HAL-HAL YANG SAYA RASAKAN SETELAH HAMPIR 3 TAHUN NGEBLOG DI WWW.IRAWATIHAMID.COM

by - September 22, 2018

Tanggal 1 Oktober nanti blog ini akan berulang tahun yang ke-3, yeay. Tak terasa, ternyata sudah hampir tiga tahun blog ini malang melintang di jagat maya yang maha luas dan tak terbatas ini. Tak terasa juga ternyata sudah hampir tiga tahun lamanya ia menjadi teman setia saya dalam menumpahkan segala curahan hati dan uneg-uneg yang ada di dalam dada, menjadi tempat untuk menuliskan segala bentuk opini juga sebagai tempat untuk menuliskan pengalaman atas apapun yang saya alami. Bisa dibilang, selain suami, blog inilah yang menjadi tempat ternyaman untuk mencurahkan apapun yang saya rasakan.

pic source: pixabay.com
Usia tiga tahun adalah usia yang masih sangat muda, masih jauh bangetlah bila dibandingkan dengan teman-teman lain yang sudah lama bergelut di dunia perbloggingan ini. Bila blog ini diibaratkan seorang anak, ia masihlah seorang batita yang sedang berada dalam masa lucu-lucunya. Usia dimana seorang anak sedang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap apapun. Usia yang sedang semangat-semangatnya belajar agar semakin banyak tahu.

Saya sadar, blog ini memiliki banyak kekurangan dan masih sangat jauh dari sempurna. Oleh karena itu, sebagai pemilik blog, saya harus lebih giat lagi belajar agar menghasilkan artikel-artikel berbobot sehingga pembaca yang meluangkan waktu singgah ke sini tidak merasa sia-sia karena ada hal bermanfaat yang mereka dapatkan. Intinya, saya harus menyuguhkan yang terbaik walau saya akui akhir-akhir ini semangat ngeblog saya memang sedang menurun.

Baca Juga: Best Moment yang Saya Rasakan Selama Ngeblog

Ada banyak hal yang saya rasakan selama tiga tahun mengelola blog ini 😁. Dan ngomong-ngomong tentang ultahnya yang ke-3, sepertinya seru juga nih bila saya ceritakan hal-hal yang terjadi pada blog ini sejak awal terciptanya sampai saat ini, semacam kilas balik gitulah. Penasaran, gak? hehehe

#0 -  Tahun 1
Layaknya semua hal yang baru pertama kali dilakukan, bawaannya pasti selalu semangat, yaa. Hal itu juga terjadi pada saya saat awal-awal terciptanya blog ini. Pada tahun pertama, semangat nulis saya sangat menggebu-gebu. Rasanya apapun yang ada di pikiran langsung pengen dituangkan dalam tulisan, tak heran ada banyak artikel yang saya hasilkan pada tahun pertama ini.

Berbanding lurus dengan semangat menulis saya yang menggebu, semangat ikut lomba blog juga berada di puncaknya. Di tahun itu juga saya mendapatkan tawaran kerjasama dari klien untuk pertama kalinya. Rasanya bahagiaaa banget.

Berbanding terbalik dengan jumlah artikel, saat itu pengunjung blog ini masih bisa dihitung jari setiap harinya. Yang berkunjung ke sini tuh banyakan teman-teman blogger yang melakukan kunjungan balik setelah saya berkunjung ke blognya. Belum ada artikel popular yang menjadi sumber datangnya pengunjung organik.

Baca Juga: 9 Artikel popular www.irawatihamid.com tahun 2017

# Tahun 1 - Tahun 2
Pada tahun ini, semangat nulis saya masih sebelas duabelas dengan sebelumnya alias masih tinggi. Untuk ikut lomba juga masih sering walau tak se-menggebu awal terciptanya blog ini. Di tahun ini saya mulai bergabung di banyak komunitas blogger, WAG blogger dan semakin banyak teman-teman blogger hebat yang saya kenal. Di tahun ini saya juga mulai memilih-milih job yang ditawarkan dan mulai berani nawar fee pada si pemberi job, hehehe

Sayangnya, di tahun ini semangat saya untuk berkunjung ke blog teman-teman mulai menurun. Tapi Alhamdulillah sudah muncul beberapa artikel popular yang berada di page one pencarian google jadi pengunjung organik sudah mulai berdatangan, akibatnya pageview blog ini berhasil mencapai satu juta klik (di dashboard blog) dan pageview di google analytics rata-rata 1000-an/hari.

