BANTU RINGANKAN BEBAN SAUDARA KITA DENGAN GALANG DANA ONLINE MELALUI PEDULISEHAT.ID

Mei 01, 2019


Di zaman digital ini, hampir semua hal bisa dilakukan secara online yaa, mulai dari komunikasi, belanja, kuliah, pesan makanan, pesan tiket dan hotel saat hendak berpergian, buka tabungan dan deposito, pinjam dana, bayar cicilan kredit hingga... galang dana online.

Ya, kita hidup di zaman yang apa-apa serba dimudahkan berkat kemajuan teknologi. Bila dulu kita membutuhkan banyak waktu untuk melakukan semua hal di atas, kini hanya bermodalkan smartphone/laptop/PC dan kuota internet, dalam hitungan menit semua bisa kita lakukan.

Ngomong-ngomong tentang galang dana online, zaman sekarang banyak banget yang melakukan kegiatan ini baik yang dilakukan oleh perorangan maupun yang dilakukan oleh organisasi (berbadan hukum maupun yang tidak). Galang dana online merupakan sebuah usaha yang dilakukan untuk mendanai sebuah proyek tertentu dengan cara mengumpulkan sejumlah uang dari orang-orang yang berdonasi.

Ya, saat ini penggalangan dana secara online telah menjadi tren dan sedang marak dilakukan di masyarakat. Hal ini berbeda dengan beberapa tahun lalu, yang mana untuk menggalang dana kita masih melakukannya secara manual sehingga butuh waktu sedikit lebih lama untuk menyalurkan bantuan yang sudah kita kumpulkan tersebut. Di era digital ini, hal seperti itu tidak perlu terjadi lagi karena kita bisa melakukan penggalangan dana online, apalagi sudah banyak website galang dana online terpercaya yang bisa kita pilih untuk menyalurkan bantuan kita pada orang yang benar-benar membutuhkan.

Ada banyak tujuan dilakukannya kegiatan ini misalnya untuk memberi dana pendidikan kepada anak-anak berprestasi namun tak punya biaya untuk melanjutkan sekolahnya, memberi bantuan modal kepada mereka yang sedang membangun usaha namun terkendala masalah keuangan, memberi bantuan dana kepada mereka yang sakit namun tak punya biaya untuk berobat, atau hal lain yang sekiranya memberi manfaat kepada mereka yang sedang membutuhkan bantuan. Intinya, galang dana online ini dilakukan semata-mata demi tujuan kemanusiaan.

Namun di antara banyaknya tujuan dilakukannya galang dana online yang saya sebutkan di atas, pada kesempatan ini saya akan fokus menuliskan tentang galang dana online untuk saudara-saudara kita yang sedang sakit namun tak punya dana untuk berobat.

galang dana online
pic source: pixabay.com

Rasa-rasanya hampir setiap hari kita melihat atau membaca berita di sosial media tentang seseorang yang sakit parah seperti kanker atau sakit jantung dan butuh bantuan karena si penderita dan keluarganya kekurangan dana untuk biaya pengobatan dan perawatan penyakitnya. Sebagai manusia yang punya rasa empati, hati kita tentu merasa tersentuh setiap kali membaca berita seperti itu, karena jangankan menderita kedua penyakit kritis tersebut, sakit gigi saja sudah nyiksa banget.

Saat melihat dan membaca berita tentang orang sakit yang tak memiliki biaya untuk berobat, rasanya hati ini ingin segera menjenguk dan membantunya, namun kadang niat tak semudah itu dilaksanakan karena ada beberapa hal yang menjadi penghalang, salah satunya adalah jarak yang jauh. Maka langkah yang paling mudah yang dapat kita lakukan untuk meringankan beban penderita adalah dengan mengirimkan bantuan berupa uang, dalam hal ini kita bisa membantunya melalui galang dana online.

