REVIEW; DRAMA KOREA MR. SUNSHINE

by - Oktober 14, 2018

Setelah minggu lalu saya batal posting artikel ini karena belum rampung sehingga digantikan artikel tentang drama korea terbaper part 2, maka hari ini review drama yang sukses membuat saya baper parah (sampai hari ini bapernya masih terasa) ini akhirnya bisa tayang juga, yeay πŸ‘.

Fyi, ini adalah pertama kalinya saya mereview drama korea di blog ini (jadi bila review-nya gak sebagus review teman-teman lain mohon dimaklumi yaa πŸ™).

Sejak awal terciptanya blog ini sampai sebulan lalu, gak pernah sedikitpun terbersit di pikiran saya untuk menulis review drama korea yang saya tonton, sebaper apapun dramanya karena saya selalu gak dapat feel-nya untuk menuangkannya dalam tulisan, tapi akhirnya saya berubah pikiran saat menyaksikan episode-episode terakhir drama yang tayang di TVN setiap sabtu dan minggu malam yang berjudul MR. Sunshine ini.


Sebelum menuliskannya di blog, saya sudah sering membahas drama ini di WA story. Bagi yang menyimpan kontak WhatsApp saya, mungkin sudah tahu dan sering mengikuti status-status saya di WA Story. Tiga bulan belakangan saya getol banget menuliskan drama ini. Saya seolah gak pernah kehabisan energi meluapkan segala emosi saya tentang drama ini.

Lalu bagaimana review saya? Oke, gak perlu berlama-lama, segera saja kita masuk pada review drama korea Mr. Sunshine ala saya, hehehe 😁

Judul Drama: Mr. Sunshine
Pemeran Utama: Lee Byung Hun, Kim Tae Ri, Yoo Yeon Seok, Kim Min Jung & Byun Yo Han
Waktu Tayang: 07 Juli - 30 September 2018
Jumlah Episode: 24
Penulis: Kim Eun Suk


Plot & Genre

Selama ekspedisi Amerika Serikat ke Joseon (Korea Selatan) pada tahun 1871, seorang anak laki-laki dari Joseon menaiki kapal perang Amerika dan pergi ke Amerika. Setelah dewasa, ia kembali ke Joseon sebagai tentara Amerika yang mengemban tugas di negara kelahirannya tersebut. (sumber Asianwiki).

Sungguh plot yang sangat singkat yaa, tapi cerita di dramanya gak sesingkat itu saudara-saudara! Ceritanya sangat kompleks dan baperin. Tapi di artikel ini saya gak akan bahas semuanya, saya hanya akan bahas tentang hal-hal yang paling saya sukai saja (semua hal di drama ini saya sukai) yaitu tentang percintaan lead male & lead female juga tiga tokoh lain yang tak terpisah dari mereka berdua.

Baca Juga: Drama korea yang sukses bikin saya baper Part I

Drama ini bercerita tentang sejarah, perang, nasionalisme dan tentu saja cinta. Tapi tenang saja, walau sekilas terlihat berat, penonton tidak akan stress kok saat menyaksikannya karena menurut saya komposisi drama ini tuh pas banget. Sejarahnya dapat, adegan peperangannya juga terlihat pas dan gak menakutkan (saya gak suka film perang karena banyak adegan sadis, tapi adegan perang di drama ini berbeda), rasa nasionalisme warga Joseon dalam mempertahankan negaranya dari penjajah membangkitkan rasa hormat saya pada para pahlawan kita yang dulu berperang melawan penjajah.

