HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SEBELUM MENGAJUKAN KREDIT KENDARAAN BERMOTOR

Januari 11, 2016

mobil suv terbaru
pic source: pixabay.com
Mobil suv terbaru. Sabtu siang itu, saat saya sedang duduk sendirian di terminal Wamengkoli menunggu keberangkatan angkot yang akan membawa saya pulang ke rumah, datanglah seorang ibu yang nampaknya juga akan melakukan perjalanan.

Ibu itu langsung duduk di samping saya. Beliau langsung menyapa saya dan tak butuh waktu lama bagi kami untuk berkenalan. Dari perkenalan itu mengalirlah cerita dari kami berdua. Berbagai hal kami ceritakan, mulai dari akan kemana tujuan kami masing-masing, berita selebritis yang sedang hangat diperbincangkan di acara infotainment, sinetron yang ditonton setiap malam hingga merembet pada persoalan pribadi.

Ibu itu, sebut saja namanya Dahlia (bukan nama aslinya) mengatakan bahwa setiap minggu ia melihat saya di terminal itu. Rasanya hampir setiap hari Sabtu kami selalu berada di tempat yang sama, menunggu bersama dan kemudian naik angkot yang sama yang mengantar kami ke tempat tujuan masing-masing, namun baru kali ini ia berani menyapa saya. Mendengar perkataannya, saya baru sadar, ternyata benar setiap hari Sabtu siang kami memang selalu bertemu di terminal itu.

Ibu Dahlia bertanya pada saya, mengapa setiap hari Sabtu saya selalu ada di terminal itu? Apakah saya adalah seorang mahasiswa yang sedang menyelesaikan pendidikan di salah satu perguruan tinggi di Baubau? (sempat GR juga waktu dikira mahasiswa, LOL) ataukah saya adalah seorang guru yang mengajar pada salah satu sekolah di Baubau? Saya menjawab bahwa saya adalah seorang karyawati yang bekerja pada sebuah perusahaan pembiayaan kendaraan (Leasing).

Mendengar saya bekerja di Leasing, mata Ibu Dahlia berbinar, ia langsung mengatakan bahwa sebenarnya sudah sejak lama suaminya ingin mengajukan permohonan kredit motor, namun mereka takut dan malu untuk bertanya mengenai hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan bila ingin mengajukan permohonan kredit. Ketakutan mereka semakin bertambah saat menyaksikan beberapa tetangganya yang kredit kendaraan bermasalah dengan leasing.

Kendaraan yang dikredit oleh tetangga yang tinggal tepat di depan rumah mereka ditarik oleh leasing karena si tetangga menunggak pembayaran. Ada juga tetangga lain yang kredit mobil yang nasibnya tak jauh berbeda, hanya saja tetangga kedua ini mobilnya tidak ditarik melainkan BPKBnya yang telah lunas tak kunjung diberikan oleh Leasing.

Baca Juga: Berkas yang harus disiapkan untuk mengambil BPKB kendaraan di leasing

Ibu Dahlia bertanya pada saya, apa yang harus ia dan suami lakukan saat ingin mengajukan permohonan kredit agar mereka tidak mengalami kejadian yang menimpa kedua tetangganya itu? Jawaban yang saya berikan pada Ibu Dahlia saya tuliskan di sini juga yaa, mungkin saja informasi ini bisa membantu calon konsumen di luar sana yang punya pertanyaan serupa dengan ibu Dahlia.


Berikut beberapa hal yang harus disiapkan dan diperhatikan oleh calon konsumen sebelum mengajukan kredit kendaraan:

#Siapkan berkas-berkas yang menjadi syarat wajib pengajuan kredit 
Berkas yang harus disiapkan saat mengajukan permohonan kredit adalah fotokopi KTP pemohon, fotokopi KTP pasangan (jika sudah menikah), fotokopi KTP penjamin (jika belum menikah), fotokopi kartu keluarga, fotokopi slip gaji & npwp (pegawai negeri/swasta), fotokopi surat keterangan usaha (wiraswasta), fotokopi pembayaran PBB rumah, fotokopi pembayaran listrik/telepon/air.

#Bandingkan suku bunga yang dipakai oleh satu Leasing dengan leasing lainnya 
Mengapa hal ini harus dilakukan? karena masing-masing perusahaan pembiayaan  memiliki tingkat suku bunga yang berbeda. Pilihlah leasing yang menawarkan suku bunga rendah. Caranya: kumpulkan daftar harga dari berbagai leasing lalu bandingkan mana yang paling rendah angsurannya (daftar harga setiap leasing bisa di dapatkan di dealer).