Di antara banyak organisasi yang melakukan penggalangan donasi kesehatan secara online, salah satu yang terpercaya dan bisa kita pilih untuk menyalurkan donasi kita adalah Peduli Sehat melalui websitenya di https://www.pedulisehat.id/.

galang dana online via Peduli Sehat

Apa itu PeduliSehat.Id?

Peduli Sehat adalah sebuah wadah untuk menyalurkan bantuan dana dari donatur secara online, real time dan transparan kepada saudara kita yang sedang menderita penyakit kritis namun tidak memiliki cukup dana untuk perawatan, pengobatan dan bertahan hidup.

galang dana online

Sebagai negara dengan populasi terbesar ke-4 dunia, Indonesia merupakan negara besar dengan total penduduk hampir mencapai 265 juta jiwa. Dibandingkan dengan kondisi di negara-negara maju, 80% penduduk Indonesia boleh dikatakan masih jauh dari harapan untuk hidup sehat.

Tak sedikit masyarakat Indonesia yang menderita penyakit kritis dan tidak mampu berobat karena masalah finansial terutama oleh mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu. Sementara itu, masyarakat menengah ke atas telah menghabiskan banyak dana untuk mengobati penyakit berat yang mereka derita. World Health Organization (WHO) dan World Bank memperkirakan 12 juta penduduk Indonesia didiagnosa menderita penyakit kritis pada tahun 2017. Sementara itu, tahun 2008, ada 36,1 juta orang meninggal dunia akibat penyakit kritis. Huhuhu, sungguh fakta yang menyedihkan.

Menyadari hal itu, Peduli Sehat hadir sebagai salah satu wadah yang menawarkan layanan penggalangan dana kesehatan dan menyebarkan penggalangan dana melalui media sosial. Peduli Sehat fokus pada pasien yang menderita penyakit kronis yang tidak memiliki cukup dana untuk perawatan, berobat juga bertahan hidup, dikarenakan masih terdapat biaya lainnya (biaya obat, biaya susu khusus untuk pasien bayi dan balita, alat medis penunjang kesehatan) yang tidak dapat dibiayai melalui program kartu BPJS (Badan Penyelenggara jaminan Sosial) atau JKN (Jaminan Kesehatan Nasional). 

Visi
Peduli Sehat hadir untuk memberikan keberanian dan kekuatan pada setiap keluarga dalam menghadapi penyakit yang diderita.

Misi
Menjadi perusahaan berbasis teknologi dengan kesadaran tertinggi perihal tanggung jawab sosial.
galang dana online
saudara-saudara kita yang sedang butuh donasi di Peduli Sehat
Lalu siapakah yang boleh melakukan galang dana online di Peduli Sehat? Siapa saja dipersilakan melakukan penggalangan dana di Peduli Sehat baik perorangan maupun komunitas atau organisasi, namun tetap harus memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku. Dalam melakukan penggalangan dana, ada beberapa dokumen yang mesti disiapkan, KTP, Kartu Keluarga, foto terbaru, no. rekening, dan surat kuasa (untuk beberapa kasus).

