4 HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SEBELUM MEMBELI SNEAKERS UNTUK OLAHRAGA

by - Oktober 03, 2018

Sneakers adalah tipe khusus atau gaya sepatu yang biasanya terbuat dari kanvas, kain atau kulit. Apa yang membuat sepatu ini berbeda dari sepatu lain adalah alas karet mereka yang dirancang khusus untuk berjalan dan berlari. Dalam kategori sepatu sneakers ada banyak jenis yang berbeda, misalnya seperti sepatu atletik atau pelatihan, yang khusus dirancang untuk pelari dan atlet. Lalu ada sepatu kets, seperti sepatu yang dirancang untuk dipakai sehari-hari dan berjalan dengan kesan yang lebih modis dan bergaya.

pic source: pixabay.com

Alas kaki yang tepat memastikan kita memanfaatkan waktu di gym, memungkinkan kita untuk bergerak dengan benar dan membantu mencegah cedera. Oleh karena itu, untuk mendapatkan latihan yang lebih kuat, latihan silang membutuhkan sepatu yang stabil dan kuat. Itulah sebabnya pelatih kinerja kekuatan dan mental, merekomendasikan untuk mengenakan jenis sepatu yang tepat selama melakukan olahraga.

Kita harus memilih sepatu yang super tahan lama, memiliki stabilitas lateral yang besar, dan menyediakan platform sempurna untuk memungkinkan kaki terjaga dengan aman dan berfungsi secara alami. Berlari dan berjalan adalah salah satu bentuk latihan yang paling murni dan paling alami. Memilih sepatu atletik yang salah akan membuat tumit terasa sakit selama menikmati jalan cepat atau berlari.

Meskipun sebagian besar toko sepatu olahraga khusus memiliki staf yang berpengetahuan untuk memandu pembeli memilih sepatu, tapi ada baiknya bila kita tetap harus memiliki pengetahuan dasar tentang kebutuhan khusus kaki kita. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli sepatu sneakers yang akan digunakan untuk berolahraga:

#Pilih sepatu sesuai olahraga jenis olahraga yang ditekuni  
Pilihlah sepatu berdasarkan jenis olahraga yang ditekuni, misalnya sepatu untuk berjalan akan lebih kaku, sedangkan sepatu untuk lari lebih fleksibel, dengan bantalan ekstra untuk menangani dampak yang lebih besar.

#Ketahuilah kaki kita
Tentu, kita semua memiliki 10 jari kaki dan dua tumit, tetapi di luar itu, kaki datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. jadi mengetahui kebiasaan tertentu kaki kitaa adalah kunci untuk memilih sepasang sepatu yang tepat. Sebagian besar merek sepatu akan menawarkan model yang sesuai untuk setiap jenis kaki.

#Ukurlah kaki kita
Ukuran kaki berubah seiring bertambahnya usia, jadi ukurlah kaki sebelum memutuskan melakukan pembelian sepatu. Ukuran juga bervariasi antara merek yang satu dengan yang lain, jadi pilihlah apa yang cocok, bukan berdasarkan ukuran sepatu itu.

#Bawalah atau pakailah kaus kaki
Jika ingin pergi ke toko sepatu, maka bawalah kaus kaki (bila saat ke toko sepatu kamu memakai sandal atau pakai sepatu namun tidak memakai kaos kaki) dalam tas untuk dipakai selama mencoba sepatu baru di toko sepatu sebelum membayarnya, ini untuk memastikan bahwa sepatu pilihan kita pas di kaki. 

**


Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli sneakers untuk olahraga. Sneakers yang digunakan untuk berolahraga seharusnya terasa nyaman. Gunakan aturan praktis, harus ada sekitar 3 / 8-1 / 2 inci antara bagian depan jempol kaki dan ujung sepatu dengan lebar jempol. Tumit harus pas relatif erat, tumit tidak boleh keluar ketika kita berjalan. Bagian atas sepatu yang melewati bagian atas kaki kita harus aman, nyaman dan tidak terlalu ketat.

Menurut kamu, selain empat hal di atas, masih adakah hal lain yang perlu diperhatikan sebelum membeli sneakers? Kalo iya, jangan lupa kasih tahu saya dengan menulisnya di kolom komentar yaa :)

You May Also Like

33 komentar

  1. Wah bener juga nih, aku jarang bawa kaos kaki padahal. Makanya kadang begitu pakai kaos kaki malah kesempitan

    BalasHapus
  2. Aku pn paling suka pakai sneaker, beli sneaker tahun 2008, dan masih awet sampai sekarang, berarti udah 10 tahun ya

    BalasHapus
  3. Aku tambahi ya, mba...

    * Membeli sepatu/alas kaki di sore hari lebih dianjurkan karena saat itu kaki kembali ke ukuran normal.
    * Cobalah kedua bagian, kiri dan kanan, dan pakailan berjalan. Rasakan, apakah nyaman?

    BalasHapus
  4. Wah pas banget lagi pengen beli kets baru nih.. TFS ya mba.. Oya..bawa kaos kaki sekalian .. tak catet itu..

    BalasHapus
  5. Model sepatu sama motifnya, kadang kan ada yang model kekinian banyak coraknya, saya lebih suka yang tanpa corak atau hanya satu garis saja warna beda gt.

