Langsung ke konten utama

5 SINETRON INDONESIA YANG MIRIP SERIAL ASING. (PLAGIATKAH?)

pic source: pixabay.com

Sebelum tidur, ngomongin sinetron dulu yuk, tapi bukan sinetron yang panjang episodenya ngalah-ngalahin tembok besar China dan gak tahu kapan berakhirnya itu yaa, sinetron yang akan saya omongin ini adalah sinetron yang plotnya miriiiip banget dengan beberapa serial asing.

Jujur saja, selain pecinta drama Korea, telenovela dan film India, dulunya saya juga penggemar sinetron Indonesia loh, agak memalukan untuk diakui memang tapi begitulah adanya. Di masa lalu saya pernah nista sodara-sodara, hahaha 😂😂

Sejak SMP hingga kuliah entah sudah berapa judul sinetron yang saya tonton. Berbeda dengan sinetron jaman now yang ala kadarnya, sinetron jaman old itu cukup berkualitas kalau saya bilang. Sinetron jaman old itu tayangnya seminggu sekali dan dibuat dengan serius dan matang.

Sinetron jaman dulu ceritanya masuk akal, konfliknya mengena, akting pemerannya juga bagus-bagus dan yang paling penting jumlah episodenya "jelas & pasti" sehingga gak ada tuh sinetron yang mencapai 1000 episode seperti Tukang Bubur Naik Haji. Sepertinya kalau sinetron Indonesia kembali seperti jaman dahulu, saya akan kembali menjadi salah satu penontonnya deh, hehehe 😁😁

salah satu sinetron berkualitas (pic source: https://hype.idntimes.com/)

Tapi yang akan saya tuliskan kali ini bukanlah beberapa judul sinetron berkualitas yang pernah saya tonton di masa lalu. Seperti yang tertulis di judul, kali ini saya akan menuliskan beberapa judul sinetron Indonesia yang setelah dipikir-pikir ceritanya kok mirip banget dengan serial asing.

Bila diperhatikan dengan seksama, ada banyak judul sinetron yang terdeteksi mirip (memplagiat?) serial asing tapi saya tidak akan menulis semuanya (bila ditulis semuanya bakalan panjang banget euy saking banyaknya). Saya hanya akan menulis 5 judul saja. Penasaran dengan 5 judul sinetron tersebut? Inilah dia kelima judul sinetronnya:

1. Demi Cinta VS Autumn in My Heart (Drama Korea)
Sinetron ini tayang di RCTI. Saya lupa tayangnya setiap hari apa, yang saya ingat, sinetron yang dibintangi oleh Leoni VH & Rionaldo Stockhorst ini tayang setelah tahun 2003-an karena saya menontonnya di rumah kost kami di Makassar yang artinya saat itu saya sudah kuliah.


Plot cerita sinetron ini miriiiip banget dengan drama Korea yang dibintangi oleh Song Hye Kyo dan Song Seung Heon yang berjudul Autumn in My Heart. Bercerita tentang dua anak perempuan yang tertukar karena kesalahan seorang balita yang tak lain adalah kakak dari salah satu anak perempuan tersebut.

2. Kau yang Berasal dari Bintang VS My Love From Another Star (Drama Korea)
Sama seperti Demi Cinta, sinetron yang berjudul Kau yang Berasal dari Bintang ini juga tayang di RCTI. Sinetron yang dibintangi Nikita Willy & Morgan Oey ini menuai banyak protes dari penggemar drama Korea di tanah air. Mereka tidak terima penayangan sinetron ini karena plotnya dinilai mirip banget dengan salah satu drama Korea berjudul My Love From Another Star yang dibintangi oleh Jun Ji Hyun & Kim Soo Hyun.