Sedangkan untuk pasien, tidak ada syarat khusus yang ditetapkan oleh Peduli Sehat. Pasien yang didaftarkan untuk penggalangan dana boleh dalam kondisi sedang dirawat di rumah sakit atau sedang rawat jalan, pasien yang mencoba bertahan hidup dengan penyakit kritisnya juga tetap bisa diterima. asalkan penggalang dana memberikan data yang benar terkait pasien yang didaftarkan.
Berikut langkah-langkah yang dilakukan untuk mendapatkan donasi di Peduli Sehat:
  • Buka aplikasi Peduli Sehat (yang telah diunduh di smartphone) atau buka website Peduli Sehat di https://www.pedulisehat.id/.
  • Lakukan registrasi. Tinggal pilih masuk dengan menggunakan akun Facebook, Google, atau  nomor telepon.
  • Klik option “Galang Dana” 
  • Isi semua data yang diminta, lalu klik “Ajukan” 
  • Lalu bagikan halaman galang dana online yang telah dibuat ke akun media sosial.
Langkahnya cukup mudah yaa. Lalu langkah apa yang harus dilakukan oleh mereka yang ingin berpartisipasi sebagai donatur untuk memberikan bantuan donasi kepada para penderita penyakit maupun keluarganya yang sedang membutuhkan bantuan? Berikut langkah-langkah yang dilakukan:
  • Buka aplikasi atau masuk ke website Peduli Sehat
  • Masuk ke bagian kampanye dan pilih pasien yang hendak dibantu
  • Klik tombol "donasi" bila ingin berdonasi (minimal Rp. 10.000,-) atau tombol "bagikan" bila hanya ingin membagikan info kampanye di sosmed
  • Isi jumlah donasi dan pilih metode pembayaran
  • Ikuti prosedur pembayaran yang tertera pada halaman pembayaran untuk menyelesaikan donasi. 
galang dana online

Oh iya, kita tak perlu khawatir dana yang sudah kita donasikan akan disalahgunakan karena Peduli Sehat ini dimonitor langsung oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia & Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Peduli Sehat tercatat di Kemenkumham dengan No AHU-0033383.AH.01.01 Tahun 2018 dan Kominfo dengan No 01204/DJAI.PSE/10/2018.

Harapan saya, dengan adanya galang dana online via Peduli Sehat ini, semakin banyak saudara-saudara kita yang sedang sakit dan butuh bantuan dana mendapatkan bantuan dan semoga penyakit yang mereka derita segera sembuh. Tak lupa saya berdoa semoga mereka diberi kekuatan untuk menghadapi cobaan yang sedang dijalaninya. Dan bagi para pemberi donasi, semoga rezekinya semakin dilancarkan agar semakin giat membantu lebih banyak orang lagi, amiiin.

Gimana gaes, apakah kamu juga tertarik melakukan galang dana online atau donasi online untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang sakit dan butuh uluran tangan kita? Boleh banget buka website Peduli Sehat atau instal aplikasi Peduli Sehat di smartphone-mu :)

You Might Also Like

60 Komentar

  1. Waaah, bisa pakai ovo dan gopay juga ya Mbak. Praktis banget. Semoga melalui aplikasi ini makin banyak yang terbantu ya Mbak....

    BalasHapus
  2. Mba, aku miris banget lihat foto2 yang ditampilkan di aplikasinya itu. Begitu banyak ya saudara kita yang mengalami sakit berat dan butuh bantuan. Peduli Sehat ini bagus banget, bisa digunakan bagi kita yang ingin berdonasi secara mudah dan praktis. Bahkan mau berdonasi secara anonim pun bisa yaa...

    BalasHapus
  3. Keren nih penggalangan dana online. Jadi gk worry untuk menyumbangkan dana disini ya mbk peduli sehat

    BalasHapus
  4. Gerakan Galang dana di pedulisehat.id bisa dilakukan sendiri jadi bisa membantu orang di sekitar.

    Makin banyak orang yang bisa membantu orang lain

    BalasHapus
  5. Peduli sehat ini ngebantu banget ya jadi kalau mau galang dana jadi mudah. Mudah mudahan jadi amal jariyah karena mau membantu mereka yang membutuhkan uluran tangan

    BalasHapus
  6. alhamdulillag ya mba ada penggalangan dana untuk kesehatan di pedulisehat.id ini. kita jadi terfasilitasi untuk berdonasi dan bisa dengan mudah menyalurkan dana donasinya. bisa dengan e-wallet atau minimarket juga, ga harus melalui perbankan.

    BalasHapus
  7. Sedih memang ya kalau ada yang sakit parah namun tak punya dana untuk berobat. Aplikasi ini bisa jadi solusinya.

