4 MANFAAT MEMILIKI ASURANSI KESEHATAN

by - Agustus 21, 2019

pic source: pixabay.com

Setiap orang tua tentu memiliki kewajiban untuk memastikan masa depan anak terjamin. Banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai orang tua mulai dari pendidikan di sekolah, pendidikan karakter dari orang tua, mengajak anak untuk olahraga, mengatur pola dan asupan makanan agar teratur dan sehat. Dengan demikian anak memiliki tubuh yang sehat serta akal yang cerdas. Di masa depan anak yang kita jaga tentu akan memiliki pendidikan dan karir yang bagus. 

Namun, risiko kesehatan dan jiwa tetap menjadi ancaman serius walau kita sudah melakukan banyak hal untuk mengantisipasi hal tersebut. Terlebih jika kita sebagai orang tua terkena musibah sehingga tidak dapat bekerja, tentu anak tidak bisa kita urus dengan baik. Kemudian, penghasilan juga akan terhenti dan kita tidak bisa lagi membiayai hidup keluarga dan anak. Oleh karena itu penting bagi kita untuk memiliki sebuah perlindungan.
Salah satu fasilitas yang bisa kita gunakan sebagai perlindungan adalah asuransi kesehatan. Secara umum asuransi kesehatan adalah sebuah sistem pengalihan risiko dari kita sebagai pemegang polis kepada pihak yang dipertanggungkan. Berikut ini adalah beberapa manfaat asuransi bagi orang tua dan anak yang bisa kita pergunakan:

1. Memberi anak jaminan kesehatan sejak dini
Salah satu hal yang menguntungkan jika anak ikut asuransi sejak awal adalah biaya premi yang kita bayarkan tentu jauh lebih kecil. Karena anak belum memiliki faktor risiko terkena gangguan kesehatan atau ancaman jiwa yang tinggi, mereka juga tidak dalam posisi menanggung seseorang. Oleh karena itu, memproteksi anak sejak dini dengan memberi asuransi adalah langkah yang tepat.

Anak-anakku yang alhamdulilah sudah punya asuransi kesehatan

Terlebih jika suatu saat anak terkena sakit, maka biaya pengobatan pada anak akan semakin besar dan dana darurat yang kita miliki tentu tidak akan cukup. Dengan menggunakan asuransi, kita akan terhindar dari beban keuangan yang besar di masa depan.

2. Melindungi keuangan
Risiko kesehatan dan jiwa juga akan mengancam kita sebagai orang tua. Terlebih jika kita sebagai pencari nafkah, tentu akan berbahaya apabila kita tidak memiliki penghasilan nantinya. Risiko kesehatan dan ancaman jiwa yang kita alami tentu bisa diminimalisir dampaknya. Penggunaan dana besar tidak perlu dilakukan karena sudah ditanggung oleh asuransi.

Dana yang kita miliki tentu bisa tetap stabil dan tidak banyak terkuras. Kita juga bisa fokus untuk melaksanakan rencana yang kita susun sebelumnya. Seperti melunasi cicilan, menabung, melanjutkan pendidikan kita atau anak, berlibur, dan banyak lagi lainnya. Daripada dana kita habis untuk membeli kebutuhan yang tidak perlu, lebih baik kita sisihkan untuk ikut serta dalam keanggotaan asuransi.

3. Mendapatkan layanan kesehatan yang tepat
Ada banyak sekali kejadian di mana seseorang tidak diberi fasilitas kesehatan yang memadai karena kekurangan dana atau fasilitas yang tidak tersedia. Beberapa pasien bahkan hanya diberi pengobatan seadanya, sehingga mereka tidak pulih. Kasus-kasus ini tentu membuat kita takut jika suatu saat kita dihadapkan pada kondisi serupa.

Dengan menggunakan asuransi, kita bisa menghindari kejadian-kejadian seperti itu. Fasilitas kesehatan yang disediakan oleh asuransi sudah sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Selain itu banyak rumah sakit ternama bekerja sama dengan perusahaan asuransi, sehingga dengan adanya fasilitas tersebut kita bisa menjadi lebih cepat pulih, mendapat pelayanan terbaik, dan banyak manfaat lainnya.

4. Memberi rasa aman
Salah satu dampak dari ancaman kesehatan yang serius adalah penggunaan biaya besar yang digunakan untuk pengobatan. Hal ini tentu membuat kita merasa khawatir dan takut jika suatu ketika terserang suatu penyakit yang amat parah. Dengan kepemilikan asuransi, kita tidak perlu lagi untuk memikirkan rasa takut karena ancaman finansial. Karena jika suatu saat kita terkena musibah maka pihak asuransi yang akan menanggung dana pengobatan.

