehari-hari, mayoritas dari kita tidak bisa terlepas bahkan kecanduan dengan search engine. Hal ini wajar saja, mengingat search engine sendiri sangat membantu kita dalam mencari baerbagai hal di internet. Google merupakan salah satu search engine yang paling populer saat ini. Namun sadarkah kita apa fungsi search engine dalam perkembangan bisnis?

Sebelum mengarah kesana, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu tentang apa itu search engine. Ya, Search engine atau mesin pencari adalah suatu program yang mencari dan mengidentifikasi informasi di dalam database yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna. Database ini berisi alamat dan konten situs-situs tertentu yang ada di World Wide Web (WWW). Jadi sudah jelas yaa fungsi dari search engine adalah untuk mencari informasi dari database. Tapi apakah sesederhana itu?
saat ini, Search Engine memiliki pengaruh besar dalam bisnis

Fungsi Search Engine secara Umum

Search engine ini biasanya terhubung dengan jaringan internet dan dapat diakses oleh siapa saja yang mempunyai akses internet. Mendata dan mendaftarkan berbagai informasi mengenai situs web, database, dan lain sebagainya. Jadi bukan hal yang mengheranka bila berbagai informasi tersedia secara lengkap disini.

Oleh karena itu, fungsi search engine adalah menyediakan informasi berdasarkan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna. Fungsi ini sesuai dengan cara kerja search engine yaitu mendaftar/mengindeks/mendata (atau biasa dikenal dengan crawling) situs yang ada di internet.

Walaupun tidak semua situs yang aktif berada di indeks pencarian search engine, tapi sudah banyak pemilik situs web dengan sengaja membiarkan situsnya terindeks oleh search engine. Tujuannya adalah jika seseorang mencari situs di search engine maka situs websitenya akan muncul di hasil pencarian. Menariknya, hal ini akan dapat menjadi salah satu teknik pemasaran produk (marketing) yang keren dan unik

Itulah fungsi search engine secara umum. Lalu bagaimana fungsi search engine dalam perkembangan bisnis? Baca terus artikel ini untuk mengetahui jawabannya, hehehe

Fungsi Search Engine dalam Perkembangan Bisnis 

1. Mengindeks alamat dan konten di situs web
Fungsi search engine dalam perkembangan bisnis yang pertama adalah untuk mengindeks alamat dan konten situs web yang berada di jaringan internet. “Bot” atau “Crawler” yang ada di search engine menjelajahi internet dan mendata situs web melalui alamatnya hyperlink-nya.

Setelah itu, data yang diperoleh disimpan dan menghasilkan daftar indeks situs web yang sangat besar. Contohnya Google, sebagai search engine terbesar di dunia, pada tahun 2017 lalu saja sudah memiliki lebih dari 130 triliun halaman website.


Jika kita memiliki website untuk melakukan bisnis online, tentu saja fungsi yang satu ini sangat bermanfaat dan akan memudahkan usaha bisnis online kita karena website kita akan semakin mudah ditemukan oleh pengunjung. 

2. Informasi tersedia lewat kata kunci
Setelah memperoleh informasi dan konten dari berbagai website, apa yang dilakukan oleh search engine selanjutnya? Tentu saja memudahkan pengguna internet untuk mendapatkan informasi yang mereka cari. Salah satunya dengan memanfaatkan kata kunci.

Seperti yang kita tahu, kebanyakan orang saat ini mencari informasi melalui search engine. Terhitung, setiap hari lebih dari 4 milyar pencarian yang dilakukan di mesin pencari Google. Setidaknya, minimal 40 ribu pencarian dilakukan setiap detiknya dan akan terus bertambah seiring bertambahnya pengguna internet.

Hampir semua informasi ada di search engine seperti Google. Semakin banyak pengguna yang menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi, maka peluang untuk memasarkan produk secara online lewat internet pun semakin besar. Itulah kenapa saat ini banyak orang menggunakan media online sebagai sarana promosi produk atau memasarkan produk mereka.

3. Sebagai Media Pemasaran
Fungsi search engine dalam perkembangan bisnis yang sekarang banyak dipelajari adalah sebagai media pemasaran. Dengan bertambahnya jumlah pengguna dengan pencarian yang fantastis setiap detiknya membuat mesin pencarian menjadi media pemasaran modern saat ini. Pengguna bisa mencari apa saja melalui mesin pencari, termasuk barang-barang yang ingin mereka beli. Mesin pencari membuat pencarian informasi semakin mudah.

