REVIEW; POMPA ASI HARMONY (MANUAL PUMP) & PURELAN 100 NIPPLE CREAM DARI MEDELA

by - Juli 26, 2019


Tak terasa, 38 hari sudah usia anak kedua kami, Rayyan. Itu artinya sudah 38 hari juga saya menyandang predikat sebagai ibu menyusui. Tak seperti ibu menyusui lain yang biasanya langsung bisa menyusui pada hari pertama kelahiran bayinya, saya tidak seberuntung itu, huhuhu.

Di awal-awal menyusui saya mengalami beberapa drama, salah duanya adalah ASI yang tak kunjung keluar sementara bayi sudah sering nangis, dan saat bayi mulai menyusu, puting saya malah lecet.

Oh iya, saya punya pengalaman buruk saat menyusui anak pertama hampir delapan tahun lalu yang mana bayi saya minum ASI hanya selama tiga bulan saja (saya gagal memberinya ASI ekslusif sampe enam bulan). Dan saya bertekad tak ingin mengalaminya lagi pada anak kedua ini. Karena tak mau mengulangi kejadian yang sama, pada kehamilan kali ini jauh sebelum lahiran saya sudah mempersiapkan diri untuk menyusui, salah satunya membeli pompa ASI.

Baca Juga: Jangan Katakan 5 Hal Ini Pada Ibu yang Gagal Menyusui Bayinya

Demi kelancaran proses menyusui, saya berniat membeli pompa ASI elektrik, saya sampe bela-belain ngumpulin ovo points di salah satu e-commerce. Namun setelah jumlah ovo pointnya mencapai harga pompa ASI elektrik yang ingin dibeli, Qodarullah saya dapat hadiah dari MEDELA berupa satu set pompa ASI manual. Yo wis, beli pompa ASI elektriknya ditunda dulu, mau pake pompa ASI manual dari medela saja.

Ini nih penampakan pompa ASI manual dari medela :)


Karena anak pertama tidak asi eksklusif, jadi ini adalah pertama kalinya saya memakai pompa ASI. Dan karena memakai pompa ASI Harmony dari Medela ini pengalaman pertama, saya tidak bisa membandingkannya dengan yang lain.

Lalu seperti apa rasanya memakai pompa asi manual dari Medela ini? Yuk baca tulisan ini sampai selesai untuk mengetahui jawabannya ;)


Saat menerima paket yang berisi satu set pompa ASI ini, saya membatin "kok paketnya ringan yaa? terbuat dari apakah si pompa ASI ini". Buru-buru saya buka paketnya dan melihat ternyata seluruh komponen pompa ASI ini terbuat dari plastik. Lalu dalam hati muncul sedikit keraguan terutama saat melihat corongnya "Jangan-jangan bakalan sakit nih saat memompa".

Ternyata keraguan itu tidak terbukti. Meski corongnya terbuat dari plastik, saya nyaman banget menggunakannya, tak sakit sedikitpun. Ukurannya pas banget di p@yudara saya jadi enak dipakai memompa ASI. Tuasnya (pegangan pompanya) dirancang ergonomis jadi tidak bikin pegal saat memompa dan yang paling penting dia ringan dibawa kemana saja.

Untuk merakit pompa ASI ini juga gampang banget. Komponen-komponennya sangat mudah dipasang karena di buku panduan tertulis jelas petunjuk pemasangannya. Saat membersihkannya juga tidak sulit jadi sangat praktis dan tidak ribet.


Pompa ASI Harmony dari Medela ini dirancang dengan teknologi ekspresi 2 fase yang membuat pengguna merasa nyaman yaitu fase stimulasi dan ekspresi. Sebelum mulai memompa ASI kita dapat merangsangnya terlebih dahulu dengan menggunakan fase stimulasi menggunakan tuas pendek, ini terasa seperti hisapan awal bayi yang merangsang p@yudara sehingga ASI cepat mengalir. Dan jika ASI mulai mengalir kita dapat memindahkannya ke fase ekspresi dengan menggunakan tuas panjang.