Entah bagaimana kelanjutan sinetron ini setelah mendapatkan banyak kecaman. Yang pasti, Nikita dan Morgan jadi bulan-bulanan saat itu. Fyi, sama seperti drakoris lainnya, saya juga tidak tertarik menonton sinetron ini, hehehe 😃

3. Buku Harian Nayla VS 1 Litre of Tears (Drama Jepang)
Buku Harian Nayla tayang di RCTI. Sinetron yang dibintangi oleh Chelsea Olivia & Glenn Alinskie ini adalah sinetron religi menjelang natal. Awalnya tertarik nonton sinetron ini karena suka dengan ost-nya yang terdengar nyaman di kuping saya. Rupanya tak hanya ost-nya yang bagus, cerita sinetron ini juga bagus dan menguras emosi.

Setelah tamat, barulah saya tahu kalau plot sinetron ini ternyata mirip dengan drama Jepang yang berjudul 1 Litre of Tears. Dan kata teman-teman yang sudah nonton dorama-nya, 1 Litre of Tears jauh lebih menguras emosi dan air mata dibanding Buku Harian Nayla. Sayangnya sampai saat ini saya belum nonton drama Jepang yang berjudul 1 Litre of Tears ini.

4. Siapa Takut Jatuh Cinta VS Meteor Garden (Drama Taiwan)
Siapa Takut Jatuh Cinta ini tayang di SCTV. Sinetron yang dibintangi oleh Leoni VH, Indra L. Bruggman & Roger Danuarta ini tayang saat saya masih SMA. Sejak awal melihat preview-nya, saya sudah tidak tertarik menontonnya karena terlihat jelas sinetron ini meniru Meteor Garden.

5. Azizah VS Maria Cinta yang Hilang (Telenovela)
Sinetron Azizah ini juga tayang di SCTV. Awalnya saya sangat tertarik menonton sinetron yang dibintangi oleh Kirana Larasati & Miller ini tapi setelah melihat ceritanya yang mirip telenovela favorit saya yang berjudul Maria Cinta yang Hilang, rasa tertarik itu perlahan-lahan memudar yang akhirnya membuat saya malas menontonnya.


Itulah 5 sinetron Indonesia yang plotnya mirip (memplagiat?) serial asing. Sungguh sangat disesalkan bila ternyata kelima sinetron tersebut benar-benar melakukan tindakan plagiat yaa.

Saya percaya, sebagus apapun karya yang dihasilkan seseorang, bila ia terindikasi plagiat maka semua itu tak akan ada artinya. Terinspirasi pada karya seseorang sah-sah saja kok, tapi bila meniru keseluruhan karya dan kemudian mengakui karya tersebut sebagai karya sendiri kok rasanya agak gimana gitu yaa 😫😥

Oh iya, hampir lupa nih. Saya menulis ini terinspirasi dari artikel Mba Siti Nurjanah di website KEB yang berjudul "Kasus Plagiasi: Menodai Literasi"


Komentar

  1. Aku yang nonton yang Cinta nya Desi ratnasari itu aja kayaknya mba..

    Kayaknya dulu ceritanya dokter yang seneng sama pasiennya, tapi malah selingkuh sama adik/kakak si pasien. Aku inget namanya, Andi.


    He eh..bagusan sinetron jaman dulu. Aku juga pecinta sinetron mba, era nya ari sihasale, maudy koesnaedy, paramitha, anjasmara

    Ceritanya masih logis aja mnrtku. Yang sekarang, nggak ngikuti sama sekali

    BalasHapus
  2. Waaah untung Tersanjung nggak masuk ya. Soalnya yg bikin skenario sepupu suamiku hehee

    BalasHapus
  3. siapa takut jatuh cinta sampai dibuat remake yah mbak di indonesia padahal memang adaptasi dari serial taiwan..

    BalasHapus
  4. Memang agak mirip ya mba film"nya

    BalasHapus
  5. Dari semua judul sinetron di atas, saya hanya tahu Maria Cinta yang Hilang. Itu jaman booming telenovela kalau nggak salah ya mbak Ira. Sementara yang lain belum pernah nonton. Meteor Garden yang terkenal itupun saya nggak tonton, nggak tahu mengapa, mungkin jam tayangnya saya nggak bisa nonton.

    Saya nggak tahu pembuatan sinetron yang mirip itu tidak disengaja atau memang sengaja dibuat versi Indonesianya. Kalau memang dibuat versi Indonesia dengan mencantumkan keterangan bahwa itu adalah adaptasi dari film aslinya, saya kira nggak apa-apa asal penonton tahu bahwa itu bukan buatan asli Indonesia. Dan penonton bisa menilai layak lihat nggak.