    BalasHapus
  8. Wah mantaps nih program yg bagus sekali haris kita dukung agar makin banyak org 2 yg membutuhkan terbantu ya..

    BalasHapus
  9. Membantu sesama yang membutuhkan jadinya sangat mudah ya. Alhamdulillah

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah, aku merasa sangat dipermudah untuk berbagi. Apalagi bisa pakai OVO atau GOPAY ya. Kalau pas saldo entong alias habis tinggal lari ke alfamart yang hanya selemparan kolor saja. Semoga dengan adanya Peduli Sehat ini makin banyak orang yang terbantu dan bisa kembali sehat. Aamiin.

    BalasHapus
  11. Mungkin kecil buat kita tapi besar buay mereka yang membutuhkan ya mbak. Donasi melalui Galang Dana Online mudah ya, semoga makin banyakyang donasi dan makin banyak yang terbantu

    BalasHapus
  12. Buat para pasien ini membantu banget ya mbak. Semoga semua pihak amanah ya mbak.

    BalasHapus
  13. Rada ngilu dan miris liat foto2 pasien yg ada di halaman aplikasinya. Semoga mereka semua bisa dibantu

    BalasHapus
  14. Kalau lewat aplikasi jadi mudah diakses kapan pun dan dimanapun secara real time, jadi donatur bisa update terus kondisi pasien yang dibantunya

    BalasHapus
  15. MashaAllah~
    Minimal 10ribu sudah bisa membantu saudara kita yang membutuhkan yaa, kak Ira..

    Bismillah~
    Semoga makin banyak donatur yang menyumbang di Peduli Sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salut sama yang membuat apps peduli sehat ini untuk membantu galang dana online.
      Selama ini, yang terpikirkan hanyalah galang dana untuk offline sebatas untuk orang terdekat.

      Hapus
  16. Alhamdulillah melalui aplikasi ini kita turut membantu ya mba Ira
    aku juga pengen bisa berkontribusi, aamiin. Aku tar kepo ah kayak apa isiannya
    biar bisa ngeshare juga ke temen2 yang lain

    BalasHapus
  17. Keren aplikasinya. Bikin yang kepengen berdonasi tanpa diketahui banyak orang bisa tersalurkan. Dan kayaknya bisa berapa pun ya. Gak mesti nunggu dalam jumlah yang besar. Pas buat milenial.

    BalasHapus
  18. Donasi seperti ini akan sangat membantu mereka yang memang sangat membutuhkan ya mba

    BalasHapus
  19. Penggalangan dana online sekarang marak tapi sayangnya ada oknum yang memanfaatkan utk tipu2, kalau ada aplikasi semacamm ini enak, insyaAllah tersalurkan kepada yang bener2 membutuhkan, lbh amanah ya mbak

    BalasHapus
  20. Bagus sih sistem galang dana online ini ya karena yang membutuhkan terbantu dan yang bisa membantu punya wadah untuk berbuat kebaikan lebih banyak lagi.

    BalasHapus
  21. Masya Allah ini bagus banget lho untuk bantu biaya pengobatan. Yang penting udah ada izin dari Kemenkumham dan Kominfo berarti insya Allah amanah untuk penyaluran dana.

    BalasHapus
  22. Wah, insyaAllah amanah ya mbak, kadang kan was-was juga kalau mau nyalurin dana ke web yang belum jelas gitu.

    BalasHapus
  23. Penyakit kritis bisa menimpa siapa saja dan biaya pengobatan sangat mahal, dengan galang dana online bisa membantu saudara kita yang kesulitan ya

    BalasHapus
  24. Waah kubaru tauuu, cara pembayarannya pun flexible bisa pake ovo, gopay bahkan mini market yaaa.