    BalasHapus
  6. Pas banget, aku pengen beli sepatu sneakers. Kudu ngukur kaki karena rasanya tambah gedhe

    BalasHapus
  7. Sneaker adalah salah satu sepatu favorit saya, enak dipakainya nyaman ya dan tentunya harus pakai kaos kaki dong, biar tambah nyaman. Soalnya kalau nggak pakai kaos kaki kadang kalau lama-lama dipake gitu mesti jadi lecet ya...apalagi buat olahraga. TFS, mbak. Nice tips

    BalasHapus
  8. Warna...aku lebih suka warna2 netral seperti putih/hitam mba...soalnya bisa dipaduin/padu-padannya gampang

    BalasHapus
  9. Aku Jatuh cinta sama sneaker.
    Dan ada 1 merk andalan banget...kalau dipake, enakeuun...
    Jadi gak bisa pindah ke lain merk.

    BalasHapus
  10. Wah betul bgt nih tipsnya. Jenis aktivitas dan karakter kaki kita kudu diperhatikan ya

    BalasHapus
  11. Paling enak ya langsung dicobain di lokasi sih. Sneakernya akan langsung pas.

    BalasHapus
  12. Yang pasti saranku kalau beli sepatu jangan online karena kalau ga muat ribet balikinnya dll heheh

    BalasHapus
  13. Aku to pernah punya pengalaman pas beli sepatu nggak mencoba dulu dengan kaos kaki mba, akhirnya kekecilen kalo ada kaos kakinya. Tipsnya makasih banget Mba, lain kali akuterapin lagi nih.

    BalasHapus
  14. Pas banget nemu postingan ini mba. aku baru mau beli sneakers soalnya. yang lama sudah minta istirahat hihihii

    BalasHapus
  15. kebetulan banget nih aku mau beli sneakers jadi syukur banget aku baca tulisan mbak yang ini

    BalasHapus
  16. Aku selalu pilih sneaker, baik untuk jalan-jalan maupun joging sante

    BalasHapus
  17. Aku selalu pakai kaos kaki tiap beli sneakers, karena memang nantinya bakal dipake bareng si kaos kaki :)

    BalasHapus
  18. Bener mba, sneakers yg nyaman yg pas ukuran kaki, jangan dipepetin dan jangan kelonggaran.

    BalasHapus
  19. iya bener mbak beli sepatu itu harus pas di kaki. ga boleh kecil atau besar 1 nomor. Kalo anakku boros sepatu lari, dia atlet pencak silat tapi setiap hari latihan fisik di pembinaan atlet termasuk di dalamnya jogging. Jadi 4-5 bulan sekali ganti sepatu. dan sepatunya harus yg bagus dan kuat di kaki, karena kalau ga bisa cerdera kakinya.

    BalasHapus
  20. Aku setiap beli sneakers or sepatu olahraga sebisa mungkin dicobain langsung mba biar bener-bener enaaak

    BalasHapus
  21. Model dan warna biasanya juga ngaruh ke pemakaian ya, Mbak. Kalo suka sama model dan warnanya, bikin semangat makainya, semangat olahraganya. Hehe.

    BalasHapus
  22. Hm , mungkin bisa ditambah supaya browsing dulu kali ya untuk cari tahu kira2 merek apa yang disasar terus di toko mana saja yang jual (dicari tahu) biar langsung bisa ke tokonya, tidak perlu mutar2 dulu keliling kota.

    BalasHapus
  23. Sudah lama nggak beli sepatu model gini Mbak. Sejak menikah aku agak feminim heheh

    BalasHapus
  24. Yang susah itu kalo belinya online. Apalagi ukurannya macem2. Ada US, UK, Europe. Untung deh ada insole. Gak banyak keliru kalo standarnya insole.

    BalasHapus
  25. Hihihi... jari telunjuk kaki ni lebih panjang dari jempol. Jadi kalo beli sepatu suka serba salah. Kadang kegedean. Giliran pilih yang pas, jari telunjuk kaki ganti yang sakit.

    BalasHapus
  26. Iya kalau beli sepatu nyobanya enakan pakai kaus kaki, jd bisa ngepasin ukurannya. Saya selalu pakai kaus kaki jd pas beli sepatu udah enak nyobainnya :D
    Namun buat yang suka sepatu tanpa kaus kaki ya gk perlu kyke :D

    BalasHapus
  27. Selain enak saat digunakan, tampulan sepatunya penting juga untuk dipertimbangkan. Aku koq seneng ya pilih warna2 ceria kalau pas beli sneaker :))

    BalasHapus
  28. Aku kemana-mana pakai kaos kaki mbak jadi pas beli sepatu bisa langsung dicoba ya

    BalasHapus
  29. Belum butuh sneaker baru.
    Tapi baca artikel ini jadi termotivasi beli sneaker.
    Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  30. Aku beberapa kali beli sneaker online jadi tahu ukuran sepatu ku kalau dalam UK, US, Europe :)

    BalasHapus
  31. Whoaaa ngomongin kaki, aku kakinya besar untuk ukuran perempuan. Mesti milih sepatu yang pas, pastinya yang nyaman banget. Lebih suka beli langsung biar bisa dicoba. Pernah bi online eh taunya kurang nyaman. Hihihi

    BalasHapus
  32. Aku poin terakhir itu lengah waktu beli buat suami. Jadi deh gak pas setelah dirumah. Huhuhuhu

    BalasHapus
  33. Terima ksih tipsnya Mbak. Saya sudah niat mau pakai sneakers bukan untuk olahraga saja tetapi juga untuk mengajar. Capek naik turun tangga, keluar masuk kelas.

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