Satu hal  lain yang membuat saya semakin suka pada pompa ASI dari Medela ini adalah ia tidak berisik saat dipakai sehingga kegiatan pumping tidak mengganggu tidur bayi (saya biasanya selalu pumpping di samping bayi yang sedang tidur)


Jadi kesimpulan yang bisa saya berikan setelah kurang lebih satu bulan memakai pompa ASI Manual Harmony dari Medela ini adalah saya puas saat memakainya. Buat teman-teman yang saat ini sedang mencari pompa ASI manual yang anti ribet dan mudah cara pakainya, boleh banget mencoba pompa ASI ini :)

Selain dapat hadiah satu set pompa ASI dari Medela, saya juga mendapatkan cream untuk mengatasi lecet atau luka pada puting susu (nipple) namanya adalah PURELAN 100 NIPPLE CREAM. Tahu aja nih Medela saya bakalan mengalami lecet saat menyusui, hehehe

Ini nihh penampakan produknya :)




Seperti yang saya ceritakan di atas, di awal-awal menyusui saya mengalami "drama" lecet puting. Yang pernah menyusui pasti tahu dong rasanya gimana. Untunglah ada si PURELAN 100 NIPPLE CREAM dari Medela ini jadi dramanya tidak berkepanjangan. Alhamdulillah, setelah 3X oles, lecetnya sembuh dan saya merasa nyaman kembali saat menyusui.

Purelan 100 Nipple Cream ini terbuat dari bahan yang aman sehingga tidak berbahaya walau ditelan oleh bayi juga tida menyebabkan alergi. Jadi bila saat ini kamu sedang menyusui bayi yang sedang giat-giatnya menggigit apapun, tak ada salahnya menyiapkan krim ini di rumah sebagai tindakan preventif :)

Demikian pengalaman yang saya rasakan saat memakai pompa ASI Harmony (Manual Pump) dan Purelan 100 Nipple Cream dari Medela. Apakah kamu juga pernah memakai pompa ASI atau krim untuk mengatasi puting lecet dari Medela ini, gaes? Yuk ceritakan di kolom komentar :)

Atau mungkin ada salah satu dari pembaca artikel ini yang tertarik untuk mencoba 2 produk dari Medela yang sudah saya review ini maupun produk-produk dari Medela lainnya, silakan langsung ke Instagram Medela atau Medela Official Shop.



You May Also Like

29 komentar

  1. Produknya Medela emang the Best deh
    Ibu² muda kudu punya nih

    BalasHapus
  2. Wah pompa manual yang ringan ini pasti sangat menunjang bagi kelancaran ASI ekslusif ya mba.. praktis dan mudah dibawa kemana-mana..

    BalasHapus
  3. Saya tuh salut banget ama mamakmamak pumping itu, secaraaaa... pumping itu rasanya jauh lebih ribet menurut saya.
    Mending direct, namun nggak semua orang kadang bisa leluasa direct ya :D

    Tapi untungnya zaman now udah banyak alat support yang memudahkan kayak gini, jadi ingat dulu ada alat sedot ASI yang dibawa mama saya dari puskesmas, bentuknya jadul banget hahahaha

    BalasHapus
  4. Huaa ensk ya sudah ada medela sekarang, inget banget dulu waktu jaman menyusui kadang lecet diputing huhu dan nyess banget rasanya.

    BalasHapus
  5. Medela harmony dan purelan ini temenku saat menyusui anak kedua dan ketiga. Suka banget karena pompa manualnya nyaman dipakai dan gak banyak perintilannya

    BalasHapus
  6. Wah bunda tahu aja nih cara menghemat pengeluaran dengan beli pakai point ovo. Pompa asi harmony akan membantu kegiatan bunda dan tidak berisik.

    BalasHapus
  7. Dulu ak juga lebih suka dengan pompa Asi manual mba, sambil olahraga agar tangan tidak kaku..

    BalasHapus
  8. Wah,,,boleh banget nih pompa asi manualnya direkomendasikan ke teman2 yg sdg hamil atau baru melahirkan.
    Produk medela memang bagus2 yah.. :D

    BalasHapus
  9. wah bagus banget yah kak alatnya, sangat membantu dan tentunya ini sangat simpel untuk digunakan, nggak ribet jadinya nyaman deh buat ibu menyusui. cukup olahraga tangan dikit aja

    BalasHapus
  10. Pompa Asi Medela emang oke banget. Andalan buat ibu-ibu untuk bisa dukung pemberian ASI kepada anaknya. Apalagi produk ini juga awet banget :)

    BalasHapus
  11. Kedua produk ini memang sama2 berasal dari brand yang udah banyak dipakai ibu2 ya. Tidak diragukan lagi kualitasnya

    BalasHapus
  12. Medela ini bener - bener merk andalan yaaa mba. Aku juga pakai ini waktu masih breastfeeding ank - anakku. Terakhir waktu Obi di Geneve pakai yang mesin