Adegan percintaan di drama ini juga berbeda dari drama korea yang biasanya saya tonton, percintaan di drama ini terlihat lebih keren dan elegan karena minim skinship. Chemistry pemerannya kuat banget, saking kuatnya saya berharap mereka bisa nikah beneran di alam nyata (sayangnya hal itu gak mungkin terjadi karena Lee Byung Hun sudah menikah dan punya anak), hahaha abaikan #HayalanFansBaper ini πŸ˜‚

Cuman di drama ini saja saya merasa baper melihat sepasang kekasih saling menatap (tatap-tatapan doang loh). Hanya di drama ini saja hati saya berbunga-bunga melihat sepasang kekasih berpegangan tangan dan hanya di drama ini saja jantung saya berdebar-debar melihat sepasang kekasih berpelukan melepas rindu, padahal di drama lain banyak adegan yang lebih berani tapi feel yang saya rasakan gak sekuat ini. Di drama lain, banyak bertebaran adegan-adegan seperti itu tapi perasaan saya biasa saja saat menyaksikannya. Ini nih salah satu adegan yang membuat hati saya berbunga-bunga dan senyum-senyum sendiri saat menyaksikannya πŸ˜πŸ’™
Sinopsis

Pada tahun 1871, hiduplah keluarga bangsawan yang sangat kejam. Keluarga tersebut memiliki banyak budak. Suatu hari, rumah bangsawan itu kedatangan tamu penting dan si tamu jatuh hati pada seorang budak wanita di rumah itu. Demi menyenangkan tamunya, si bangsawan bermaksud menyerahkan budak wanita tersebut untuk dibawa pergi.

Tanpa disadari oleh si bangsawan, suami wanita itu diam-diam mendengar rencana majikannya. Ia dan istrinya memutuskan kabur dari rumah itu. Sayangnya rencana mereka untuk kabur tidaklah mulus. Ya, mereka ketahuan dan langsung dihukum. Sang suami dipukul di depan anak istrinya hingga meninggal dunia. Melihat suaminya meninggal di depan matanya, si istri lalu mengancam akan membunuh anak majikannya yang sedang hamil tua. Ia melakukan itu demi menyelamatkan nyawa anaknya yang baru berusia sembilan tahun. Ia menyuruh anaknya untuk lari sejauh mungkin agar gak ditangkap oleh majikannya. Setelah memastikan anaknya selamat, wanita itu memutuskan bunuh diri dengan melompat ke dalam sumur. Anak lelaki berusia sembilan tahun itu harus menyaksikan kepedihan yang ditanggung orang tuanya. Anak itu memutuskan kabur ke Amerika.

30 tahun kemudian anak budak tersebut kembali ke Joseon sebagai tentara Amerika. Selain menjalankan tugas negara, tujuannya ke Joseon adalah ingin membalas dendam atas kematian orang tuanya. Sayangnya rencana itu tak berjalan lancar karena saat menjalankan misi pertamanya, ia malah bertemu dan jatuh cinta pada seorang gadis bangsawan yang pandai menembak.

Pertemuannya dengan gadis bangsawan itu membawa banyak perubahan dalam hidupnya. Pun demikian dengan gadis bangsawan itu, yang semula tak punya mimpi apa-apa jadi berani memimpikan hal yang semula tak pernah ia pikirkan. Cinta mereka diuji; memilih hidup bersama dan bahagia selamanya ataukah berjuang demi kemerdekaan Joseon.


Cast

#Lee Byung Hun (Eugene Choi)
Menurut info yang beredar, saat diumumkan bahwa Lee Byung Hun yang akan menjadi pemeran utama pria drama Mr. Sunshine ini, banyak netijen Korea yang gak setuju dan mencelanya habis-habisan. Selain karena reputasi ahjussi ini dinilai kurang bagus, usianya dengan aktris pemeran utamanya juga terpaut sangat jauh; 20 tahun.


Lee Byung Hun berperan sebagai Eugene Choi, seorang perwira angkatan laut Amerika yang ditugaskan ke Joseon. Menurut saya, karakter yang dimiliki Eugene ini paket komplit yang diidamkan oleh setiap wanita. Ia digambarkan sebagai seorang yang cerdas, dewasa, hati-hati dalam bertindak (tidak gegabah), suka menolong, humoris dan tentu saja penuh cinta. Ia rela melakukan apa saja demi wanita yang dicintainya (walau di drama Korea yang selama ini saya tonton banyak bertaburan karakter seperti ini tapi aura Eugene itu berbeda).