Baca Juga: 5 Artikel di blog ini yang pageviews-nya >100.000

#Tahun 2 - Tahun 3
Saya sedih banget nih, tahun ini semangat ngeblog saya mulai down, kunjungan ke blog teman semakin jarang dan artikel yang terpublish di blog ini semakin sedikit. Resolusi yang saya tuliskan terkait blog ini juga banyak yang tidak terealisasi. Puncaknya adalah memasuki tahun 2018, semangat saya benar-benar jatuh di titik terendah, bayangkan saja, sudah hampir akhir tahun tapi artikel yang terpublish belum sampai 50.

Untuk mengembalikan semangat berkunjung ke blog teman-teman, saat ini saya banyak mengikuti list blogwalking di banyak WAG. Semoga saja hal ini bisa membuat semangat nulis saya dan kebiasaan berkunjung ke blog teman kembali seperti saat awal saya membuat blog ini, amiiin

Sedangkan untuk pageviews, pengunjung blog ini mengalami penurunan setelah saya mengganti alamatnya dari yang semula diawali http menjadi https. Ehhh belum lama pageviewsnya balik normal, kini pengunjung blog ini kembali menurun setelah ganti template beberapa waktu lalu, hiks. Pe er terbesar saya saat ini adalah mengembalikan pageviews seperti sebelumnya.

PV pertengahan Agustus sampai kemarin :(


Banyak hal yang saya syukuri selama tiga tahun terciptanya blog ini. Banyak momen berkesan dan tak terlupakan yang saya alami, dan semua itu sangat bermakna. Hal yang paling saya syukuri adalah kegiatan ngeblog ini memberikan saya banyak pengalaman yang sebelumnya belum pernah saya rasakan.

Berikut ini beberapa hal yang saya rasakan selama tiga tahun ngeblog:

1. Mengenal banyak teman-teman hebat
Salah satu hal yang paling saya syukuri dari kegiatan ngeblog ini adalah saya akhirnya bertemu dan berkenalan dengan banyak teman-teman hebat yang sebelumnya bahkan tidak pernah saya duga. Siapa yang mengira, saya akhirnya mengenal banyak teman-teman penulis mulai dari yang amatiran (hanya hobby menulis) seperti saya hingga teman-teman yang sudah profesional dan menerbitkan banyak buku?

Jujur saja, awalnya saya tidak pernah memikirkan akan mendapatkan teman dari hobby saya ngeblog ini tapi ternyata pikiran saya salah. Dari kegiatan ini saya justru mendapatkan banyak sahabat baru yang sangat menyenangkan, bahkan tak hanya berkenalan via online saja tapi langsung bertemu muka.
sahabat-sahabat blogger Kendari yang awalnya gak saling kenal (pic source: Raya Makyus)

2. Mendapatkan penghasilan
Walau tujuan awal saya membuat blog ini hanya sebagai media untuk menuangkan segala pikiran dan perasaan saya, seiring berjalannya waktu saya mulai tahu kalau ternyata ruang lingkup ngeblog itu tidaklah sesempit yang saya pikirkan. Ternyata ada banyak hal yang bisa saya dapatkan dari kegiatan menyenangkan ini. Tidak hanya membuat hati saya lega karena sudah berhasil menuangkan apa yang saya rasakan, masih banyak manfaat lain yang bisa saya dapatkan, salah satunya adalah mendapatkan piti alias uang jajan.

Usia blog ini baru tiga bulan saat pertama kali saya mendapatkan tawaran kerjasama dari sebuah ecommerce. Setelah itu, sampai hari ini setiap bulan selalu saja ada tawaran kerjasama yang datang menghampiri. Alhamdulillah.

Baca Juga: Tentang Penghasilan Tambahan

Oh iya, saat pertama kali mendapatkan tawaran kerjasama dari klien, blog ini sudah menggunakan domain berbayar atau top level domain (TLD). Untuk yang belum tahu, domain TLD adalah domain yang menggunakan akhiran dot-com, dot-net, dot-id, dot-tech dan beberapa akhiran lain (tidak lagi berakhiran dot-blogspot-dot-com atau dot-wordpress.com). Untuk membeli domain ini juga sangat mudah kok karena saat ini sudah banyak jasa penyedia domain yang harganya terjangkau dan ramah di kantong, salah satunya adalah Niagahoster.

3. Mengasah kemampuan saya berkompetisi
Sejak dulu saya memang suka berkompetisi dan sejak membuat blog ini jiwa kompetisi saya semakin terasah. Alhamdulillah selama ikut lomba, nama saya sempat beberapa kali muncul sebagai pemenang (walau sekarang sudah jarang banget ikut lomba, dan setiap ikut lomba gak pernah menang lagi).