    BalasHapus
  13. Zamanku menyusui kyknya gak ada purelan ini hehe soalnya aku baru tau. Pdhl dulu pyting sering lecet krn pumping dna digigitin anak. Alhamdulillah skrng buat busui semua produk lengkap ya mbak

    BalasHapus
  14. Pompa asinya aku pernah pakai dan sampai sekarang aku masih simpen mbak, Inshaallah untuk anak selanjutnya.. aamiin dan kalo niple creamnya belum pernah coba sih.. enaken ya pakainya.. percaya deh aku sama brand medela

    BalasHapus
  15. Bagus nih kayaknya beruntung banget busui zaman now ada alat spt ini .zaman aku susah nyari yg bagus yg nyaman memakainya..

    BalasHapus
  16. Selamat mengASIhi ya mbaaa... perjuangan seorang ibu ya, bagaimana caranya agar ASI terus lancar agar anak sehat dan fisiknya terjaga hingga besar nanti. Peralatan bantu yang berkaitan dengan proses menyusui sekarang bagus2 ya, makin memudahkan para ibu untuk melaksanakan aktivitas menyusui ini.

    BalasHapus
  17. Wah dari anak pertama sampai anak kedua pakai Pompa ASI Harmoni Medela yang manual. Sangat mudah dan disesuaikan dengan kondisi payudara Ibu dan pastinya enggak sakit. Kalau Purelan ini aku belum pernah coba mbak.

    BalasHapus
  18. ALlhamdulullah ya mbak malah dapet rezeki dari Madela dimanfaatkan yang ada dulu ya. Semoga kali ini bisa berhasil kasih asi exclusive bahkan sampai 2 tahun ya nanti dilanjut asinya.
    Waktu nyusuin anak kedua juga aku sempet lecet pakai purelan juga ngobatinnya.

    BalasHapus
  19. Pengalaman puting lecet waktu melahirkan anak pertama ini bikin agak ngga mood nyusuin. Sampe berdarah darah lagi. Baru tau medela punya nipple cream juga.

    BalasHapus
  20. aku lagi cari pureland itu mba Ira karena lecet huhuhuhu jadi keingetan mau beli ah

    BalasHapus
  21. Semangat NgASI ya Mbak. Semoga bisa ekslusif buat dedeknya. Bagi Ibu, penting banget memang punya pompa AAI yang nyaman kaya Harmoni ini

    BalasHapus
  22. Sehat selalu ya Dek Rayyan dan bundanya :)
    Semangat memberi ASI ya Mbak. Doakan saya segera hamil juga hehehe
    Amin. Sudah semakin tua tapi susah mendapatkan momongan inj...

    BalasHapus
  23. Purelan nya juga dibeli online yaa, kak Ira?
    Aku dulu iya banget...drama mengASIhi ini panjaang~
    Dan kalau anak mulai nangis minta susu, akunya ikutan nangis.

    Hhahaa..
    kenalan dulu sama Purelan dan Medela Pompa Asi.

    BalasHapus
  24. Wah busui sekarang enak, udah didukung produk untuk melancarkan ASI. aku dulu pakai pompa manual buat nyetok ASI untuk anak-anak. Modelnya juga bagus nih

    BalasHapus
  25. baca ini terus mikir, andai dulu aku udah kenal medela, mungkin momen menyusuiku jadi lebih indah, santai dan menyenangkan mba hehehe. dulu mah perjuangan banget aku nyusuin mba

    BalasHapus
  26. Medela memamg salah satu merk yang bagus. Dulu sempet nyoba yang swing. Elektrik dan Doble pump pula. Maksimal hasilnya. Gak sakit juga. Sama aja kayak menyusui bayi

    BalasHapus
  27. Aku pakai Medela juga, Mbak, untuk pumping tapi yang elektrik. Nyaman digunakan dan sangat membantu kelancaran pemberian ASI. Semangat mengASIhi yaa!

    BalasHapus
  28. Selamat meng-asi ya mbak, semoga lancar asi hingga usia dua tahun. Produk medela banyak yang bilang bagus, kalau saya suka yang manual dari pada elektrik, jadi berasa enggak dipaksa waktu memerah:)

    BalasHapus
  29. Enaknya bu ibu zaman sekarang nih, udah ada pompa ASI yang canggih gini ya. Aku mah dulu pake manual yang sakiit banget.

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