DAFTAR TELENOVELA YANG PERNAH SAYA TONTON DI MASA LALU PART I

by - Maret 02, 2017

pic source: pixabay.com

Tulisan ini terinspirasi dari tulisan Mba Gustyanita Pratiwi nih. Jadi, belum lama ini, si nona Mbul itu beberapa kali memposting artikel tentang telenovela. Sebagai seseorang yang dulunya sangat menyukai telenovela, saya juga tak mau ketinggalan dong. Tanpa bisa dibendung, tangan ini ingin banget melakukan hal serupa. Pokoknya saya juga harus nulis dengan tema yang sama. Titik! (Santai Mbaa, santai! gak usah pake urat gitu lah! hahaha)

Setelah berusaha mengumpulkan kepingan-kepingan kenangan di masa lalu tsah, akhirnya saya ingat juga judul-judul telenovela yang pernah menghiasi hari-hari saya di masa remaja belasan tahun yang lalu. Duh, kesannya saya udah tua banget yaa? LOL

Yup, saya memang menyukai telenovela sejak usia yang masih terbilang muda unyu-unyu remaja. Fyi, saya lebih dulu menyukai telenovela loh dibanding drama korea. Kalo tidak salah ingat, saya sudah mulai suka telenovela saat duduk kelas 3 SMP, sedangkan saya jatuh cinta pada drama korea baru pada kelas 3 SMA.

Baca Juga: Tentang Drama Korea

Lalu telenovela apa sajakah yang sudah saya tonton di masa lalu? Hmmm, jumlahnya sih masih kalah jauh lah yaa bila dibandingkan dengan penikmat telenovela yang lainnya. Setelah saya hitung-hitung, setidaknya ada 16 judul telenovela yang pernah saya tonton.

*Disclaimer: Artikel ini akan saya bagi dalam 2 part. Mengapa? Karena bila saya menuliskan ke-16 judul + sinopsis masing-masing judul, artikelnya bakalan panjang banget, jadi demi kenyamanan mata kamu + kenyamanan jari saya, membagi artikel ini menjadi 2 bagian adalah pilihan yang tepat* 

Di artikel pertama ini, saya hanya akan menuliskan 8 judul saja. Sisanya insyaallah saya publish minggu depan. Penasaran? Check this out: 

1. DOS MUJERES UN CAMINO (HATI YANG MENDUA)
Pemeran: Erik Estrada, Laura Leon & Bibi Gaytan

sinopsis telenovela dos mujeres un camino (hati yang mendua)
pic source: https://en.wikipedia.org/wiki/Dos_mujeres,_un_camino

Adakah di antara kamu yang juga suka sama telenovela yang satu ini? Ayo toss dulu, hihihi. Ini adalah telenovela pertama yang saya tonton dan menjadi cikal-bakal ((CIKAL BAKAL)) ketertarikan saya menonton telenovela. Bibit-bibit kecintaan saya pada drama Amerika Latin ini dimulai saat saya menonton telenovela ini.

Penuh perjuangan banget loh untuk menonton telenovela ini. Bagaimana tidak, setiap kali ingin menonton, saya harus ke rumah tetangga karena di rumah kami belum ada TV. Jadi, setiap minggu saya pasang muka tembok tuh biar tidak malu. Untung tayangnya hanya seminggu sekali, gak kebayang deh kalo telenovela ini tayang setiap hari, si tetangga bakalan muak kali lihat muka saya setiap hari LOL

Sinopsis:
Sesuai judulnya, telenovela ini bercerita tentang cinta segitiga antara Jhonny (Erik Estrada), Anna Maria (Laura Leon) dan Tanya (Bibi Gaytan). Jhonny yang sudah punya anak dan istri tertarik kepada seorang pelayan restoran bernama Tanya.

Seperti kisah cinta segitiga yang lain (lebih tepatnya disebut perselingkuhan kali yaa), telenovela ini sangat menguras emosi. Tanya yang digambarkan sebagai gadis baik-baik harus berhubungan dengan pria beristri (walau Tanya tidak pernah tahu bila kekasih yang dicintainya itu sudah beristri sih). Sebagai seorang wanita, saya ikut merasakan penderitaan Anna Maria dan kesal banget sama karakter Jhonny dan Tanya.

