MEMILIH PROBIOTIK YANG AMAN UNTUK BAYI DAN ANAK-ANAK

Februari 02, 2023



Beberapa hari ini cuaca di daerah kami tidak menentu, kadang panas dan kadang hujan, tapi lebih sering hujan sih. Dan di saat kondisi cuaca seperti ini, biasanya ada beberapa binatang yang kehadirannya tidak diharapkan, di antaranya adalah lalat dan nyamuk. Semua pasti sepakat, kedua binatang ini identik dengan penyakit. Nyamuk identik dengan demam berdarah sedangkan lalat menjadi salah satu penyebab sakit perut dan diare.

Sebagai ibu, saya tentu tidak mau keluarga kami terkena penyakit akibat perubahan cuaca yang tidak menentu ini, oleh karena itu saya melakukan beberapa tindakan preventif atau pencegahan demi menjaga imunitas keluarga salah satunya dengan cara memberikan makanan bergizi untuk seluruh anggota keluarga.

Ngomong-ngomong tentang diare, saya lumayan trauma dengan penyakit ini. Pada bulan Desember lalu, anak kedua saya masuk rumah sakit karena diare. Untung saja kami segera membawanya ke rumah sakit. Menurut dokter, diare akan sangat berbahaya bila tidak segera ditangani karena dapat menyebabkan dehidrasi bahkan kematian, huhuhu ternyata ngeri banget yaa diare itu.

Saat akan keluar dari rumah sakit, salah satu pesan dokter yang disampaikan kepada saya adalah agar selalu memberikan asupan makanan bergizi yang mengandung probiotik untuk menjaga kesehatan saluran cerna karena menurut beliau anak akan sehat bila memiliki usus dan saluran cerna yang juga sehat. Probiotik yang dikandung makanan akan menjaga kesehatan saluran cerna anak hingga anak tumbuh sehat dan tidak gampang sakit.

Masalah yang timbul pada saluran pencernaan yang tidak sehat, diantaranya:
  • Diare
  • Konstipasi (sembelit)
  • Sakit perut
  • Kembung
  • Kolik pada bayi (tangisan berlebih)
  • Gumoh pada bayi


Apa itu Probiotik?

Probiotik adalah bakteri yang hidup di dalam usus yang memberikan efek kesehatan dengan cara memperbaiki keseimbangan mikroba saluran cerna. Probiotik biasa disebut bakteri baik yang menjaga kesehatan saluran cerna. Probiotik dapat diperoleh melalui makanan, minuman atau suplemen.

Selain probiotik, ada satu lagi yang tidak kalah penting yaitu prebiotik. Prebiotik adalah zat yang berasal dari karbohidrat dan serat yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan manusia. Prebiotik berfungsi sebagai sumber makanan bagi probiotik di dalam usus. Jadi keberadaan probiotik dan prebiotik ini sangat bermanfaat bagi kesehatan saluran pencernaan.

Karena manfaatnya yang sangat bagus untuk kesehatan, mungkin bakalan ada yang bertanya “apakah probiotik adalah obat?” jawabannya adalah bukan. BPOM mengkategorikan probiotik sebagai suplemen makanan. Menurut WHO, probiotik sebagai mikroorganisme hidup yang apabila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dapat memberikan manfaat kesehatan bagi yang mengonsumsinya.

Berikut syarat probiotik yang baik menurut WHO:
  • Berasal dari manusia
  • Dapat tumbuh dan bertahan di mukosa saluran cerna
  • Tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu
  • Menghasilkan zat anti mikroba
  • Mampu melawan mikroorganisme jahat (pathogen)
  • Terdokumentasi penelitian klinis yang baik
Lalu bagaimana cara agar saluran cerna dapat memiliki probiotik yang cukup dan sesuai standar WHO? Tentu haruslah mengonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung probiotik atau mengonsumsi suplemen probiotik yang dijual di pasaran, salah satu suplemen probiotik yang telah memenuhi semua syarat probiotik baik dari WHO, yaitu INTERLAC.

Interlac Probiotik Drops

Interlac Probiotik Drops adalah suplemen probiotik anak yang dapat dikonsumsi oleh bayi dan anak-anak yang diimpor dari BioGaia, perusahaan Swedia yang dikenal sebagai World Leader in Probiotics. Interlac merupakan satu-satunya produk probiotik di Indonesia yang mengandung Lactobacillus reuteri DSM 17938 yang merupakan salah satu probiotik yang paling banyak diteliti di dunia dengan efikasi dan keamanan yang teruji klinis untuk segala usia.

