Langsung ke konten utama

MANFAAT YANG DIDAPAT BILA RUTIN MEMBERSIHKAN AC


Tinggal di negara tropis seperti negara kita tercinta Indonesia, membuat kita merasakan cuaca yang panas ketika musim kemarau tiba. Tak hanya musim kemarau, bahkan ketika musim hujan tiba pun, kita masih merasakan cuaca panas, setidaknya seperti itulah yang saya rasakan akhir-akhir ini. Nah, karena cuaca yang “labil” tersebut, kebanyakan dari kita memiliki setidaknya satu unit air conditioner (AC) di rumah.

Cuaca yang tidak menentu tanpa sadar membuat kita memakai AC secara terus menerus sehingga seringkali membuat AC “lelah”. Dan parahnya, seringkali kita mengabaikan kondisi AC yang "sudah teriak-teriak" minta diservis tersebut. Kita seolah lupa bahwa AC juga butuh perawatan alias service rutin untuk menjaga kinerjanya agar tetap maksimal.

Banyak dari kita atau saya saja kali yah yang berpikiran bahwa untuk service AC baru benar-benar dilakukan saat unit AC-nya sudah tidak mengeluarkan suhu dingin atau bahkan sudah benar-benar rusak. Hmm, pemikiran yang salah banget ini dan mulai saat ini pemikiran seperti itu harus diubah.

Ternyata, ada beberapa manfaat yang akan kita dapatkan jika melakukan service AC secara rutin dan berkala, di antaranya:

1. Menghindarkan kita dari penyakit asma dan TBC
AC yang tidak diservis secara teratur akan memiliki filter udara yang kotor. Oleh karena itu, udara yang diproduksi AC akan mengandung debu dan sirkulasi udara pun menjadi tidak lancar. Apabila sirkulasi udara tidak lancar, maka kandungan CO2 di dalam ruangan akan bertambah dan pernafasan kita pun terhambat. Selain itu, debu yang terakumulasi dan terhembus bersama udara AC akan masuk ke paru-paru dan akan meningkatkan resiko kita terkena penyakit seperti asma dan TBC. Menyeramkan sekali, ya?

2. Say no to sakit kepala!
Sering merasakan sakit kepala saat berada di ruangan ber-AC? Mengapa hal itu terjadi? AC yang tidak diservis secara teratur memiliki mesin yang lebih berisik. Selain itu, kualitas udara yang diproduksi AC pun semakin rendah, dan bunyi kipas AC yang berputar dapat menciptakan suasana ruangan yang tidak kondusif yang pada akhirnya membuat kepala kita pusing atau pening. AC yang diservis dengan baik selain mengeluarkan suara yang kecil dan lembut, akan menghasilkan udara yang dingin, bersih dan nyaman.

3. Tidak ada lagi jamur dan bakteri
AC yang tidak diservis secara teratur memiliki kesempatan yang tinggi menjadi tempat berkumpulnya jamur, bakteri dan mikro organisme lainnya yang sangat tidak baik untuk kesehatan. Bagian dalam AC yang terlalu lembab dapat menyebabkan munculnya jamur dan lumut, karena sistem pendinginan AC mengeluarkan banyak sekali kelembaban dan kondensasi udara yang seharusnya secara teratur dibersihkan dan dibuang untuk dapat mengeluarkan udara AC yang bersih.

4. AC bebas dari karatan
Bagian dalam AC yang selalu terpapar freon dan kondensasi udara dingin dapat menyebabkan karat pada besi AC. Apabila partikel-partikel karat tersebut ikut terhembus udara AC, maka kesempatan kita untuk menghisap partikel tersebut sangat tinggi. Dari sisi kesehatan, apabila badan kita menyerap partikel karat, kita dapat terkena masalah di paru-paru, tenggorokan, dan hidung.




Bagaimana gaes, sungguh banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan membersihkan AC secara rutin yah. Mulai sekarang, yuk lakukan service AC kita secara rutin! Bila tidak ingin membersihkan AC sendiri karena tidak tahu atau malas melakukannya, jangan khwatir karena sekarang kamu bisa menggunakan jasa service AC loh. Tentunya kita harus memilih jasa service yang terpercaya dong ^____^

Lalu, di manakah kita bisa mendapatkan jasa service AC Jakarta Pusat atau wilayah lainnya yang berkualitas dan terpercaya? Kini kita bisa menggunakan platform marketplace jasa bernama Sejasa.com yang akan menghubungkan kita dengan penyedia jasa service AC terbaik sesuai dengan lokasi tempat tinggal kita.

