10 DRAMA KOREA YANG SUKSES BIKIN SAYA BAPER (PART II)

by - Oktober 07, 2018

Adakah yang penasaran dengan lanjutan tulisan saya minggu lalu tentang 10 drama korea yang sukses bikin saya baper? Ini nih tulisannya 10 DRAMA KOREA YANG SUKSES BIKIN SAYA BAPER (PART I). Hari itu jari-jari saya udah capek banget ngetik artikelnya yang hampir mencapai 2000-an kata, hal itu membuat saya khawatir pembaca akan bosan dan close tab sebelum selesai membaca artikelnya jadi demi kenyamanan jari saya juga kenyamanan mata pembaca, saya putuskan untuk membagi artikelnya dalam 2 part.


Hari ini saatnya saya lanjutin daftarnya. Bila minggu lalu, lima drama yang saya tuliskan sebagian besar adalah drama lama yang tayang sebelum tahun 2013, maka lima drama yang akan saya tuliskan hari ini semuanya adalah drama yang tayang di atas tahun 2013 hingga tahun 2018 ini, jadi boleh dibilang dramanya masih baru-baru. 

Mukaddimahnya gak usah panjang-panjang lah yaa (soalnya artikel ini gak kalah panjang dengan artikel minggu lalu), segera saja kita masuk pada inti tulisannya, hehehe. Penasaran dengan 5 drama lainnya yang berhasil bikin saya baper? Check this out, baby! πŸ˜‰

6. Reply 1988
Drama ini tayang di Korea pada akhir tahun 2015 sampai awal tahun 2016, tapi saya baru menontonnya tahun lalu. Telat yaa? Gak papa deh, daripada gak ditonton sama sekali, bukankah ada pepatah yang mengatakan lebih baik telat daripada tidak sama sekali? Pepatah itu juga berlaku dalam dunia perdrakoran, hehehe πŸ˜„

Drama Reply 1988 ini adalah drama keluarga yang menurut orang-orang, di antara tiga seri drama Reply (soalnya saya belum nonton Reply 1994 & Reply 1997), Reply 1988 ini adalah yang terbaik dengan tingkat kebaperan penonton yang sangat tinggi karena endingnya yang gak sesuai ekspektasi banyak orang (bahkan sampai hari ini saya masih juga menyesalkan sikap Jung Hwan yang lamban, huhuhu seandainya saja dia lebih berani mengungkapkan apa yang ia rasakan, saya yakin endingnya pasti sesuai harapan πŸ˜ͺ-spoiler alert).


Seperti dua seri Reply sebelumnya yang identik dengan tebak-tebakan "siapakah yang akan menjadi suami lead female", Reply 1988 ini juga sama. Di tengah cerita yang kental banget aura kekeluargaan dan persahabatannya, terselip kisah cinta segitiga antara tiga pemeran utamanya yaitu Kim Jung Hwan (Ryoo Joon Yeol), Sun Duk Sun (Hyeri) dan Choi Taek (Park Bo Gum). Sejak awal, penonton seolah dipaksa digiring untuk nge-ship salah satu pasangan dari dua yang tersedia; Jung Hwan-Duk Sun atau Choi Taek-Duk Sun.


Apa yang membuat saya baper pada drama ini? Yaaa apalagi kalau bukan endingnya yang @#$^%* itu! Sebagai pendukung pasangan Jung Hwan-Duk Sun, saya seperti dihempaskan ke dasar laut (lebay anet bahasanya, Mba 😜) saat melihat ending yang disajikan drama ini. Melihat endingnya, saya hanya bisa berbisik lirih "kok bisa gini sih endingnya? huhuhu" πŸ˜ͺ. Saya merasa seperti di-php-in sama writernim-nya. Dan saya yakin bukan saya doang yang merasa seperti ini, ada banyak penonton Reply 1988 di luar sana yang juga merasakan apa yang saya rasa. Iya kaaan? #CariTemanBaper