2. ROSALINDA
Pemeran: Thalia, Fernando Carrillo & Nora Salinas

sinopsis telenovela rosalinda
pic source: https://en.wikipedia.org/wiki/Rosalinda

Tahukah kamu, kalau saya sudah jatuh cinta pada telenovela ini sebelum menontonnya? Kok bisa gitu? Yup, ada tetangga saya yang baru pulang dari rantau bercerita tentang telenovela ini. Gambaran yang diceritakan oleh tetangga saya sungguh membuat saya penasaran ingin menyaksikan telenovela ini secara langsung.

Alhamdulillah, keinginan saya terkabul. Beberapa waktu kemudian, SCTV menayangkan telenovela ini. Tak perlu buang-buang waktu, segera saja saya tonton telenovela ini dan saya semakin jatuh cinta, terutama sama tokoh ehm prianya.

Di antara banyak telenovela yang diperankan oleh Thalia, Rosalinda adalah telenovela yang paling saya sukai. Hmmmm alasannya apa yaa? Selain jalan ceritanya yang menarik, pasangan Thalia dan Fernando Carrillo juga terlihat sangat serasi di mata saya. Menurut saya, mereka adalah pasangan pemeran telenovela yang serasi banget, saya akan ikut merasa bahagia saat menyaksikan kebersamaan mereka. Di mata saya, melihat pasangan Rosalinda dan Fernando seperti melihat pasangan Shahrukh Khan dan Kajol dalam film india. Serasi!

Baca Juga: Pasangan Selebriti Bollywood Favorit Versi www.irawatihamid.com

Sinopsis:
Bercerita tentang seorang gadis ceria penjual bunga yang bernama Rosalinda (Thalia). Cita-cita Rosalinda sangat sederhana, bertemu pria pujaan hatinya, menikah dan hidup bahagia selamanya. Satu hal yang ia hindari adalah jatuh cinta pada pria kaya. Siapa yang menyangka kalau pada akhirnya ia akan jatuh cinta pada seorang pianis yang ternyata adalah seorang pewaris dari keluarga kaya raya?

Adalah Fernando Jose Altamirano Del Castillo *duh namanya panjang banget yaa LOL* (Fernando Carillo) lelaki yang berhasil memikat hati Rosalinda. Kisah cinta Rosalinda dan Fernando Jose mendapat banyak tantangan dan cobaan.

Cobaan pertama datang dari ibu Fernando yang bernama Valeria. Beragam cara dilakukan Valeria untuk memisahkan cinta mereka. Cobaan lainnya datang dari Fedra (Nora Salinas), kakak Rosalinda yang iri melihat kebahagiaan adiknya juga memiliki niat yang sama yakni ingin merebut Fernando Jose dari Rosalinda. Belum lagi, ada pria lain yang bernama Alex Dorantes yang juga mencintai dan ingin memiliki Rosalinda. Huft!

Walau taktik Valeria dan Fedra untuk memisahkan Rosalinda dan Fernando Jose berhasil, tapi kisah cinta mereka tetap berakhir manis. Di akhir episode, mereka bersatu kembali.

3. ESMERALDA
Pemeran: Leticia Calderon & Fernando Colunga

sinopsis telenovela esmeralda
pic source: pinterest

Esmeralda ini termasuk dalam telenovela yang memiliki cerita sangat menarik sehingga banyak disukai oleh penikmat telenovela di Indonesia. Diperankan secara apik oleh Leticia Calderon dan Fernando Colunga, telenovela ini berhasil menguras emosi penonton, tak terkecuali saya.

Sinopsis:
Bercerita tentang seorang anak perempuan yang terlahir buta yang dibuang oleh ibu kandungnya karena sang ibu takut pada suaminya. Ketakutan si ibu dikarenakan sang suami sangat menginginkan anak laki-laki. Oleh sang dukun beranak, bayi ibu tersebut ditukar dengan bayi ibu lain yang juga melahirkan di hari itu.

Dapat ditebak, setelah dewasa, kedua anak yang ditukar tersebut saling jatuh cinta.  Sayangnya, hubungan mereka ditentang oleh ayah si pria yang tak lain adalah ayah kandung dari Esmeralda.