Caranya sangat mudah, buka Sejasa.com dan isi form request singkat. kita akan mendapatkan penawaran harga dari beberapa penyedia jasa. Bandingkan harga, baca review, dan lihat halaman profil usaha penyedia jasa tersebut dan pilih yang sesuai dengan budget kita deh. Gampang banget yah langkah-langkahnya. Yuk service AC kita sekarang juga ^_______^


Komentar

  1. Weh, AC rumah sudah hampir setahun ternyata belum di service, :D

    BalasHapus
  2. Wah, ngeri juga ya kalau nggak dibersihin Mbak Ira. Untung rumahku nggak ada ac nya Mbak. Udah dingin hehehe, di gunung soalnya

    BalasHapus
  3. AC memang harus rutin dibersihin. Tapi memilih jasa service juga harus hati-hati. Pernah beberapa kali tertipu. Bukannya bersih malah rusak. Syukurlah kalau ada jasa service yang terpercaya

    BalasHapus
  4. Klau begitu harus senring bersihin AC ni,,,

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGOBATI LEBAM/BENJOLAN PADA JIDAT ANAK KARENA KEJEDOT

Selamat tahun baru yah Gaes, semoga di tahun 2016 ini segalanya lebih baik dari tahun-tahun yang telah lalu, amin. Tidak terasa yah, hari ini kita sudah berada di hari ke empat di tahun yang baru ini. Setelah beberapa hari menikmati hari libur (libur nulis juga), hari ini saatnya kita untuk beraktivitas seperti biasanya.

Oh iya, postingan pertama saya di awal tahun ini akan dibuka dengan cerita sedih yang dialami oleh anak saya “Wahyu” beberapa waktu yang lalu.Pada hari kamis tanggal 24 desember 2015 yang lalu, Wahyu kejedot (bahasa Indonesia dari kejedot apa yah?) di kaki ranjang. Saat sedang berlari-lari dalam rumah, tanpa sengaja kakinya menabrak kaki Papanya hingga ia terlempar dan jidatnya terbentur kaki ranjang.
Wahyu yang awal mulanya tertawa ceria tiba-tiba berteriak dengan suara yang sangat keras disusul suara tangisnya yang pecah. Ternyata anakku tercinta terjatuh dan terdorong dengan keras hingga jidatnya menabrak kaki ranjang. Oh tidak..!


BERKAS YANG HARUS DISIAPKAN SAAT MENGAMBIL BPKB KENDARAAN DI LEASING SETELAH MASA KREDIT SELESAI

Blogpost kali ini mau ngomongin sesuatu yang berhubungan dengan kerjaan saya nih yaitu tentang berkas yang harus disiapkan saat mengambil BPKB di perusahaan pembiayaan setelah masa kredit selesai.
Ide ini muncul karena akhir-akhir ini banyak konsumen kantor saya yang telah lunas masa kreditnya namun belum mengetahui hal ini (walaupun syarat-syaratnya sudah ditempel di papan pengumuman kantor), akibatnya mereka harus bolak-balik pulang ke rumah untuk mengambil berkas yang menjadi syarat pengambilan BPKB ini. Bagi yang rumahnya dekat sih tidak masalah, tapi bagi yang rumahnya jauh, pasti merepotkan dong? Tidak jarang mereka baru bisa datang kembali pada keesokan harinya.
Jadi menurut saya mungkin bagus juga jika saya menulisnya di blog ini, sekalian nambah postingan blog yang baru beberapa biji padahal udah pertengahan februari ^________^

PENGALAMAN MENGGUNAKAN KB IMPLANT/SUSUK TIGA TAHUN

Beberapa waktu belakangan ada satu celetukan dari teman-teman yang lumayan sering mampir ke telinga saya dan suami ketika melihat kami berjalan bersama Wahyu. Celetukannya kurang lebih seperti ini nih “ihhhh, Wahyu udah besar yah, kapan nih punya adik lagi?”
Mendapat pertanyaan seperti itu biasanya kami hanya tersenyum sambil menjawab “Bila Allah berkenan, Insyaallah secepatnya. Doakan semoga secepatnya kami mendapatkan adik Wahyu”.
Sebenarnya jawaban yang kami berikan itu adalah jawaban basa basi karena sejujurnya kami memang sengaja menunda kehadiran adik Wahyu. Saya sih sudah pengen banget punya anak lagi, tapi suami masih belum mau punya anak lagi. Menurutnya, Wahyu masih membutuhkan lebih banyak kasih sayang dari kami. Walau alasan itu terkesan “cemen” di mata saya, tapi akhirnya saya amini juga.