Ketika akhirnya ia memutuskan menerima tawaran Ae Shin untuk melakukan "LOVE", ia melakukannya secara total dan sempurna. Segala cara ia lakukan untuk melindungi Ae Shin. Ia bahkan rela kehilangan posisinya sebagai perwira angkatan laut demi menyelamatkan Ae Shin.

Setelah menyaksikan dramanya, akhirnya saya bisa mengerti mengapa penulisnya memilih Lee Byung Hun untuk memerankan tokoh Eugene karena memang hanya dialah yang bisa memerankan tokoh ini secara sempurna. Kalo diperankan aktor lain pasti auranya akan berbeda dan mungkin saya tidak akan sejatuh cinta ini pada tokoh Eugene, hehehe. Tokoh Eugene diceritakan menguasai 3 bahasa: English,  bahasa Jepang dan bahasa Korea. Soalnya jarang banget (atau tidak ada?) aktor Korea yang bisa english dengan aksen Amerika sefasil Lee byung Hun.


#Kim Tae Ri (Go Ae Shin)
Go Ae Shin adalah putri bungsu dari keluarga Go, keluarga bangsawan yang sangat bergengsi dan dihormati. Saat usianya baru satu hari, ayah dan ibunya dibunuh di Jepang. Ia dibawa pulang ke Joseon dan dibesarkan oleh kakeknya. Kakeknya adalah pejabat integritas sekaligus guru raja Joseon. Seluruh warga Joseon sangat menghormati dan melindungi Ae Shin. Dia dikenal sebagai gadis yang tak hanya cantik rupanya tapi juga cantik hatinya. Berbeda seperti gadis bangsawan lainnya yang lebih suka mengoleksi perhiasan dan melukis, ia lebih suka membaca koran tentang perjuangan bangsanya melawan penjajah.



Tak banyak yang tahu (bahkan oleh bibinya sendiri) kalau sejak berusia dua puluh tahun, ia sudah belajar menembak. Ia bergabung menjadi salah satu anggota pasukan kebenaran (pasukan yang dibentuk oleh istana untuk melawan musuh secara diam-diam). Saat menjalankan misi membunuh warga Amerika, ia bertemu dengan Eugene yang punya misi yang sama. Pertemuan itu merubah hidupnya dan membuatnya berani bermimpi untuk pergi jauh dari Joseon.

Di balik kecantikan, keanggunan dan kecerdasannya, Ae Shin punya satu kekurangan yaitu gak pandai berbahasa inggris, karena itulah tanpa sepengetahuan kakek dan bibinya, ia putuskan masuk ke sekolah rakyat untuk belajar bahasa inggris. Ada satu sifat Ae Shin ini yang agak lucu menurut saya yaitu sikap sok tahunya. Hahaha, tanpa mengetahui artinya, ia mengajak Eugene melakukan LOVE dan kemudian merasa sangat malu saat mengetahui arti LOVE tak sesuai dugaannya. Puk puk uri Aigesshi 🀣. Ini nih adegan saat Ae Shin mengajak Eugene melakukan love dan ekspresinya saat mengetahui arti love πŸ˜‚πŸ˜‚




Seperti besarnya cinta Eugene kepadanya, rasa cintanya pada Eugene juga sangat besar. Ia bahkan rela menerima cemoohan dari banyak orang karena lebih memilih mempertahankan cintanya daripada menikah dengan tunangan yang sudah meninggalkannya (di zaman itu, wanita akan dicemooh saat pertunangan dibatalkan-walau pihak prialah yang melakukan kesalahan).

#Yoo Yeon Seok (Gu Dong Mae)
Adalah putra keluarga jagal yang saat kecil diperlakukan tidak adil oleh orang-orang di sekitarnya. Saat orang tuanya dibunuh, ia diselamatkan Ae Shin. Sejak saat itu, ia mengabdikan hidupnya untuk menghormati dan mencintai Ae Shin.



