3 TIPE KAIN YANG BIASANYA DIPAKAI UNTUK PEMBUATAN TOTE BAG

by - Juli 19, 2019

Kali ini saya mau ngomongin tas, lebih tepatnya tote bag. Hayooo siapa nih yang suka pakai tote bag? Saya termasuk yang suka pakai Tote bag loh 😁


Iya, tote bag memang cukup fleksibel dan mudah diadaptasikan karena bisa digunakan kapan saja dan oleh siapa saja. Biasanya nih, para wanita yang lebih cenderung menggunakan tas jinjing ini. 

Namun saat memakainya apakah kita menyadari bahwa ada beragam tipe kain yang bisa dipakai untuk membuat Tote Bag? Di bawah ini, ada 3 tipe kain yang biasanya digunakan untuk pembuatan tote bag:

1. Spunbond
Cukup banyak masyarakat kita yang menggunakan tipe bahan yang kerap disebut juga sebagai furing ini. Nah, bahan ini pada mulanya terbuat dari serat yang panjang yang diproses dengan menggunakan kombinasi bahan-bahan kimia dan cat pelarut yang telah dipanaskan. 

Bahan ini lebih rapuh bila dibandingkan dengan bahan lainnya seperti blacu atau kanvas. Menariknya, Tote Bag yang dikreasikan dari bahan Spunbond bisa juga digunakan untuk menggantikan tas plastik yang lebih terjangkau dan pastinya kokoh.

Tas Spunbond banyak digunakan untuk tas promosi perusahaan-perusahaan karena bahannya yang halus dan relative lebih mudah untuk dibuat. 

2. Blacu
Tipe kain ini biasanya dipakai untuk menghasilkan sebuah goody bag sebab harganya yang lumayan murah dan juga kokoh. Nah, bahan ini sendiri sebenarnya berasal dari turunan mori, dimana ada dua jenis kain mori. Sementara itu, kain mori yang telah mengalami proses pemutihan biasa disebut dengan kain kanvas. Dan tipe blacu sendiri merupakan kain mori yang belum atau tidak mengalami proses pemutihan. Perlu diketahui juga, warna yang kerap dijual di pasaran adalah blacu yang memiliki warna putih gading dimana memiliki serat yang sedikit kasar.

3. Kanvas
Tote Bag berbahan tipe ini seringkali ditemukan di jalan-jalan. Betul, banyak orang yang lebih suka memilih kain jenis ini. Seperti telah diterangkan di atas, kanvas merupakan kain mori yang telah mengalami proses pemutihan yang memiliki serat yang lebih halus dan tidak kaku apabila dibandingkan dengan bahan jenis blacu. Untuk kenyamanan, biasanya orang-orang akan merekomendasikan tipe bahan ini dalam pembuatan Tote Bag.

Kadang tote bag kanvas juga dibuat untuk sablon tote bag karena bahannya dapat menyerap tinta dengan sangat baik. Selain untuk sablon tote bag, bahan kanvas ini juga digunakan untuk melukis, jadi jangan heran jika bahan tote bag kita memiliki desain yang sangat bagus seperti lukisan.

Kesimpulan

Bagi anda yang suka untuk berkarya sendiri baik dengan mencetak desain anda di sebuah tote bag ataupun bagi anda yang suka membuat tote bag sendiri dari bahan kain, anda bisa mempertimbangkan ketiga bahan tote bag yang bisa dibilang merupakan bahan yang cukup populer untuk membuat tote bag.

Jika anda bisa membuat tote bag yang bagus, tidak menutup kemungkinan bahwa anda bisa menjual tote bag yang anda sudah buat tersebut. Tote bag dipakai untuk banyak keperluan mulai dari keperluan personal sampai keperluan promosi, sehingga permintaan di pasar cukup besar. 

Demikianlah penjelasan tentang beragam tipe bahan kain untuk pembuatan Tote Bag, supaya menjadi masukan bagi anda yang ingin berkreasi membuat tas jinjing tersebut. semoga berguna dan selamat mencoba! 

You May Also Like

0 komentar

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