5 DRAMA SAEGUK YANG BERHASIL SAYA TONTON SAMPAI HABIS

by - Oktober 28, 2018

 

Hai-hai, gak terasa hari ini adalah hari minggu terakhir di bulan Oktober yaa.  Dan mulai bulan lalu, pada hari minggu terakhir setiap bulannya blog ini akan diisi dengan tulisan kolaborasi tentang drama korea bareng sahabat saya yang juga sangat menyukai drama korea; Mba Rani.

Untuk bulan ini, sesuai kesepakatan, tema yang kami pilih untuk dituliskan adalah Drama Korea Saeguk. Sudah pada tahu kan yaa, drama saeguk itu yang seperti apa? Itu loh drama korea kolosal yang biasanya bercerita tentang kerajaan atau drama yang berlatar kehidupan masyarakat Korea sebelum negara Korea merdeka, yang mana pemain wanitanya biasanya memakai baju tradisional korea yang tertutup alias hanbok. Silakan baca tulisan Mba Rani di sini yaa:


Ehem, ngomong-ngomong tentang drama saeguk, awalnya saya pede banget berpikir pasti banyak drama korea kolosal ini yang sudah saya tonton, secara karir perdramakoreaanku sudah dimulai sejak tahun 2003 yekan, jadi saya yakin banget pasti banyak bangetlah judul drama yang sudah saya "lahap" habis, tapi ternyata kenyataannya tidaklah begitu sodara-sodara! Saya salah besar! Setelah saya hitung-hitung, selama perjalananku menonton drama korea, baru 5 (LIMA) drama saeguk saja yang  berhasil saya tonton sampai tamat. Sekali lagi hanya LIMA 🙊

Loh kok bisa? Jadi begini (mulai serius), drama saeguk ini kan biasanya identik dengan alur yang serius, berbelit-belit dan temanya gak jauh-jauh dari politik, perang, pertumpahan darah, pengkhianatan, pokoknya temanya itu "berat" bangetlah dan kebanyakan endingnya tak sesuai harapan penonton. Karena rumitnya masalah yang harus dibahas, drama saeguk ini biasanya memiliki episode yang lebih panjang dari drama korea pada umumnya yang mana saat menyaksikannya jelas dibutuhkan energi yang lebih. Mungkin beberapa hal itulah yang menjadi alasan banyak penyuka drakor yang enggan (atau nonton tapi mangkrak di tengah jalan) menonton drama saeguk ini.

Lalu manakah 5 drama saeguk yang berhasil saya tonton sampai habis itu? Ini dia nih ke-5 drama saeguk yang berhasil saya tonton habis sekaligus menjadi drama korea saeguk favorit saya:

1. Jewel In The Palace / Dae Jang Geum( Lee Yong Ae & Jee Jin Hee)
Sepertinya hampir semua yang mengaku sebagai penyuka drama korea pasti sudah menonton drama ini. Drama dengan 54 episode ini bercerita tentang kehidupan seorang wanita bernama Dae Jang Geum (Lee Young Ae) mulai dari masa kanak-kanaknya, menjadi dayang istana hingga akhirnya menjadi dokter wanita pertama di kerajaan yang pada masa itu didominasi oleh pria. Perjuangan Jang Geum meraih mimpinya tidaklah mudah karena ia harus berhadapan dengan banyak pihak yang berusaha mencegatnya. Menurut saya, Jewel in The Palace adalah salah satu dari sedikit drama saeguk yang memiliki ending yang "manis" 👍.


Drama ini saya tonton saat masih duduk di bangku kuliah pada tahun 2005. Setiap sore, saya dan teman-teman akan duduk rapi di depan tivi di ruang tamu kost-an kami untuk menyaksikan drama ini di Indosiar. Saking sukanya pada Jang Geum, saat itu kami akan meninggalkan kegiatan apapun yang sedang kami lakukan saat drama ini tayang.

2. Empress Ki (Ha Ji Won, Joo Jin Mo & Ji Chang Wook )
Drama dengan 51 episode ini bercerita tentang perjalanan hidup seorang wanita bernama Ki Seung-Nyang (Ha Ji Won) mulai dari masa kanak-kanaknya (yang terpaksa menyamar dan hidup sebagai laki-laki) hingga akhirnya menjadi seorang ratu. Seung Nyang ini digambarkan sebagai wanita kuat yang jago berperang dan sangat mencintai negaranya; Goryeo. Namun kehilangan anak yang sangat dicintainya membuatnya berubah pikiran dan berniat menjadi ratu di Dinasti Yuan (musuh Goryeo).