#Pikirkan dengan seksama jumlah angsuran yang akan diambil
Sesuaikan jumlah angsuran kamu dengan penghasilan bulananmu. Besarnya angsuran tidak boleh dari 30% dari jumlah penghasilan bulananmu. Ambillah angsuran yang sekiranya tidak memberatkan kamu saat membayar nanti, jangan sampai angsuran yang terlalu besar malah membuat kamu kalang kabut dan ngos-ngosan saat membayar.

#Perhatikan lama angsuran
Lamanya angsuran (tenor) juga harus dipikirkan matang-matang. Sebaiknya jangan mengambil tenor yang terlalu lama agar kamu tak terlalu lama menanggung beban hutang, hehehe 

#Bila kamu seorang pekerja (PNS maupun karyawan swasta/BUMN), sesuaikan waktu pengambilan kendaraan dengan tanggal gajian kamu
Hal ini agar pembayaran angsuran kreditnya tidak terlambat karena biasanya tanggal jatuh tempo angsuran akan sama (atau hanya berbeda satu atau dua hari) dengan tanggal pengambilan kendaraan.

#Perhatikan kebijakan perusahan pembiayaan dalam menangani konsumen mereka
Ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui bagaimana leasing menangani konsumen mereka, dalam hal ini kamu harus tahu berapa % denda yang harus dibayar bila terjadi keterlambatan pembayaran angsuran dan berapa lama konsumen diberi kebijaksanaan sebelum akhirnya kendaraannya ditarik (mudah-mudahan ini tidak terjadi yah)

#Tanyakan subsidi yang diberikan, hal ini bisa meringankan angsuran kamu
Adanya subsidi yang diberikan akan menambah jumlah DP yang kamu bayarkan. Semakin besar DP, semakin ringan angsuran yang akan dibayarkan.

#Tanyakan pada pegawai leasingnya apakah BPKB kendaraan kamu bisa langsung diambil pada saat melunasi angsuran terakhir?
Carilah perusahaan pembiayaan yang langsung memberikan BPKB setelah kamu melunasi angsuran terakhir karena ada beberapa perusahaan pembiayaan yang menyuruh konsumennya menunggu hingga dua minggu bahkan satu bulan dari tanggal pelunasannya.


**

Itulah beberapa hal yang sebaiknya dilakukan sebelum memutuskan untuk mengajukan kredit kendaraan di leasing.

Satu hal yang harus diingat dan harus ditanamkan ke dalam hati bahwa ketika memutuskan untuk berhutang, maka berarti harus siap membayar. Jika kita telah menyadari hal itu, saya yakin baik perusahaan pembiayaan maupun konsumen pasti akan sama-sama puas.

Adakah teman-teman yang punya rencana untuk mengajukan kredit motor atau mobil suv terbaru dalam waktu dekat? Kalau iya, jangan lupa menerapkan hal-hal di atas yaa ;)

You Might Also Like

39 Komentar

  1. Pikirkan angsuran, jangan tertarik DP murah tapi angsuran berat hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju Mbak Tian, DP murah akan berat di angsuran *jempol*

      Hapus
  2. Biasanya berkas yg paling rempong ya mb, ketinggalan data bisa bolak balik deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Nita, saat mengajukan permohonan kredit maka semua berkas yang menjadi syarat harus dipenuhi :)

      Hapus
  3. Hallo Mba Ira...
    Lama tak berjumpa blog-nya sudah agak berubah hehehe :D
    Kredit oh kredit kenapa engkau selalu menggoda... :)
    Indah di awal... tapi... ya begitulah...hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo juga Mas Dedy :)
      Alhamdulillah, sekarang lagi dalam tahap mempercantik blog, hehe :)
      kalo lancar membayar sih, semua pasti akan baik-baik saja Mas, karena itu ketika memutuskan untuk melakukan kredit maka harus dipikirkan matang-matang jumlah angsurannya :)

      Hapus
  4. kredit kendaraan bermotor terutana motor sekarang makin dipermudah yaa. terutama DPnya. hanya dengan DP 500RB sudah bisa punya motor. tp memang harus diingat angsurannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbak, yang DP 500rb itu biasanya dapat subsidi yang nilainya besar dari dealer karena menurut peraturan yang berlaku seharusnya DP kredit kendaraan minimal 20% dari harga OTR tapi sekarang diturunkan lagi menjadi 15%

      Hapus
    2. ooh gitu toh ternyata...
      tehnik pemasaran juga ya dealernya

      Hapus
  5. hmmm..pengen ganti kendaraan sih...tapi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh kredit kok Mbak tapi memang harus dipikirkan matang-matang :)

      Hapus
  6. saya kalau urusan kredit ndak berani ah...malah jadi kepikiran..pernah kredit, tpi kredit tas... hehehe