    Semoga tergugah dengan penggalangan dana onlen buat mwmbantu sesamaa

    BalasHapus
  25. Mencari pahala sekarang makin mudah ya mba, kemajuan teknologi makin keren sekarang beramal bisa pakai ovo dan gopay

    BalasHapus
  26. Mudahnya berbagi di zaman sekarang. Pemanfaatan teknologi ke arah kebaikan seperti ini membuat orang bisa berbagi kapanpun dimanapun

    BalasHapus
  27. Di era digital semua serba praktis karena sudah online. Baca reviewnya, Peduli Sehat emang bagus nih. Mudah, cepat dan transparan. Kita bisa cek campaign dan donasi secara real time. Mantap

    BalasHapus
  28. Membantu sesama secara online sekarang semakin mudah caranya ya.. ada aplikasinya pula, jadi praktis. Mau bantu galang dana saja atau jadi donatur sekalian, bisa banget.

    BalasHapus
  29. Aduh, sa baca ini langsung ingat kemarin ada yg share status sedih sekali tebtang keluarga tidak mampu di Kendari, bayinya sampai meninggal karna dehidrasi (karna orang tuanya kelaran juga, produksi asi berhenti), apalagi untuk berobat ndak ada uangnya.. Hikss.. Semoga dengan adanya aplikasi seperti ini, penggalangan dana jadi lebih mudah..

    BalasHapus
  30. alhamdulilah yah ada galang dana online ini ya mba jadi memudahkan untuk bisa berdonasi kepada siapapun yang benar membutuhkan :)

    BalasHapus
  31. Alhamdulillah. Dengan adanya aplikasi seperti ini semoga semakin banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan ditolong, ya. Kita yang ingin membantu pun lebih mudah caranya

    BalasHapus
  32. Banyak cara urk berbagi utk sesama dan utk skala jumlah besar bisa menggalang dana melalui online asalkan S n K dari PEDULI SEHAT fipenuhi

    BalasHapus
  33. Kini bertambah lagi referensi platform penggalangan donasi kesehatan online.
    Yuk mari bersama bantu sebarkan dan menjadi bagian dari kebaikan.

    BalasHapus
  34. Peduli sehat ini sangat memudahkan kita untuk galang dana dan juga donasi, semoga makin banyaksaudara2 kita yang terbantu ya

    BalasHapus
  35. Betapa bersyukur dan beruntungnya kita yang sehat, ya.. melihat kondisi mereka yang sedang sakit rasanya ngilu banget di hati.. :(

    Semoga mereka segera mendapatkan bantuan dari kita semua yang berdonasi online melalui peduli sehat. Toh sekarang berdonasi mudah banget.. hanya tinggal klak klik aja di HP.

    BalasHapus
  36. Mantab yah kak tercatat juga di Kemenkumham, jadinya gak khawatir deh dalam melakukan donasi melalui platform peduli sehat hehe

    BalasHapus
  37. Saya sepakat dengan ini
    Bahkan saya bisa jadi dengan mudah bantu sesama kalau ada jalan seperti ini

    BalasHapus
  38. Sekarang untuk berdonasi makin mudah ya mbak, cukup memanfaatkan Galang dana online maka kita dapat membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan...dan untuk membantu tidak perlu memandang status sosial karena siapapun layak untuk dibantu....

    BalasHapus
  39. kadang beberapa orang suka bertanya kalau lagi galang dana, bisa pakai bank ini ngga, bank itu ngga? sementara biasanya kita cuma pakai satu akun bank aja, dan beberapa dari donatur suka mengurugkan niat karena beda bank. sekarang enak banget ada peduli sehat, banyak channel pembayaran bahkan bisa pakai gopay dan ovo.

    BalasHapus
  40. Tiap orang berhak untuk sehat, apalagi sekarang dengan peduli sehat proses penggalangan dana online jadi lebih mudah, transparan dan fleksibel

    BalasHapus
  41. Alhamdulillah banyak loh yang terbantu dengan donasi online kayak gini...karena memudahkan banget buat yang ingin berdonasi juga

    BalasHapus
  42. Penyakit Kanker memang membutuhkan dana yang nggak sedikit untuk pengobatannya ya mba. Semoga aplikasi Galang dana Online ini bisa membantu banyak orang yang membutuhkan dana untuk menyembuhkan sakitnya

    BalasHapus
  43. Alhamdulillah senang ya sekarang makin banyak donasi yang memudahkan kita untuk berbagi dah gitu metode penyaluran dananya juga banyak pilihan pula jadi bisa berbagi kapan pun.