Saya menonton drama ini pada tahun 2014 lalu. Drama yang dibintangi oleh Ha Ji Won ini sukses membuat saya baper karena endingnya yang gak sesuai ekspektasi 😪. Drama ini sukses menyedot banyak energi saya karena pemeran antagonisnya digambarkan sangat jahat. Dan yang paling berkesan saat menyaksikan drama ini adalah saya pernah nyaris pingsan di kantor karena marathon-in drama ini sampe azan subuh berkumandang. Saat masuk kantor mata saya berkunang-kunang, pandangan saya gelap dan saya nyaris jatuh saat berjalan ke meja saya.

3. Faith (Lee Min Ho & Kim Hee Sun)
Selain drama saeguk, FAITH ini juga masuk dalam kategori drama bergenre time travel. Drama dengan 24 episode ini bercerita tentang seorang dokter ahli bedah plastik zaman modern bernama Yoo Eun Soo (Kim Hee Seon) yang "diculik" oleh kapten pengawal raja dinasti Goryeo bernama Choi Young (Lee Min Ho) untuk menyelamatkan permaisuri Goryeo yang lehernya terluka parah. Di Goryeo, Eun Soo terpaksa harus hidup di sekeliling orang-orang yang menganggapnya sebagai dewa yang turun dari langit. Berkali-kali ia ingin "kabur" dari sana namun usahanya tak pernah berhasil.


Saya menonton drama ini pada tahun 2016 lalu dan saat menontonnya saya tergila-gila pada karakter yang diperankan Lee Min Ho di drama ini, walhasil perannya di sini sukses membuat saya terjerat ke dalam pesonanya 💙.

Baca Juga: Terjerat pesona Lee Min Ho

4. Scholar Who Walks at The Night (Lee Joon Ki, Lee Yoo Bi & Lee Soo Hyuk)
Drama ini bercerita tentang vampir. Raja pertama pendiri dinasti Goryeo memelihara seorang vampir bernama GWI (Lee Soo Hyuk) untuk melindungi kekuasaannya. Sebagai imbalan, sang raja dan keturunannya harus melayani Gwi. Sayangnya, tidak semua keturunan raja tersebut mau menuruti keinginan Gwi. Salah satu yang menentang adalah Putra Mahkota Junghyun. Bersama sahabatnya, Kim Sung Yeol (Lee Joon Ki) ia mencari cara bagaimana memusnahkan Gwi.


Saya menonton drama dengan 20 episode ini pada tahun 2017 lalu. Yang paling membuat saya terkesan dari drama ini adalah sang pemeran Gwi. Entah mengapa, walau jahat tapi saya kok gak bisa benci yaa sama dia. Mungkinkah karena wajahnya lebih tampan dari pemeran utamanya? Hihihi 🤭😅

5. MR. Sunshine (Lee Byung Hun & Kim Tae Ri)
Dan drama saeguk terakhir yang saya saksikan adalah Mr. Sunshine. Huwaaa, saya sampai kehabisan kata untuk mengungkapkan perasaan saya akan drama ini. Intinya, saya suka banget pada dramanya 💙. Saking sukanya, saya sampai buatin satu artikel khusus untuk membahasnya.




Itulah 5 drama saeguk yang  berhasil saya tonton sampai habis. Ada beberapa drama saeguk yang belum lama ini saya tonton tapi belum sempat saya teruskan lagi. Entahlah apakah drama-drama tersebut masih akan saya tonton habis (bila ada waktu) ataukah akan menjadi drama yang mangkrak dan ogah saya selesaikan lagi (minat nonton saya masih belum stabil seperti semula nih karena masih baper dengan Mr. Sunshine).

Kalau kamu, apakah juga suka drama saeguk, gaes? Kalo iya, apakah 5 drama yang saya sebutkan di atas sudah kamu tonton? Atau mungkin ada drama saeguk lain yang menurutmu oke, boleh banget loh share judulnya di kolom komentar 😉

You May Also Like

23 komentar

  1. Aku jarang nonton drama Saeguk, tapi kalau ada lucu2nya ya kutonton. Yang kau sebut, cuma Jewel In The Palace aja yg berhasil kutonton. Dulu kan diputer di Indosiar, hehehe

    BalasHapus
  2. Aku suka drama korea, tp klo genre saeguk gini kurang begitu menikmati hehe.
    Jadinya walaupun bagus, tp aku suka males, males mikirinnya hahaha
    nonton yg jaman modern aja deh, tp klo semacam kayak Reply 1989 itu juga seru.

    BalasHapus
  3. Aku penasaran sama Empress Ki, kayaknya bagus dan banyak yang merekomendasikan ya mbak? tapi total 51 episode duh pengen bikin pingsan hihihi.