Setelah dewasa, ia menjadi ketua perkumpulan musin (perkumpulan preman dari Jepang yang rela melakukan apa saja asalkan dibayar). Dong Mae sangat fasih berbahasa Jepang dan menggunakan samurai. Sifatnya sangat kejam tapi lembut terhadap wanita lemah, Kudo Hina dan tentu saja Ae Shin. Ia tidak segan membunuh pria yang lancang berbicara hal buruk tentang Ae Shin. Sejak awal hingga akhir, cintanya pada Ae Shin gak berubah walau Ae Shin tak pernah menggubrisnya. Ia mencintai Ae Shin dengan caranya sendiri. Karakter Dong Mae ini juga membuat saya jatuh hati 😍. Tipikal bad boy gitu deh 😊

Dong Mae rela melakukan apa saja untuk menyelamatkan Ae Shin, sayangnya ia selalu menggunakan kekerasan saat melakukannya. Hal ini membuat Ae Shin semakin tidak suka padanya (selain cintanya memang hanya untuk Eugene seorang sih). Jujur saja, walau suka banget pada pasangan Eugene - Ae Shin tapi saya berharap Ae Shin mau membuka sedikit saja hatinya untuk melihat ketulusan dan maksud baik Dong Mae. Harapan saya baru terkabul menjelang episode-episode akhir. Ae Shin dengan tulus berterimakasih pada Dong Mae.

#Kim Min Jung (Kudo Hina)
Wanita korea berkewarganegaraan Jepang yang sangat fasih bermain anggar, pemilik hotel Glory tempat Eugene menginap. Ia adalah anak Lee Wan Ik, pria berkewarganegaraan Joseon yang mengkhianati negaranya dan memilih mengabdi kepada Jepang. Hina sangat akrab dengan Dong Mae, tapi diam-diam mencintai Eugene. Tujuan hidupnya adalah mencari ibunya yang terpisah darinya sejak kecil.



Kisah Hina ini cukup tragis. Saat masih muda, ia dinikahkan paksa oleh ayahnya dengan pria Jepang yang sudah tua dan mewarisi Hotel Glory saat suaminya meninggal dunia.

Beberapa kali Hina menyelamatkan Ae Shin dan kemudian merasa sangat nista karena ternyata ayahnya-lah yang membunuh kedua orang tua Ae Shin.

Walau gak pernah cocok, di episode-episode akhir, Kudo & Ae Shin bekerjasama demi meraih kemerdekaan Joseon dari tangan Jepang.

#Byun Yo Han (Kim Hee-Sung)
Ia adalah tunangan Ae Shin, cucu dari bangsawan yang membunuh orang tua Eugene. Ia kuliah di Jepang dan tak pernah kembali ke Joseon selama sepuluh tahun, meninggalkan Ae Shin tanpa kabar berita namun saat pertama kali melihat wajah Ae Shin ia langsung jatuh cinta (mereka dijodohkan oleh keluarga tanpa saling mengetahui rupa masing-masing).



Hee Sung orang yang ceria, ia menyukai bunga, wanita cantik, bulan, bintang dan hal-hal indah lainnya. Jiwanya lembut dan tak suka pada kekerasan. Ia juga tidak suka pada sifat buruk kakeknya. Walau banyak yang memujanya, tak sedikit yang benci padanya karena perlakuan buruk kakeknya di masa lalu.

Walau sangat mencintai Ae Shin, Hee Sung rela memutuskan pertunangan mereka. Sedih banget deh saat melihat adegan Hee Sung melepaskan Ae Shin 😒. Apalagi saat Ae Shin berkata padanya bahwa ada laki-laki lain yang menempati hatinya 😞. Menjodohkannya dengan Ae Shin adalah satu-satunya hal yang ia sukai dari sikap kakeknya semasa hidup.

Review

Sejak episode 1, saya sudah suka banget pada drama ini (yaiyalah, kalo gak suka mana mungkin dilanjutin nonton sampe tamat + baper pula, yekan!). Setiap episode saya selalu dibuat penasaran bakal ada adegan apalagi yaa nantinya? Karena itulah saya gak sabar menantikan datangnya hari sabtu dan minggu agar cepat-cepat tahu kelanjutan drama ini. Sejak drama ini tayang, saya punya kebiasaan baru pada hari sabtu dan minggu yaitu gentayangan di Instagram untuk mencari spoiler Mr. Sunshine (karena saya baru mendonlot dramanya pada hari senin pagi).

