5 TEMPAT WISATA YANG WAJIB DIKUNJUNGI SAAT BERADA DI KOTA SOLO

Oktober 26, 2016

photo by: Naijjoovely Nayla

Apa yang terlintas di pikiran kamu saat mendengar nama kota Solo disebutkan? Mungkinkah Bapak presiden Jokowi? Atau mungkin manusia purba "homo soloensis"? Atau mungkin Nunung Srimulat? Saya yakin masing-masing orang pasti punya pemikiran yang berbeda saat mendengar nama kota Solo di sebutkan.

Sama seperti yang lain, di pikiran saya juga akan muncul satu nama ketika saya mendengar nama kota Solo disebutkan. Siapakah dia? Ia adalah artis sinetron lawas yang bernama Diah Permatasari. Kok bisa gitu? Baiklah akan saya beritahu apa penyebabnya. Jadi beberapa tahun silam, saat saya masih duduk di bangku sekolah dan masih doyan banget nonton acara infotainment di televisi, menjelang idul fitri kan selalu muncul beberapa artis yang sering diwawancarai oleh infotainment tentang kegiatan dan persiapan mudik mereka.

Nah, entah mengapa, setiap kali menonton liputan artis yang mau mudik ke kampung halamannya, selalu saja Mba Diah Permatasari ini yang muncul dan itu tidak hanya sekali terjadi tapi berturut-turut dan bukan hanya di satu infotainment tapi ia muncul di beberapa infotainment yang berbeda. Hal ini berlangsung setiap tahun, mungkin empat atau lima tahun berturut-turut dia selalu saja menjadi artis yang langganan banget menceritakan kegiatan mudiknya.

Satu hal yang saya ingat dari cerita dan persiapan mudik Mba Diah adalah kota tujuan mudiknya. Dalam setiap wawancaranya ia selalu berkata bahwa Solo adalah kampung halamannya dan ia akan mudik ke sana. Jadi itulah sebabnya mengapa saya mengidentikkan Mba cantik itu dengan kota Solo, hehe..

Ngomong-ngomong tentang kota Solo, ternyata kota itu juga tak kalah indah dan menarik untuk dikunjungi loh. Sama seperti daerah lain yang banyak dikunjungi wisatawan, di sana juga ada banyak tempat yang bisa kita jadikan destinasi wisata. Penasaran dengan tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi di kota Solo? Berikut ini beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Solo:

1. Keraton Surakarta
Keraton selalu menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. Di Solo, terdapat satu keraton terkenal yang bernama Keraton Surakarta. Keraton ini menjadi saksi sejarah bangsa ini dari zaman dulu hingga kini. Di sini, kita bisa menikmati benda-benda peninggalan masa lampau. Hanya dengan membayar Rp. 10.000,- saja kita sudah bisa menjelajah sambil menikmati semua hal yang ada di dalamnya.

tempat wisata di kota solo Keraton Surakarta
pic source: tempatwisataseru.com

2. Museum Manusia Purba Sangiran
Salah satu hal yang terpikirkan saat menyebut atau mendengar nama kota Solo adalah manusia purba. Yup, manusia yang ditemukan di kota ini dikenal dengan nama Homo Soloensis. Ternyata di kota Solo juga dibangun sebuah museum manusia purba loh, namanya adalah Museum Manusia Purba Sangiran.

tempat wisata di kota solo Museum Manusia Purba Sangiran
pic source: tempatwisataseru.com

Museum ini cocok banget dijadikan tempat wisata sejarah sekaligus wisata edukasi untuk anak-anak. Di dalam museum ini bahkan terdapat fosil manusia purba yang telah berusia lebih dari dua juta tahun. Koleksi fosil manusia purba yang dimiliki oleh museum ini lebih dari 13 ribu. Dengan koleksi sebanyak itu, maka museum ini disebut sebagai museum manusia purba paling lengkap di Asia. Tak hanya koleksi fosil manusia purba, di museum ini juga terdapat koleksi lain berupa fosil hewan, tumbuhan, batu dan alat-alat yang digunakan oleh manusia purba.

3. Pandawa Water World Solo Baru
Tempat wisata di kota Solo selanjutnya adalah Pandawa Water World Solo Baru. Ini adalah wahana bermain air yang sangat terkenal di kota Solo. Tak hanya warga Solo yang datang ke sini namun warga dari kota lain juga datang ke sini untuk menikmati dan merasakan sensasi permainan airnya.

tempat wisata di kota solo Pandawa Water World Solo Baru
pic source: tempatwisataseru.com

4. Taman Sriwedari
Tempat lain yang harus ada dalam daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berada di kota Solo adalah Taman Sriwedari. Taman ini menyimpan cerita sejarah yang begitu melekat bagi masyarakat Solo. Tujuan dibuatnya taman ini adalah sebagai tempat rekreasi anggota keluarga kerajaan. Di taman ini juga terdapat gedung wayang orang sriwedari yang sering mempertunjukkan kesenian wayang orang dengan tema Mahabarata dan Ramayana.

tempat wisata di kota solo Taman Sriwedari
pic source: tempatwisataseru.com

5. Galabo Solo
Berkunjung ke kota Solo tak akan lengkap rasanya bila belum berkunjung di tempat ini. Adalah Galabo Solo, sebuah tempat perkumpulan pedagang yang menjual berbagai makanan khas solo. Di tempat ini kamu bisa menemukan dan menikmati makanan daerah Solo yang tidak kamu temukan di daerah lain.

tempat wisata di kota solo Galabo Solo
pic source: tempatwisataseru.com

Itulah 5 tempat wisata yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke kota Solo. Sebenarnya masih banyak tempat wisata lain yang tak kalah indahnya namun kali ini biarlah saya hanya menuliskan lima saja. Kalo ditulis semua artikel ini bisa panjang banget euy!