Baca Juga: Achievement

Ikut lomba blog juga juga melatih jiwa saya untuk siap menerima kekalahan dan mengakui kehebatan orang lain. Lomba blog mengajarkan saya satu hal bahwa apapun yang dikerjakan dengan sungguh-sungguh pasti akan menuai hasil yang memuaskan

4. Meningkatkan pengetahuan dan menambah wawasan
Menjadi seorang blogger berarti harus siap meningkatkan kemampuan yang dimiliki. Dunia blogging menuntut kita untuk selalu memperbaharui pengetahuan, hal ini mau tak mau membuat saya rajin membaca agar tulisan saya menjadi lebih berbobot. Tak hanya kemampuan menulis saja, kemampuan lain seperti foto atau video juga harus terus ditingkatkan (sayangnya untuk dua hal ini saya masih jauh tertinggal, hiks).

Pengetahuan dan wawasan bisa didapatkan dari mana saja. Untuk hal ini saya mendapatkannya dari beberapa buku yang saya baca, grup-grup blogger yang saya ikuti atau dari membaca blog teman yang lebih familiar disebut blogwalking (BW). Ada banyak manfaat yang didapatkan dari kegiatan blogwalking ini, salah satunya mempererat hubungan sesama blogger. Lewat blogwalking juga seorang blogger bisa mengetahui informasi tentang Pembuatan Website atau hal-hal lain yang ingin diketahuinya.
 **

Itulah empat hal besar yang bisa disebut sebagai pengalaman berharga yang saya rasakan selama hampir tiga tahun menjalani aktivitas ngeblog di www.irawatihamid.com ini. Masih banyak lagi yang saya rasakan tapi sepertinya empat hal itulah yang paling berkesan.

Kalau kamu, sudah berapa lama ngeblog, gaes? Dan pengalaman berharga atau hal paling berkesan apa yang kamu rasakan selama ngeblog? Yuk bagi ceritamu di kolom komentar :)


You May Also Like

34 komentar

  1. Sama saya jg baru 3th tp tld 2017 n telat masuk komunitas bw dll jdi blm sejuta klik kayak mba iraπŸ€—

    BalasHapus
  2. wee, master blogger uda 3 tahun :) , grafiknya stagnan ya mbak

    BalasHapus
  3. Keren, Mbak. Salut dengan Mbak Ir. Meskipun sibuk sebagai ibu bekerja tapi masih aktif menulis di blog. Prestasinya juga tidak bisa dianggap remeh.

    BalasHapus
  4. Iya bener, dengan ngeblog dan gabung komunitas ngeblog, kita akan makin banyak teman. Ada yang diajak diskusi seputar dunia ngeblog sehingga bisa terus menjaga semangat nulis saat mood sedang turun.

    BalasHapus
  5. Untuk blog berusia 3 tahun, itu keren banget lho lihat Google Analyticnya. Semangat selalu, ya :)

    BalasHapus
  6. Sambil jalan sambil belajarvdari teman2 ya

    BalasHapus
  7. Wah hebat mba. Saya malah baru belajar ngeblog nih. Banyak hal yang bermanfaat ya ngeblog itu. Dan pendapatan otomatis akan mengikuti alias rejeki nggak kemana

    BalasHapus
  8. Selamat ulang tahun blognya mba Irawati, kalausaya ngeblog up n down banget hehehe, dan sekarang di sela-sela ngasuh anak yah jadi kembang kepis deh

    BalasHapus
  9. Ngeblog memang banyak suka dukanya yaa. Aku awal ngeblog th 2008 an, sempat vakum juga dulu 2010, lanjut lagi 2011 sampai sekarang :)

    BalasHapus
  10. 1000 per hari pageviewnya? Wah keren! Saya belom pernah sama sekali. Rata2 2 ratusan. Paling tinggi per hari 400. tapi tetap semangat ...

    BalasHapus
  11. Aku juga sempat jenuh ngeblog mbak, tapi kadang suka ingat kalau penghasilan dari ngeblog lumayan banget makanya semangat lagi deh hehe..

    BalasHapus
  12. mantul, mantab betul pageviewnya mbak Ira.

    BalasHapus
  13. Waaaaa! Selamat ulang tahun yang ketiga Blog Mbak Ira.... Semoga harapan-harapannya terkabul ya Mbaaa.... :)

    BalasHapus
  14. Banyak memang berkah ngeblog ya mba.. dan aku sendiri walaupun on et off mencoba terus menikmati prosesnya.

    BalasHapus
  15. Masyaallah, keren ngt itu pageviewnya. Ayo semangat terus ya.
    Aku baru 1th nih dan kyknya blm ada artikel yg page 1. Pageview jg msh imut hihihi..

    BalasHapus
  16. Yeaay...selamat ulang tahun ke 3 ya mba. Terus menginspirasi selaluuu

    BalasHapus
  17. Selamat ulang tahun blognya Ira Hamid ��
    Bagus tulisannya, jadi evaluasi buat diri sendiri dalam mengelola blog.
    Kapan-kapan kalo ke Makassar berkabar yaa...