4. GABRIELA/LA INTRUSA
Pemeran: Gabriella Spanic & Arturo Peniche

SINOPSIS GABRIELA/LA INTRUSA
pic source: https://en.wikipedia.org/wiki/La_intrusa

Awal menonton telenovela ini saya sempat bingung loh. Soalnya anak dari suami Gabriela itu banyak banget euy. 6 ((ENAM)) orang, banyak banget kan? Mana semua anak tersebut masih tinggal dalam satu rumah pula, ckckck! 

Sinopsis:
Bercerita tentang seorang wanita bernama Gabriela (Gabriella Spanic) yang tiba-tiba datang ke rumah Rodrigo Junquera Brito. Tujuan kedatangan Gabriela adalah untuk mengatur keuangan keluarga sekaligus keuangan perusahaan Rodrigo yang terancam bangkrut.

Rodrigo yang mengidap kanker otak, memutuskan untuk menikahi Gabriela beberapa saat sebelum kematiannya. Sepeninggal suaminya, anak-anak tirinya mulai berulah. Mereka tidak terima bila keuangan keluarganya diatur oleh ibu tiri mereka, terutama anak Rodrigo yang bernama Carlos Alberto (Arturo Peniche) yang diam-diam dinaksir oleh ibu tirinya.

5. MARIMAR
Pemeran: Thalia & Eduardo Capetillo


sinopsis telenovela marimar
pic source: https://id.wikipedia.org/wiki/Marimar

Marimar, awww.. Legend banget yaa kata-kata itu, hahaha. Marimar adalah telenovela kedua yang diperankan Thalia yang saya tonton. Btw hal apakah yang paling kamu ingat dari telenovela ini gaes? Kalo saya sih anjingnya yang bernama Pulgozo juga kakeknya yang bernama kakek Pancho.

Saya ingat, saat awal-awal masuk kuliah, telenovela ini diputar ulang di televisi. Karena di rumah kost kami tidak ada televisi, maka saya dan teman-teman menontonnya di rumah tetangga. Setiap hari kami bergerombol menumpang nonton di rumah tetangga. Usai nonton, salah satu teman saya tidak mau lagi dipanggil namanya, ia maunya dipanggil marimar saja, hahaha lucu deh kalo ingat kejadian itu.

Sinopsis:
Masih perlukah saya tulis sinopsisnya? Secara belum lama ini Marimar diputar ulang di televisi jadi rasanya orang-orang masih pada ingat alur ceritanya. Tapi tak apalah yaa bila saya tulis sinopsis singkatnya, barangkali ada pembaca blog ini yang tidak sempat menontonnya di televisi.

Bercerita tentang gadis yatim piatu yang miskin dan lugu bernama Marimar (Thalia). Ia tinggal di sebuah gubuk di pinggir pantai bersama kakek dan nenek serta seekor anjingnya. Suatu hari, ia melihat seorang pemuda yang hobby bermain bola bernama Sergio Santibanez (Eduardo Capetillo) dan langsung jatuh cinta pada pemuda itu.

Sergio nekad menikahi Marimar walau ditentang oleh keluarganya. Yang paling kuat menentang pernikahan itu adalah ibu tiri Sergio yang bernama Angelica. Berbagai cara dilakukan Angelica untuk memisahkan Marimar dan Sergio. Cara Angelina berhasil. Gubuk Marimar dibakar dan dia dipenjara atas tuduhan mencuri perhiasan Angelica.

Keluar dari penjara, Marimar pergi ke Mexico City dan di sana ia bertemu ayah kandungnya yang ternyata masih hidup. Ia pun mulai belajar semua hal. Dendam yang ia rasakan pada keluarga Santibanez begitu besar dan ia berniat membalas segala penderitaannya selama ini.


6. MARIA LA DEL BARRIO (MARIA CINTA YANG HILANG)
 Pemeran: Thalia, Fernando Colunga & Itati Cantoral

sinopsis telenovela maria la del barrio (maria cinta yang hilang)
pic source: https://en.wikipedia.org/

Hari senin kemarin, saat sedang beristirahat karena kurang enak badan, saya menonton tayangan telenovela ini di salah satu stasiun tv. Satu hal yang tak pernah terlupa dari telenovela ini yaitu tokoh antagonisnya yang bernama Soraya Montenegro (Itati Cantoral). Teriakan dan belalak matanya itu loh, aduhai sungguh menakutkan euy! Oh iya, masih ada satu lagi yang sulit terlupa yaitu si Carlota, PRT yang suka nguping pembicaraan majikannya dan kemudian melaporkannya pada Soraya.

