4 HAL YANG TERJADI PADA RAYYAN SAAT BARU LAHIR YANG BIKIN PANIK

by - Juli 13, 2019

Gak terasa, tanggal 18 nanti, Rayyan, anak kedua kami akan berusia satu bulan. Dalam rentang waktu dua puluh lima hari awal kehidupannya ini ada beberapa hal yang dialami oleh bayi kecil kami ini yang cukup bikin panik kami terutama saya.
pic source: pixabay.com

Entahlah, walau udah dua kali hamil dan lahiran, saya tuh orangnya gampang panikan kalo mengenai bayi. Memiliki bayi dengan jeda usia yang lumayan lama “hampir delapan tahun” membuat saya merasa seperti ibu baru lagi. Walau udah berpengalaman punya bayi sebelumnya, tapi entah mengapa saya selalu aja merasa khawatir bila yang terjadi pada bayi gak sesuai dengan apa yang saya pikirkan. Bawaannya takuuut aja si bayi kenapa-napa, sampe suami ikutan stress melihat saya yang parnoan.

Rasa parno ini makin menjadi karena seingat saya, apa yang dialami Rayyan ini gak pernah terjadi pada Wahyu. Ya, saya sadar banget setiap anak berbeda tumbuh kembangnya tapi entahlah, kok pikiran saya masih aja suka membanding-bandingkan kedua anak lelaki kami ini.

Lalu hal-hal apa saja yang dialami Rayyan yang bikin panik tersebut? Ini nih 4 hal yang dialami Rayyan yang sempat bikin saya panik kemarin:

1. Bintik (biang keringat) di seluruh jidat dan kepala
Di usianya yang ke-2 hari, seluruh jidat dan kepala Rayyan tiba-tiba ditumbuhi biang keringat. Sejak Wahyu seusia Rayyan hingga di usianya kini yang hampir 8 tahun, Wahyu gak pernah menderita biang keringat seperti yang dialami Rayyan jadi saya cukup panik menghadapi hal ini. Untungnya biang keringat ini gak lama-lama ada di kepala dan jidat Rayyan, jadi kegalauanku gak perlu berlarut-larut, hehehe 😁

2. Tali pusar infeksi
Ini nih yang membuat saya paling paling panik. Pada usianya yang ke-3 hari, saya mulai mencium bau gak enak dari pusar Rayyan. Sempat saya utarakan pada suami tentang hal ini namun suami menjawab semuanya pasti baik-baik saja. "di mana-mana, yang namanya daging yang akan kering itu biasanya membusuk, begitu pun dengan tali pusar anak bayi, jadi gak usah khawatir, itu hal yang sangat wajar dan normal" begitu kata suami ketika saya mulai takut dengan kondisi tali pusar Rayyan yang menurut saya infeksi. Suami semain yakin pendapatnya benar karena didukung oleh tali pusat tersebut sudah terlihat menghitam (mengering). Walau suami menganggap remeh kekhawatiran saya, saya tetap bersikeras minta dibelikan betadine.

Keesokan harinya pasca diolesi betadine, kondisinya semakin parah. Bau gak enak semakin tercium ketika saya duduk atau berbaring di samping Rayyan. Wahyu bahkan mengeluhkan bau gak enak tersebut dan saya kaget banget saat lihat pusatnya bernanah 😭. Fix, ini benaran infeksi nih. Segera saya googling gimana cara mengobati tali pusar bayi yang infeksi.


Setelah googling segera saya lakukan gerakan pengobatan tali pusar yang terinfeksi. Langkah yang saya lakukan cukup mudah, hanya membersihkan pusar bernanah yang terinfeksi tersebut dengan kapas yang sudah ditetesi alkohol. Kegiatan ini saya lakukan sebanyak lima kali sehari. Pada hari kedua pasca dibersihkan, tali pusar Rayyan puput (terlepas) walau pusarnya masih tetap bernanah. Setelah 3 hari membersihkan pusarnya, nanahnya perlahan-lahan menghilang dan infeksinya sembuh.

3. Mata belekan
Mata belekan ini dialami Rayyan pada usianya yang ke-2 hari. Awalnya saya biasa aja melihat hal ini karena hanya sebelah saja matanya yang belekan, tapi keesokan harinya malah yang satunya ikut belekan. Awalnya pula, beleknya juga hanya sedikit dan berwarna putih, tapi seiring berjalannya waktu kok terlihat semakin parah dan warna beleknya berubah jadi kuning. Setiap pagi saat bangun tidur matanya selalu lengket oleh belek, huhuhu 😤. Sempat terpikir untuk olesin matanya pakai madu tapi dilarang sama suami dan mama, mereka bilang cukup bersihkan aja pakai kapas yang udah dibasahi air hangat, insyaallah nanti akan membaik dengan sendirinya. Satu hal yang saya syukuri adalah Rayyan gak rewel saat matanya belekan. Alhamdulillah, memasuki usia yang ke-23 hari, belekan yang diderita Rayyan sembuh. Yeay, kini matanya bebas belek deh, hehehe 😁

4. Hidung tersumbat
Ini hal kedua yang membuat saya panik. Karena hidungnya tersumbat, Rayyan jadi susah bernapas dan sedihnya sampai saya menulis artikel ini, hidung tersumbatnya belum sembuh, huhuhu😥. Adakah yang tahu apa obat (yang aman) untuk bayi yang menderita hidung tersumbat? Please infonya dong  🙏

**
Itulah 4 hal yang dialami Rayyan di usianya yang belum menginjak satu bulan yang bikin saya panik. Harapan saya, semoga Rayyan selalu sehat dan gak sakit-sakit, amiiiin yaa Allah 😇

You May Also Like

1 komentar

  1. kalau tentang anak memang bisa bikin panik, apalagi jadi ibu baru lagi setelah hampir sewindu ya Kak :D

    Faiz juga kemarin belekan gitu matanya, dia malah sebulanan baru bersih dari belek, tiap saat harus diusap tu belek. ohyaa, jidatnya juga kemarin itu keringatan, mungkin juga karena cuaca sih yg lumayan panas.

    sehat2 ya Rayyan, Mama Ira jangan langsung panik yaaakk *tarik nafas dan be positive thinking ya Mama :*

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