Interlac Probiotik Drops adalah probiotik pertama dengan sediaan oral drops di Indonesia yang cocok untuk bayi baru lahir hingga anak-anak berusia dua tahun. Berbeda dengan probiotik lainnya, Interlac Probiotik Drops ini tidak memiliki rasa (plain) dan sama sekali tidak mengandung laktosa sehingga aman untuk bayi yang intoleransi laktosa. Jadi buat ibu-ibu yang sedang mencari probiotik untuk bayi, Interlac ini adalah pilihan yang sangat tepat.




Beberapa manfaat yang diperoleh bayi dan anak-anak ketika mengonsumsi Interlac:
πŸ‘ Menjaga kesehatan saluran cerna sehingga bayi dan anak terbebas dari diare, konstipasi (sembelit)dan regurgitasi (naiknya asam dari perut ke tenggorokan atau mulut)
πŸ‘ Sebagai terapi dan pencegahan kolik infantil
πŸ‘ Menaikkan sistim imun sehingga anak terbebas dari alergi dan daya tahan tubuhnya meningkat
πŸ‘ Mengurangi efek samping penggunaan antibiotik

Lalu kapankah waktu yang tepat untuk mengonsumsi Interlac Probiotik ini? Interlac Probiotik dapat dikonsumsi bayi sejak usia 0 bulan untuk mendukung perkembangbiakan bakteri baik di usus bayi di 1000 hari pertama kehidupannya.

Periode 1000 hari pertama anak mempunyai dampak yang luar biasa bagi kesehatan masa depan anak dan pertumbuhannya baik secara fisik dan kognitif. Fyi, 70% dari kesehatan masa depan anak ditentukan di 1000 hari pertama dan 80% dari pertumbuhan otak anak terjadi di 1000 hari pertama kehidupannya alias dimulai sejak dari dalam kandungan.

3 faktor yang saling berkaitan dan sangat penting dalam pertumbuhan anak di 1000 hari pertamanya adalah nutrisi, genetik dan microbiota usus. Namun tidak semua ibu hamil memiliki kandungan bakteri usus yang baik, oleh karena itu kehadiran Interlac dapat mendukung 1000 hari pertama kehidupan sebagai suplementasi bakteri baik bagi si kecil.

Cara mengonsumsi Interlac Probiotik Drops ini juga sangat mudah, cukup teteskan lima tetes Interlac ke dalam sendok lalu suapkan ke mulut bayi. Pemberiannya cukup satu kali sehari sebelum atau sesudah makan.

1 botol Interlac dapat digunakan selama 25 hari. Setelah digunakan, botol ditutup kembali dan disimpan di kulkas bawah. Interlac drops yang telah dibuka dapat disimpan selama tiga bulan, apabila telah lebih dari tiga bulan maka manfaatnya akan kurang optimal. Karena Interlac merupakan suplemen dan bukan obat, jadi dapat dikonsumsi setiap hari dan jangka panjang.

Oh iyaa, saat ini sedang ramai isu interlac drop palsu yang sedang marak beredar di luaran sana. Banyak ibu-ibu merasa resah dan gelisah dengan hal ini, mereka takut yang dibelinya adalah produk palsu. Biar tenang, berikut perbedaan antara interlac drop asli dengan yang palsu

perbedaan Interlac drops asli dan palsu

Untuk menhindari keraguan, pastikan untuk membeli produknya di Interbat Official Store di e-commerce favorit. Atau boleh membelinya secara offline di baby shop, viva health, watsons, guardian dan apotek terpercaya lainnya.

Dan ternyata bukan cuman isu keaslian produk aja, masih ada juga isu lainnya yang menyertai yaitu pertanyaan tentang apakah interlac drop ini bebas dari cemaran berbahaya? Interlac drops mengandung bakteri baik Lactobacillus reuteri DSM 17938, bukan tergolong dalam sediaan sirup dan tidak mengandung bahan pelarut seperti produk sirup pada umumnya yang berpotensi mengandung cemaran EG dan DEG. Hal ini diperkuat dengan surat keterangan BPOM yang menyatakan bahwa Interlac bebas dari cemaran berbahaya.