Hotel Murah di Kota Solo 

Oh iya, buat kamu yang tertarik pengen mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut di atas, yuk datang ke kota Solo. Dan buat kamu yang sudah berada di kota solo dan hendak mencari hotel murah di solo, tak ada salahnya bila mencoba Airy Rooms.

Mungkin kamu akan bertanya-tanya, mengapa harus Airy Rooms sih? Ini nih alasannya:
  • Tarif Airy Room lebih murah jadi cocok banget buat traveler yang punya budget pas-pasan namun ingin menginap di hotel berkualitas.
  • Airy Rooms adalah jaringan hotel terbesar dengan jumlah properti hotel terbanyak.
  • Fasilitasnya oke punya (memiliki 7 jaminan fasilitas kamar, diantaranya: AC, TV layar datar, perlengkapan mandi, tempat tidur bersih, shower air hangat, air minum gratis & wifi gratis).
  •  Pemesanannya mudah. Dapat dipesan melalui website, Android Apps dan Ios Apps.
  • Pembayannya fleksibel, bisa bayar pakai kartu kredit atau transfer bank.
hotel airy rooms solo


Bagaimana gaes, tertarik pengen berkunjung ke kota Solo? Kalo saya sih tertarik banget deh. Doain semoga saya bisa menginjakkan kaki di sana yah, amin..


Sumber tulisan & gambar:
 http://tempatwisataseru.com/tempat-wisata-di-solo-paling-populer-dan-terkenal/

You Might Also Like

17 Komentar

  1. Lengkap banget Mbak Ira. Aku sempet di SOlo beberapa bulan. Tapi belum sempat main2 :)

    BalasHapus
  2. Aku ke Solo baru ke Keraton sama pasar klewer mba xixixi yang lainnya ga sempat krn waktu dinas yang terbatas. bagus2 y so far Solo tempat yang murah buat belanja oleh2 paling senang kesini hehehe

    BalasHapus
  3. Sama kayak mba Herva, ke Solo cuma ke keraton. Pengennya lebih lama dan lebih banyak tempat yang dikunjungi.

    BalasHapus
  4. ya kapan kapan saya ke sana, ke salah satu destinasinya, tapi kapan?

    BalasHapus
  5. pernah ke sangiran mbak dan memang seru sih disana :D

    BalasHapus
  6. Mba Iraaa.. Tambahin yg no. 6, tempat yang wajib dikunjungi adalah Rumahnya Arin..hehehe..

    BalasHapus
  7. 2013 lalu sempat mampir ke Solo, eeh tapi malah yg saya ingat itu jalan ke Rumah Sakit gegara si keti, hihih. eeh sempat ke Pasar Klewer juga ding waktu itu, beli2 ole-oleh heheheh

    semoga suatu hari nanti bisa ke Solo lagi dan menikmati 5 tempat wisata yang disebut di postingan ini ya Kak :)

    BalasHapus
  8. Ayuk ke Solo...nanti borong batik di Pasar Klewer mb Ira...☺

    BalasHapus
  9. Ayuk ke Solo mb Ira.. Nanti borong2 batik di Pasar Klewer atau Pusat Grosir Solo.. * mupeng liat pandawa, seger kayaknya berendam lama2 di situ

    BalasHapus
  10. Moga terwujud keinginannya, ntar kita kopdar ya mbak

    BalasHapus
  11. Tertarik pengen ngunjungi museum manusia purba snagirannya mbak. Berarti di Golabo Solo penuh dengan makanan khas solo yah mbak, asyik nih buat pecinta kuliner. Btw, makasih sharingnya mbak. Kapan-kapan kalau aku ke Solo, bisalah mampir-mampir ketempat wisata yang mbak rekomendasi ini hehe.

    BalasHapus
  12. Eh sanggiran ini kan masih agak jauh dari solo yaaa, aku perna lewat waktu dari madiun

    BalasHapus
  13. Dari ke5 tempat wisata tersebut saya baru pernah ke Pandawa Water World Solo Baru mbak Ira kalau Keraton cuma lewat doang belum pernah masuk. Kalau ke Solo lagi nanti moga-moga bisa mampir nih :)

    BalasHapus
  14. Kalau ngomongin Solo, yang teringat Keraton Surakarta Mbak, kalau saya. Soalnya impian yang belum kesampean nih untuk berkunjung ke sana. Hehe.

    BalasHapus
  15. Wah cocok nih..
    boleh dicoba pas main ke Solo :D

    BalasHapus
  16. pandawa waternya kerenn juga ya mbaa hihi mntapp

    BalasHapus
  17. Keren-keren yaa.. pengen ke kratonnya..

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉

Member Of




Recent Comments

`