    BalasHapus
  7. huhu, hutang rumah masih 10 taun lagi :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo semangat Mbak Kania, rumah kan investasi yang harganya selalu naik dan tidak mengalami penyusutan seperti kendaraan :)

      Hapus
  8. asyiiik uhuy mba Ira ambil mobil lagiiii ... :)

    saya pernah kepikiran ngambil kredit motor buat ngojek, ntar ojeknya disewain lagi..
    eh mpe skrg blm juga punya motor.

    ntar klo celengan dah cukup, baru deh ngelirik mobil2an.
    catet dulu ni tulisan mba Ira penting banget utk diperhatikan, ..amankan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya belum mampu beli mobil Mbak Sweet, saya menuliskan ini karena secara kebetulan saya bekerja di perusahaan pembiayaan :)

      Amin,semoga kita berdua bisa beli mobil yah Mbak :)

      Hapus
  9. Kalau saya anak angkot sejati, Mbak. Gak seneng ribet kredit apalagi ngerawat kendaraan. Heheh. :p

    BalasHapus
  10. Pengin kredit motor tapi kok males mbayangin ngangsurnya nanti heheheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan dibayangin Mbak Lusi,kalo udah kredit insyaallah akan ada rejeki untuk membayar angsurannya kok,tapi satu yang harus diingat sesuaikan jumlah angsuran dengan besarnya pendapatan :)

      Hapus
  11. Sepakat mbak... point-pointnya sangat tepat terutama soal besaran angsuran yg harus disesuaikan dengan kemampuan. Godaan marketing iming-iming DP murah akan berdampak pada besaran angsuran... jadi jangan memaksakan diri

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbak, banyak yang tergiur dengan DP murah tapi malah angsurannya mencekik :(
      tapi banyak kok konsumen cerdas yang tidak terlalu tergiur DP murah karena mereka tau angsurannya pasti tinggi :)

      Hapus
  12. fotonya sedih bener ya :) sesuaikan tanggal pembayaran dengan tanggal gajian bener banget ini mbak :) heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali Mbak Lidya, usahakan tanggal pembayaran sesuai tanggal gajian biar pas gajian langsung bayar angsuran, kalo seperti itu di jamin gak akan telat-telat bayarnya deh :)

      Hapus
  13. Kredit motor semakin mudah maka setiap pagi hari aku berpacu dengan puluhanmotor di jalanan demi ngantar anak dan hemat uang angkot.:)

    BalasHapus
  14. saya kok belum berani kredit kendaraan, takut ga bisa bayar :)

    BalasHapus
  15. prosedurnya bagus nih untuk diketahui kalau berminat ngambil kredit motor dan mudah2an jgn smp jd bermasalah ya

    BalasHapus
  16. Sekarang banyak yang mengiming imingi DP murah tapi jatuhnya jadi mahaaal.

    BalasHapus
  17. Kalau mau ambil kredit memang harus mikirin jauh ya.. bisa nggak bayar angsurannya. Kalau enggak DP aja gedein dulu di awal. Apapun yang penting sudah dipertimbangkan dengan matang :)

    BalasHapus
  18. Setiap kepikiran mengajukan kreditn,mestinya sudah diperhitungkan juga pos buat cicilannya, ya. Kalau belum kesampaian, bagusnya jangan apply. Tahan dulu sampai sekiranya bisa memenuhi kewajiban.

    BalasHapus
  19. Tipsnya lengkap sekaliiiiii mbak.... sebenarnya saya ingin sekali kredit motor, tapi ibu dan suami lebih mengijinkan beli tunai..

    BalasHapus
  20. Kalau beli kredit males bayarnya ya mba, kesan nya masih punya hutang bulanan hehhee.. Berat banget bayarnya kalau punya utang kan (eehhh?!!) LOL

    BalasHapus
  21. Suami kredit motor tapi sama temen sendiri, Mbak. Lebih fleksibel ngangsurnya, hehehe...

    BalasHapus
  22. lengkap banget, jd nggak perlu bingung lagi kalo mau kredit nih...

    BalasHapus
  23. Siipp..yang mau kredit silahkan :)

    Kalau saya kreditnya mau tapi bayarnya aras-arasen tuh mbak Ira :)

    BalasHapus
  24. Jaman sekarang kalau gak Kredit gak bakal Punya... meskipun nabung juga tetep gak ke kumpul

    BalasHapus
  25. kalau kredit memang harus dipertimbangkan matang2 ya, teruatama bisa bayar angsuran tepat waktu apa ga? bisa berabe kalau ternyata melenceng dari perkiraan

    BalasHapus
  26. udah lama bgt mba gak kreditan motor

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉

Member Of




Recent Comments

`