So, ayo lindungi kesehatan pencernaan anak-anak kita dengan memberinya suplemen probiotik yang aman dan terpercaya!

You Might Also Like

49 Komentar

  1. Ternyata bakteri baik juga dibutuhkan oleh anak, baru tahu tentang probiotik ini. Mengingat kondisi si kecil yang menurun di musim seperti ini perlu menyediakan suplemen yang baik untuk kesehatannya memang, pas banget ini interlac. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Anakku yang kedua cocok banget pakai interlac drops ini say, apalagi pas bayi dia tuh bermasalah banget dengan pencernaannya, pup bolak balik mulu, pakai ini memang ngaruh banget bikin frekwensi pupnya jadi normal, fesesnya juga jadi bagus.

    Tapi harus hati-hati ya kalau beli, pastikan membeli yang asli, paling aman memang belinya di akun official resminya ya, atau beli pas pameran di booth resmi ketika ada pameran produk baby, insha Allah aman dan terjamin aslinya

    BalasHapus
  3. Selain makan makanan yang bergizi, anak-anak juga butuh suplemen seperti Interlac ya mbak. Menjaga agar badan anak selalu sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju kak, apalagi probiotik ini bermanfaat untuk kesehatan sistem cernanya. Kalau sehat pencernaan maka kebahagiaan akan datang dalam tumbuh kembangnya

      Hapus
  4. Anak saya pernah minum Interlac tapi bukan yang drops karena bukan bayi ... rupanya yang drops ini untuk bayi ya. Nyaman deh kalau ada probiotik aman untuk bayi seperti ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget Mba :)
      Anak saya cocok banget yang interlac drops. Jadi andalan banget pas si Adik masih bayi dulu, pokoknya kalau bermasalah dengan pencernaan, pakai interlac, insya Allah langsung baikan :)

      Hapus
  5. Aku kalau urusan obat belinya juga lebih baik ke official store-nya. Harus aware juga mengenai interlac drop palsu ya. Pengen sehat malaah sakit nantinya.

    BalasHapus
  6. Sama ya, anakku juga pernah opname karena diare. Waktu itu lagi mudik. Mungkin daya tahan tubuh lagi turun karena capek & kurang bersih selama perjalanan. Balita kudu dijaga daya tahan tubuhnya.

    BalasHapus
  7. Terima kasih sharing infonya tentang hal ini mba, bisa kuteruskan ke sahabat dan kerabat ku yg masih ada anak kecil.. Insyaallah bermanfaat..

    BalasHapus
  8. Seneng deh ada Interlac Probiotik Drops buat anak. Kita kan harus jaga kesehatan pencernaan anak. Pengalaman Mbak Ira yang anaknya kena diare, pasti berarti buat ke depannya

    BalasHapus
  9. saya juga pernah mengalami anak diare nih mbak. Anak pertama lagi, belum banyak pengalaman waktu itu. Bisanya ya dibawa ke dokter. waktu itu belum paham ada probiotik segala macam untuk bayi. Untung sekarang ada Interlac.

    BalasHapus
  10. wah b aru tahu ada probiotic drops untuk si kecil
    Sangat membantu ya?
    Karena biasanya mereka gak mudah menerima sesuatu yang rasanya baru
    bahkan mungkin aneh untuk lidah mereka

    BalasHapus
  11. Wah, ternyata probiotik ada juga suplemennya yah? Selama itu baik untuk bayi dan halal pula maka aman deh. Ini nanti saya promokan ke anakku buat anaknya alias cucuku.

    BalasHapus
  12. Bayi dan anak memang rentang terkena virus ya, Mbak yang salah satunya masuk ke saluran pencernaan dan menyebabkan diare. Jadi perlu sekali ini probiotik. Namun harus hati-hati dan jeli saat membeli Interlac, karena ada juga yang palsu.

    BalasHapus
  13. interlac adalah probiotik drop nomor satu di Indonesia.
    Jangan lupa simpan di kulkas ya...
    Masalah kualitas sudah gak perlu disangsikan lagi deh kalau product nya Interbat...

    BalasHapus
  14. Dengan hadirnya interlac bisa melindungi buah hati dari bakteri2 yang menyerang ya mbak. Kualitas produknya sudah teruji.

