1/04/2016

CARA MENGOBATI LEBAM/BENJOLAN PADA JIDAT ANAK KARENA KEJEDOT

Selamat tahun baru yah Gaes, semoga di tahun 2016 ini segalanya lebih baik dari tahun-tahun yang telah lalu, amin. Tidak terasa yah, hari ini kita sudah berada di hari ke empat di tahun yang baru ini. Setelah beberapa hari menikmati hari libur (libur nulis juga), hari ini saatnya kita untuk beraktivitas seperti biasanya.
Oh iya, postingan pertama saya di awal tahun ini akan dibuka dengan cerita sedih yang dialami oleh anak saya “Wahyu” beberapa waktu yang lalu. Pada hari kamis tanggal 24 desember 2015 yang lalu, Wahyu kejedot (bahasa Indonesia dari kejedot apa yah?) di kaki ranjang. Saat sedang berlari-lari dalam rumah, tanpa sengaja kakinya menabrak kaki Papanya hingga ia terlempar dan jidatnya terbentur kaki ranjang.

Wahyu yang awal mulanya tertawa ceria tiba-tiba berteriak dengan suara yang sangat keras disusul suara tangisnya yang pecah. Ternyata anakku tercinta terjatuh dan terdorong dengan keras hingga jidatnya menabrak kaki ranjang. Oh tidak..!




benjolannya menyerupai bola pingpong :(
Mendengarnya berteriak dan menangis segera saya peluk untuk menenangkannya. Satu hal yang saya syukuri dari kejadian itu adalah bukan mata atau hidungnya yang kejedot. Nggak kebayang jika hidung atau matanya yang cedera *____*

Setelah saya peluk, perlahan-lahan tangisnya mereda. Setelah diam saya baru menyadari ada benjolan seukuran bola pingpong muncul di jidat Wahyu yang sebelah kiri. Melihat benjolan yang menurutku sangat besar itu jelas membuat saya panik dong, seketika saya teringat sama kebiasaan yang dilakukan mama ketika saya dan adik-adik terjatuh puluhan tahun silam. Segera saya melakukan hal yang sama.

Dulu, setiap kami terjatuh dan ada lebam atau benjolan yang timbul maka mama akan melakukan pertolongan pertama dengan cara menempelkan rambut mama pada benjolan atau luka lebam itu. Jangan tanya deh sakitnya seperti apa, kejedot ajah udah sakit, eh luka lebamnya masih ditindis pula sama rambut, huhhuhu sakitnya tuh disini (nunjuk lebam dan benjolan di jidat).

Karena panik, saya pun melakukan hal yang sama pada Wahyu. Saya langsung menempelkan rambut saya pada jidat Wahyu yang bengkak dan hasilnya seperti yang kalian tebak gaes, Wahyu yang semula sudah diam dan tenang dalam pelukan saya malah menangis lagi karena benjolannya saya tekan dengan rambut saya.

Suami saya langsung bilang coba pakaikan Minyak Tawon (minyak gosok cap tawon-red). Segera saya turuti saran suami untuk mengoleskan minyak tawon ke jidat Wahyu.

minyak tawon
penampakan minyak tawon

Setelah benjolan di jidatnya diolesi minyak tawon, akhirnya Wahyu mulai tenang dan mau berbicara lagi. Kalimat pertama yang dia ucapkan adalah pengen tiduran di ayunannya sambil minum susu dan nonton film kartun favoritnya.

tiduran di ayunan sambil nonton film kartun favorit

Seharian kami terus mengawasi keadaannya. Setiap saat saya selalu menyentuh kulitnya, takut terjadi sesuatu. Alhamdulillah sampai malam menjelang yang saya takutkan nggak terjadi. Suhu tubuh dan keadaannya tetap normal. Bahkan di sore harinya ia sudah mulai berlari-lari, bersepeda dan bermain seperti sedia kala.