    BalasHapus
  18. Saya malah lupa loh Mbak. Kapan blog ini pertama ngepost, soalnya suka draft diang, atau post trus kusave lagi, hehehe. Manfaat ngeblog banyak sekali ya, mbak. Tapi perjuangannya juga ndak dikit, semangat ya, Mbak ngeblognya biar sayapun ikut tersemangati

    BalasHapus
  19. Wah....mbak Ira keren banget...grafiknya bikin iri nih...walaupun super sibuk dgn angka PV segitu...cetarrr mbak

    BalasHapus
  20. Kalo saya ngeblog dari tahun 2006. Tapi... pindah rumah terus. Yang terlama di rumah wp dot com. Dari awal sampe 2015. Trus pernah nyoba hosting tapi cume bertahan setahun gegara kesel sama urusan crash plugin terus. Akhirnya yang sekarang ini di blogspot dua tahunan. Lumayan betah, dan moga sampai lama ��

    BalasHapus
  21. Saya betah di blogspot hehe . Mudah2an selalu betah

    BalasHapus
  22. Buat blog tahun 2013.
    Tapi punya domain sendiri baru 3 tahun ini.
    Sama, mba.
    Mood ngeblog aku juga up and down.

    Wah hebat nih pageviewsnya 1000 per hari, kalau aku baru 4000 tapi perbulan, hahahaha...
    Hush, bangga gitu ^^

    Lagi berjuang agar bisa 5000 per bulan...

    BalasHapus
  23. Barakallahu fiik, mba Ira dan blog cantiknya.
    Alhamdulillah,
    Semoga makin menebar manfaat.

    Untuk diri sendiri yang penting...
    Makin semangat menulis konten yang berkualitas, hingga semangatnya menular ke pembaca.

    Love yuu, mba Ira.

    BalasHapus
  24. Aku udah lama ngeblog, dari zaman alay dulu. Sekarang dunia perbloggeran udah sangat jauh berbeda. Tapi senang bisa kenal kamu, Mbak

    BalasHapus
  25. Uhuuuii, ndk lamami ultah tawwa blognya.
    Ada GA lagi ndk ya tahun ini? Kali saya bs dapat pulsa gretongan lagi. Atau mungkin jd salah satu pemenangnya, hihihih.

    Saya sudah 12thn lbh Kak, tp berTLD baru 3tahun ini.

    BalasHapus
  26. Barokallah ya Mba, dunia ngeblog itu bener-bener mendatangkan rejeki dan silaturahmi. Inspiratif banget mba ceritamu, aku jadi membayangkan aku sudah berapa tahun ngeblog hahahah apa aja yang udah kuraih. Duh, jadi kudu terus konsisten ya Mba, biar pageviewku banyak kayak punyamu.

    BalasHapus
  27. Waah selamat ulang tahun buat blognya mba. Jangan bosan kasih inspirasi buat teman2 blogger lain yaa :)

    BalasHapus
  28. Wah nyaris seumuran dengan blog aku mba Ira. Dan senangnya jadi blogger itu seperti membuka beragam pintu yang tadinya tertutup

    BalasHapus
  29. Wahh mbaaaa, inspiratif sekaliii.. saya 2 tahun lebih ngeblog belum saya pakai berkompetisi, masih nulis-nulis sekedar aja.. hihi, doaiin yah mbaa..

    BalasHapus
  30. Kalau saya naik turun sampai sekarang hahahaha, apalagi anak2 tu butuh perhatian emaknya banget. Tapi manfaat ngeblog emang banyak kurasakan jg mbak, kurang lbh sama denganmu.
    Btw mbak, punyaku juga sempet turun pas ganti https, kyknya turun massal hehe, abis itu naik lagi jg :D

    BalasHapus
  31. Saya ngeblog udh lama tapi nggak konsisten. Padahal udh dari jaman masih gadis sering mampir ke blognya Mbak2 senior macam Mbak Myra dan Mbak Lidya Fitrian hihi. Mrk konsisten saya nggak. Yuk sama2 tetap semangat ngeblog ya Mba.

    BalasHapus
  32. wah udah 3 tahun.. semoga nge-blognya makin jaya di darat, laut dan udara ya mbak.. hahaha

    BalasHapus
  33. Selamat ya Mbak konsisten menulis di blog semakin keren isi di blognya ngiler tuh liat PV-nya

    BalasHapus
  34. Aku awal ngeblog ya di awal 2014. Banyak hal berneda yang saya dapatkan. Pokoknya ngeblog itu tak ada ruginya nya ya. Pengetahuan nambaaaah terus

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus πŸ˜‰