7. Marriage Contract
Drama yang tayang pada tahun 2016 ini bercerita tentang kawin kontrak (udah jelas banget lah yaa, judulnya aja Marriage Contract, jelaslah ceritanya juga tentang kawin kontrak, hehehe) sepasang pria lajang dan wanita single mother (janda beranak satu yang ditinggal mati suami) demi kepentingan masing-masing. Fyi nih, sejak dulu saya sukaa banget dengan drama yang mengangkat tema kawin kontrak ini. Hmmmm gimana yaa? Rasanya bahagia aja gitu menyaksikan perjalanan dua orang manusia yang semula gak punya "rasa" pada pasangannya hingga kemudian mereka saling jatuh cinta. Menurut saya, jatuh cinta setelah menikah dan tinggal serumah itu terasa lebih romantis. Udah halal ini kan yaa, gak papa dong jatuh cinta pada suami/istri sendiri? πŸ’™

Adalah Han Ji Hoon (Lee Seo Jin), seorang pria dengan usia matang yang gak punya keinginan menikah (karena trauma dengan kisah orang tuanya), memutuskan menikah agar bisa meminta istrinya mendonorkan hatinya kepada ibunya yang sekarat. Sedangkan si wanita yang bernama Kang Hye Soo (UEE), seorang janda beranak satu menikah untuk membebaskan dirinya dari utang yang ditinggalkan almarhum suaminya. Di tengah perjalanan, ia mengetahui bahwa usianya tak lama lagi karena sel kanker sedang menggerogoti otaknya.


 Menyaksikan pernikahan mereka yang awalnya hanya berdasar kepentingan masing-masing, lalu perlahan-lahan mulai saling membutuhkan, hingga akhirnya menyadari bahwa sebenarnya mereka saling mencintai, membuat saya jatuh cinta pada drama ini. Chemistry antara Lee Seo Jin dan UEE sangat kuat. Tak hanya keduanya, aktris cilik yang berperan sebagai anak UEE juga memiliki chemistry yang sama kuatnya. Saat menyaksikan kebersamaan mereka, saya bisa ikut merasakan kebahagiaan mereka. Chemistry suami istri dan anak itu sungguh membuat saya baper πŸ‘.

Selain chemistry mereka yang TOP BGT itu, hal lain yang membuat saya baper di drama ini adalah
perjuangan Kang Hye Soo dalam mempersiapkan masa depan anaknya secara matang agar hidup anaknya tidak menderita saat dirinya sudah meninggal nanti. Sosoknya digambarkan sebagai single mom yang "tahan banting" dan gak cengeng padahal kehidupan yang harus dijalaninya sangat berat. Wanita tegar seperti itu selalu membuat saya tersentuh😚.
 
8. Misaeng
Saya baru nonton drama ini pada tahun 2016 lalu padahal dramanya tayang di Korea pada tahun 2014. Lagi-lagi saya telat, hehehe. Di drama ini, penonton gak akan menemukan kisah-kisah romantis seperti yang banyak ditampilkan di drama korea romcom karena drama ini mengambil tema yang agak beda dari yang selama ini ada, yaitu tentang para karyawan/ti magang yang berjuang agar diangkat menjadi karyawan tetap pada sebuah perusahaan perdagangan di Korea yang bernama One International .

Drama ini bercerita tentang begitu susahnya seorang karyawan tanpa keterampilan seperti Jang Geu Rae (Im Siwan) bertahan dalam ganasnya persaingan dunia kerja, dunia yang sebelumnya tak pernah ia pikirkan untuk dimasukinya. Banyak perilaku tak baik dan pandangan sebelah mata ia terima dari teman-temannya sesama karyawan magang. Diremehkan dan tak dihargai adalah hal yang akrab banget dengannya pada masa-masa awal ia bergabung di perusahaan itu. Selain tokoh Geu Rae yang menjadi daya tarik utama drama ini, ada juga kisah persahabatan dan persaingan sehat yang ditunjukkan sesama karyawan magang agar diangkat jadi karyawan tetap. Belum lagi sikap Oh Sang-Sik (Lee Sung Min), atasan Geu Rae, yang cuek banget tapi ternyata diam-diam memperhatikan Geu Rae, sukaa banget lihatnya.