Dengan demikian berbagai manfaat yang bisa kita gunakan untuk memberi perlindungan bagi diri dan keluarga. Ada beberapa hal harus kita perhatikan sebelum memilih asuransi, salah satunya adalah besaran premi yang dibayar. Karena semakin besar biaya premi, maka manfaatnya juga akan semakin banyak. Namun lebih baik kita memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kita.

pic source: pixabay.com

Itulah empat manfaat memiliki asuransi kesehatan. Semoga kita semua selalu sehat dan tidak sakit-sakitan 😇😇

You May Also Like

25 komentar

  1. Memang banyak banget nih ya Mbak manfaat ketika kita mempunyai asuransi ini

    BalasHapus
  2. Ternyata banyak banget nih ya manfaat ketika mempunyai asuransi. Saya belum punya nih

    BalasHapus
  3. Tapi ada beberapa penyakit yg tidak dicover oleh asuransi ya mom

    BalasHapus
  4. Sebuah asuransi juga bisa melindungi keungan nih ya Mbak. Terima kasih atas informasinya

    BalasHapus
  5. Memang asuransi kesehatan itu penting sekali. Bayangkan saja biaya pengobatan di rumah sakit makin mahal tahun demi tahun. Apalagi biaya pengobatan anak. Jika punya asuransi kan tenang. Saat sakit dan dirawat di rumah sakit, ada yang bayarin. Makanya disebut memiliki asuransi bisa memproteksi keuangan juga.

    BalasHapus
  6. Asyik nih Mak, kalo tiap keluarga udah sadar dan melek asuransi.
    InsyaAllah kesehatan bisa tercover dgn insurance ini
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  7. Aku belum daftarin anakku asuransi kesehatan di luar BPJS ni Mbak. Thanks unda mengingatkan ya.... :)

    BalasHapus
  8. Asuransi kesehatan itu beneran melindungi keuangan kita ya, ada banyak banget contoh keluarga yang hartanya berlimpah, terus sakit dan akhirnya semua hartanya terkuras.
    Kasihan anak-anaknya juga sih ya

    BalasHapus
  9. betul mba, kerasa bgt waktu anakku pernah masuk UGD, punya askes jadi tenang ga terlalu pusing sama biaya

    BalasHapus
  10. Aamiin ya Allah. Semoga kita selalu sehat tapi memang benar kalau ada asuransi kita jadi lebih aman ya mba

    BalasHapus
  11. salah satu fasilitas yang saya sukai dari kantor ya ini, ada asuransi kantor yang nilainya lebih besar daripada yg pemerintah punya, sayangnya lebih sering pakai sistem reimburse daripada langsung gesek karena di Kendari cuma ada 1 RS yg bisa swipe card sih.
    ini untuk setelah berhenti kerja nanti mau buka asuransi kesehatan lagi kayaknya.

    BalasHapus
  12. aku sampe sekarang bingung mau menentukkan asuransi kesehatan selain BPJS. Menurut mba asuransi kesehatan yang bagus apa ya?

    BalasHapus
  13. Suka sedih kalau lihat anak sakit. Pastinya punya asuransi kesehatan juga bukan untuk berharap sakit. Tapi, buat jaga-jaga bila sampai sakit.

    BalasHapus
  14. banyak banget ya mba manfaat asuransi kesehatan.
    asuransi kesehatan benar2 dapat melindungi diri dan keluarga dari masalah keuangan. saat sakit kita gak perlu pusing lagi mikirin biaya krn semua sudah ditanggung asuransi ya..

    BalasHapus
  15. Sudah kewajiban orangtua ya supaya masa depan anak terjamin. Makin hari biaya pendidikan juga makin mahal, gak bisa mengandalkan tabungan aja harus ada proteksi ya mbak melalui asuransi yang penting banget apalagi asuransi kesehatan.

    BalasHapus
  16. Memang bener memberikan rasa aman mba kerasa sama aku waktu itu anak mesti dirawat bersyukur ada asuransi bisa cover meski ga semuanya tapi setidaknya ringankan banget

    BalasHapus
  17. Ini mah manfaat banget apalagi ansuransi kesehatan. Setelah baca ini emang penting bange sih mbk asuransi kesehatan

    BalasHapus
  18. Kalo ngga punya asuransi kesehatan emang berat banget, karena sekarang biaya dokter, rs dan obat mahal banget, kalo ngga ada asuransi kesehatan lumayan juga bayarnya.. bisa lebih tenang ya dalam menjalankan hidup

    BalasHapus
  19. Iya mbak, emang punya asuransi itu seperti kita menabung ya mbak. Jadi pas butuh biaya besar untuk pengobatan, ada dananya. Alhamdulillah saya dan anak anak semua sudah punya asuransi. Manfaatnya kerasa banget.

    BalasHapus
  20. Bener yaa...asuransi itu memang layaknya sedia payung sebelum hujan.
    Walau keluarga kami sampai saat ini belum ikutan punya asuransi apa-apa.

    BalasHapus
  21. Hal yg memang membuat saya pakai asuransi dr dulu adalah mengurangi rasa kuatir dan memberikan rasa aman. Yuks berasuransi :)

    BalasHapus
  22. Dengan adanya asuransi malah memudahkan urusan dibagian administrasi rumah sakit, gak perlu ada uang tunai juga sih.. dan bisa menjaga-jaga jika terjadi apa-apa dikemudian hari yah mba...

    BalasHapus
  23. Istilahnya sedia payung sebelum hujan ya mba, kepake ga kepake yang penting udah siap. Tidak ada seorang pun yang ingin dihinggapi sakit. Namun jika terpaksa harus perawatan kita sudah bersiap-siap dengan asuransi kesehatan yang telah kita miliki.

    BalasHapus
  24. Asuransi kesehatan agar hidup lebih nyaman kini dan nanti. Gak kuatir jika sampai resiko kesehatan menghampiri. Eh semoga jangan ya karena sehat tentu lebih baik dari segalanya

    BalasHapus
  25. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