Saat tayang di televisi bertahun yang lalu, telenovela ini sangat digandrungi oleh ibu-ibu di sekitar rumah kami, tak terkecuali mama saya (biasanya mama malas nonton telenovela). Saking sukanya, anak tetangga saya yang lahir saat itu diberi nama Nandito oleh ibunya, hahaha. Fenomenal banget deh telenovela ini.

Sinopsis:
Maria (Thalia) adalah gadis tuna wisma yang kemudian diangkat anak oleh seorang pria baik hati bernama Don Fernando De la Vega. Beberapa waktu tinggal di rumah Don Fernando, anak pertamanya yang bernama Luis Fernando De la Vega (Fernando Colunga) jatuh cinta pada Maria. Mereka akhirnya menikah.

Soraya yang sangat mencintai dan terobsesi pada Luis Fernando menjadi murka saat mengetahui pernikahan itu. Beragam cara ia lakukan untuk memisahkan mereka. Dendamnya pada Luis Fernando dan Maria tak pernah surut bahkan setelah empat belas tahun berlalu. Ckckck, hebat banget deh si Soraya ini, walau udah ditolak berkali-kali masih aja memaksakan diri.

Demi menyakiti Maria, ia bahkan melibatkan Nandito (anak Maria dan Luis Fernando). Ia pura-pura menyukai Nandito dan sialnya, Nandito yang lugu mengira Soraya sungguh-sungguh mencintainya. Walau ceritanya panjang dan berliku, pada akhirnya telenovela ini berakhir bahagia.



7. LOCURA DE AMOR (ADA CINTA DI SEKOLAH)
Pemeran: Adriana Nieto & Juan Soler

SINOPSIS TELENOVELA LOCURA DE AMOR (ADA CINTA DI SEKOLAH)
pic source: www.flickr.com/

Huwaaaa ini adalah salah satu telenovela favorit saya. Saya ingat, saya bela-belain tidak tidur siang demi bisa menonton telenovela ini di sctv. Saya menyukai hampir semua yang ada di telenovela ini. Semua terlihat pas di mata saya, mulai dari ost-nya, jalan ceritanya sampai pada pemeran-pemerannya. Sayangnya di akhir-akhir episode, pemeran utama wanita-nya diganti, hiks :(

Saya juga suka banget sama chemistry pasangan pemeran utamanya. Adriana dan Juan terlihat serasi di mata saya. Percintaan antara guru dan siswi yang pada zaman itu masih jarang ditemui di film/drama membuat saya merasa telenovela ini sangat romantis, hihihi

Sinopsis:
Natalia Sandoval (Adriana Nieto) adalah seorang siswi SMA yang terlihat ceria. Namun siapa yang tahu, di balik sifat cerianya, sebenarnya ia menyimpan kesedihan karena sejak kematian ibunya, ayahnya menjadi cuek padanya dan kakaknya. Bisa dibilang ia adalah gadis yang kurang kasih sayang dari ayahnya. Kesedihannya semakin bertambah karena sang ayah memutuskan untuk menikah lagi dengan seorang gadis yang usianya jauh lebih muda.

Natalia hanya bahagia saat bersama nenek, kakak dan sahabat-sahabatnya di sekolah. Di sekolah, ia bersama empat sahabatnya suka membuat ulah yang membuat tensi si kepala sekolah yang jahatnya amit-amit pusing setengah mati.

Suatu hari datanglah seorang guru psikologi nan gagah bernama Enrique Gallardo (Juan Soler). Natalia dan Enrique saling tertarik dan jatuh cinta. Tapi perjalanan cinta mereka tidak berjalan mulus karena ada seorang wanita yang tergila-gila pada Enrique berusaha merusak hubungan itu.


8. BARBARITA/LA MUJER DE MI VIDA
Pemeran: Natalia Streignard, Mario Cimarro & Gallerman Baralt
 
SINOPSIS TELENOVELA BARBARITA/LA MUJER DE MI VIDA
pic source: http://blossum7.tripod.com/id4.html

Ehem, pemeran cowoknya tampan yaa? hihihi. Kalo tidak salah, telenovela ini dulunya ditayangkan di sctv setiap jam sepuluh pagi waktu Indonesia tengah. Saya tertarik menontonnya setelah direkomendasikan oleh tetangga saya. Menurutnya, telenovela ini bagus, jadilah saya ikut menontonnya walau ketinggalan beberapa episode awal.