Apa yang membuat saya suka drama ini? Kesungguhan Geu Rae untuk terus belajar dan tak pernah mengeluh membuat saya ketagihan pada drama ini. Sikapnya yang kaku saat awal bergabung di perusahaan mengingatkan saya pada masa awal memasuki dunia kerja beberapa tahun yang lalu. Daya tarik lainnya adalah jalan ceritanya yang dikemas secara menarik dan gak membosankan, juga chemistry para pemainnya membuat drama ini layak ditonton oleh siapa saja.


Adegan paling baper di drama ini adalah saat Pak Oh akan mengundurkan diri dari perusahaan karena kesalahan yang dibuat oleh Geu Rae. Geu Rae tidak bisa menyembunyikan rasa sedih dan rasa bersalahnya, karena dirinya, atasan yang sangat dihormatinya itu harus keluar dari perusahaan ☹️. Di drama ini saya juga jadi punya gambaran, bila suatu saat nanti saya menjadi seorang atasan, saya sudah tahu akan bertindak seperti apa agar karyawan saya tidak tertekan dan merasa nyaman bekerja di bawah arahan saya.

9. Misty
Drama Misty tayang di Korea pada awal tahun 2018 ini dan saya menontonnya secara on going. Drama ini diperankan oleh aktor dan aktris yang tak muda lagi alias ahjusshi dan ahjumma tapi berhasil bikin saya baper parah. Bercerita tentang seorang penyiar berita wanita yang sangat popular dan menjadi idaman para pria bernama Go Hye Ran (Kim Nam Joo). Suatu hari, mantan kekasih Hye Ran, yang juga pemain golf profesional bernama Kevin Lee (Go Joon) ditemukan tewas di dalam mobilnya. Hye Ran menjadi tersangka utama kasus ini. Mengetahui istrinya menjadi tersangka pembunuhan, Kang Tae Wook (Jee Jin Hee), suami Hye Ran memutuskan menjadi pengacara yang membela istrinya.

Hubungan Hye Ran dan Tae Wook sudah lama "dingin". Keduanya memang masih tinggal serumah tapi sangat jarang berkomunikasi. Hye Ran bekerja hingga larut malam dan Tae Wook lebih banyak menghabiskan malam di kantornya. Bertahun-tahun lalu, Hye Ran mau dinikahi Tae Wook bukan karena cinta, ia hanya membutuhkan latar belakang keluarga Tae Wook. Tae Wook-lah yang sangat mencintai Hye Ran, namun cinta Tae Wook yang awalnya menggebu-gebu itu, perlahan-lahan padam setelah Hye Ran menggugurkan kandungannya dengan alasan ingin meraih karir yang lebih tinggi.


 Saat menangani kasus Hye Ran, Tae Wook mengetahui banyak rahasia dan masa lalu Hye Ran yang "suram". Ia jadi tahu, ternyata belasan tahun lalu istrinya itu pernah terlibat dalam kasus pembunuhan yang membuat sahabat Hye Ran harus dipenjara selama 19 tahun. Terungkap juga kalau Hye Ran dan Kevin Lee tak hanya berstatus sebagai pasangan kekasih tapi mereka pernah menikah (walau pernikahan itu tak pernah mereka daftarkan), sungguh kenyataan yang sangat menyakitkan bagi Tae Wook. 