    BalasHapus
  15. Anak2 emang masih rentan terhadap masalah pencernaan karena imunitasnya belum bagus ya mbak. Salah satu probiotik yang sering aku dengar cocok buat anak2 ya Interlac ini. Ternyata buat bayi ada juga ya?
    benar banget kudu berhati2 milih probiotik apalagi buat anak supaya gak tertipu produk palsu TFS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju mba, aku agak kapok beli suplemen karena gak ada hasilnya. mungkin kurang tepat milih probiotik. baru tahu interlac ngeluarin suplemen probiotik, auto nyari dong ini mah

      Hapus
  16. Harus teliti juga ya saat akan membeli interlac ini, dengan memerhatikannya agar jangan sampai kebeli yang bukan aslinya.

    BalasHapus
  17. Karena aku lagi ngurus ponakan yg bayi, akan aku infokan ke mamanya ttg pribiotik Interlac ini.
    Makasi informasinya. Jadi tahu produk ini ada yg asli dan bukan.

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah, kini ada produk yang bisa menjadi kepercayaan orangtua untuk menjaga daya tahan tubuh anak karena mengandung probiotik alami. Dengan membeli di toko resmi, semoga gak salah dan gak dapet produk palsu ya..

    BalasHapus
  19. Menangani anak yang sedang tumbuh kembang dan belum mampu mengekspresikan apa yang dia rasakan tuh emang penting banget ya Mbak Ira. Pekerjaan ekstra bagi para orang tua agar mampu membaca apa yang dirasakan mereka lewat ekspresi dan tangisan. Orang tuapun harus mencari cara agar anak tetap terjaga kesehatannya. Itupun memilihnya harus hati-hati ya. Jangan sampai malah menimbulkan masalah.

    BalasHapus
  20. Manfaat probiotik untuk bayi yakni bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pemberian suplemen mengandung probiotik untuk anak bayi adalah pilihan tepat agar anak tetap terlindungi dari penyakit. Selain itu packaging dan bentuk probiotik Interlac ini terbilang mudah dicerna utk usia anak ya

    BalasHapus
  21. Dengan adanya probiotik interlac anak bayi jadi terlindungi.. gak perlu lagi kwatir tentang kesehatan anak.. tapi harus teliti saat belinya ya kak

    BalasHapus
  22. Sejak kelahiran anak pertama dan sering banget ada masalah pencernaan seperti diare dan muntaber, bahkan disentri, sejak itu aku selalu sedia probiotik. Alhamdulillah ngebantu banget, anakku jadi jarang sakit lagi pencernaannya. Nah ini ada Interlac drop lebih praktis lagi tinggal tetes aja

    BalasHapus
  23. Anak saya juga cocok minum interlac selain untuk melancarkan bab juga bisa untuk menghindari diare. Anak-anak memang biasanya lebih rentan ya Mba untuk pencernaannya jadi memang harus lebih siaga dan berusaha memberikan yang terbaik..

    BalasHapus
  24. Wah jadi Interlac Probiotik Drops dikemas dalam bentuk oral drops ya mba. Jadi lebih praktis untuk diberikan ke anak. Buibu jadi gak was-was lagi nih dalam memenuhi kebutuhan probiotik supaya pencernaan anak sehat. Ada Interlac Probiotik Drops

    BalasHapus
  25. Interlac Probiotik Drop ini baru tahu lho aku kalau aman untuk diberikan pada bayi baru lahir sampai usia dua tahun untuk menjaga kesehatan saluran pencernaannya. Makasi sudah berbagi informasi ya kak

    BalasHapus
  26. Perlu banget ini anak mengkonsumsi Interlac, apalagi bagus buat pencernaan anak ya. Kalau anak sehat, ibu juga bahagia

    BalasHapus
  27. Ternyata probiotic harus diberikan sejak bayi ya, aku pikir dulu mulai anak usia 2 tahun. Senang ya kalau jadi tahu hal kesehatan begini

    BalasHapus
  28. Enak ya sekarang sudah suplemen probiotik yang bisa dikonsumsi untuk bayi jadi ibu-ibu nggak perlu bingung kalau butuh probiotik buat bayinya. Pakai Interlac aja sudah aman.

    BalasHapus
  29. Dengan ketelitian dari product knowledge mengenai kebutuhan suplemen bayi beserta kandungannya, produk Interlac drops sudah sangat terpercaya dan terbukti mampu jaga kesehtan cerna pada bayi.