Sinopsis:
Barbara Ruiz Morales atau Barbarita (Natalia Streignard) adalah seorang gadis sederhana yang bekerja di sebuah butik. Pertemuannya dengan seorang pria kaya yang bernama Valentino Thompson (Gallerman Baralt) menumbuhkan benih-benih cinta di hati keduanya. Tak lama berselang, mereka memutuskan menikah.

Pada malam setelah pernikahan, mobil yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan. Valentino dinyatakan meninggal sedangkan Barbarita hanya mengalami memar di sekujur tubuhnya. Hal ini membuat Ricarda Thompson, ibu Valentino membenci Barbarita. Menurutnya, Barbarita-lah yang membunuh anaknya.

Demi membalas kematian Valentino, Ricarda menyuruh anaknya yang lain yang bernama Antonio Thompson (Mario Cimarro) untuk mendekati Barbarita. Antonio disuruh untuk pura-pura mencintai Barbarita, dan bila Barbarita sudah jatuh cinta pada Antonio, maka Antonio harus meninggalkannya. Tanpa disadarinya, ternyata Antonio jatuh cinta benaran sama Barbarita.

Singkat cerita, saat rasa cinta Antonio dan Barbarita sudah semakin dalam dan memutuskan untuk menikah, Valentino tiba-tiba muncul dan mencari istrinya. Diketahui bahwa pada malam kecelakaan itu, ia pura-pura meninggal untuk melarikan diri karena telah menggelapkan dana perusahaan.
**

Wow. Udah 1900-an kata euy! Pantasan tangan saya udah mulai pegal, hihihi. Tulisan tentang daftar telenovela yang pernah saya tonton di masa lalu part I ini saya cukupkan sampai di sini yaa. Delapan judul telenovela lain (part II) Insyaallah akan saya publish hari kamis depan.

Silakan klik link ini untuk membaca Part II-nya

Apakah kamu juga suka telenovela gaes? Kalo iya, apakah kedelapan telenovela yang saya tulis di atas juga pernah kamu tonton? Yuk bagikan ceritamu di kolom komentar :)



You May Also Like

47 komentar

  1. saya tau telenovela gegara kedua kakak perempuan saya juga seringnya nonton film dari amerika latin ini...

    taunya cuma rosalinda sama marimar, lainnya telenovela anak-anak kaya amigos, dulce maria *eh itu termasuk telenovela bukan ya mbak ^^

    BalasHapus
  2. pemain telenovela yg aku suka itu Thalia ceweknya cowoknya Fernando ahhh Fernando seksiiiihhh abieeez *langsung meriang bayanginnya lagi bahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba telenovela Cinta Paulina itu juga bagus loh aku suka pernah nonton ga?terus si Dulce Maria, Beti Lafea wkwkwk duh keliatan anak zaman old-nya

      Hapus
  3. Eh Marimar sekarang ada lagi lho, pernah liat iklannya.

    BalasHapus
  4. aku nonton yang Tania..di TVRI dulu mbak..malem2...tapi nggak ngerti endingnya. aku suka Tania sih..tomboi sexi gitu... :-)

    BalasHapus
  5. Hihihi, jadi inget masa lampau nih Mbak. 2, 3 5 aku pernah lihat tapi nggak ngikutin juga sih.

    BalasHapus
  6. Tulisan ini nostalgia banget ya
    Jadi senyum2 sendiri bacanya
    Telenovela itu entah bagaimana, kemasannya menarik. Konfliknya terasa nyata, kisah percintaannya juga bikin ngayal hahaha

    BalasHapus
  7. Dulu saya juga suka nonton telenovela mbak Ira, tapi sekarang sudah tidak lagi. Sengaja menghindar sih karena takut buang waktu, tahu sendiri kan kalau sudah nonton telenovela/drama berseri itu pasti nagih, hihi..