Ada banyak adegan yang membuat saya baper di drama ini, antara lain adalah saat Hye Ran menyadari kalau selama ini sebenarnya ia mulai mencintai suaminya. Saat Ha Myung-Woo (Im Tae-Kyung), sahabat Hye Ran yang walaupun sudah dipenjara selama belasan tahun, masih juga mencintai dan membantu Hye Ran tanpa mengharapkan imbalan apapun. Namun yang paling bikin saya baper adalah saat Hye Ran mengetahui bahwa suaminya-lah yang membunuh Kevin Lee (spoiler alert). Hye Ran gak menyangka, kejadian di masa lalu (lelaki yang dekat dengannya jadi pembunuh karena dirinya) akan terulang kembali.

10. Mr. Sunshine
Dan yang menjadi pamungkas drama terbaper saya sejak memulai karir nonton drama korea tahun 2003 silam hingga tahun 2018 ini adalah drama yang ditayangkan TVN yang baru tamat minggu lalu; MR. SUNSHINE (CAPSLOCK + BOLD karena drama ini memang berhasil membuat saya baper sepanjang penayangannya). Saya hampir kehilangan kata untuk mengungkapkan perasaanku tentang drama ini saking terlalu sukanya. Semua hal pada drama ini saya suka, mulai dari plotnya, para pemeran utama, pemeran pembantu, sinematografi, busana para aktrisnya, OST hingga printilan-printilan kecil yang ada di drama ini. Menurut saya, drama ini perfect, terlepas dari banyak orang yang gak suka dengan aktor utama prianya (Lee Byung Hun) yang katanya terlalu jauh selisih umurnya dengan aktris utama wanitanya (Kim Tae Ri).

Jujur saja, saya menyesal harus menonton drama ini secara ongoing karena lebih dua bulan lamanya, setiap minggu saya harus menunggu tayangan drama ini dengan perasaan tak sabar. Rasanya waktu berjalan sangat lambat saking gak sabarnya saya ingin menyaksikan episode-episode drama ini yang semakin seru setiap minggunya. Selama ini, sebaper apa pun drama korea yang saya tonton, gak pernah sedikitpun saya tertarik untuk mencari beritanya di instagram. Hanya drama inilah yang berhasil membuat saya gentayangan di instagram untuk sekedar mencari gambar atau cuplikan-cuplikan adegannya.


Drama ini bercerita tentang seorang anak budak yang melarikan diri ke Amerika setelah orang tuanya dibunuh oleh majikannya. Tiga puluh tahun kemudian anak itu, Eugene Choi (Lee Byung Hun), kembali ke Joseon sebagai tentara Amerika. Selain menjalankan tugas sebagai seorang perwira angkatan laut Amerika, tujuannya ke Joseon adalah ingin membalas dendam atas kematian orang tuanya. Sayangnya rencana itu tak berjalan lancar karena di tengah jalan, ia malah jatuh cinta pada seorang gadis bangsawan, Go Ae Shin (Kim tae Ri) yang secara kebetulan memiliki misi yang sama dengan tugas pertamanya "menembak warga amerika yang mempermalukan bangsanya".

Apa yang membuat saya baper di drama ini? Seperti yang saya bilang di atas, hampir sepanjang tayangan drama ini membuat saya baper. Kisah percintaan Eugene dan Ae Shin sangat manis dan hangat. Tingkah mereka saat bersama sukses membuat saya senyum-senyum sendiri saat menyaksikannya. Sikap Ae Shin yang sok tahu dan jaim terlihat sangat lucu dan menggemaskan πŸ˜πŸ’–. Belum lagi ada dua pria yang juga menyukai Ae Shin yaitu Gu Dong Mae (Yoo Yeon Seok), yang saat remaja diselamatkan Ae Shin dan sejak saat itu ia seolah mengabdikan seluruh cintanya pada Ae Shin, dan Kim Hee Sung (Byun Yo Han), tunangan yang sudah sepuluh tahun tak pernah kembali untuk sekedar menengok Ae Shin namun langsung jatuh cinta pada pandangan pertama saat bertemu Ae Shin (mereka dijodohkan oleh keluarga tanpa saling mengetahui rupa masing-masing). Masih ada satu lagi yaitu Kudo Hina (Kim Min Jung), pemilik Hotel Glory yang secara diam-diam naksir Eugene. 