    BalasHapus
  4. Dari kelima judul di atas, hanya dua yang pernah aku DENGAR judulnya, Mbak. Dengar judulnya aja, belum pernah lihat. Hihihi.
    Pernah nonton yg tokohnya apa judulnya ya? Dong Yi, gitu. Bagus, tapi ya gak utuh nontonnya.
    Ah memang saya bukan penggemar film Korea.... ��

    BalasHapus
  5. Tak ada satupun yang aku tonton.
    Karena lagi-lagi ini masalah selera.
    Mohon maaf ya.
    Apalagi kalau berseri, tambah tak tertarik aku, HAHAHA.

    Cuma ingat dulu film Korean yang pernah aku tonton "All About Eve"

    Masih tim Hollywood, akutu ^^

    BalasHapus
  6. Yang receh-receh aku mah...
    Wkkwk...macam My Sassy Girl-nya Joo Won sama Yeon So.

    Ini drama Sageuk yang berhasil membuatku berani nonton drama bergenre sejarah.

    Sebelumnya MoonLover.
    Mantap inih.

    Kutergila-gila dan re-run entah ke berapa ratus kalinya....hanya buat ngeliat "Bagian mana yang ada celanya buat dihina bina terlepas dari endingnya yang sukses bikin aku meweeek semewek-meweknya..."

    Omoo~

    Panjang amaatt komen aku...
    Maafkaaan~

    BalasHapus
  7. Hebat mba bisa sampai tamat, saya mah kadang nyerah ditengah jalan males lanjutin hehe

    BalasHapus
  8. Saya lebih suka yg seperti ini mba walau bertele-tele tapi bikin kita emosi main

    BalasHapus
  9. ya ampun itu kinclooong semua ya Mba hehehe. Kalau 54 episode nontonnyas berapa lamaaa

    BalasHapus
  10. klo di Indonesia, drama macam kayak gini yg kayak di Indosiar diii Kak, Angling Darma dkk hihihh.
    Cuma tau yg no.1 sama yg no.5 itu jg karena baca di blogta ini sebelumnya, hihihih teteuuup. Mr. Sunshine nya dimasukkan yeee :D

    BalasHapus
  11. Sdh la ga nonton kdrama. Yang pernah saya tonton cuma faith itu juga krn dulu suka lee min ho. Wkwkwkw

    BalasHapus
  12. Huhu, udah lama gak nonton drama Saeguk ini. Kangen juga. Nyari aaaaah. :)))

    BalasHapus
  13. Ini kok plek temanya sama mak Rani. Hahahahaham sepagian ini aku dapat banyak referensi drama korea saeguk. Keren.

    BalasHapus
  14. Jewel In The Palace cuma yg itu yang udah aku tonton jaman hamil anak pertama 13 tahun lalu :-D

    BalasHapus
  15. Ya Allah belum semua kutonton mba IRa, gemes deh banyak PR tontonan aku.
    Wajib masuk waiting list downloadan nih. Aku sedang bermasalah soal download nih, ditempatku rese banget susah.

    BalasHapus
  16. Nonton Faith cuma 3 episode apa ya karena gak suka sama pemeran perempuannya, udah tua haha.. Gak cocok sama Lee Min Ho ah.

    BalasHapus
  17. Kalo bukan karna blog saya buta banget tentang KDrama ini. Nambah lagi ini pengetahuan tentang per-Korea-an. 😍😘

    BalasHapus
  18. Aku pribadi gak kuat kalau nonton drama korea yang episofenya panjang bwaanget, karena rasa penasarannya gak bisa dibendungi, gak sabaran, jadi kalau nonton drakor, episode pertama tengah langsung terakhir 😂 tapi khusus film no. 4 schoolar who walk in tjr night pnh nonton soalnya ad vampire dn terkesan horor gitu

    BalasHapus
  19. 2 dan 5 aku belum nonton ini.. tapi jujur aku baru nonton drama yang panjang banget itu yang 1 dae jang geum Yaa Allah, untung bagus yahh, klo gak aku sudah mencak-mencak mbaaa... hahahha

    BalasHapus
  20. Aku sukanya dongyi mb klo sae guk tetep karena ada han hyo joo my princess, uda gitu rajanya ganteng pulak

    BalasHapus
  21. waktu jamannya Jan Geum itu mba, temen kosanku pada ga mau keluar kamar dong semuanya pada nonton ini hahhaa aku sih ga tll ngikutin krn dulu dikamar ga punya tv pas kuliah wkwkkw sedihnya klo pgn nonton mesti numpang klo ga ada temennya yo wis aku ga bisa nonton :p

    BalasHapus
  22. Aku belum pernah nonton drama kayak gini. Soalnya drama Korea kesukaan aku itu judulnya "He is Beautiful". Hehehe.

    BalasHapus
  23. masih belum ada niat buat nonton drakor yang set nya kolosal. baru saja selesai nonton Reply 1988 aja. sumpah drakor satu itu ngena banget ke hidup ku.. what next yah..

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