Maka dari itu jika kita bertindak sebagai pemilik usaha online atau e-commerce, kita hanya tinggal membuat konten yang menarik dan membuatnya terindeks oleh mesin pencari. Lalu menunggu beberapa saat atau beberapa hari sampai dengan mesin pencari mengenalinya. Setelah itu setiap orang yang melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu akan menampilkan produk atau konten yang kita buat.

Contohnya, hanya dengan menggunakan kata kunci “domain murah” atau “hosting murah” di search engine seperti Google, kita akan diarahkan ke https://idwebhost.com . Sungguh sangat praktis kan?

Di tahun 2018 ini, content marketing sendiri tengah menjadi metode pemasaran yang menarik untuk dipelajari dan digunakan. Para pengusaha dan pemilik usaha sudah mulai sadar peran dari mesin pencari sebagai media pemasaran yang menarik untuk dicoba. Lalu sudahkah siapkah kita semua untuk mencobanya juga?
Dengan melakukan pengoptimalan pada search engine, kita dapat mengurangi biaya pemasaran bila dibandingkan memasang iklan di televesi ataupun di website lain yang tidak efektif. 

Contoh search engine dan pangsa pasar hingga Oktober 2018

1. Google
Tak perlu diragukan lagi bahwa Google merupakan raja search engine saat ini. Sebanyak 72.37% pengguna internet atau pangsa pasar di seluruh dunia menggunakan Google . Sedangkan pencarian via mobile atau desktop tidak kurang 92% pencarian.
2. Baidu
Cukup mengejutkan mungkin melihat nama Baidu di posisi 2. Namun Baidu sendiri merupakan search engine terpopuler di China saat ini. Baidu memiliki peningkatan yang signifikan. Baidu melayani jumlah pencarian hingga miliyaran setiap bulannya, mempunyai pangsa pasar sebesar 13% berdasarkan Net Market Share.

Wajar saja jika kita jarang menggunakan Baidu karena Baidu hanya fokus bergerak di pasar lokal di China. Berbeda dengan Google yang melayani pasar global atau internasional dibandingkan dengan pasar lokal. Baidu menguasai tak kurang dari 80% pasar pencarian online di China. Sedangkan Google, hanya mendapatkan 10% saja. Padahal di persaingan global, Google mempunyai pangsa pasar lebih dari 90%, sedangkan Baidu hanya 1%. 

3. Bing
Bing merupakan search engine yang dikembangkan oleh Microsoft. Mesin pencari ini diciptakan setelah Microsoft mengembangkan beberapa sistem pencari lain seperti MSN Search, Windows Live Search, dan Live Search. Perubahan ini tak lain adalah untuk menyaingi saingan terbesar mereka, yaitu Google.

Bing adalah mesin pencari default yang kini ada di sistem operasi Windows. Dan hingga saat ini, pangsa pasarnya sudah lebih besar dari Yahoo!, yaitu sebesar 7.70%.



Nah itu dia Fungsi search engine dalam perkembangan bisnis yang bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan pemasaran bisnis online kita. Setelah mengetahui hal ini, kita bisa memasang hosting terbaik di website kita di BuatWebs.

You May Also Like

28 komentar

  1. China termasuk hebat ya dalam menjaring pasar mereka sendiri, sayangnya Baidu tidak mau eksplor ke luar China, jadi hanya mendapat 1% di pangsa pasar dunia. Sayang juga ya.

    BalasHapus
  2. Besar sekali ya pengarush search engine bagi bisnis.

    BalasHapus
  3. Google masih jadi idola ya, kalo yahoo search masih banyak yg pake ngga ya btw.

    BalasHapus
  4. Mbah Google masih jadi search engine paling mumpuni ya, entah kenapa enak aja kalau buka dari google, makanya para penggiat marketing online saling berebut gimana caranya terdeteksi search engine google ya

    BalasHapus
  5. Google masih nomer satu yaa.. paling deket sama semua kalangan sih yaa.

    Btw iya deh search engine berpengaruh banget. Tinggal gimana para pebisnis ini mau mengoptimalkan search engine. Lumayan yaa harganya lebih murah, hahaha..

