CHALLENGE MENABUNG 100 KOTAK

Agustus 07, 2023


Duh judulnya sudah seperti ala-ala ahli keuangan saja yaa hahaha. Tenang gaes, tulisan ini tidak akan membahas tentang tips-tips mengatur keuangan kok (karena saya juga masih harus belajar banyak untuk itu), saya hanya membagikan pengalaman melakukan challenge menabung 100 kotak yang sudah sukses saya lakukan mulai dari bulan Mei lalu.

Baca Juga: Tentang Pengelolaan Keuangan Keluarga

Sejauh ini, saya sudah dua kali panen ((PANEN)), duh apa yaa bahasa yang pas-nya? Oh iyaa, sudah dua kali lolos alias berhasil menyelesaikan tantangan ini dan saat ini sedang masuk kali ketiga. Rasanya sudah pantas lah yaa saya membagikan cerita tentang cara nabung ini.

Jujur saja, sebelum bertemu cara ini, berbagai macam cara nabung sudah saya coba, misalnya nabung kelipatan 2K per minggu selama setahun, nabung kelipatan 5K per minggu selama setahun, nabung 100 hari dengan nominal 1K - 100K, nabung dengan menyisihkan nominal tertentu setiap bulan, nabung dari sisa belanja dan beberapa cara lain yang menurut saya mudah tapi ternyata sangat sulit saat dipraktekkan. Kebanyakan hanya semangat di awal, setelah masuk pertengahan saya mulai kewalahan dan akhirnya menyerah sebelum target tercapai, huhuhu đŸ˜­

Lalu mulailah saya berpikir, kira-kira cara mudah apakah yang bisa saya pakai agar bisa menyisihkan uang? Poin pentingnya adalah caranya mudah, nominalnya tidak memberatkan dan hasilnya lumayan. Saya tidak ingin memberatkan diri dengan menetapkan target tabungan besar tapi dalam melakukannya saya merasa tersiksa seperti yang sudah-sudah, mending yang mudah tapi konsisten dan berhasil. Lalu munculah ide challenge nabung 100 kotak ini. Saya tetapkan untuk menabung dengan nominal yang bisa dijangkau oleh penghasilan saya sebagai ASN sekaligus emak blogger. Terpilihlah lima nominal yakni 1K, 2K, 5K, 10K dan 20K. Saya harus mengisinya ke dalam 20 kotak untuk masing-masing nominal.

Note: yang saya tulis ini nabung manual yaa, bukan nabung dalam rekening. Untuk tabungan di rekening, insyaallah sudah ada posnya setiap bulan. Cara nabung 100 kotak ini saya lakukan agar bisa memberi contoh kepada Wahyu sekaligus mengerem kebiasaan belanja saya yang liar suka impulsif ketika melihat barang-barang lucu. Fyi, saya adalah orang yang tidak bisa memegang uang cash dalam jumlah lumayan, uangnya bisa habis percuma, jadi challenge ini adalah salah satu cara saya agar uang cash yang saya pegang lebih berfaedah. Kalopun habis, habisnya buat ditabung, hahaha 😂.

Baca Juga: Buka Tabungan untuk Wahyu

Lalu bagaimana sih cara nabung 100 kotak ini? Caranya sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan wadah untuk menaruh uang yang akan ditabung, bisa berupa kotak plastik bekas, toples, amplop atau apapun yang bisa dipakai untuk menyimpan uang yang akan kita tabung.
  • Buat 100 kotak, bisa pakai aplikasi excel dan memprintnya di selembar kertas (seperti yang saya lakukan) atau boleh juga dengan membuat kotak secara manual pakai penggaris di kertas. Bebas saja, asalkan 100 kotaknya bisa tersedia.
  • Stabillo atau boleh juga pena untuk menandai jumlah uang yang kita masukkan
  • Pipet bekas yang digunting tipis untuk memasukkan uang yang telah digulung (optional), bagi yang tidak mau menggulung uangnya bisa langsung menaruh uangnya di wadah tempat uang dengan cara biasa
  • Action

Setelah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan, saatnya menjalankan misi eh menabung deh. Jangan terlalu ngoyo saat melakukannya, santai saja. Bila ada uangnya, silakah tabung tapi bila belum ada, sabarlah, insyaallah kita pasti bisa menyelesaikan tantangan ini, asalkan kita tidak lupa bahwa sedang menjalankan tantangan ini yaa. Jangan sampai karena terlalu santai malah akhirnya lupa.