Malam harinya sebelum tidur saya kembali mengoleskan minyak tawon pada benjolan yang masih ada (walaupun ukurannya sudah jauh mengecil). Alhamdulillah, pagi harinya benjolannya sudah benar-benar hilang.

minyak tawon
keesokan harinya benjolannya sudah hilang (walau lebamnya masih terlihat)


hari senin tgl 27/12/2015 saat mengantar saya menunggu angkot berangkat ke kantor

Berikut hal-hal yang dilakukan ketika anak kita mengalami benjolan/memar ringan karena kejedot:

  • Kompres pakai air es selama 15 menit. Lakukan beberapa kali dalam sehari
  • Oleskan minyak tawon, minyak sumbawa atau minyak gosok lain yang dapat meredakan memar/benjolan. Dalam hal ini saya memilih minyak tawon karena yang ada di rumah hanya itu.
  • Jika dalam waktu 3 hari memarnya bertambah parah, segera bawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Barangkali ada orang di luar sana yang sedang membutuhkan informasi tentang pertolongan pertama yang dilakukan saat orang-orang tercintanya terluka atau lebam (karena jatuh atau kejedot) sebelum di bawa ke dokter, mungkin bisa mencoba apa yang kami pakai ini ^_________^

Pernah ada yang mengalami kejadian yang serupa dengan yang saya alami? Bagi tips dan cara pengobatannya dong.


65 comments:

  1. wah kuncinya di minyak tawon ya mb

    alhamdulilah ya sudah pulih, benjolannya agak gede juga, pasti berasa senud senud tadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...nggak cuma senud2 tp cuenut cuenut ;d

      Delete
  2. Anakku tiap bulan pasti benjol, pake trombophob mak, itu obat oles khusus benjol n memar,banyak di apotik kok.anak laki mmg gitu ya,terlalu aktif, jadinya sll benjol

    ReplyDelete
    Replies
    1. owh Trombophop yah Mbak *noted*
      iya Mbak Islah, lagi aktif-aktifnya jadi sering jatuh tapi baru kali ini benjolnya besar banget :(

      Delete
    2. Hanya pernah baca mba jgn kasi trombophop, krn tronbopoph bisa menyebabkan pendarahan didal atau bagaimana, coba disearching lg moms, takut salah, tp saat baca artikel itu trombophop sy jd dipakai lagi, kembali keminyak tawon yg sudah sejak sy kecil selalu sedia dirumah..

      Delete
  3. Tips makjleb mba. Biasanya kalao bintang kejedot kita kompres aja.. lama sembuhnya.. berarti harus tambah minyak tawon..

    Makasih mba infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh di coba pakein minyak tawon Mbak Ira (namanya sama, hehe) :)

      Delete
  4. Klo disini, klo ada yg jatuh itu biasanya lukany digilas pake sesuatu yg datar dan keras spt parang atau pisau, tp bukan digorok yaah.cukup ditekan2 saja sambil diniatkan baca Shalawat :), setelah itu lanjut diberi minyak tawon. Ohyaa katanya salep Trombopop itu bagus utk luka benjol.

    Sehat terus yah Wahyu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh, dipakein parang/pisau??kok seram gitu Mbak :)
      iya,Mbak Islah juga bilang trombopop..
      terimakasih doanya Mbak :)

      Delete
    2. Iyah Mbak, orang Bugis biasanya gitu, rada seram yah emang hehehh.
      Gimana Wahyu sekarang, Kak? Baru sadar saya, Mamanya Wahyu ini juga sesama Sulawesi, pantasan sedia minyak gosok, minyak tawon :D

      Delete
  5. Terima kasih tipsnya, sehat terus ya Wahyu :)

    ReplyDelete
  6. Saya mah pake trombopop krn minyak tawon bnyak palsu mbak sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaMbak, minyak tawon memang udah banyak yang dipalsukan,tapi kalo yang asli dari aromanya punya ciri khas tersendiri kok :)

      Delete
  7. Besar betul benjolannya. Nggak papa anak kuat ya.
    Wah ternyata sama Mba, saya juga memakai minyak tawon untuk benjol dan lebam.

    ReplyDelete
  8. =iikkkghh wahyu ganteng banget sih (salah fokus)
    Ya ampun mbak sampai sebesar gitu benjolannya, pasti sedih banget ya pas dia nangis
    untung bukan mata atau hidung
    Minyak tawon memang manjur mbak, turun temurun khasiatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak Mei,beruntung bukan mata atau hidungnya yang kena..
      minyak tawon memang selalu jadi andalan bagi keluarga kami dalam mengobati luka, lebam dan benjol Mbak:)

      Delete
  9. kalau dulu banget pake beras sama kencur dihalusin terus dioles ke luka, sekarang mungkin sudah ndak ada :)

    Minyak tawon juga jadi senjata andalan saya Mbak, ampuh buat aja terus ndak pedes di mata :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju Mbak Kitty,minyak tawon ini gak pedis di mata :)

      Delete
  10. Waduh kasihan deh dek Wahyu, benjolannya lumayan besar ya mbak Ira?

