4 PANTAI INDAH YANG ADA DI KABUPATEN BUTON TENGAH

Agustus 28, 2023


Ngobrol tentang Buton Tengah lagi yuk. Kali ini bukan tentang tempat-tempat spesial untuk saya seperti tulisan ini dan ini, melainkan tentang pantai-pantai indah yang ada di sini. Fyi, di Buton Tengah ini ada banyak sekali pantai indah yang dapat dijadikan objek wisata bersama keluarga tercinta. Bila ada waktu dan kesempatan, teman-teman yang berada di luar pulau Sulawesi, bolehlah sekali-sekali berkunjung ke daerah kami, berkeliling sembari menikmati banyak tempat wisata alam sekaligus menikmati kuliner-kuliner khas Buton.

Selain pantainya yang indah-indah, masih ada beberapa wisata alam lain seperti benteng-benteng peninggalan zaman dulu, gua-gua yang di dalamnya menyimpan keindahan juga tempat wisata lain yang tidak kalah indah. Oh iyaa, saking banyaknya gua di sini, Kabupaten Buton Tengah dijuluki sebagai negeri seribu gua. Untuk membahas gua-gua ini, nantilah kapan-kapan saya buatkan satu artikel khusus, kali ini saya tuliskan dulu tentang pantai-pantainya yang indah.

Baca Juga: Lebih dekat dengan Buton Tengah

Penasaran dengan keindahan pantainya? Berikut 5 pantai yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Buton Tengah

1. Pantai Mutiara

pantai mutiara buton tengah
pic source: sultra.tribunnews.com

Pantai Mutiara adalah salah satu pantai yang sedang naik daun di Buton Tengah. Pantai ini berada di Desa Gumanano Kecamatan Mawasangka. Setiap hari pantainya selalu ramai dikunjungi wisatawan baik wisatawan lokal yang berasal dari daerah Buton Tengah maupun wisatawan interlokal yang berasal dari Kabupaten lain. Pengunjung tumpah ruah di akhir pekan.

Saat saya berkunjung ke sana tahun 2018 lalu, kondisi pantai ini belum mendapat banyak sentuhan sehingga masih terlihat apa adanya. Sangat berbeda keadaannya dengan dua tahun terakhir, Pantai Mutiara berubah menjadi primadona karena di sana sudah dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai seperti dibangunnya penginapan dan restoran di sekitar pantai membuat banyak warga sering ke pantai ini sembari menginap menikmati waktu berlibur bersama orang tersayang.

Pemerintah Kabupaten Buton Tengah di bawah naungan Dinas Pariwisata menjadikan pantai ini sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Buton Tengah. Untuk menarik minat wisatawan, disediakan spot-spot indah untuk berfoto.

2. Pantai Wantopi

Pantai kedua yang bisa dipilih untuk dikunjungi saat plesiran ke Buton Tengah adalah Pantai Wantopi. Pantai ini berada di Desa Wantopi Kecamatan Mawasangka Timur. Ciri khas pantai ini adalah tidak memiliki gelombang karena terletak di dalam teluk. Pasirnya yang putih dan halus sangat cocok dijadikan tempat bermain anak-anak.

Yang menjadi daya tarik pantai ini adalah adanya pasir timbul sehingga saat dilihat dari kejauhan, pantai ini berbentuk seperti pulau yang terpisah dari daerah sekitarnya. Banyaknya pohon kelapa yang tumbuh di sana serta air lautnya yang jernih dengan gradasi warna hijau kebiruan menambah keindahannya.

pic source: Subhan

Sayangnya pantai ini belum memiliki sarana dan prasarana yang memadai. Di pantai ini kita belum menemukan restoran atau warung yang menjual makanan, jadi saat berkunjung ke sini kita wajib bawa bekal sendiri. Toilet, tempat sampah dan gazebo untuk beristirahat pun masih sangat kurang. Sepertinya ini menjadi pe er yang harus diselesaikan oleh Pemerintah Daerah. Bila pantai ini mendapatkan sentuhan dari pemerintah dan dikelola dengan baik, saya yakin bisa menjadi sumber devisa bagi Kabupaten Buton Tengah.