    Tapi mending bikin sendiri yang orisinal deh, orang Indonesia kan banyak juga penulis handal dengan cerita-cerita menarik :).

    BalasHapus
  6. Kalau menurut saya emang banyak sinetron Indonesia yang mengadaptasi dari drama luar negeri yaa. Semacam di-remake ulang.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGOBATI LEBAM/BENJOLAN PADA JIDAT ANAK KARENA KEJEDOT

Selamat tahun baru yah Gaes, semoga di tahun 2016 ini segalanya lebih baik dari tahun-tahun yang telah lalu, amin. Tidak terasa yah, hari ini kita sudah berada di hari ke empat di tahun yang baru ini. Setelah beberapa hari menikmati hari libur (libur nulis juga), hari ini saatnya kita untuk beraktivitas seperti biasanya.

Oh iya, postingan pertama saya di awal tahun ini akan dibuka dengan cerita sedih yang dialami oleh anak saya “Wahyu” beberapa waktu yang lalu.Pada hari kamis tanggal 24 desember 2015 yang lalu, Wahyu kejedot (bahasa Indonesia dari kejedot apa yah?) di kaki ranjang. Saat sedang berlari-lari dalam rumah, tanpa sengaja kakinya menabrak kaki Papanya hingga ia terlempar dan jidatnya terbentur kaki ranjang.
Wahyu yang awal mulanya tertawa ceria tiba-tiba berteriak dengan suara yang sangat keras disusul suara tangisnya yang pecah. Ternyata anakku tercinta terjatuh dan terdorong dengan keras hingga jidatnya menabrak kaki ranjang. Oh tidak..!


BERKAS YANG HARUS DISIAPKAN SAAT MENGAMBIL BPKB KENDARAAN DI LEASING SETELAH MASA KREDIT SELESAI

Blogpost kali ini mau ngomongin sesuatu yang berhubungan dengan kerjaan saya nih yaitu tentang berkas yang harus disiapkan saat mengambil BPKB di perusahaan pembiayaan setelah masa kredit selesai.
Ide ini muncul karena akhir-akhir ini banyak konsumen kantor saya yang telah lunas masa kreditnya namun belum mengetahui hal ini (walaupun syarat-syaratnya sudah ditempel di papan pengumuman kantor), akibatnya mereka harus bolak-balik pulang ke rumah untuk mengambil berkas yang menjadi syarat pengambilan BPKB ini. Bagi yang rumahnya dekat sih tidak masalah, tapi bagi yang rumahnya jauh, pasti merepotkan dong? Tidak jarang mereka baru bisa datang kembali pada keesokan harinya.
Jadi menurut saya mungkin bagus juga jika saya menulisnya di blog ini, sekalian nambah postingan blog yang baru beberapa biji padahal udah pertengahan februari ^________^

PENGALAMAN MENGGUNAKAN KB IMPLANT/SUSUK TIGA TAHUN

Beberapa waktu belakangan ada satu celetukan dari teman-teman yang lumayan sering mampir ke telinga saya dan suami ketika melihat kami berjalan bersama Wahyu. Celetukannya kurang lebih seperti ini nih “ihhhh, Wahyu udah besar yah, kapan nih punya adik lagi?”
Mendapat pertanyaan seperti itu biasanya kami hanya tersenyum sambil menjawab “Bila Allah berkenan, Insyaallah secepatnya. Doakan semoga secepatnya kami mendapatkan adik Wahyu”.
Sebenarnya jawaban yang kami berikan itu adalah jawaban basa basi karena sejujurnya kami memang sengaja menunda kehadiran adik Wahyu. Saya sih sudah pengen banget punya anak lagi, tapi suami masih belum mau punya anak lagi. Menurutnya, Wahyu masih membutuhkan lebih banyak kasih sayang dari kami. Walau alasan itu terkesan “cemen” di mata saya, tapi akhirnya saya amini juga.