Baca Juga: Resolusi di Tahun 2023

Saran saya, agar tidak merasa terbebani, jangan tetapkan target kapan challenge ini harus diselesaikan. Isilah tabungannya saat uangnya ada dan sesuai kemampuan. Misalnya, hari ini ada uang 2K yang kita pegang, maka yang ditabung cukup 2K saja, besok-besok bila ada 20K boleh lah dimasukkan lagi. Dengan begitu, tanpa sadar kotak-kotak akan mulai banyak yang di-stabillo/di-ceklist dan akhirnya tanpa sadar challenge-nya berhasil đŸ¤‘

masih setengah perjalanan

yeay berhasil đŸ¤‘

pilah-pilah ahhh biar rapi, hehehe đŸ˜

Saat membagikan challenge nabung 100 kotak ini di whatsapp story, ada beberapa teman yang langsung japri dan bilang tertarik ingin melakukan hal serupa. Senang rasanya mengetahui ada yang suka dengan cara yang saya lakukan. Itulah sebabnya saya menulis ini di blog, mungkin saja ada beberapa pembaca yang saat ini sedang mencari cara nabung yang pas untuk dicoba dan tertarik untuk mencoba cara ini.

Kalo kalian, apakah juga punya cara menabung yang mudah dan tidak memberatkan? Yuk bagikan di kolom komen đŸ˜‰ 


You Might Also Like

28 Komentar

  1. Oh challenge ini bisa juga menggunakan celengan target, Kak namanya. Di Shopee ada hihi

    BalasHapus
  2. wah idenya boljug alias boleh jugaaaa nih mba.

    karena ajarkan financial planning ke anak ( apalagi ke diri sendiri ) tak segampang ituuu yha

    BalasHapus
  3. Wah unik juga caranya. Agak ribet tapi bagus untuk mendisiplinkan diri. Aku sih sejauh ini ikutan arisan aja, dan juga melakukan pencatatan di excel buat penyamaan data dengan si bandarnya haha. Trus juga ikutan tabungan rencana yang tiap bulan didebet dari tabungan.

    BalasHapus
  4. Seru juga ya "Challange Menabung 100 Kotak. Lumayan nih... tabungan gak mengandung riba, hehehe... Butuh jiwa krearif ya untuk memulainya. Sebentar lagi viral nih....

    BalasHapus
  5. daku pernah lihat tabungan challenge seperti ini di Tiktok,
    tapi nominalnya besar, dan daku belum menerapkannya sih kak, hehe

    BalasHapus
  6. Awal baca kupikir 100 kotak itu beneran kotak..ternyata kotak di kertas yang kemudian di stabilo. Keren idenya, Mbak. Aku kuga ga bisaan pegang cash..ketemu printilan dan jajanan bisa bablas kwkww

    BalasHapus
  7. Masha Allah, menabung emang keren banget bisa sebanyak itu kak, bisa melatih literasi keuangan. Ngelihat celengan kaka dengan banyak duit gitu jadi kangen masa2 SD dulu,nabung pake bekas kaleng susu hehe . Menabung seperti ini cocok juga diterapkan untuk anak2.

    BalasHapus
  8. Yang penting diniatkan, disiplin dan konsisten ya Mbak. Dulu waktu masih bujangan, saya rajin nih nabung cash per 20-an atau per 50-an ribu setiap dua atau tiga kali seminggu. Alhamdulillah hasilnya bisa buat modal nikahan. Terasa banget manfaatnya.

    BalasHapus
  9. Mbaaak, tak pikir harus bikin kotanya sebanyak seratus biji, kok ya peer banget bikinnya, hahaa (gagal fokus)

    Ini pernah liat tapi belum pernah dicoba. Nengoj mbak Ira berhasil panen 2 kali berarti saya juga harus bisa.

    Semangat nabung...

    BalasHapus
  10. harus saya tiru nih
    Saya juga termasuk enggak bisa pegang uang cash
    Padahal sekarang tinggal di kampung, gak mungkin hanya tarik tunai Rp 100.000 karena jarak ke ATM jauh banget

    BalasHapus
  11. bagus juga nih buat ngajarin anakku menabung dgn cara yang fun gini, jadi dr kecil udh terbiasa menabung deh

    BalasHapus
  12. Wah, keren nih, Mbak Ira. Saya juga mulai menerapkan. Tapi saya berkali-kali gagal. terakhir bulan ini, saya tetapkan nabung 10K per hari selama sebulan. Tapi di hari ke 17, saya gagal. uangnya kepakai hahaha.
    Dan sekarang saya tahu, kenapa saya gagal, karena saya terlalu pasang target, ya. Sebulan challenge harus kelar, dan itu justru membebani.
    Jadi diisi pas ada uang saja ya, Mbak. jadi enjoy dan tak terbebani. Mau coba ikuti cara Mbak Ira nih.