3. Pantai Katembe

Entah sudah keberapa kalinya saya menulis tentang Pantai Katembe di blog ini. Pantai yang menjadi favorit Wahyu ini adalah salah satu pantai yang sangat indah yang ada di Buton Tengah yang terletak di Desa Madongka Kecamatan Lakudo. Keindahannya tersiar hingga ke kabupaten lain. Tidak mengherankan bila banyak wisatawan datang berkunjung ke sini. Dulu, di akhir pekan, pantai ini selalu ramai, saking ramainya kadang pengunjung tidak kebagian gazebo-gazebo yang ada.  

Pasirnya yang putih bersih berkilau bagai mutiara saat disinari matahari. Pasirnya yang halus membuat pengunjung betah berlama-lama bermain di atasnya. Wahyu sangat suka bermain pasir setiap kali kami berkunjung ke katembe.



Sayangnya Pantai Katembe kini sudah tidak seindah dulu lagi. Saat ini sudah banyak sampah berserakan dan terlihat seperti tidak terawat lagi. Jumlah pasirnya pun berkurang drastis. Banyak lobang-lobang bekas galian pasir yang menganga dan dibiarkan begitu saja. Sungguh, hati saya menangis melihat keadaan Pantai Katembe sekarang, pantai yang dulunya sangat saya kagumi karena keindahannya kini terlihat bagai tempat kumuh tak terurus. Saya takut, ia akan menjadi pantai yang tak akan dikenali lagi di masa depan, huhuhu 😭

Baca Juga: Katembeku Sayang, Katembeku Malang

Semoga Pemda Buton Tengah bisa mengambil alih untuk mengelolanya sehingga bisa kembali menjadi pantai indah nan mempesona yang banyak dikunjungi wisatawan. Saya yakin, bila Pantai Katembe ini dikembalikan keindahannya seperti dulu, ia dapat mengasilkan devisa yang bisa membangun Buton Tengah kedepannya.

4. Pantai Labobo

Pantai lain yang juga sedang naik daun di Kabupaten Buton Tengah adalah Pantai Labobo. Pantainya yang indah karena dikelilingi pasir putih serta rimbunnya pohon kelapa menjadi daya tarik sehingga membuat banyak wisatawan datang dan menghabiskan waktunya di sini.

Terletak di Desa Balobone Kecamatan Mawasangka, Pantai Labobo memiliki pasir yang halus dan putih. Birunya langit seolah menyatu dengan birunya laut yang berada di bawahnya. Sungguh pemandangan yang memanjakan mata. Rimbunnya pohon kelapa juga menambah kesyahduan membuat pengunjung betah berlama-lama di sini bahkan hingga sampai bermalam alias camping.

pic source: Yanto OBS

Fasilitas yang disediakan di Pantai Labobo sudah lumayan memadai. Fasilitas umum seperti kamar mandi / WC, mushollah dan tempat untuk men-charger handphone teah tersedia membuat pengunjung bisa berlama-lama berada dii pantai ini.


**

Itulah empat pantai indah yang ada di Kabupaten Buton Tengah yang bisa dijadikan destinasi wisata bersama keluarga tercinta. Yang ngaku Travel Blogger Indonesia, wajib banget datang berkunjung ke sini  untuk menikmati banyak tempat wisata yang mempesona mulai dari gua, benteng keraton, pemandian alam dan tempat wisata lain yang tidak kalah menarik. Saya yakin, berkunjung ke Buton Tengah akan memberkan Pengalaman Traveling yang tak kan terlupakan đŸ˜

Yuk jalan-jalan ke Buton Tengah! đŸ˜Š


You Might Also Like

1 Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉

Member Of




Recent Comments

`