Ahhh, rasanya saya gak bisa menuliskan kisah mereka semua di artikel ini. Drama ini harus dibahas lebih lengkap dalam satu artikel. Ada banyak hal yang harus saya tuliskan tentang drama ini. Oh iya, sebenarnya review drama ini sudah saya rencanakan tayang hari ini (bahkan sudah saya sampaikan juga pada teman-teman di WAG drakor) namun karena tulisannya belum rampung (banyak banget hal yang harus ditulis euy), jadilah tulisan itu saya pending penayangannya hingga minggu depan. Doain semoga minggu depan artikelnya udah layak tayang yaa

**

Hmmm akhirnya tuntas juga saya tuliskan daftrar 10 drama korea yang sukses bikin saya baper. Gimana? Dari daftar drama korea yang saya tuliskan di Part II ini, apakah ada judul drama yang sama dengan yang membuatmu juga baper? Atau mungkin ada judul drama lain yang menurutmu lebih baper dari yang saya sebut di atas? Yuk tuliskan judul dramanya di kolom komentar, agar nanti saya tonton dramanya dan ikutan baper juga 😊

You May Also Like

36 komentar

  1. Ha..ha..aku kok kuper banget mba. Nggak ngikutin satupun drama korea...

    Kapan2 tak nyoba liat ah..

    Aku klo pengen liat film...masih nyarinya film nasional soalnya.

    BalasHapus
  2. Film korea itu memang kebanyakan semua bikin baper mbak, kita bisa tertawa, menangis dari satu film yang sama :D

    BalasHapus
  3. dari sekian banyak film yang dibahas, saya suka banget nih sama film Mr. Sunshine. Film ini mengajarkan saya kalau cinta tidak harus memandang usia hihi.

    BalasHapus
  4. Saya suka banget sama film-film korea, tapi untuk film yang di bahas di atas saya belum pernah melihat satu pun. Jadi penasaran nih ingin lihat filmnya satu-satu.

    BalasHapus
  5. Saya belum lihat filmnya, tapi membaca potongan cerita film-filmnya di atas aja udah baper :D

    BalasHapus
  6. Aduh ternyata ada temen baper, aku juga suka banget nih sama film-film yang dibahas di atas mbak. Emang bikin baper semua :D

    BalasHapus
  7. Kenapa film-film yang dibahas film kesukaan aku semua sih mbak, film-film di atas itu emang sukses banget bikin baper penontonnya.

    BalasHapus
  8. Hihihi...bunda masuk di dunia penggemar Drakor nih, sayang anak2 bunda gak seide sm bunda jd sangat jarang nonton Drakor, huhuhuu..

    BalasHapus
  9. Belum satupun yang kutonton. Sebetulnya bukan nggak suka drakor sih, cuma biasanya kalo sudah nonton drakor bakal ketagihan, nggak bisa berhenti hahahaha

    BalasHapus
  10. Belum nonton semuanya nih mba heheu

    BalasHapus
  11. Pemasaran sama Mr. Sunshine

    BalasHapus
  12. Misaeng hanya nonton 2 episode, misty tinggal episode 16, dan males aja pas tahu si suami yang jebak Hye Ran, reply 1988 baper sampai sekarang, tahun ini yang berkesan buatku welcome to waikiki kali ya, tapi baca ini jadi penasaran sama mr. sunshine

    BalasHapus
  13. aku nonton misty tapi nyerah soalnya memang iya cerita nya ahjumma dan ahjussi hahah kurang suka kalo tua, maunya ad ayg agak muda dikit hehe
    dan favorite ku ini memang reply 1988 astaga ternyata choi taek eh
    spoiler hhahahaha

    BalasHapus
  14. Masih blm nonton drama seleramu, hahaha. Tapi banyak yg bilang Replay 1988 paling oke. Kujadi pengen nonton perReplayan

    BalasHapus
  15. satu satunya drakor yang paling berkessn buat aku cuma yang miracle cell no 7 kalo ga salah sering sering baca postinganmu tentang drakor jadi teracun nih buat nonton 🀣

    BalasHapus
  16. Belum nonton semuanya hahahaa.. tapi banyak temen bilang Mr.Sunshine bagus

    BalasHapus
  17. Belum nonton satu pun! Hihi... Tapi aku jadi ingin nonton yg kawin kontrak deh..