    BalasHapus
  13. Wah unik juga caranya cocok untuk referensi menabung buat aku, seseorang yang sulit sekali menerapkan berbagai cara untuk sukses menabung, memang benar kalau ngoyo banget itu cuma semangat diawal saja nanti ketika sudah sampai ditengah mulai ngeluh dan bahkan gak sering juga lupa kalau sedang challenge diri sendiri untuk menabung.

    BalasHapus
  14. Mpo ada celengan target .ada beberapa sih . Ada yang 5000, 1000 hingga 10.000. Beli celengan murah di lazada 1500. Masih terus berupaya nabung

    BalasHapus
  15. Saya belum pernah cobain. Tapi, dulu suka ngumpulin koin di celengan. Trus, dibukanya hanya saat Lebaran. Yang buka sepupu atau keponakan yang masih kecil. Biasanya mereka seneng tuh kalau dapat banyak uang koin :)

    BalasHapus
  16. Wah, bisa berkotak kotak
    Unik ya mbak
    Aku juga sempat lihat di TikTok

    BalasHapus
  17. Huhu...ini keren banget, ka Ira..
    Selain aku juga si impulsif buying, menabung adalah salah satu cara untuk memberikan kesempatan kita di masa depan untuk "panen" dengan hasil yang kita tanamkan.

    Aiih~
    Pengen juga mendawamkan menabung 100 kotak.

    BalasHapus
  18. Ahh inspiratif banget, selamat yaa, keren banget mba.. aku pernah bikin challange begini tapi ternyata gak konsisten tetep aku korek-korek karena butuh dadakan huhu

    BalasHapus
  19. wah boleh juga nih ditiru triknya mbak, eh chalengenya. Nabung 100 kotak, apalagi uangnya digulung gitu, jadi kelihatan rapi banget.

    BalasHapus
  20. keren nih menabung 100 kotak telaten banget gulung uangnya mbak kalau saya asal masukin ke celengan ayam aja sih itu juga yg uang koin hehehe

    BalasHapus
  21. Jadi nominalnya seadanya ya, biar ga bikin stres.
    Pengen coba ah.
    diriku sering baca challenge nabung, tapi karena ribet, jadinya udah malas duluan mau cobain :D

    BalasHapus
  22. baru ngeh pas ngecek gambar, ternyata 100 kotak itu ditandai di kertas. kirain mesti nyimpen 100 kotak wadah. wah gimana cara nyimpennya? boros tempat nanti. hehe

    BalasHapus
  23. Jadi menginfluence Vina untuk mulai mencoba challeng ini. Tapi untuk anak-anak juga seru kali ya dibikin challenge begini. Biasanya juga tabungan di celengan ayam, dua hari juga udah diunboxing :"

    BalasHapus
  24. Wah, Seru! Baru tahu ada ide menarik untuk menabung ini. Nyontek ya Kak. Mau nyobain lah nabung kayak beginii, pasti menyenangkan :D

    BalasHapus
  25. saluuut buat konsistensinya Kak, saya juga tu hari pernah beli celengan challenge gitu (5k dan 10k) yang ada malah keskip terus untuk isinya, fiiiuuuhh! Padahal sudah lama ingin ikut challenge seperti ini juga karena sering lihat berseliweran di IG :D

    BalasHapus
  26. mbaak ini sudah lama banget aku lakukan, enak lagi kalau pas punya usaha toko baju kemarin tiap hari ada saja uang cash kan, huhuhu sayangnya sekarang fokus ngeblog gini uang masukknya via tt jadi jarang pegang cash. wkwkkw

    BalasHapus
  27. cara supaya gak tergoda buat ngambil duitnya gimana tuh mbak.. sejauh ini sy baru berhasil nabung dlm bentuk koin.. kalo lembaran besar seringnya sik diambil lagi buat jajan hihi

    BalasHapus
  28. Wiiik mau juga dong mbak. Merasa tertantang nih nabung 100 kotak. Semoga gak khilaf ya ngambil di tengah jalan. Soalnya suka begitu kalau niat nabung. Huhuhu...

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉

Member Of




Recent Comments

`