    Fulgoso itu ternyata lebih terkenal loh dan namanya lebih sering disebut daripada yang lainnya. Intinya sih dulu saya juga penggemar berat telenovela, hehe

    BalasHapus
  8. baca ini trus senyum senyum sendiri
    dulu nonton telenovela-telenovela diatas pas masih kecil, habis pulang sekolah haha...
    ngerasa udah tua aja jadinya :)

    BalasHapus
  9. Wah, dari ke-8 judul itu saya cuma tau Esmeralda sama Marimar, Mbak. Hehe. Nonton karena kakak suka itu :)
    Btw mbak Ira banyak banget telenovel yang disukaaa.... :D

    BalasHapus
  10. Woooooott biby gaytan takkirain cuma di camila aja mb hihi
    Btw kesukaan kita sama mb locura de amor, namun pas adriana nieto ganti pas lagi seru serunya aku langsung matiken tipi, hahhahaha sebel aku klo peran utama malah diganti wkwkwkkw

    Btw nandito jadinya ama soraya pa mb?

    BalasHapus
  11. Amigos, Carita De Angel, cinta paulina blm msk.
    eh..ketahuan penggemar telenovela
    dari yg disebutkan ternyata yg pernah saya saksikan cuma yg dibintangi Thalia

    BalasHapus
  12. kyaaaa saya masih menangi beberapa mba Ira wkkwkw
    aduh ingetin jaman bahuela ya

    BalasHapus
  13. Eaaaaa jd inget masa lalu.. kayaknya di aku itu mulai jaman sd smp deh

    BalasHapus
  14. yang pernah aku tonton cuma empat Rosalinda, Marimar, Esmeralda dan Maria Cinta Ynag Hilang...lainnya ga tau hihihi

    BalasHapus
  15. Waa.. Telenovela yg judulnya masih kuingat cuma Marimar, Maria Cinta yg hilang, Rosalinda sama Esmeralda. Tapi ceritanya udah ga ingat sama sekali

    BalasHapus
  16. Thalia itu wajahnya emang cakep cakep gimana gtu ya, aku taunya rosalinda aja kayaknya deh. maksudny yang aku tonton, yg lainnya mah aku cuma tau judulnya aja

    BalasHapus
  17. Ternyata dari 8 judul di atas, kutahu setengahnya. Wkwkwk. Dan baca sinopsisnya sambil meraba-raba, ehm, ini yang itu bukan ya. Hahaha. Bagai mengenang masa kecil, Mbak. Seru-seru.

    BalasHapus
  18. Marimaaar aaw *otomatisnyayi* . Haha memorable banget telenovela satu ini. Dulu jaman SD kali ya nonton telenovela :D

    BalasHapus
  19. aku pengen banget lagi ada tayang telenovela ini semua di indonesia
    sukaaaaa hahahahaha
    aku paling suka itu paula dan paulina juga mbak
    sama esmeralda soalnya luis fernandonya ganteng hahahaha

    BalasHapus
  20. yg 7 dan 8 sa ndak nontonpi kayaknya.. tapi yg no.7 kayak ndak asing, yg no.8 sa blank ini ceritanya yg mana yaaa??

    Esmeraldaaaaa... huhuhh sedihnya deh ini telenovela :(

    BalasHapus
  21. Rosalindaaa..jaman2 kapan ya ini, TERAKHIR nonton telenovela udahlama banget

    BalasHapus
  22. tak satupun yang pernah ku nonton dan semuanya baru ku tau sekarang hahaha, kecuali marimar dan Esmeralda ituh sering disebut2 teman di grub sebagai candaan, baru tau saya kalau oh ternyata Telenovela toh hahaha, saya taunya cuma Dulce Maria mba haha

    BalasHapus
  23. Pokoknya dulu tuh saya nonton semua telenovela yang pemerannya Thalia. Dan hanya dia yang namanya saya hapal hahaha

    BalasHapus
  24. Lah setengahnya aku tahu! Haha setua itukah aku, favorit aku rosalinda, bener-bener ceritanya bikin terhanyut

    BalasHapus
  25. Marimar yang paling ngehits banget di jamannya dulu, sampai ditungguin jelang jam tayagnya ya mbak

    BalasHapus
  26. jadi mengenang masalalu nih. aku yg paling teringat terus marimar. sampe awal lagunya tuh masih inget.

    BalasHapus
  27. Mamakeee...
    Ko kece banget siih...

    Rasanya aku dulu-dulu ngapain aja?
    Bhuaahhahha...
    Kenal siih..beberapa telenovela, tapi ga pernah nonton serius. Karena Ibuku menguasai tipi.

    Poor me.

