Advertisement

MODAL MINIM? INI TRIK AGAR RESTORAN TETAP SUKSES

pic source: pixabay.com


Sampai saat ini, usaha rumah makan atau restoran masih terus diminati. Mengingat makanan menjadi kebutuhan pokok manusia. Berapa modal yang harus dipersiapkan? Apakah semua peralatan yang dibutuhkan nilainya mahal?

Meskipun modal yang dimiliki minim masih tetap bisa membuka usaha restoran. Saat ini sudah banyak peralatan untuk restoran yang dijual dengan harga terjangkau. Salah satunya adalah kasir restoran pakai aplikasi dan bukan lagi mesin kasir konvensional dengan harga mahal.

Hadirnya aplikasi kasir Majoo bisa menjadi solusi bagi pemilik restoran yang ingin membuka dan mengembangkan usaha dengan modal kecil. Tak hanya soal aplikasi kasir saja, masih banyak trik yang bisa diikuti. Yuk langsung saja cek.

Trik agar Restoran Tetap Sukses Meskipun Modal Minim

Terbentur dengan modal tidak menjadi alasan untuk gagal memulai bisnis. Kita bisa membuka usaha rumah makan dengan skala kecil namun modal bisa terus berputar. Apalagi bila pemilik restoran sendirilah yang memiliki keahlian memasak dan menciptakan menu.

Cukup dengan riset selera masyarakat dan menentukan tempat maka kita sudah bisa membuka usaha restoran sendiri. Ada trik khusus yang bisa diikuti ketika kita hanya memiliki modal kecil namun masih tetap ingin membuka usaha rumah makan/restoran. Bagaimana cara agar bisa tetap membuka usaha ini? Berikut ini triknya.

🍲 Wajib Memilih Lokasi yang Strategis
Langkah pertama adalah mencari lokasi usaha yang strategis, area harus banyak dilewati orang dan memiliki potensi besar menarik perhatian. Pada awal usaha kita tidak perlu mencari tempat yang bertingkat dan juga mahal.

Tidak masalah jika ruangan yang disewa kecil namun setidaknya cukup untuk pelanggan restoran. Selain itu kita juga harus membuat ruangan senyaman mungkin untuk konsumen. Hal ini harus disesuaikan juga dengan kondisi budget yang tersedia.

🍲 Kenali Dulu Target Pelanggan
Sebelum membuka usaha restoran, membuat rencana adalah hal yang sangat penting. Pemilik restoran harus mengetahui siapa saja target pelanggannya. Tidak mengetahui target akan membuat gagal menciptakan menu dan harga makanan nantinya.

Setidaknya target pelanggan yang utama adalah masyarakat sekitar. Misalnya kebanyakan adalah orang kantor, pemukiman warga atau justru area kampus. Dengan begitu kita bisa tahu apa saja jenis makanan yang dibutuhkan oleh konsumen.

🍲 Menentukan Menu yang Dijual
Memiliki modal minim bukan berarti kita tidak bisa menciptakan menu yang ‘wah’. Justru dengan dana yang minim kita dituntut untuk lebih inovatif dalam menciptakan menu yang ingin dihidangkan. Carilah jenis menu yang ekonomis namun tetap enak.

Sesuaikan menu ini dengan konsumen tertarget yang telah diperhatikan sejak awal. Dengan begitu kita bisa tahu kemampuan finansial mereka sehingga menentukan harga dengan tepat.

🍲Mendapatkan Bahan Baku dari Supplier
Tidak ada salahnya untuk survey tempat yang menyediakan bahan baku atau supplier. Pemilik restoran harus menentukan di mana tempat bahan baku yang menjual dengan harga ekonomis dan berkualitas. Bahan-bahan ini juga harus diperhitungkan jumlahnya sejak awal sehingga nanti tidak mengalami kerugian dalam hal ini. Perhitungkan soal stok bahan baku secara berkelanjutan karena restoran tidak boleh kehabisan.

Tujuannya adalah supaya konsumen yang datang selalu bisa memilih menu yang mereka inginkan. Jangan biarkan konsumen kecewa karena menu kesukaannya tidak tersedia hanya karena masalah stok bahan baku yang tidak lengkap.

🍲 Siapkan Strategi Pemasaran yang Tepat
Meski memiliki modal minim namun tetap harus menganggarkan modal untuk pemasaran karena hanya melalui pemasaran usaha seseorang/kelompok bisa diketahui oleh masyarakat umum. Untungnya kini sudah banyak cara beriklan atau memasarkan melalui internet yang biayanya lebih murah.

Selain itu juga pemasaran ini berhubungan erat dengan kemajuan restoran. Manfaatkan semua strategi untuk membuat restoran semakin dikenal bahkan pada saat pembukaan pertama kali.

Itulah 5 trik yang bisa dilakukan. Insyaallah dengan mengikuti kelima trik ini pemilik restoran akan mendapatkan kesuksesan dalam membuka usaha restoran meskipun modalnya minim. Seiring berjalannya waktu, setelah memperoleh keuntungan, perlahan-lahan bisa mengembangkan restoran agar lebih maju lagi.

Salah satu contoh membuat restoran maju adalah dengan memberikan promo kepada konsumen yang loyal maupun pada hari tertentu. Cara ini bisa membuat menarik lebih banyak konsumen. Yang paling penting, setelah restorannya sukses, kualitas harus tetap dipertahankan.


Posting Komentar

3 Komentar

  1. Nah, bener banget ini pasti saat ingin membangun restoran, tapi membutuhkan biaya yang besar terlebih banyak saingan dan restoran mewah sekarang. Tentunya harus pintar-pintar ini.

    BalasHapus
  2. Kalau di daerahku lokasi strategis pun sudah mengeluarkan badget yang lumayan mahal juga mba, hehhee
    Kecuali kalau emang sudah punya tempat strategis sendiri lain lagi cerita yaa.
    Apalagi zaman sekarang restauran uda banyak banget, tinggal pintar2 nya kita cara ngelola dari modal kecil tapi tetap jalaaan terus hingga sukses

    BalasHapus
  3. Canggiiih.. Kasir aja udah pake aplikasi ya, mbak. Anti ribet club deh ni, dan nggak perlu cara manual lagi.

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