    BalasHapus
  18. Waduh racun banget nih mba, dari sini 10aku baru 1 yang nonton

    BalasHapus
  19. Yaah aku belum ada yang aku tonton nih mba. Aku kuatir kalau nonton baper jadi susah move on. Aku masih nyicil nonton My Secret Romance :)

    BalasHapus
  20. Waaaah daftar drakornya panjaaang. Perlu waktu berapa lama nonton ini semua mba?

    BalasHapus
  21. Ah pengen semuaaa, tpi aku takut ga bs manage waktu kalo nonton drakor. Bahaya. heheee.

    BalasHapus
  22. Wah, aku belum pernah lihat Drakor jadi penasaran, sejauh apa bisa bikin aku baper hehehe

    BalasHapus
  23. Part III bakal muncul di blog akoh...
    Hahhaa...((bahagia kalo liat postingan drama Korea))

    Ku setuju banget!
    Reply 88 bikin baper.

    Langsung aku beres nonton ituh...gak bisa pindah drama lain selama 2 bulan lebih.
    Kerjaan tiap hari, re-run.

    Wkkwkkw...apa manfaatnya?
    Entahlah.

    Aku mencari celah buat memaklumi pilihan Deok-Sun.
    Omonaaa~

    BalasHapus
  24. Yaampuuunn Kak, ndak ada satu pun yg sa menger dari judil yg kita tulis ini, fiuuuhh.
    Tapii eehh, saya jadi naksir pengen nonton yg kawin kontrak itu.

    BalasHapus
  25. Jujur aku g Ngerti sama sekali nih bab drakor

    BalasHapus
  26. Makasih rekomendasinya mba, jadi tau mana yg mau ditonton kl udh kepengin nonton.

    BalasHapus
  27. Hmmm mau nonton yang Mr. Sunshine karena sudah banyak teman yang rekomendasikan.

    BalasHapus
  28. Walo kurang mengerti tentang film film Korea, tapi filmnya sepertinya kebanyakan romantis gitu ya, Mba?

    BalasHapus
  29. Dari 10 daftar, baru "All About Eve" yang aku tonton, itu juga sudah lama banget lebih dari 10 tahun yang lalu.

    Masih "Hollywood" minded akutu...
    Susah move on, kayaknya :P

    BalasHapus
  30. Aku cuma pernah nonton marriage contracts dulu banget hehehe sisanya belum ada yg tau sama sekali O

    BalasHapus
  31. Mr. Sunshine aku baru mulai nonton kemarijn mbak di Netflix :)

    BalasHapus
  32. Tapi Kim Jung Hwan (Ryoo Joon Yeol), Sun Duk Sun (Hyeri) di dunia nyata akhirnya jadian beneran ya Mba hehe

    BalasHapus
  33. Haduuh aku belum nonton semuanya. Lebih suka nonton filmnya aja yg cepat habis wkwk

    BalasHapus
  34. Aku belum nonton satu pun haha, aku catat nih mbak judul-judulnya bakal aku cari di Netflix

    BalasHapus
  35. Misty itu kayaknya seram ya. Hehe. Makasih mbak listnya, jadi banyak drakor nih yang mau di tonton

    BalasHapus
  36. pas nih lagi butuh referensi drama korea, jadi pengen nonton semuanya,,, tinggal atur waktunya aja deh ini

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus πŸ˜‰