Advertisement

7 CARA TUMBUHAN MELINDUNGI DIRI DARI ANCAMAN MUSUH

pic source: pixabay, edited by ira hamid


Tumbuhan adalah salah satu makhluk hidup yang memiliki peran sangat penting dalam kehidupan. Sama seperti makhluk hidup lainnya, tumbuhan juga memiliki sistem perlindungan diri yang masing – masing jenisnya berbeda – beda. Cara tumbuhan melindungi diri tujuannya adalah agar dapat terhindar dari musuh yang mengancam kelangsungan hidupnya.

Dikutip dari buku Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 5 Sekolah Dasar (20070, terdapat bermacam – macam jenis cara tumbuhan melindungi diri. Ada tumbuhan yang melindungi diri dengan durinya yang tajam, ada yang mengeluarkan getah, ada bulu yang membuat gatal, dan lainnya. Hal tersebut untuk menjaga kelangsungan hidup tumbuhan itu sendiri dari ancaman berbagai musuh.

Untuk lebih jelasnya, simak dibawah ini penjelasan tentang beragam cara tumbuhan melindungi diri dari ancaman musuh, diantaranya yaitu :

☘️ Dengan Menggunakan Duri
Cara tumbuhan melindungi diri yang pertama yaitu dengan menggunakan duri. Perlindungan tersebut cukup efektif untuk melindungi diri dari ancaman musuh. Berkat adanya durinya, maka hewan – hewan yang ingin memakannya akan terganggu karena tertusuk duri yang tajam. Contoh tumbuhan yang menggunakan duri sebagai cara untuk melindungi diri seperti durian, mawar, salak, putri malu, dan alang – alang.

☘️ Dengan Menggunakan Bulu Atau Rambut
Cara tumbuhan melindungi diri yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan bulu. Beberapa tumbuhan menggunakan bulu atau rambut yang terdapat di tubuh mereka untuk memberikan rasa gatal pada musuh atau pemangsanya. Contoh tumbuhan yang menggunakan bulu untuk melindungi dirinya adalah bambu. Adapun fungsi pelepah bambu adalah untuk melindungi tunas yang baru.

☘️ Dengan Menggunakan Racun
Beberapa jenis tumbuhan melindungi diri dari ancaman berbagai musuh dengan menggunakan racun dalam tubuh mereka. Beberapa tumbuhan yang menggunakan racun untuk melindungi diri seperti jenis umbi – umbian, gadung, dan karet. Selain itu, tumbuhan jarak, kecubung, dan juga pohon upas menerapkan cara melindungi diri ini agar tidak dimakan oleh hewan herbivora.

☘️ Dengan Menggunakan Getah
Mengeluarkan getah juga merupakan cara tumbuhan melindungi diri dari ancaman luar. Pada dasarnya, getah memiliki banyak manfaat seperti sebagai penyedia unsur hara, media transportasi, dan juga fotosintat dalam pembuluh angkut. Disatu sisi, getah pada tumbuhan pun bermanfaat untuk melindungi diri. Contoh tumbuhan yang menggunakan getah untuk melindungi diri yaitu nangka dan karet.

☘️ Dengan Menggunakan Aroma
Cara tumbuhan melindungi diri selanjutnya adalah dengan mengeluarkan aroma tertentu yang terkandung didalam tubuhnya. Jadi, ketika ada hewan yang mendekati dan ingin memasangnya, bunga tersebut otomatis akan mengeluarkan aroma tak sedap di sekitarnya. Contoh tumbuhan yang menerapkan cara melindungi diri ini yaitu bunga bangkai.

☘️ Dengan Menggunakan Cangkang Keras
Cara tumbuhan melindungi diri yang lainnya yaitu dengan menggunakan cangkang keras dari buahnya untuk bisa melindungi bakal bijinya. Fungsi cangkang keras tersebut untuk melindungi dirinya agar tidak dimangsa oleh hewan pemakan biji atau tumbuhan, sehingga bisa berkecambah dan bisa meneruskan kehidupannya. Contoh tumbuhan yang menerapakan cara melindungi diri dengan menggunakan kulit atau cangkang keras yang dimilikinya seperti buah kelapa, biji mahoni, dan kelapa sawit.

☘️ Dengan Menguncupkan Daunnya
Dan cara tumbuhan melindungi diri yang terakhir adalah dengan menguncupkan daunnya. Tidak semua tumbuhan akan menguncupkan atau menggerakan daunnya untuk melindungi diri. Namun, ada beberapa tumbuhan yang diketahui menerapkan cara melindungi diri ini seperti putri malu dan kantong semar.

**

Itulah beragam cara tumbuhan melindungi diri dari ancaman musuh. Ternyata, tumbuhan memiliki cara unik untuk bisa bertahan hidup.

Posting Komentar

3 Komentar

  1. Waaah menarik sekali tulisannya mbaa.. aku jadi merasa belajar lagi.. hehehee

    BalasHapus
  2. Nah jadi inget jaman kecil dulu suka sengaja nyentuh putri malu supaya daunnya menguncup. Ternyata itu bentuk melindungi dirinya yah

    BalasHapus
  3. Wah berasa baca buku biologi lagi nih. Bisa dikasih ke anak biar baca juga, bahasanya mudah dipahami.

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