    BalasHapus
  6. di analytics ku kayaknya blog ku lebih sering terindeks oleh google deh kalau search engine lain kurang.. nomor dua nya bing. btw mba ira, i just wonder kenapa ya kalau jalan-jalan ke blog mu layar ku jadi gede banget hehe jadi 175% huruf nya jadi gede-gede ga bisa di zoom out pula hehe

    BalasHapus
  7. Google selalu jadi idola keknya hahhaha... tapi aku memang pengguna setia sih, dari dulu nyamannya ya cm pake google :D

    BalasHapus
  8. Aku kurang update banget ternyata. Selama ini yang aku tahu tuh cuma search engine Google aja. Setelah baca ini jadi tahu deh kalau ternyata search engine itu ada banyak. Nice info banget ini.

    BalasHapus
  9. Keingat dulu pertama kali pakai Google dan takjub sendiri. Lalu diminta pilih artikel kan. Eh malah kukopi semua yang ada di halaman pertama Google, hahaha. Sekarang udah paham lah soal mesin pencari ini

    BalasHapus
  10. Weeew, Google masih tetap numero uno yaa Kak, disusul Baidu malah ya? Saya ndk pernah pake ini, klo Bing masih lebih familiar sih.
    Tp sdh ndk jd populermi Yahoo kodoong dii.. Weleeh weleehh.
    Eeheeem, webhostingku jg pake idwebhost ;)

    BalasHapus
  11. Search engine memang vital ya mva.. manfaatnya luar biasaaa utk bisnis

    BalasHapus
  12. Google masih idolaque soale kalau apa2 ya carinya di mbah google ini hehehe.

    BalasHapus
  13. 40 ribu pencarian /detik? Wow banget! Jadi kita harus pandai2 memainkan kata kunci jika ingin masuk dalam daftar itu ya..

    BalasHapus
  14. Google tetep nomer satu ya, tahun 2017 aja udah ada 130 triliun halaman web nangkring di sana. Wow banget sih. Tapi China juga keren ada di urutan kedua

    BalasHapus
  15. Luar biasa ya fungsi search engine dalam perkembangan bisnis saat ini. Dan insya Allah kita, para blogger, juga kecipratan rezeki dari sana ya, Mbak.. Hehehe.

    BalasHapus
  16. Barusan ada search engine yang diciptakan oleh anak negeri juga kak Ira yaa...
    Geevv.

    Aku belom coba tuuh...

    BalasHapus
  17. Jadi inget keknya kantor IDwebhost ini aku lewatin tiap hari deh, di Mampang kan ya? Eh, kok malah bahas itu ya wkwkwkwk

    BalasHapus
  18. Iya saya sepakat soal ini dunia bisnis. Bahakan materi di atas bisa jadi satu tema diskusi.

    BalasHapus
  19. dulu banget tahun 99 sampai 2000 aku pakainya yahoo seacrh engine trus setelahnay selalu pakai google

    BalasHapus
  20. Dulu kan yahoo ya mbak sebelum google yang ramai, eh sekarang muncul juga ni geev, belum tau gimana tapi pengaruhnya :)

    BalasHapus
  21. Iya ya..penting banget memang search engine ini, kalau aku sampai sekarang kalau googling sering pakai kata kunci.

    BalasHapus
  22. Google tetep masih jadi andalanku mba Ira heheheh, karena yang menurutku simple. Baidu belum pernah nyoba.

    BalasHapus
  23. Kalau yang aku pelajari kmrn, ada satu lagi yang dipakai org buat mesin pencarian mbak (menurut data), yakni YouTube. Skrng cari apa2 pun bisa di YouTube, walau sebenarnya dia bukan search engine ya

    BalasHapus
  24. Masih tetap google nih yang kupake kalau sedang nyari sesuatu. Padahal ada banyak search engine lain ya

    BalasHapus
  25. Baca WWW (world Wide Web) entah kenapa aku inget guyonan yang orang gaptek nanya WWW itu singkatan apa terus dijawab Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. HAHAHAHAHA.

    Btw sebagai blogger, kita juga harus paham banget sama kerja search engine ya Mba, jadi tepat dalam menjaring pembaca blog kita :)

    BalasHapus
  26. Sungguh, nggak kenal sama sekali sama search engine lain selain google.

    BalasHapus
  27. Besar jg ya pengaruh search engine ke bisnis ya. Jadi pelaku bisnis harus update juga

    BalasHapus
  28. Google, masih menjadi pilihanku untuk saat ini.
    Namun beberapa hari pernah baca di WAG tentang search engine buatan anak Indonesia dengan misi sosial, Geevv.
    Tergoda juga untuk mencoba, euuiii..

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