    BalasHapus
  44. Iya nih program keren ya semoga makin banyak yg terbantu sgn program ini

    BalasHapus
  45. Banyak juga ya mba yang terserang penyakit berat, padahal di sisi keuangan bisa dibilang mereka kurang mampu. Sudah sepatutnya kita bantu meringankan beban ini. Dengan Peduli Sehat kini menggalang dana online makin mudah, siapa saja bisa berdonasi dari mana saja.

    BalasHapus
  46. Melalui galang dan on;ine cakupannya bisa lebih luas ya, sedkit tapi kalau banayk yang mendonasikan dananya bisa membantu mereka yang membutuhkan

    BalasHapus
  47. Galang dana oline ini memang ngebantu banget mba. Aku jadi tahu tentang orang yang hadapi masalah sakit bisa dibantu dengan mudah dengan adanya galang dana online ini

    BalasHapus
  48. bagus banget ada platform seperti ini. Bisa membantu sesama dan dapat pahala juga.

    BalasHapus
  49. Salah satu bukti pemanfaatan fintech yang berfaedah buat milenial ini ya. Bikin kita semua bisa bedonasi secara personal tanpa takut dibilang riya dan ujub :)

    BalasHapus
  50. ini aplikasi keren nih biar penggalangan dana bisa lebih baik dan transparan

    BalasHapus
  51. Peduli sehat juga sudah terkoneksi dengan ovondan gopay ya. Donasinya lebih mudah dan praktis.

    BalasHapus
  52. Aku belum pernah berdonasi dengan pedulisehat sih. Biasanya aku kalau mau donasi pakai kitabisa.com. Tapi dengan adanya pedulisehat ini bisa menjadi alternatif buat siapa saja yang mau berdonasi khususnya di bidang kesehatan ya

    BalasHapus
  53. temenku kemaren cerita nih kak, tentang peduli sehat ini. katanya bagus dan diawasi pemerintah ya kak. alhamdulillah kita semakin dimudahkan dengan kemajuan teknologi ya kak

    BalasHapus
  54. Nah ini dia insyaallah akan terus memberikan harapan para pasien yang benar2 membutuhkan biaya perawatan, Go go go galang dana online

    BalasHapus
  55. Ternyata ada yg memfasilitasi dan memudahkan kita untuk berbuat kebaikan ya mba. Ternyata dari satu aplikasi kita bisa tahu siapa yang sakit, dan bisa kita bantu langsung kepada yang berhak.

    BalasHapus
  56. Dengan aplikasi dana online berbuat baik jadi mudah tanpa batasan ruang dabmn waktu...

    BalasHapus
  57. alhamdulillah sudah ada aplikasi galang dana online yang tercata di kemenkumham.. jadi percaya sama aplikasi ini, nggak disalah gunakan oleh oknum oknum yang tidak bertanggung jawab.

    makasih kak sudah sharing info ttg galang dana online nya..

    BalasHapus
  58. Ya Allah semoga yang sedang sakit segera disehatkan aamiin
    Semoga banyak yang berdonasi, apalagi sekarang dimudahkan dengan galang dana online

    BalasHapus
  59. zaman sekarang semakin banyak cara untuk berdonasi atau membantu oranglain. tentunya dengan program galan dana seperti ini sangat membantu orang yg sedang membutuhkan. apalagi laporannya sangat transparan dan mudah diketahui kemana saja dana tersebut diarahkan. makin mantap sekali.

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉

Member Of




Recent Comments

`