Drama ini berhasil mengaduk-aduk perasaan saya. Adegan romatis yang ditampilkan di drama ini terlihat berkelas πŸ‘.  Kita gak akan sering melihat pemerannya melakukan kontak fisik. Penonton baru disuguhkan adegan HUG pertama antara Ae Shin dan Eugene di akhir episode 8, yang mana karena adegan itu penonton (maksudnya saya) mulai berharap akan ada adegan lain yang lebih "berani" yang akan mereka lakukan di episode-episode berikutnya seperti misalnya adegan "KISS" 😘. Sayangnya hingga dramanya tamat keinginan penonton itu tak terkabul, hahaha πŸ˜©πŸ˜πŸ˜‚. #TertawaMiris

Seperti yang sudah saya katakan di awal tulisan ini, bahkan saat mereka bertatapan mata saja, hati ini sudah dibuat bahagia. Ada banyak adegan yang bikin baper, salah satunya saat Ae Shin tahu bahwa Eugene itu bukanlah berasal dari keluarga bangsawan seperti dirinya, melainkan hanyalah seorang budak.

"Negara yang ingin kau lindungi ini, sebenarnya untuk siapa? Adakah kehidupan untuk jagal? Adakah kehidupan untuk budak? Episode 10. 

"Aku sudah menduga reaksimu jika kuceritakan kisahku. Aku sudah tahu, tapi tetap saja terasa menyakitkan" Episode 11

"Kau teruslah maju. Aku akan melangkah mundur. Bukan karena statusmu yang tinggi, kau bisa saja memilih diam, kau bisa saja mengabaikannya, tapi di sini kau menangis, karena itu aku mundur. Di dunia ini, perbedaan memang ada, perbedaan kekuasaan, perbedaan pendapat, perbedaan status sosial, tapi itu bukan salahmu, bukan pula salahku, hanya saja kita telah bertemu di dunia seperti ini". Episode 11

Adegan lain yang gak kalah bikin baper adalah saat mereka akan melakukan perjalanan ke Jepang. Dua hari sebelum keberangkatan, Eugene memakaikan cincin ke jari manis Ae Shin dan mengatakan bahwa di Amerika, bila seorang pria memasangkan cincin ke jari wanita, maka itu berarti wanita tersebut adalah istrinya. Dan di atas kereta dalam perjalanan ke Jepang, Ae Shin balas memasangkan cincin ke jari manis Eugene sambil mengatakan ia mencintai Eugene.




Selain bertaburan adegan yang bikin baper, di drama ini juga banyak bertaburan humor-humor berkelas di antara pemerannya plus tingkah Ae Shin yang sok tahu itu jadi kita tak hanya dibuat tegang dan baper saja tapi juga dibuat tersenyum dan tertawa melihat tingkah konyol mereka. Tingkah trio fanboy Ae Shin saat ngumpul sungguh bikin gregetan.



Di drama ini semua adegan dan pemainnya terasa hidup, bahkan peran sekecil apapun yang muncul rasanya tak kuasa untuk saya skip (saya sering skip adegan-adegan di drama Korea yang saya tonton). Pemilihan aktor dan aktrisnya juga pas. Tak hanya itu, sinematografi drama ini keren banget, menonton drama ini rasanya seperti menonton film. Belum lagi semua OST-nya bagus dan sangat enak didengar bahkan oleh orang yang gak ngerti apa arti lirik lagunyaπŸ‘πŸ‘.