    *Bisa dicoba nih mbak tipsnya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan dicoba Mbak Anjar,semoga tipsnya bermanfaat :)

      Delete
  11. Wah, sama dong mba, tiap benjol, luka baret atau pegel anak, saya pakein minyak tawon, andalan keluarga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. *toss* Mbak,kita sesama pengguna minyak tawon :)

      Delete
  12. kalau saya biasanya mengompres pakai es mbak.

    ReplyDelete
  13. dulu aku kalau benjol dikompres abu anget sama ibuk. heheh kalau sekarang udah jarang yang pake tungku..ngga ada abu

    ReplyDelete
  14. Waa gede gitu ya
    aku wkt jatuh dr motor jg benjol, tp dibiarin

    ReplyDelete
  15. wah, kasian, benjolannya gede...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, kasian sekali.. tp emang bener ampuh banget klo pakai minyak tawon :)

      Delete
  16. ih kok pakai rambut ya , mirip dg ibuku dulu waktu aku benjol jatuh . Apa itu kebiasaan turun temurun ya

    ReplyDelete
  17. kejedot itu kebentur...kalo nggak salah.., besar juga benjolanya benar-benar mirip bola pingpong....untung ada minyak tawon yaaa..
    keep happy blogging always...salam dari Makassar-Banjarbaru :-)

    ReplyDelete
  18. Aku biasanya kasih usapan rambut aja. Ilmu turun temurun. :D

    ReplyDelete
  19. Wah, kayak aq sebulan lalu Mak. Kejedot tiang jemuran, dan hasilnya benjol besar kayak Wahyu gt :((. Tapi lupa ga oles2 minyak tawon. padahal di rumah selalu sedia buat ngusir gatal karena nyamuk. Ga kepikiran sih hihihi

    ReplyDelete
  20. kalau orang tuaku dulu pake kencur mbak dioles juga ke benjolan. Wah baru tau kalau minyak tawon juga bisa ya, oke tfs ya Mbak..

    ReplyDelete
  21. Informasinya berguna. Jadi perlu nih sediakan minyak tawon di rumah. Tks.
    salam

    ReplyDelete
  22. anak nk kdang suka kejedot karena belum bisa berhati2...trimakasih tips nya yg sngat pening untuk anak2 :)

    ReplyDelete
  23. Makasih mbak info nya. Sangat bermanfaat buat saya yang anak masih slebor jalan sering kejedot hihi

    ReplyDelete
  24. Banyak manfaatnya ni minyak tawon :D

    Anak saya juga pernah benjol begitu, sama lagi posisinya :D
    dulu gara2 kejedot tembok pas lagi main dikamar.

    Kalau berdarah juga bisa tu mba, dulu anak kaka saya jatuh berdarah dikasih minyak tawon jadi cepet kering lukanya.

    ReplyDelete
  25. Duuuh....lihat mrempul eh memar di dahi anak bikin miris2 sedap kalau anak sudah gedhe.
    Minyak tawon memang siap banget tuk sakit yg ringan2. Manjur.

    ReplyDelete
  26. Minyak tawon bisa dibilang minyak serbaguna mbak.. Kadang klo badan anget, di balurin ini...paginy reda. Untuk kejedot, jatuh, aku jg dah nyoba mbak. Manjur. Trombophob bisa juga mbak...krim gitu, duluuu kecil gitu 50rb... Bisa buat lebam2 gitu. Dulu aku pke pas hbs jtuh dr motor...

    ReplyDelete
  27. Arfan juga pernah mengalami hal yang sama, Mak.
    Waktu itu saya kasih trombopop (ini pasti salah nulisnya, pokoknya obat oles gitu). Memarnya sih memang hilang, tapi kok saya ngerasa sampai saat ini seperti masih ada darah bekunya. Karena tiap kali mengernyitkan dahi, konturnya tidak rata seperti dulu. (rencananya mau saya bawa ke dokter sih, mudah2an Arfan gapapa).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mba, sama nih anakku jg bkyk ada garis gitu di jidatnya gara2 sering kebentur ditmp yg sama... Mba uda bawa je dokter kah? Bagaimana hasilnya?