    BalasHapus
  28. Wah teryata aku juga penikmat telenovela karena ngeh dengan judul judul yang mamba Ira berikan. Hahaha. Esmeralda dan Marimar Cinta yang hilamg plus Rosalinda masih membekas hingga kini :)

    BalasHapus
  29. Ya ampuuun, mbak aku sampai baca semua larakternya. Kangen euyy masa dulu. Meskipun aku jarang2 ngikutin telenovela. Eh ga ada Betty ya ini hahahahaha

    BalasHapus
  30. Hahaha liat ini jd terkenang masa lalu meski ga mengikuti sih cuman tau aja... Krn sy org ga sabaran nonto. Film yg bersambung jd ga mau nonton hehe..

    BalasHapus
  31. Huahahaa aku inget carlota, yg kalo lari kaya diseret2, kalo ngomong sambil mecucu :)))
    Gak semua judul yg ditulis itu aku pernah nonton, palingan rosalinda, marimar, sama maria cinta yg hilang. Looh kebanyakan yg main thalia semua :))

    BalasHapus
  32. Aku jadi kangen nih nonton telenovela lagi. Dulu tuh aku suka banget Esmeralda, Marimar hihi sampai sering candaan sama teman-teman di sekolah panggil nama teman-teman pakai nama oemeran yang ada di Marimar :D

    BalasHapus
  33. Kok ya kepikiran ya bikin postingan telenovela begini. Wmwkkw. Aku paling demen Marimar. Suka sama kisah cinta si miskin dan di kaya emememm

    BalasHapus
  34. di antara sekian banyak yang aku tahu cuma 2 kayaknya, marimar dan maria cinta yang hilang

    BalasHapus
  35. maria cinta yang hilang itu sempat ngetop banget dulu perasaan. nyaris semua televisi siang2 muter itu karena digemari para ibu dan pembokat. termasuk aku sih juga nonton karena ini jadi bahan obrolan ama pembokatku yang asyik

    BalasHapus
  36. Aku yang bintanya Thalia rata2 nonton. Itu dulu Telenovela emang hits banget. Aku jadi pengen nulis juga, tapi yang versi anak2/remaja

    BalasHapus
  37. Cuma tau yang pemeran utamanya thalia hahaha omg ini bikin ketauan umur banget klo bahas telenovela

    BalasHapus
  38. Aku film telenovela yang dibintangi Thalia hampir semuanya tahu, kalo lain lain nggak faham mba. Dulu thalia kalo diperumpamakan di indonesia kya suzana hihihi menurut aku ya

    BalasHapus
  39. Aku sukaaa deh nonton telenovela ini.. tepatnya seneeeng dan suka denger dubbingnya yang lucuuuu

    BalasHapus
  40. Seru banget telenovela dulu yang paling familiar itu Rosalinda Aya moy yang Gabriela gk nonton tapi pemerannya tahu yang main di Paula paulina. Zaman telenovela pas aku masih SD kelas 4 :-D

    BalasHapus
  41. Telenovela ini padahal bahaya ya, karena baju artisnya seksi-seksi dan banyak adegan ciumannya. Tapi dulu aku nonton gak jadi gimana2 sih wkwk.. aku nonton serinya Thalia itu.

    BalasHapus
  42. Rosalinda, Esmeralda, Marimar, saya nontoooon haha. Dan telenovela anak Maria Bellen, Amigos, dan satu lagi deh lupa. Ya Allah jadi kangen hahaha. Betapa hits dulu yak.

    BalasHapus
  43. Jaman telenovela berjaya, aku ingatnya selaluuuu aja artisnya si Thalia itu. Memang cantik dan seksi sih ya. Bahkan meski kayaknya kurang cocok menjadi perempuan sengsara, teteup aja bintangnya si Thalia yang main :))

    BalasHapus
  44. Hahahhah kalau aku Rosalinda, Esmeralda, sama Mari Mar yang paling ingeeettt. Sampe masih tau nih intro lagunya :D

    BalasHapus
  45. Hahaha kalau sy yg paling terekam itu maria mercedes yg lainnya ga ngikutin rutin n mulai ga suka krn kadang acting n ceritanya over gmn gitu
    ..klo istilah jaman sekarang lebay hahah

    BalasHapus
  46. seru sekali daftar telenovelanya, aku hanya mengenal tiga saja yang familiar yang suka diikuti alm grandma, esmeralda, maria mercedes dan marimar hihihi

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