Untuk akting pemainnya? Hmmm gak perlu diragukan lagi lah yaa, Lee Byung Hun adalah aktor kelas A di Korea yang juga sudah melebarkan sayapnya hingga ke Hollywood. Sedangkan Kim Tae Ri, walau ini adalah drama pertamanya tapi kemampuannya tak bisa dipandang sebelah mata, buktinya ia mampu mengimbangi akting LBH. Dan untuk 3 pemeran utama lainnya, aktingnya juga jempolan. Fyi, dalam pagelaran APAN Star Awards 2018 yang baru digelar, MR. Sunshine ini berhasil membawa pulang 4 Award, diantaranya;
- Drama Of The Year
- Daesang (Grand Prize): Lee Byung Hun
- Best New Actress: Kim Tae Ri
- Best Supporting Actress: Kim Min Jung

Yeay, cukkae πŸ‘πŸ‘. Gak sia-sia rasa sukaku pada drama ini, dramanya memang DAEBAK, terbukti terpilih sebagai drama of the year πŸ‘πŸ‘

Kesimpulan

Setelah menyaksikan drama ini sepanjang 24 episode, kesimpulan saya adalah dramanya keren dan patut banget ditonton πŸ‘. Di drama ini sangat jelas digambarkan bahwa cinta sejati membuatmu mampu melakukan apa saja. Ketika kamu memutuskan untuk mencintai, maka bersiaplah mempertaruhkan segalanya untuk yang kamu cintai πŸ’™

**

Gimana gaes, apakah kamu juga sudah menonton drama ini? Bagaimana kesan yang kamu rasakan usai menontonnya?? Apakah baper juga seperti saya?

Akhirnya review drama korea Mr. Saya saya cukupkan sampai di sini. Maafkan bila review-nya banyak kekurangannya yaa πŸ˜‰πŸ˜Š


*sumber foto & video:
http://asianwiki.com/Mr._Sunshine
https://www.instagram.com/utarykk/
https://www.instagram.com/mrsunshinenetflix/

You May Also Like

31 komentar

  1. Revoew yangcakep kba ira. Ah ini tho yang sering dijadiin status wa. Tuntas sudah penasaranku dan nalah jadi pengen kepo buat nonton juga.

    BalasHapus
  2. Harusnya ditambahin mbak, bagi yang kurang menyukai kekerasan bisa diskip di episode 1 πŸ˜‚πŸ˜‚ just kidding mbak. Thank you reviewnya.. Jadi Ada sedikit gambaran nih

    BalasHapus
  3. Wah... ini nih yang lagi ramai di sosmed belakangan ini. Sangat bermanfaat sekali mbak revewnya, saya jadi sedikit banyak tau tentag filmnya hihi :)

    BalasHapus
  4. aq kurang suka filmnya mbak, belum kayanya sih, krn ceritanya dari zaman dulu gitu kali yah, jd baru nonton episode awal terus blm aq lanjutin lagi tapi baca review ini jadi pengen nonton lagi deh,,, thanks mbak

    BalasHapus
  5. Pemeran wanitanya mmg masih keliatan muda banget ya dibanding si ahjussi. Tapi malah jadi sesuai/cocok dgn karakter dramanya. Jujur aja sih sy mmg termasuk yang smpt ilfil sama Lee Byung Hun ahjussi gara2 berita skandalnya dulu hehe

    BalasHapus
  6. Totaaaaal diii Kak..
    akhirnya ada review drakor juga disini yang sebelumnya cuma Bollywood Indiahe terus yaak, hihihh.

    jadi penasaran dengan dramanya Kak :D

    BalasHapus
  7. Saya belum pernah skalipun nonton drakor!!! Hahaha...
    Tapi yang ini bolehlah kayaknya.

    BalasHapus
  8. Aku paling suka yang berbau percintaan, kalo perang gini kok kurang suka karna nggak gereget gini. Ini menurut aku ya hihihi

    BalasHapus
  9. udah lama nih gak nonton drama kolosal gini, jadi penasaran

    BalasHapus
  10. Di Netflix ada ini serialnya aku mundur maju mau nonton, t api setelah caca reveiwnya menarik juga

    BalasHapus
  11. Suka banget cara mba Ira mereview.
    Aku sering bolak-balik scroll biar lebih greget.

    Meski aku bukan pencinta drakor, plot dan genrenya memang "mengundang" ya.

    Aku pernah review juga satu film romantik yang disadur dari novel karya Jane Austen tapi Hollywood sih, "Pride & Prejudice".
    Mba bisa browsing pakai judul itu di "Search".

