CARA MERAWAT AC SAMSUNG ½ PK

Mei 05, 2018

Saat ini cuaca sedang lucu-lucunya panas-panasnya yaa, gaes. Di Baubau, matahari terasa seperti dekat banget. Akhir-akhir ini saya gak berani keluar rumah siang hari kalo gak ada keperluan yang penting banget, itupun keluarnya harus naik kendaraan + pake jaket (bila tujuannya jauh) dan pake payung (bila tujuannya dekat saja).

Tak hanya di luar rumah saja, di dalam rumah pun seolah tak mau kalah panasnya. Kalau sudah begini, maka pemilik rumah biasanya akan memilih AC atau air conditioner untuk mendinginkan ruangan dalam rumahnya. AC biasanya dipilih karena ia dapat menyejukkan suhu ruangan dengan waktu yang relatif cepat dibanding kipas angin.
 
pic source: pixabay.com
  
Keberadaan AC di dalam ruangan membuat pengguna dapat merasakan desiran angin yang sejuk. Dan beberapa AC yang ada di pasaran juga sudah mampu menjangkau ruangan yang cukup luas sehingga tak perlu menggunakan banyak pendingin ruangan, hawa sejuk sudah bisa dinikmati oleh penghuninya.

Hal ini dikarenakan AC yang beredar saat ini sudah dibekali dengan fitur dan juga teknologi terbaik untuk mempercepat pendinginan ruangan. Salah satu AC seperti ini adalah AC Samsung ½ PK. Kelebihan lain yang ia punya adalah lebih hemat energi. Cocok banget nih dipilih untuk menyejukkan suhu di rumah kita.

Tak hanya itu, beberapa merek AC termasuk Samsung juga sudah dapat mendeteksi jumlah orang dalam ruangan sehingga AC dapat mengurangi suhunya secara otomatis. AC-AC tersebut sudah begitu mudah didapatkan karena sudah dijual bebas di beberapa toko elektronik baik offline maupun toko online.

Oh iya, berikut adalah alasan mengapa AC Samsung banyak digunakan:
  • Berdaya konsumsi watt rendah tetapi output cooling besar, adanya teknologi Fast Cool dan Comfort Cool sangat tepat untuk dibutuhkan dalam ruangan dengan sangat cepat, dan otomatis berubah ke mode Comfort saat ruangan sudah nyaman sehingga penghuni tidak menggigil dan tidak perlu mengubah suhu secara manual.
  • AC Samsung didukung dengan adanya Samsung Split merupakan AC dengan fitur Fast Cooling, Triangle Design dan Triple Protector. AC Samsung ini merupakan Smart Inverter yang menghasilkan energi lebih besar dengan pemakaian efisien. Adanya Single User juga membuat otomatis untuk mematikan kompresesor ketika suhu tercapai.
  • AC Samsung ini juga memiliki sirkulasi udara yang menjadi luas sehingga dapat mendinginkan ruangan dalam waktu.
  • AC Samsung juga dilengkapi dengan fitur Virus Doctor dan Easy Filter untuk menyaring udara supaya tetap bersih dan steril sehingga udara lebih berkualitas.

Oh iya, ini nih hal yang perlu kita ketahui tentang AC: Kebutuhan ideal AC dalam sebuah ruangan, apabila langit-langit kurang dari 3 meter maka kebutuhannya sekitar 600 BTU per meter persegi dalam satu jam. 7200 BTU per jam setara dengan 1 PK. Hindari untuk menggunakan unit AC yang besar dalam ruangan kecil karena akan membuat penggunaan listrik berlebihan.