      Delete
  28. Minyak tawon ini andalan keluarga kami juga mak, memar, digigit serangga, badan pegal2, wisss lgsg oles

    ReplyDelete
  29. Salam kenal Ya, Mak...
    Kata orang punya anak laki emang challenge banget! Karena sifat aktifnya tersebut :)

    Kalau luka benjolan atau lebam minyak tawon emang ampuh Mak...atau kalau kita di Bali ada tuh Minya Bokasi atau Pak Oles...sejenis itu dah :)

    ReplyDelete
  30. Yaampun mba,jendol bgt. Emang bnr koq mba ampuh bgt minyak tawon itu,bisa cpt sembuh buat kjedot..kasian Wahyu hehee tapi udah normal lg yah jidateee :)

    ReplyDelete
  31. duuh, gede bangeet benjolnya..
    Anakku juga pernah mba'. Untung minyak tawon selalu jadi benda wajib yg harus ada di rumah. Memang ngebantu banget..

    ReplyDelete
  32. minyak butbut jg bisa. aku sedia minyak habbatussauda, minyak zaitun dan minyak butbut di rumah. buat luka berdarah juga bisa, iritasi bahkan untuk ruam karena campak. Anak-anak lebih suka pakai minyak daripada obat merah atau betadin karena klo pakai minyak kan ga sakit.

    ReplyDelete
  33. klo ibuku obatin nya pake minyak kayu putih aja, emang agak lama sih hilang benjol nya

    ReplyDelete
  34. Hmm pasti tidak mengenakan ya mbak dan pasti sebagai orang tua merasa khawatir dengan kedaan anaknya seperti itu dan alhamdulillah sembuh.

    ReplyDelete
  35. Barusan ank qu Akhtar jatuh dri sofa di ruang tamu dan benjolnya sama sprti wahyu diats,bedanya akhtar benjol nya pas ditengah-tengah kening.Penanganan pertama pun sama sprti bunda nya wahyu,Akhtar dipeluk smbil digosok-gosok benjol nya pake rambut.Kemudian saya ksh Zam-Buk,saya oleskan dibenjolnya krn dirmh cm ada itu.Panik Takuk itu udh psti saat liat ank sprti itu

    ReplyDelete
  36. ini tangan ku lagi benjol, kata temen pake minyak tawon bisa lekas pulih, ternyata bisa ya

    ReplyDelete
  37. aku pikir aku punya benjol since dari kecil,boleh aku tahu mcm mna aku boleh dpatkan minyak tawon.. ?? aku dri malaysia

    ReplyDelete
    Replies
    1. benjolnya bukan dari kecil Mba Nurul tapi benjolnya karena terjatuh dan tertimpa benda keras :)

      kalo di Indonesia, cara dapatkan minyak tawon cukup mudah karena banyak toko obat/apotek yang menjualnya :)

      Delete
  38. Kalau saya waktu kecil kalau kejedot suka pake kencur,

    ReplyDelete
  39. Minyak tawon ini memang mujarab buat ngobatin benjol karena kejedot.

    ReplyDelete
  40. Terima kasih mbk info nya sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
  41. klo yg bengkak uratnya gmana ya mbak? uratnya kya benjol kcl gtu, apa bs kempes lg?

    ReplyDelete
  42. makasih mba bs dipraktekkan untuk adikku. btw anaknya ganteng mba hihihi *salah fokus*

    ReplyDelete
  43. Syukurlah bisa segera sembuh ya, mba. Jadi yang penting penanganan pertama dulu ya, mba. Sebelum dibawa ke dokter.

    ReplyDelete
  44. anak saya pernah juga kejedot kedinding sampai kepala nya berdarah , lantas saya kasih kopi ke kepalanya agar pendarahannya berhenti...........

    ReplyDelete
  45. kalau aku tak kasih buah pala biar darahnya tdk beku

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini, Insyaallah saya akan berkunjung balik ^___^

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan otomatis terhapus..