    Film itu asli bikin baper, bahkan sampai kini, HIHIHI.


    BalasHapus
  12. Keren selalu yah drama kolosal korea, kenapa yah indonesia gak membuat drama kolosal sekeren ini jugaa.. apalagi ditambah dengan tujuan filmnya.. duhhh

    BalasHapus
  13. Pemerannya bikin meleleh ya ganteng-ganteng banget mba. Filmnya bercerita tentang masa lampau ya pasti keren banget deh, jadi penasaran mau nonton juga

    BalasHapus
  14. Duh makin penasaran sama drama Mr. Sunshine, sayang di VIU nggak ada, mesti donlot netflix nih

    BalasHapus
  15. Pssst...bisikin endingnya dong mba..penasaran euy...

    BalasHapus
  16. liat thriller and foto-fotonyaaa luck ya ba. SUka dengan bau-bajunya deh...jadi udah tamat nontonnya mba

    BalasHapus
  17. Oh Korea juga punya drama kolosal ya? Aku baru tahu hehe he.. kaya putri huan zhu gitu gak sih mba? :)

    BalasHapus
  18. Elah, aku kok baper bacanya. Mungkin next time mau coba nonton karena sesungguhnya aku kurang suka drama sejarah. Takut keberatan di otak, ckckck

    Itu Yoo Yeon Seok pantes jadi Orang Jepang. Mukanya udah pas, hahaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Andwae!
      Keshayangan ku ini orang Korea kok...blasteran ama bule.
      Hhaha...

      Hapus
  19. Ya Allaaaahhh aku bapeeerrrr nonton cuplikan2nya TT___TT
    Itu Ae Shin imut banget sih mukanyaaaaa. Kenapaaaah ini dramanya bikin aku berkaca2?? huhuhuhu

    BalasHapus
  20. Aku kok gak beres-beres siih nonton drama ini...?
    Bukan karena gak bagus, tapi karena terasa flat di tengah-tengah episode.
    Mungkin ku lelah dengan konflik yang terjadi dengan para penjajah itu.

    Dan aku jadi ikutan benci sama Jepang.
    Karena mereka antagonis.
    Gak di Korea, gak di Indonesia...sama-sama nappeun!



    **ini komen kok penuh amarah siik..
    Hhahaa...neomu mianhae.

    BalasHapus
  21. Mba Ira sukses bikin aku ketularan bapernya. Setelah sekian purnama nggak pernah nonton drama Korea, kayaknya Mr Sunshine bakal jadi drama Korea pertama yg aku tonton

    BalasHapus
  22. Belum nontooon!
    Ga ada di Viu, hiks
    Padahal sudah yakin bisa nonton.

    BalasHapus
  23. Belum nonton dan jadi penasaran tingkat dewa #halah aku agak trouble nih akhir-akhir ini buat download. Sebel deh padahal hasrat nonton udah melonjak drastis Semoga bisa lekas menyusulmu nonton mr sunshine mba

    BalasHapus
  24. Kayaknya aku bakal nyari drakor ini deh hahahahaha. Ketularan mb Ira

    BalasHapus
  25. Aduh mba gawat nih, baca reviewnya kok aku jadi pengin ikutan nonton huhu... liat di netflix ah ��

    BalasHapus
  26. Aku sangat menyukai film yang menceritakan sejarah, nah pas banget nih. Masukin list ah

    BalasHapus
  27. Akhirnya tergoda jg bikin postingan review drakor ya mba.

    BalasHapus
  28. Ceritanya kompleks sekali ya meskipun sebenarnya ringan saja temanya. Percintaan Eugene, sang putri dan anak jagal itu loh, seperti kisah cinta segitiga.

    BalasHapus
  29. Bagus mba sinopsisnya uda kumplit kalau menurut aku. Aku bukan penggemar drakor sih tp pernah nonton beberapa. Yang model2 jaman joseon gini aku suka

    BalasHapus
  30. Apa hanya saya yang nonton film-nya cuma karna ingin lihat ceweknya doang :D

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus πŸ˜‰