    BalasHapus
  30. Sedih banget klo ada palsunya yah jd bisa lebih cermat lagu milih interlac yg asli

    BalasHapus
  31. Ternyata Interlac Drop ini bisa dikonsumsi oleh bayi baru lahir juga ya jadi si kecil terjaga pencernaannya.

    BalasHapus
  32. Asupan Probiotik bisa jadi salah satu mencegah diare ya, .. Alhamdulillah diare anaknya segera tertangani dengan baik ya Mbak.

    BalasHapus
  33. Diare memang bikin trauma buibu sih mbak. Ngeri euy kalau ga sembuh2 pe dehidrasi. Untung ada interlac ya jadi bisa fokus memperbaiki kondisi saluran cerna anak

    BalasHapus
  34. Alhamdulillah ya Kak, Si Kecil langsung ditangani medis dengan cepat.
    Diare itu memang tidak bisa dilihat-lihati, ntar deh ntar, karena kalau telat dikit saja bisa dehidrasi dan fatal akibatnya :(
    penting juga ini untuk memperhatikan asupan gizi dan juga probiotik dan prebiotik ya Kak.
    Noted nih tips memilih Interlac dropsnya mana asli atau palsu.
    anak-anak di rumah minumnya yang Interlac tablet ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju kak Diah,
      Kita yang orang dewasa aja kalau kena diare rasanya gak enakeun, apalagi si kecil kan yah belum memahaminya

      Hapus
  35. probiotik sangat penting untuk tumbuh kembang dan daya tahan tubuh yaa
    Interlac menjadi salah satu probiotik yang praktis untuk dikonsumsi anak usia dini. Tapi harus hati2 dengan produk yg palsu yaa, harus teliti kalau mau beli

    BalasHapus
  36. Sembelit dan diare adalah salah dua masalah pencernaan yg bikin trauma karena pernah terjadi sama anak sy dan bikin ga tega liat anak nangis kesakitan saat sembelit diare datang. Makasih rekomendasi produk probiotik nya

    BalasHapus
  37. Kami maksimal ngasih anak-anak tu Yakult, kalau yang lainnya belum pernah. Makasih infonya, Kak.

    BalasHapus
  38. Masalah pada pencernaan ini memang gak boleh dianggap remeh ya, apalagi jika terjadi pada anak. Termasuk juga nutrisi maupun asupan untuk membantu kesembuhan jika kebetulan dialami. Terima kasih sharing tentang produk probiotiknya, kak.

    BalasHapus
  39. Yaa, memilih probiotik utk bayi mesti hati2 bnget memang dan gk boleh asal-asalan, apalagi jik belum tau mana produk yg bagus buat tumbuh kembang mereka. Thanks buat informasinya Mba, sekalian bisa nih aku kasih tau ke kkak yg punya baby

    BalasHapus
  40. Baru tahu ada probiotics yang bisa dikonsumsi dan aman untuk bayi. Kalau untuk anak agak dewasa dan dewasa biasanya konsumsi Yakult. Tapi itu kan ga bisa dikonsumsi bayi. Terima kasih infonya.

    BalasHapus
  41. ternyata probiotik ini memiliki manfaat menjaga kesehatan saluran cerna bayi dan anak yaa, cocok nih buat keponakan saya yang sedang mengidap diare

    BalasHapus
  42. masalah memang sering jadi masalah buat anak. Pencernaan kurang sehat pasti badannya juga jadi tidak sehat. Kayak anak saya kalau lagi panas dalam pasti cepet pilek

    BalasHapus
  43. Kesehatan pencernaan memang butuh perhatian ya mba.. Apalagi di bayi dan anak-anak sakit pencernaan suka terjadi.. Ada baiknya ya selalu stok Interlac di rumah buat jaga-jaga.. Baru ngeh ada juga yang palsunya ya yg beredar :( Mau beli mesti hati2 ya..

    BalasHapus
  44. Emang penting bngt ya suplemen probiotik untuk menjaga saluran cerna anak kita biar anak selalu sehat dan daya tahan tubuhnya meningkat

    BalasHapus
  45. Emang sih cuacanya memang tidak menentu, kadang hujan kdg panas. Terima kasih mbak rekomendnya, jadi tahu suplemen buat ponakan aku agar ga mudah sakit di musim ga nentu ini.

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus πŸ˜‰

Member Of




Recent Comments

`