pic source: pixabay.com

 Berikut adalah cara merawat AC Samsung ½ PK diantaranya:
  • Gunakan timer, nyalakan maksimal 5 jam dalam satu kali pemakaian dan hindari untuk mengatur suhu dibawah 22 derajat Celcius.
  • Bersihkan filter AC minimal 1 hingga 2 bulan sekali karena jika tidak dibersihkan dapat menghalangi aliran udara.
  • Bersihkan kumparan AC karena jika tidak dapat mengurangi kemampuan AC menyerap panas.
  • Periksa Thermostat untuk memastikan AC bekerja dengan baik dan tetap menjaga temperatur suhu dalam ruangan tetap stabil
Selain beberapa diatas, jangan lupa juga lakukan pengecekan pada kipas yang terpasang pada unit kondensator bagian luar. Pastikan kipas berada dalam kondisi yang baik dan ganti pisau kipas jika terdapat pecahan atau retak. Tetap lakukan servis secara berkala dan gunakan layanan AC untuk memperbaiki kerusakan. AC Samsung ini sudah dijual pada beberapa situs belanja online dan menjadi pilihan karena Samsung merupakan produsen terbaik alat elektronik.  


AC Samsung ½ PK ketika dinyalakan pastikan ruangan dalam kondisi tertutup sehingga akan lebih baik pendinginan dalam ruangan. AC ini juga lebih hemat energi dan tidak perlu repot untuk mengatur suhu ketika ruangan sudah dingin. Dengan cepat dapat menjangkau berbagai sudut dalam ruangan dan memiliki fitur dan teknologi yang membuat penggunanya lebih mudah melepas dan membersihkan bagian dari AC ini.

Selamat berakhir pekan, gaes. Selamat menikmati waktu liburan bersama keluarga tercinta :)

You Might Also Like

15 Komentar

  1. Timer sebenarnya fitur yang penting untuk semua peralatan seperti TV, AC,dll tapi banyak orang (termasuk saya) yang jarang menggunakannya

    BalasHapus
  2. Menarik ada fitur Virus Doctor .. Apa fungsi lebih lanjutnya kak?

    BalasHapus
  3. Ini penting nih supaya gak gampang panggil tukang service

    BalasHapus
  4. Hebat ya bisa mendeteksi keberadaan seseorang sehingga lebih hemat listrik dan pendingin tidak mubazir

    BalasHapus
  5. Hhmmm, rupanya teknologi deteksi jumlah orang di dalam ruangan itu memang bagus ya untuk menghemat daya. Tadinya saya pikir cuma untuk ngatur suhu aja biar tetap adem meskipun ruangan lagi banyak orang.

    BalasHapus
  6. Cari barang untuk kebutuhan rumah memang nggak hanya lihat harganya, kualitas saja. Tapi penting juga untuk memperhatikan merek. Soalnya biasanya sudah terpercaya di masyarakat.

    BalasHapus
  7. paling males bersihin filter AC 😂😂 tapi ternyata penting ya biar gak cepet rusak juga.. makasih mba sharingnya

    BalasHapus
  8. wah, saya biasanya 24 jam gak dimatiin ACnya, hehehe, dengan tips ini saya jadi tahu cara biar AC ga cepet rusak

    BalasHapus
  9. wah makasih informasinya nih berguna banget :)

    BalasHapus
  10. Samsung emang katanya salah satu merk AC yang oke ya mbak. Emang sebaiknya pakai timer gtu kalau pas ketiduran. Biar hemat listrik hehe.

    BalasHapus
  11. Jadi pingin beli AC samsung juga nih, hehe. Saya masih belum pernah punya AC sebelmnya :).

    BalasHapus
  12. Bengkulu juga gitu Mak. AC ga berhenti muter. Cuaca panas banget yaaa. Kasihan juga sih AC nya

    BalasHapus
  13. saya sering lupa kalau urusan timer. Jadi sering nyala ACnya padahal tidak dipakai

    BalasHapus
  14. wah, info baru nih mbak. kebetulan di rumah juga AC-nya Samsung.
    makasih sharingnya mbake :)

    BalasHapus
  15. Mba, yang poin satu itu maksudnya di bawah 22 derajat kah? kalau di atas bukannya malah panas ya? :)

    Kalau saya pakai AC semalaman, pernah pakai timer, pas ACnya mati anak-anak kegerahan hiks

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉

Member Of




Recent Comments

`